Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Nih Kelebihan KTA Digibank Yang Harus Kamu Tahu

by Maria Nofianti on 27 March, 2020

Jalan terakhir saat terbelit masalah keuangan, dan membutuhkan dana darurat adalah dengan mengajukan pinjaman. Jadi pinjaman ini memang sudah menjadi hal yang umum dan wajar terjadi. Bahkan di luar negeri, murid sekolah atau universitas bisa mengajukan pinjaman untuk biaya sekolahnya. Nah, bagaimana jika kamu sedang membutuhkan dana darurat, berniat meminjam uang, namun tak memiliki aset yang dijadikan jaminan?

kelebihan KTA digibank

Tentu ini akan semakin membuat kepalamu pusing. Tapi, bersabarlah, tarik nafas dalam dalam dan temukan informasi pinjaman yang tak mengharuskanmu memiliki aset sebagai jaminan. Salah satunya adalah pinjaman Kredit Tanpa Agunan yang hadir memudahkan masyarakat memperoleh pinjaman. Namun, banyak juga orang yang menggunakan uang pinjaman untuk tujuan alternatif mungkin tidak ilegal, tetapi ada risiko bahwa pemberi pinjaman tersebut, terlebih jika lembaga resmi seperti bank akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang melakukan hal tersebut. Bahkan jika bank mengetahui bahwa peminjam telah menggunakan uang dengan cara yang berbeda dari apa yang peminjam janjikan, maka ini akan membuat record keuanganmu buruk.

Untuk mengetahui apa yang diizinkan dan tidak oleh bank, periksa perjanjian pinjaman saat akan meminjam uang. Dalam beberapa kasus, ada batasan, tetapi pinjaman lain memungkinkan peminjam untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan dengan uang itu.

Beberapa orang bahkan mengambil pinjaman tanpa niat untuk menggunakan uang seperti yang diinginkan oleh bank. Peminjam paling berani menginvestasikan uang, berharap untuk mendapatkan lebih dari yang mereka bayar dalam bunga. Lainnya hanya menggunakan dana untuk kehidupan sehari-hari: membayar tagihan, membeli bahan makanan, dan sebagainya.

Seperti halnya pinjaman KTA menjadi produk kredit yang paling banyak dicari. Dana dari pinjaman ini bisa digunakan untuk keperluan apa saja. Karena kebutuhan manusia itu ada banyak sekali baik primer dan sekunder maka KTA menjadi solusi saat kondisi memerlukan banyak dana. Dana itu bisa untuk biaya pendidikan anak, biaya memperbaiki rumah, biaya pernikahan, biaya pengobatan, modal usaha, membeli peralatan elektronik dan lainnya.

(Baca Juga: Cara Menggunakan Dana Pinjaman Yang Tepat)

Berbeda dengan beberapa pinjaman yang bukan KTA, pemberi pinjaman ingin membatasi bagaimana dana digunakan. Suku bunga pinjaman biasanya memperhitungkan risiko yang ingin diambil oleh pemberi pinjaman, dan itu sebagian tergantung pada tujuan pinjaman. Pinjaman yang berisiko memiliki persyaratan yang berbeda dan lebih mahal daripada pinjaman yang tidak berisiko. Kamu bahkan mungkin tidak bisa mendapatkan pinjaman tertentu kecuali uangnya digunakan untuk pembelian tertentu.

Misalnya saja pinjaman untuk kepemilikan rumah, biasanya digunakan untuk membeli rumah atau membiayai kembali pinjaman rumah yang ada. Ini hampir mustahil untuk mendapatkan uang itu digunakan untuk keperluan lain, kecuali melalui proses penutupan yang melibatkan penggunaan properti sebagai jaminan untuk pinjaman. Dengan begitu, jika kamu berhenti melakukan pembayaran, kreditur dapat menyita dan menjual properti untuk mendapatkan uang mereka kembali.

Ada juga pinjaman mobil mirip dengan pinjaman pembelian rumah. Kendaraan yang kamu beli mengamankan pinjaman, sehingga pemberi pinjaman mengambil risiko lebih kecil. Karena pinjaman mobil cenderung lebih kecil dari pinjaman rumah, sehingga pemberi pinjaman tidak seketat itu.

