Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Cara Dan Syarat Mendapatkan Pinjaman Bank Mayapada

by Maria Nofianti on 2 Maret, 2020

Meminjam uang bukanlah hal yang menyenangkan, karena bagaimana pun saat kita meminjam uang, ada konsekuensi yang harus kita lakukan, yaitu mengembalikannya. Tapi meminjam uang kini memang menjadi satu solusi masalah keuangan yang sudah buntu tak ada jalan keluar. Dan ada banyak alasan orang pada akhirnya meminjam uang.

cara dan syarat mendapatkan pinjaman bank mayapada

Misalnya saja untuk membeli atau kredit mobil. Mobil adalah salah satu kendaraan yang banyak dibeli secara kredit pada saat ini. Industri motor dikenal karena tingginya harga mobil serta industri pembiayaan mobil. Jika Kamu membutuhkan mobil tetapi Kamu tidak memiliki uang tunai untuk membeli mobil, Kamu dapat mengajukan pinjaman pembiayaan mobil. Ini biasanya berasal dari perusahaan pembiayaan mobil. Pinjaman pembiayaan mobil mahal, jadi penting untuk bekerja penuh waktu dan stabil sebelum Kamu mengajukan pinjaman, agar dapat membayar cicilan setiap bulan.

Selain mobil, ada juga orang yang meminjam uang untuk membeli rumah. Untuk membeli rumah ini memang penting, karena ini adalah salah satu momen paling mengubah hidup dalam kehidupan seseorang. Kemampuan untuk memiliki properti adalah sesuatu yang diinginkan banyak orang di Indonesia saat ini. Jika Kamu ingin membeli rumah, taruhan terbaik Kamu adalah untuk meningkatkan keuangan pribadi Kamu dan mengajukan KPR dengan bank atau building society yang memahami kebutuhan Kamu dengan baik. Kamu juga perlu menabung untuk setoran yang dapat memakan waktu, jadi penting untuk mulai mengelola profil kredit Kamu dengan baik.

Banyak bank yang menawarkan pinjaman uang tunai. Namun banyak juga orang yang memilih mengambil pinjaman untuk keperluan pribadi lain yang bisa digunakan untuk opsi populer bagi orang yang ingin melakukan perbaikan rumah atau renovasi rumah mereka. Pinjaman pribadi dapat digunakan untuk alasan pribadi apapun selama pemberi pinjaman Kamu menyetujuinya.

(Baca Juga: Promo Cashback Kartu Kredit Mayapada)

Saat ini ada banyak sekali bank yang menawarkan berbagai produk pinjaman. Mulai dari pinjaman dengan jaminan sampai pinjaman tanpa jaminan. Bank-bank yang melakukan pinjaman ini juga bukan hanya bank-bank nasional saja. Beberapa bank swasta juga menawarkan produk pinjaman. Salah satunya adalah Bank Mayapada. Bank Mayapada didirikan pada tanggal 7 September 1989 di Jakarta dengan nama PT Bank Mayapada International Tbk. Dan pada bulan Maret 1990 ini beroperasi dan menjadi bank umum. Di tahun 1997 sampai sekarang Bank Mayapada menjadi bank publik dibawah nama PT Bank Mayapada International Tbk. Pada saat ini Bank Mayapada memiliki fokus utama untuk usaha retail dan consumer. Bank ini juga sudah tersebar di banyak wilayah Indonesia dengan 36 kantor cabang. Jaringan ATM Bank Mayapada sendiri ada 109 dan yang terintegrasi dengan ATM BERSAMA dan ATM PRIMA sudah  ada 76.129 ATM.

Seperti bank lainnya, fungsi bank bukan hanya untuk menabung saja. Bank juga menawarkan produk pinjaman kepada masyarakat. Bank Mayapada menawarkan pinjaman konsumtif dengan nama My Home dan myauto Kredit Mobil Bekas Bank Mayapada. Pada kredit My Home ini biasanya digunakan untuk pembiayaan perumahan (KPR). Nah kali ini kita akan membahas dengan detail pinjaman serta cara dan syarat mendapatkan pinjaman Bank Mayapada.

My Home

Pinjaman bernama My Home ini merupakan pinjaman dengan jaminan. Kamu bisa memakai dana dari pinjaman My Home ini untuk pembiayaan perumahan, atau membangun ruko atau rumah kantor. Pinjaman ini memiliki keunggulan antara lain jangka waktu yang diberikan untuk pelunasannya hingga mencapai 10 tahun, pencairan pinjaman bisa dilakukan hanya dengan 14 hari saja, memiliki cicilan tetap sampai 1 tahun.

Bunga yang diterapkan untuk pinjaman ini adalah 13,60% per tahunnya. Besarnya nilai pinjaman maksimal yang bisa kamu pinjam juga sangat besar. Kamu bisa meminjam dimulai dari Rp100 juta sampai dengan Rp2 miliar. Adapun biaya-biaya yang harus dibayarkan hanya biaya provisi, biaya asuransi, biaya pelunasan yang dipercepat dan biaya keterlambatan membayar cicilan. Untuk biaya provisi sebesar 1% dari besar pinjaman yang telah disetujui. Biaya asuransi akan dikenakan sesuai dengan ketentuan asuransi itu sendiri. Sedangkan untuk biaya pelunasan yang dipercepat dan biaya keterlambatan pembayaran cicilan akan diberlakukan syarat dan ketentuan yang berlaku. Pembiayaan yang akan diberikan oleh Bank Mayapada adalah sebesar 70% dari nilai property.

Syarat mendapatkan pinjaman Bank Mayapada

Setelah kamu tahu ketentuan pinjaman My Home diatas maka selanjutnya adalah cara dan syarat mendapatkan pinjaman Bank Mayapada. Syaratnya yang harus kamu perhatikan antara lain:

  • Warga Negara Indonesia dan Warga negara Asing
  • Berusia min 21 tahun dan maksimum 65 tahun ketika pelunasan
  • Memiliki penghasilan sendiri minimum Rp3 juta setiap bulannya
  • Memiliki pekerjaan karyawan, wiraswasta, pengusaha/professional
  • Memiliki NPWP
Syarat Dokumen pengajuan pinjaman Bank Mayapada

Sedangkan untuk dokumen yang harus kamu lengkapi ketika akan mengajukan pinjaman ke Bank Mayapada antara lain:

  • Formulir aplikasi kredit
  • Fotokopi KTP, KK, Surat Nikah/Cerai
  • Pas Foto Pemohon dan pasangan
  • Fotokopi Slip Gaji (untuk karyawan)
  • Fotokopi SK Pengangkatan Pegawai Tetap (untuk karyawan)
  • Fotokopi rekening tabungan di Bank Mayapada/Bank lain 3 bulan terakhir
  • Fotokopi SPT, pph
  • Fotokopi NPWP
  • Fotokopi SIUP, TDP & SITU (untuk wirausaha)
  • Fotokopi Izin praktek (untuk professional)
  • Fotokopi SHM/SHGB dan IMB

Selanjutnya cara agar kamu mendapatkan pinjaman ini adalah kamu bisa datang ke kantor Bank Mayapada atau dengan mendaftar secara online. Jika proses pengajuan kamu sudah lengkap dokumen ataupun syarat lainnya maka kamu akan diberi waktu untuk menunggu untuk persetujuan. Setelah pengajuan pinjaman kamu disetujui maka dana akan segera dicairkan dalam selang waktu 14 hari.

Selain kredit untuk membiayai perumahan, Bank Mayapada juga menawarkan kredit untuk mobil bekas maupun baru. Nama pinjaman tersebut adalah myauto Kredit Mobil Bekas Bank Mayapada. Untuk lebih jelasnya akan diuraikan dibawah ini.

Myauto Kredit Mobil Bekas

Salah satu jenis pinjaman lainnya di Bank Mayapada adalah myauto Kredit Mobil Bekas. Ini adalah pinjaman untuk kredit mobil bekas. Suku bunga yang diberikan adalah bunga flat sebesar 14,60% per tahunnya. Pinjaman ini memiliki jangka waktu untuk pelunasan sampai dengan 3 tahun. Selama pengajuannya pinjaman ini melakukan proses persetujuan hanya dalam 14 hari.

Jumlah pinjaman yang bisa dipinjamkan mulai dari Rp25 juta sampai Rp2 miliar rupiah. Pada pinjaman ini hanya dikenakan biaya pelunasan yang dipercepat dan biaya keterlambatan pembayaran cicilan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Begitu juga dengan biaya polis asuransi. Asuransinya sendiri ada yang comprehensive ada juga yang comprehensive+TLO.

Syarat mendapatkan pinjaman Bank Mayapada

Selanjutnya cara dan syarat untuk mendapatkan pinjaman Bank Mayapada ini akan dijelaskan dibawah ini. Syarat yang harus kamu penuhi antara lain:

  • WNI dan WNA
  • Mempunyai penghasilan min Rp3 juta setiap bulan
  • Berusia 21 tahun dan 65 tahun saat pelunasan

Untuk kredit myauto ini sebenarnya bukan hanya bisa untuk kredit mobil bekas saja tapi mobil baru juga bisa. DP yang bisa diberikan adalah minimal 30%. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah cara pembayarannya yang fleksibel yaitu kamu tinggal membuka rekening di Bank Mayapada sehingga dalam membayarkan cicilannya bisa dengan cara mendebitkan dari rekening kamu. Pastikan rekening kamu mencukupi untuk membayar cicilannya. Kemudian kamu juga mendapatkan keuntungan uang muka yang bisa kamu bayarkan adalah paling rendah sebesar 30% bagi kendaraan non-produktif dan 20% bagi kendaraan  produktif.

Syarat dokumen pengajuan kredit myauto

Jika kamu tertarik untuk mengajukan kredit myauto karena ingin segera memiliki kendaraan pribadi impian kamu maka ada beberapa syarat dokumen yang harus kamu lengkapi. Dokumen-dokumen itu antara lain:

  • Fotokopi SIM/KTP/Paspor
  • Fotokopi Slip gaji, KK dan Surat keterangan lama bekerja
  • Fotokopi rekening tabungan kamu
  • Fotokopi STNK dan BPKB untuk mobil bekas
  • Fotokopi NPWP
Syarat dokumen pengajuan pinjaman korporasi 

Selain kamu sebagai nasabah individu, ternyata myauto Bank Mayapada juga memperbolehkan pihak korporasi untuk mengambil pinjaman ini. Nah syarat dokumennya pun berbeda dengan syarat dokumen nasabah individu. Syarat dokumen yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman disetujui antara lain:

  • Fotokopi SIM/KTP/Paspor pejabat berwenang
  • Fotokopi rekening Koran selama 3 bulan terakhir
  • Fotokopi neraca perusahaan dan juga rugi/laba selama 2 tahun terakhir
  • Fotokopi STNK dan BPKB bagi mobil bekas
  • Fotokopi NPWP milik badan usaha

Cara agar kamu bisa mendapatkan pinjaman tersebut adalah kamu sudah harus melengkapi syarat dan ketentuan dokumen-dokumennya. Selanjutnya kamu tinggal mendaftarkannya ke kantor Bank Mayapada terdekat kamu. Dua jenis pinjaman ini adalah pinjaman yang umumnya sering digunakan oleh masyarakat. Sebelumnya ada 3 macam kredit pinjaman di Bank Mayapada. Mereka adalah Kredit Modal Kerja, Kredit Investasi dan Kredit Konsumtif. Dua di atas merupakan Kredit Konsumtif.

(Baca Juga: Review Kartu Kredit Bank Mayapada Gold)

Cobalah dan hindari meminjam uang dari teman atau keluarga untuk kebutuhan jangka pendek seperti membeli hadiah ulang tahun atau berbelanja. Sangat penting untuk membiasakan menyimpan uang Kamu untuk acara-acara ini sehingga ketika mereka datang, Kamu dapat langsung membeli apa yang Kamu inginkan. Meminjam dari alasan yang benar juga termasuk tidak meminjam dari teman dan keluarga untuk persyaratan jangka pendek. Kamu mungkin merasa khawatir dan stres tentang uang tunai dan ini dapat menyebabkan Kamu meminjam uang dari teman dan keluarga. Lakukan ini hanya jika keadaan darurat saja, karena ada banyak opsi pembiayaan konsumen profesional yang tersedia yang dapat membantu Kamu. Dan meminjam uang pada lembaga resmi lebih baik daripada meminjam uang pada teman atau keluarga.

Dampak meminjam uang bisa berpengaruh kuat pada semua aspek kehidupan kamu, mulai dari keuangan pribadi, kehidupan pribadi dan kesehatan kamu. Penelitian telah membuktikan hubungan antara stres, kesehatan, dan masalah uang. Sangat penting untuk memastikan bahwa kamu menjaga diri sendiri ketika kamu meminjam uang. Jangan berlebihan dengan meminjam uang jika kamu memiliki banyak pengeluaran yang harus Kamu tangani.

Itulah dia penjelasan mengenai pinjaman di Bank Mayapada. Tulisan mengenai macam sampai dengan cara dan syarat mendapatkan pinjaman Bank Mayapada ini semoga akan membantu kamu menemukan jenis pinjaman yang sesuai kebutuhan kamu.

Ajukan pinjaman terbaikmu dengan pilihan yang lengkap hanya di Cekaja.com

Tentang Penulis