Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pinjaman Dana Darurat, Ajukan Saat Butuh Dana Cepat.

by Maria Nofianti on 19 Maret, 2020

Orang bilang jangan semuanya mengandalkan uang, jangan semua dihitung dengan uang, dan jangan terlalu mendewakan uang. Karena uang memang bukan segalanya, meski saat ini banyak hal yang bisa didapatkan dengan uang, khususnya kebutuhan kebutuhan materiil dan duniawi. Setiap manusia pasti memiliki kebutuhan pribadi yang berbeda-beda. Begitu juga dengan kemampuan finansialnya. Kebutuhan kadang ada yang sifatnya mendadak dan darurat. Misalnya saja tiba-tiba kita di PHK oleh perusahaan pasti kita butuh dana darurat untuk membiayai kebutuhan hidup kita. Atau kita sebagai pencari nafkah sakit parah atau kecelakaan dan harus dirawat di rumah sakit juga pasti butuh biaya rumah sakit. Maka dari itu kita sebenarnya memerlukan dana darurat. Dana darurat sendiri adalah dana yang akan digunakan untuk hal-hal darurat dan penting saja. Ini biasanya tidak dipakai untuk kebutuhan konsumtif pribadi.

pinjaman dana darurat

Tapi apa jadinya jika kita dalam kondisi darurat dan mendesak tidak mempunyai dana darurat? Mengajukan pinjaman dana darurat bisa menjadi solusinya. Ada banyak jalan yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan pinjaman dana darurat ini. Kita bisa mengajukan pinjaman dana darurat di perbankan atau di pegadaian atau bisa juga pinjaman online. Dari tiga jalan ini tentu memiliki cara dan syarat yang berbeda-beda saat mengajukannya. Nah berikut kita akan menjelaskan cara dan syarat masing-masing untuk pengajuan pinjaman dana darurat tersebut.

Cara pengajuan pinjaman dana darurat melalui perbankan

Salah satu bentuk pinjaman dana darurat dari perbankan kita bisa menggunakan KTA. Kredit ini yang memiliki banyak keunggulan. Termasuk waktu pencairan. Dengan tanpa adanya agunan juga mempermudah nasabah untuk mengajukannya sebagai pinjaman dana darurat.  Biasanya bank akan melihat riwayat kredit calon debitur dulu. Ini karena tidak adanya agunan yang diberikan. Ketika akan mengajukan pinjaman dana darurat ini di bank pertimbangkan perbandingan bunga, tenor serta limit yang didapatkan melalui KTA.

Dokumen yang diperlukan untuk pengajuan KTA sebagai pinjaman dana darurat ini antara lain:

Biasanya dokumen tersebut merupakan salinan saja. Saat sudah lengkap kamu tinggal datang saja ke kantor bank tersebut dan mengatakan tujuan kamu. KTA juga bisa diajukan secara online loh. Ini akan lebih menghemat waktu dan biaya. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana darurat ini melalui aplikasi resmi dari bank. Jika proses survey dokumen oleh bank sudah selesai maka kamu bisa memperoleh kabar apakah pinjaman kamu disetujui atau tidak. Jika disetujui maka tinggal menunggu waktu pencairan yang hanya memakan 3-7 hari kerja.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Untuk Franchise)

Contoh KTA dari perbankan yang bisa kamu pilih sebagai pinjaman dana darurat:

  1. Personal Loan BCA
  2. Kredit Serbaguna Mandiri
  3. BRIGuna
  4. BNI Fleksi
  5. Digibank KTA Instant
  6. KTA Tymedigital Commbank
  7. Permata KTA
  8. Mega Cash Line
  9. KTA Dana Instant Danamon
  10. Maybank KTA

Sebelum kamu mengajukan pinjaman ini sebaiknya kamu sudah tahu untuk apa uang tersebut akan dipakai. Begitu juga dengan jumlah dananya. Ini tentu berkaitan dengan kemampuan finansial kamu untuk membayar cicilan hutang kamu. Jangan sampai cicilan ini malah memberatkan kondisi keuangan kamu. Karena dengan mengetahui manfaat apa yang ingin dicapai dan dipenuhi dengan uang pinjaman itu, kamu akan lebih efektif menggunakan uang pinjaman. Jangan sampai deh uang pinjaman digunakan untuk melakukan atau mencukupi hal-hal yang tak bermanfaat. Karena hal ini hanya akan memperburuk kondisi keuanganmu. Ingatlah bahwa saat kamu meminjam uang itu saja sudah menjadi satu tanda bahwa kondisi keuanganmu tidak sehat.

Cara pengajuan pinjaman dana darurat melalui pegadaian

Cara selanjutnya untuk mendapatkan pinjaman dana darurat adalah dengan mengajukannya di Pegadaian. Badan usaha milik negara ini mempunyai usaha kredit dalam berbagai jenis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Beberapa jenis pinjaman di Pegadaian antara lain Kredit Angsuran Dengan Sistem Gadai, Kredit Cepat Aman, Kredit Angsuran Sistem Fidusia, Kredit Cepat Aman Prima, Produk Kreasi Fleksi, dan Pegadaian. Masing-masing jenis kredit memiliki aturan dan ketentuan sendiri.

Kredit yang bisa dipakai untuk pinjaman darurat dari Pegadaian ini adalah Kredit Aman Cepat. Kredit ini memakai sistem gadai bagi nasabah yang dananya bisa digunakan untuk kebutuhan konsumtif maupun dana darurat. Maka dari itu KCA ini bisa menjadi solusi yang mudah dan cepat saat kamu membutuhkan dana darurat.

Saat akan mengambil KCA ini kamu harus membawa barang untuk agunan misal seperti emas, ponsel, laptop, atau kendaraan, atau serta berharga lainnya. Kredit ini bisa dilakukan di semua kantor Pegadaian di Indonesia. Tinggal datang ke kantor Pegadaian dengan membawa agunan maka kamu bisa mendapatkan pinjaman dana darurat hanya dengan waktu 15 menit saja. Waktu yang cukup cepat ya untuk memperoleh pinjaman. Namun banyak konsumen yang menyarankan jika melakukan gadai, lebih mudah jika barang yang digadaikan di pegadaian adalah emas, bisa emas batangan atau emas perhiasan. Karena harganya yang sudah pasti di pasaran. Sedangkan jika barang elektronik atau misalnya laptop, ada yang pernah mencoba gadai, namun pihak pegadaian mematoknya dengan harga pasaran di salah satu marketplace dan jatuhnya lebih murah, padahal diakui oleh calon pegawai bahwa laptopnya masih terbilang baru. Hingga akhirnya calon nasabah ini pun mengurungkan niatnya.  Dan penting untuk diketahui, bahwa taksiran emas di setiap pegadaian berbeda. Bisa saja perhiasan yang sama ditaksir berbeda, dan jika ini terjadi, maka pilihlah Pegadaian yang memberi taksiran dan pinjaman yang lebih tinggi.

Besar dan jangka waktu pinjaman

Besarnya dana yang bisa dipinjam mulai dari Rp500.000 sampai Rp5 miliar dan itu tergantung jenis agunan yang dibawa. Sedangkan jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman hanya sampai 4 bulan saja. Tapi tenang saja, itu bisa diperpanjang dengan bayar sewa modal atau menganggur sebagian uang pinjamannya. Untuk pelunasan bisa dilakukan kapan saja dan tidak ada batasan waktunya. Kamu juga tidak harus membuka rekening sebagai syarat pengajuan pinjaman. Dana yang didapatkan saat kamu meminjam di Pegadaian adalah dana tunai ya. Bunga yang diterapkan pada kredit ini mulai dari 0,75% per 15 hari dan biaya administrasinya sebesar Rp2.000 sampai Rp125.000. Menariknya lagi, saat menggadaikan emas perhiasan, kamu tidak akan dimintai surat pembeliannya, jadi hanya perhiasannya saja yang diberikan.

Dokumen yang biasanya dibutuhkan untuk pengajuan pinjaman dana darurat di Pegadaian antara lain:

  1. KTP
  2. Surat Berharga asli (jika yang diagunkan adalah surat berharga)

Kamu tinggal membawa saja surat berharga atau agunan dan identitas diri. Dengan proses yang cepat dan syarat yang mudah banyak orang yang mendapatkan dana darurat dari Pegadaian juga loh.