Kembali lagi pada KTA yang saat ini banyak diminati masyarakat, salah satunya adalah KTA Digibank dengan nama KTA DBS. KTA Digibank menjadi salah satu produk terbaik dari Bank DBS. Ini karena ada banyak kelebihannya loh. Dari artikel ini kamu akan tahu lebih banyak kelebihan KTA Digibank tapi sebelumnya akan kita bahas tentang KTA Digibank itu sendiri ya.

KTA Digibank adalah produk pinjaman dari Bank DBS yang tidak memerlukan jaminan untuk mendapatkan pinjamannya. KTA Digibank ini mempunyai pilihan dana pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai Rp200 juta. Satu lagi yang penting untuk diperhatikan dalam sebuah pinjaman apalagi kalau bukan bunganya. Bunga yang diberikan juga terbilang kompetitif loh karena ini bunga tetap. Bunga KTA Digibank mulai dari 0,95% saja loh! Siapa yang nggak tertarik coba?

Nah kelebihan KTA Digibank antara lain akan kita berikan penjelasannya di bawah ini.

Kelebihan KTA Digibank
1. Tanpa jaminan

KTA Digibank adalah salah satu produk kredit yang tidak diwajibkan adanya jaminan dalam bentuk apapun. Ini menjadi kelebihan yang paling banyak dicari orang. Kemudahan untuk mendapatkan pinjaman ini dengan tidak ada jaminan membuat KTA Digibank populer.

2. Proses cepat

Selian tak ada jaminan, proses cepat juga menjadi acuan bagi orang-orang yang akan meminjam. Siapa sih yang tidak suka kalau bisa dapat uang dengan cepat? Kelebihan KTA Digibank yang utama tentu prosesnya yang cepat. Kita tidak perlu waktu yang lama buat menunggu proses mulai dari pengajuan, persetujuan sampai pencairan loh. Asalkan syarat dan ketentuan sudah lengkap kamu tinggal menunggu notifikasi kalau pinjaman kamu sudah ditransfer ke rekening bank kamu hanya dalam hitungan jam!

3. Bisa apply kapan saja

Layanan KTA Digibank bukan hanya secara online loh. Di jaman yang serba digital ini Bank DBS memberikan terobosan meluncurkan aplikasi Digibank yang bisa mempermudah kamu untuk apply pinjaman ini. Dengan memakai aplikasi ini akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman kapan pun saat kamu mau. Bahkan dalam 7×24 jam loh. Jadi hanya dalam genggaman, kamu bisa memproses pinjaman KTA Digibank ini tanpa keluar rumah.

4. Suku bunga flat

Produk pinjaman KTA Digibank memiliki suku bunga yang flat loh. Artinya suku bunga ini akan tetap tiap bulannya sampai akhir pelunasan pinjaman. Kelebihan KTA Digibank ini membuatnya semakin menarik. Karena bila dibandingkan KTA lain yang bunganya menurut pasar, bunga flat lebih disukai. Suku bunga yang diberikan juga tergantung jumlah pinjaman yang diajukan. Jika pinjaman mulai dari Rp5 juta sampai dengan Rp124,99 juta  akan dikenakan suku bunga 1,29% tiap bulannya. Kemudian untuk pinjaman mulai dari Rp125 juta sampai dengan Rp200 juta maka suku bunganya sebesar 0,95% tiap bulannya.

5. Memiliki tenor yang panjang

Biasanya KTA hanya memberikan waktu yang sebentar untuk melunasi pinjaman. Apalagi jika kita itu didapatkan dengan aplikasi atau online. Tapi berbeda di KTA Digibank. KTA ini memberikan jangka waktu atau tenor yang panjang untuk melunasi hutang. Mungkin karena plafonnya yang terbilang cukup besar juga maka jangka waktu yang diberikan juga dipertimbangkan ada banyak pilihannya. Tenor yang diberikan oleh Bank DBS untuk KTA Digibank ini mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan.

Jika kamu akan mengajukan KTA Digibank ini sebaiknya penuhi dulu syarat-syarat di bawah ini ya!

  • Usia pemohon min 21 tahun saat mengajukan
  • Usia pemohon maks 60 tahun waktu pelunasan
  • Punya penghasilan min Rp3 juta
  • Wajib punya kartu kredit minimal sudah 1 tahun
  • Limit kartu kredit min Rp6 juta

Seperti KTA lainnya, KTA Digibank ini juga ada biaya-biaya lain seperti biaya tahunan untuk tahun 1 sebesar 1,75% dari pinjaman, tahun ke 2 dan seterusnya Rp65.000 per tahunnya. Ada juga biaya administrasi sebesar Rp399.000, biaya keterlambatan sebesar 6% dari angsuran, biaya pelunasan dipercepat sebesar 8% dti sisa pinjamannya. Biaya biaya ini seringkali terasa berat di awal, namun apa boleh buat karena biaya seperti ini ada di setiap produk pinjaman.

