Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Butuh Dana Cepat? Gunakan KTA Tunaiku Amar Bank Saja!

by Maria Nofianti on 5 Maret, 2020

Uang bukanlah segalanya, tetapi uang adalah sesuatu yang sangat penting. Di luar kebutuhan dasar yang kita miliki, uang membantu kita mencapai tujuan dan mendukung kelangsungan hidup kita, banyak hal yang kita butuhkan dan dapat kita penuhi dengan uang, misalnya saja untuk kebutuhan pokok keluarga sehari-hari, pendidikan, perawatan kesehatan, amal, perjalanan wisata atau piknik, dan kesenangan lainnya. Ini membantu kita mendapatkan beberapa manfaat kehidupan, kebebasan atau kemandirian, kesempatan untuk memanfaatkan keahlian dan bakat kita, kemampuan untuk memilih jalan hidup kita sendiri, serta keamanan finansial. Dengan uang, banyak kebaikan dapat dilakukan dan banyak penderitaan yang bisa dihindari atau dihilangkan. Jadi tak hanya untuk kebutuhan konsumtif, dengan uang kita bisa banyak beramal.

KTA Tunaiku Amar bank

Tetapi, uang juga memiliki keterbatasannya sendiri. Beberapa hal kontradiktif yang bisa terjadi karena uang antara lain adalah:

Uang dapat memberi kita waktu untuk menghargai hal-hal sederhana dalam kehidupan secara lebih baik. Uang dapat memberi kita waktu untuk mengembangkan karunia dan talenta kita, tetapi bukan keberanian dan disiplin yang akan dihasilkan oleh uang. Uang dapat memberi kita kekuatan untuk membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain, tetapi uang tak memberikan keinginan untuk melakukannya. Uang dapat memberi kita waktu untuk mengembangkan dan memelihara hubungan kita, tetapi uang tak mampu memberikan kasih dan perhatian yang diperlukan untuk melakukannya. Jika tak bijak menggunakan uang, uang bisa dengan mudah membuat kita lelah, egois, dan kesepian.

Berapa banyak uang yang Anda butuhkan? Berapa biayanya untuk mendapatkan hidup yang bahagia? Dengan mengingat kedua pertanyaan ini, inilah yang memberi kita rasa sejati tentang hubungan uang dengan kebahagiaan. Jika kita memiliki kurang dari apa yang kita butuhkan, atau jika apa yang kita miliki terlalu mahal, kita tidak akan pernah bahagia. Kita membutuhkan uang untuk makan, tidur, berpakaian, bekerja, bermain, berhubungan, menyembuhkan, bergerak, dan menikmati kenyamanan. Kita harus ingat dalam memilih gaya hidup kita, harus disesuaikan dengan uang yang kita miliki. Sehingga tidak besar pasak daripada tiang.

(Baca Juga: Penipuan Pinjaman KTA Yang Menggoda)

Kebutuhan manusia makin hari makin meningkat. Semua yang awalnya sudah direncanakan bisa saja menjadi runyam. Kebutuhan darurat atau mendadak akan uang memang tidak bisa direncanakan. Misalnya saja ketika salah satu anggota keluarga atau diri sendiri jatuh sakit dan harus dirawat di Rumah Sakit dan jelas membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sedangkan biaya kebutuhan yang lain saja masih berat. Kebutuhan akan dana darurat dan mendadak seperti ini tentu akan membuat banyak orang pusing. Tapi beberapa orang menemukan solusinya loh. Solusinya adalah dengan mengambil pinjaman ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Dari bank saja ada banyak jenis pinjaman yang bisa digunakan.

Produk bank yang paling populer memang pinjaman. Pinjaman atau kredit itu sendiri ada banyak macamnya. Menurut ada tidaknya agunan ada dua jenis pinjaman atau kredit yaitu kredit dengan agunan dan kredit tanpa agunan.

Kredit dengan agunan

Ini adalah pinjaman atau kredit yang menggunakan agunan/jaminan dalam prosesnya. Agunan yang bisa dipakai antara lain sertifikat tanah, rumah, sawah, BPKB, ruko, logam mulia sampai deposito. Biasanya pinjaman ini akan memberikan bunga yang lumayan kecil tetapi jangka waktu yang diberikan untuk melunasi pinjaman juga sangat panjang. Bahkan ada yang mencapai 25 tahun masa cicilan. Besarnya jumlah pinjaman juga lebih besar daripada kredit lainnya yaitu sampai miliaran rupiah.