Cara pengajuan pinjaman dana darurat melalui pinjaman online

Pinjaman online menjadi salah satu solusi populer untuk pinjaman dana darurat yang populer sekarang ini. Karena prosesnya yang cepat dan mudah juga tidak adanya agunan atau jaminan. Kemudahan ini yang membuat pinjaman online yang ada saat ini memiliki suku bunga yang lebih besar bila dibandingkan dengan pinjam di perbankan atau di Pegadaian yaitu mulai dari 0,8% per harinya. Selain itu ada juga biaya-biaya yang harus kamu perhatikan saat pengajuan pinjaman online. Biaya tersebut antara lain biaya provisi 5-8% dari jumlah pinjaman, biaya administrasi 1% dari jumlah pinjaman, dan biaya layanan 1%. Selain itu ada denda keterlambatan jika kamu telat membayar angsuran sebesar 1%. Semua ada perhitungannya, banyak orang atau konsumen merasa bahwa pinjaman online ini lebih berat daripada pinjaman di bank biasa yang mengharuskan kita memiliki jaminan.

Untuk mengajukan sebuah pinjaman online ini caranya juga sangat mudah. Kamu tinggal mendownload aplikasi pinjaman online yang kamu pilih, isi data diri beserta jenis pinjaman yang kamu pilih. Lengkapi semua syarat yang dibutuhkan dan kamu tinggal menunggu kabar baiknya. Biasanya proses persetujuan sampai pencairannya hanya dalam hitungan jam saja. Itulah kenapa pinjaman online ini banyak diburu orang. Jangan lupa untuk selalu membandingkan antar pinjaman online yang satu dengan lainnya untuk mendapatkan yang terbaik. Begitu juga memilih pinjaman online, harus memilih yang legal dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Ini untuk menjaga agar kamu tidak terjerat hutang yang mencekik.

Contoh pinjaman online yang legal dan terdaftar OJK yang bisa dipakai untuk pinjaman dana darurat:

  • Danamas
  • Investree
  • Amartha
  • Dompet Kilat
  • KIMO
  • Koinworks
  • Akseleran
  • Kredivo
  • Julo
  • ShopeePayLater
  • Cairin
(Baca Juga: Pinjaman Bunga Rendah Limit Mulai dari Rp5 Juta)

Itu dia beberapa cara agar kamu bisa mendapatkan pinjaman dana darurat. Memang idealnya dana darurat harus disiapkan sejak lama. Karena ini memiliki manfaat antara lain mengontrol tingkat stres saat kejadian tak terduga datang. Saat ada hal yang mendesak dan darurat paling tidak jika sudah memiliki dana darurat kita tidak perlu pusing untuk mencari dananya.

Cara menyimpan dana darurat sebenarnya bisa dilakukan setiap bulan, misalnya jika kamu gajian dan memposkan uang bulanan, cobalah untuk membuat pos dana darurat. Karena kita sebagai manusia tak tahu kapan kejadian tak terduga yang membutuhkan uang berlebih tiba. Jadi berjaga jaga atau sedia payung sebelum hujan adalah hal yang penting. Misalnya saat musim hujan tiba, rumah bocor, maka dana darurat bisa digunakan untuk memperbaiki bagian rumah yang perlu perbaikan. Ini adalah cara yang sangat efektif dan mudah, sehingga tak akan ada masalah tambahan yang terjadi.

Tapi jika terpaksanya kamu mengambil pinjaman dana darurat maka perhatikan hal-hal yang krusial seperti jumlah dana yang dibutuhkan, lama waktu yang diberikan untuk melunasi, bunga dan biaya. Semua itu tentu harus benar-benar diperhitungkan agar kamu bisa membayar angsurannya nanti. Jadi intinya harus disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu. Memiliki pinjaman dana darurat memang sebuah solusi tapi bukan berarti solusi itu dijadikan ketergantungan. Semoga tulisan ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan pinjaman dana darurat ya!

Jika kamu butuh pinjaman dana darurat, kamu tinggal ajukan di Cekaja.com. Dengan pilihan pinjaman yang lengkap serta proses yang mudah dijamin gak merepotkan kamu!

Tentang Penulis