(Baca Juga: Punya Utang Pinjaman Online? Ini 5 Tips Mudah Membayar Cicilannya)

Sebagai salah satu kelebihan KTA Digibank, cara pengajuan yang dilakukan secara online belum banyak yang tahu loh. Kali ini kita akan berikan langkah-langkah mengajukan KTA Digibank secara online buat kamu yang sudah punya rekening tabungan di Bank DBS.

  1. Download aplikasi Digibank untuk mulai mengajukan pinjaman.
  2. Buka aplikasi dan masuk ke menu utama kemudian klik “Digibank personal Loan”
  3. Isi data diri dan tunggu untuk persetujuan awal pinjaman KTA Digibank
  4. Jika disetujui tentukan jumlah dana yang ingin dipinjam, jangka waktunya serta besar angsuran bisa dipilih sekarang
  5. Dana akan segera ditransfer ke rekening bank DBS kamu

Gimana kalau belum punya rekening tabungan di Bank DBS? Tenang, ikuti saja langkah-langkah berikut ini ya.

  1. Ajukan pinjaman melalui go.dbs.com/kta kapanpun kamu mau
  2. Isi data diri dan tunggu persetujuan awal untuk pinjaman KTA Digibank hanya dalam waktu 60 detik saja
  3. Jika kamu belum punya aplikasi maka sistem akan menyarankan kamu download aplikasi Digibank dan melanjutkan proses pengajuan di aplikasi seperti yang disebutkan di atas
  4. Kunjungi booth Bank DBS atau janji dengan agen untuk verifikasi biometrik pembukaan rekening untuk pencairan pinjaman kamu
  5. Setelah selesai verifikasi maka pencairan bisa langsung cair loh. Cepat sekali bukan?

Untuk melakukan pembayaran angsuran KTA Digibank ini juga banyak pilihannya. Mulai dari autodebet, ATM Bersama hingga bayar di Indomaret. Semakin mudah kan pilihannya? Lalu cara pembayaran untuk masing-masing metode akan di jelaskan di sini.

Cara membayar cicilan KTA Digibank
Melalui layanan autodebet. Caranya yaitu:
  • Isi saldo rekening tabungan Digibank kamu baik melalui teller/transfer antar bank/mobile dan internet banking
  • Pilih bank tujuan yaitu PT Bank DBS Indonesia/masukkan kode bank 046/ dan masukkan kode 046 serta nomor rekening Bank DBS kamu
  • Ikuti perintah selanjutnya
Melalui layanan ATM Bersama/Prima. Caranya yaitu:
  • Pilih “transfer/pemindahbukuan” pada mesin ATM
  • Masukkan kode bank 046 untuk bank DBS dan nomor rekening pinjaman KTA Digibank kamu
  • Ikuti perintah selanjutnya sampai selesai.
  • Melalui layanan kasir Indomaret. Caranya:
  • Sebutkan nomor rekening pinjaman KTA Digibank kamu kepada kasir
  • Konfirmasi nomor rekening dan jumlah yang akan dibayarkan apakah sudah pas
  • Bayar dengan uang tunai atau kartu kredit ke kasir
  • Simpan struk dari kasir untuk bukti pembayaran angsuran KTA Digibank
  • Paling lama diproses selama 3 hari dan bisa dilakukan di semua outlet Indomaret seluruh Indonesia
  • Lakukan pengecekan riwayat pembayaran angsuran melalui aplikasi.

Dengan berbagai kelebihan KTA Digibank ini menjadikan Bank DBS lebih bersaing dengan bank-bank lainnya dalam produk KTA. Kelebihan yang digabungkan dengan sistem digital juga menyasar ke kalangan anak muda. Jadi sangat cocok jika kamu adalah seorang anak muda yang membutuhkan dana untuk membuka bisnis atau usaha dan tak memiliki pasokan dana dari orang tua. Dan dengan begitu KTA Digibank ini bisa dijangkau siapa saja. Jadi masih mikir untuk mendapatkan pinjaman KTA Digibank?

Tentang Penulis