Namun dengan besarnya jumlah pinjaman yang bisa diajukan membuat syarat-syaratnya juga makin rumit. Tentu saja karena ini berhubungan dengan nilai yang tidak sedikit. Selain itu dalam proses pencairan dananya juga lebih lama karena ada proses penilaian oleh bank terhadap aset. Kredit dengan agunan biasa diajukan oleh mereka yang menggunakannya untuk jangka panjang seperti usaha atau KPR.

Kredit tanpa agunan (KTA)

Kredit tanpa agunan ini menjadi semakin populer di kalangan masyarakat menengah ke bawah. Pinjaman yang sesuai dengan namanya yaitu tanpa agunan ini tidak menggunakan jaminan dalam prosesnya. Ini akan sangat cocok untuk kamu yang tidak mempunyai aset untuk dijaminkan. Karena yang selama ini kita tahu, meminjam uang di bank yang jelas harus ada jaminan, baik itu aset berupa rumah, tanah, atau surat berharga kendaraan bermotor. Keunggulan dari kredit tanpa agunan (KTA) ini adalah proses pencairannya yang cenderung memakan waktu yang sebentar saja.

Namun besarnya nominal yang bisa dipinjamkan lebih sedikit dari kredit dengan agunan. Biasanya maksimal bank hanya bisa mengeluarkan Rp50 juta saja. Untuk bunga yang diterapkan juga relatif tinggi karena ini adalah kredit yang hanya memberikan jangka waktu pelunasan yang tidak lama paling tidak 1-2 tahun saja. Syarat-syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan KTA ini juga tidak banyak dan gampang. Pinjaman ini lebih sering dipakai untuk kebutuhan yang darurat saja seperti biaya pengobatan saat sakit, renovasi rumah atau membayar uang pendidikan. Contoh dari KTA yang paling gampang syarat-syaratnya adalah KTA Tunaiku Amar Bank. Untuk lebih jelas mengenai KTA Tunaiku Amar Bank baca terus sampai habis ya.

KTA Tunaiku Amar Bank

Ini adalah pinjaman tanpa mewajibkan adanya agunan atau jaminan oleh Amar Bank. Amar Bank sendiri telah berdiri sejak 15 Maret 1991 di Surabaya. PT. Bank Amar Indonesia ini dulu lebih dikenal dengan Amin Bank. Dan sampai saat ini Amar Bank telah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

KTA andalan dari Amar Bank adalah Tunaiku. Pinjaman ini memiliki jumlah nominal yang bisa dipinjamkan mulai dari Rp2 juta sampai dengan Rp20 juta. Sedangkan jangka waktu yang diberikan untuk melunasi pinjaman ini dimulai dari 6 bulan sampai 20 bulan. Bunga yang ditetapkan pada KTA Tunaiku Amar Bank adalah sebesar 3% dan itu adalah bunga flat. Bunga flat berarti bahwa bunga yang diberikan tetap 3% per bulannya dan tidak akan berubah.

Dana pinjaman ini bisa dipakai untuk berbagai kebutuhan konsumtif. Maka dari itu KTA Tunaiku Amar Bank sangat cocok bagi yang butuh dana mendadak. Pinjaman tanpa agunan ini juga tidak mengenakan biaya provisi dan biaya pelunasan yang dipercepat. Mereka hanya memberikan biaya administratif sebesar Rp540.000,- yang pembayarannya digabungkan dengan cicilan.

Syarat mengajukan KTA Tunaiku Amar Bank

Untuk denda keterlambatan dalam membayar cicilan mereka menetapkan sebesar Rp100.000,- dan 0,16% per harinya. Selain biaya-biaya di atas tidak ada biaya lainnya loh. Maka dari itu KTA Tunaiku Amar Bank ini menjadi favorit. Kemudian bagaimana syarat-syarat untuk mengajukan KTA ini? Berikut syarat yang harus dipenuhi:

  • WNI dan WNA pemegang KITAS
  • Memiliki pekerjaan
  • Memiliki penghasilan min Rp 3 juta rupiah per bulan
  • Berusia min 21 tahun dan 55 tahun pada waktu pelunasan
  • Harus berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Gresik, Sidoarjo, Medan, Palembang, Pekanbaru, Denpasar dan Makassar
Dokumen yang diperlukan untuk mengajukan KTA Tunaiku Amar Bank

Syarat lainnya yang memudahkan orang untuk mengajukan KTA ini adalah kamu tidak harus mempunyai kartu kredit sebelumnya. Syarat ini yang menjadikan KTA Tunaiku Amar Bank menjadi incaran banyak orang. Karena saat ini tidak semua orang mempunyai kartu kredit meskipun penggunaan kartu kredit sudah menjadi hal yang wajar. Namun bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah kartu kredit adalah hal yang masih istimewa. Maka dari itu mereka yang tidak mempunyai kartu kredit dan ingin mengambil pinjaman KTA sangat tertolong dengan KTA Tunaiku Amar Bank.

Untuk dokumen penunjang yang harus dilengkapi antara lain:

  • Fotokopi KTP/KITAS
  • Bukti pendapatan/slip gaji (untuk karyawan dan profesional)
  • NPWP
  • Fotokopi rekening tabungan 3 bulan terakhir
  • Fotokopi Surat Izin Profesi (untuk profesional)
  • Fotokopi Akta Pendirian/SIUP (untuk wirausaha)

Setelah kamu melengkapi dokumennya jangan lupa melampirkan juga formulir pengajuan KTA Tunaiku Amar Bank. Biasanya bank akan memberikan persetujuan dalam tiga hari kerja paling lama, sedangkan untuk pencairannya maksimal 24 jam setelah pemberitahuan persetujuan itu. Kecepatan dalam proses persetujuan hingga pencairan inilah yang menjadikan keunggulan bagi KTA Tunaiku Amar Bank.

Nah setelah kita tahu syarat serta dokumennya maka kali ini kita akan berikan informasi mengenai perhitungan cicilan KTA Tunaiku Amar Bank. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa biaya administratif dibayarkan dengan cicilannya. Maka misalnya kamu meminjam Rp3 juta dan tenor 6 bulan maka cicilannya adalah Rp3 juta : 6 = Rp500.000. Sedangkan bunganya Rp3 juta x 3% = Rp90.000 dan biaya administratif Rp 540.000 : 6= Rp90.000. Jadi cicilan yang harus kamu bayarkan adalah cicilan + bunga + biaya administratif (Rp500.000 + Rp90.000 + Rp90.000 = Rp680.000,-. Jadi kamu akan membayar Rp 680.000,- per bulannya selama 6 bulan.

(Baca juga: Hindari Kesalahan Kesalahan Peminjam KTA)

Sistem pembayaran cicilannya bisa melalui banyak cara seperti membayar langsung di teller Amar Bank, membayar secara transfer di ATM Bersama/PRIMA, membayar melalui autodebet dan diutamakan rekening BCA dan membayar melalui internet banking. Dengan kemudahan membayar cicilan ini membuat masyarakat juga lebih tertarik. Satu hal yang mesti diketahui juga bahwa KTA ini adalah pinjaman online milik bank Amar. Jadi kemudahan-kemudahan yang didapatkan memang khas pinjaman online. Jika kamu akan mengambil pinjaman ini maka kamu tidak perlu khawatir karena bank Amar adalah bank terpercaya di Indonesia dan fintech Tunaiku sudah terdaftar di OJK loh.

Selalu merencanakan semua kebutuhan sehari-hari adalah langkah tepat dalam mengelola keuangan. Namun adakalanya terjadi situasi tak terduga yang membuat kita bingung apalagi jika itu berhubungan dengan uang. Nah dengan KTA Tunaiku Amar Bank kamu bisa menyelesaikan situasi tak terduga itu.

Jadi bijaklah mengatur keuangan, karena uang dapat membantu kita menemukan lebih banyak kebahagiaan, selama kita tahu apa yang bisa dan tidak bisa kita harapkan darinya. Pada dasarnya uang dapat membelikan kita beberapa kebahagiaan, tetapi hanya jika kita bisa menggunakan dan membelanjakan uang kita dengan benar dan bijaksana.

Dapatkan KTA dengan proses yang mudah dengan pilihan yang lengkap hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis