Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cek Tips Ajukan KTA CTBC Untuk Karyawan Kontrak

by Maria Nofianti on 15 April, 2020

Menjadi karyawan kontrak memang membuat kita tak memiliki beberapa akses kemudahan yang dimiliki karyawan tetap. Namun bagaimana lagi, berstatus karyawan kontrak adalah salah satu proses dalam sebuah pekerjaan. Secara umum, saat diterima dalam satu perusahaan kita memang tak  langsung diangkat menjadi karyawan tetap, ada masa percobaan dan ada masa kita menjadi karyawan kontrak.

tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak

Nah, bagaimana saat kita masih karyawan kontrak, namun kita membutuhkan dana untuk keperluan darurat? Tentu akan sedikit melalui banyak proses. Karena jika meminjam pada bank, maka biasanya bank mensyaratkan seseorang sebagai karyawan tetap. Pemberi pinjaman menilai bahwa karyawan tetap dapat menjamin pembayaran cicilan dengan baik, berbeda dengan karyawan kontrak. Tapi tenang saja, kini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai karyawan kontrak untuk memperoleh pinjaman.

Cara agar pinjaman sebagai karyawan kontrak bisa disetujui

Jika kamu karyawan kontrak atau bekerja paruh waktu, kamu akan memiliki lebih banyak opsi pinjaman. Jadi pertama tama, periksa penghasilan minimum. Karena pekerjaan kamu akan dianggap lebih stabil, jadi kamu hanya perlu memastikan bahwa kamu memenuhi kriteria penghasilan minimum sehubungan dengan persyaratan kerja.

Selanjutnya kamu sudah bekerja setidaknya tiga bulan. Banyak persyaratan bank mengharuskan kamu bekerja setidaknya tiga bulan karena ini menunjukkan pekerjaan yang stabil, dan dalam beberapa kasus, kamu telah keluar dari masa percobaan.

Yang ke tiga, kamu menerima gaji atau terima pembayaran melalui rekening bank. Seiring dengan slip pembayaran, ini akan menjadi cara bagi pemberi pinjaman untuk memeriksa penghasilanmu terhadap informasi yang kamu berikan dalam aplikasi pengajuan pinjaman. Jika dibayar tunai, pastikan kamu menyetor ini ke rekening bank atau dapatkan slip gaji dari atasan untuk dapat membuktikan penghasilan kamu.

Hubungi bank jika Anda tidak yakin tentang kriteria kelayakan. Ini adalah cara terbaik untuk memeriksa apapun sebelum mengirimkan aplikasi pengajuan pinjaman dan mengurangi risiko memiliki aplikasi yang ditolak tercantum pada file kredit kamu.

(Baca Juga: Pinjaman Dana 10 Juta Untuk Pendapatan Rendah)

Beberapa karyawan kontrak mungkin merasa lebih mudah mengakses pinjaman daripada yang lain dan ini karena mereka dianggap kurang berisiko oleh pemberi pinjaman. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan pekerja lepas untuk membantu mereka mengakses pinjaman:

Bekerja selama setahun, lalu baru mengajukan pinjaman KTA. Memang Bank dan pemberi pinjaman memandang orang-orang dalam status karyawan kontrak memiliki risiko yang lebih kecil jika mereka telah dipekerjakan di tempat yang sama setidaknya selama 12 bulan. Ini sebagian karena setelah 12 bulan berstatus sebagai karyawan kontrak, kamu memiliki hak untuk meminta atasan agar kamu digolongkan sebagai karyawan tetap. Namun, beberapa pemberi pinjaman hanya membutuhkan 6 bulan kerja tetap untuk menyetujui kamu agar mendapatkan pinjaman.

Jadi, mintalah rekomendasi dan dapatkan surat dari atasan di perusahaanmu jika kamu ingin mengajukan pinjaman. Sebagian besar risiko yang terkait dengan pemberian pinjaman kepada karyawan biasa adalah ketakutan bahwa mereka dapat berhenti menerima pekerjaan. Dengan memberikan surat dari atasan, maka dialah yang mengkonfirmasi pekerjaan mu dan memastikan pemberi pinjaman bahwa pekerjaanmu aman.

Selanjutnya jika sudah mendapatkan rekomendasi, ambillah hanya satu pinjaman saja. Jangan mengajukan beberapa pinjaman. Pemberi pinjaman dapat melihat akun kredit dan pinjaman yang kamu ajukan dan jika kamu membuat beberapa aplikasi dalam waktu bersamaan, maka pihak bank dapat melihat kamu sebagai peminjam yang tidak bertanggung jawab.

Kredit Tanpa Agunan Untuk Karyawan Kontrak

KTA adalah produk pinjaman bank yang masih menjadi urutan atas dalam mengatasi masalah bagi masyarakat. Sesuai namanya KTA yaitu kredit tanpa agunan ini memang dinilai memudahkan masyarakat memperoleh dana pinjaman dari bank. Syaratnya yang mudah dan tidak mewajibkan jaminan membuatnya semakin populer. Jumlah dana yang bisa dipinjam juga cukup besar. Tentu saja besaran dana pinjaman harus disesuaikan dengan berapa kita setiap bulannya. Bank juga memberikan syarat dokumen yang mudah seperti slip gaji, rekening Koran, data pribadi, surat keterangan bekerja dan lainnya.

Bagi para karyawan yang berstatus sebagai karyawan tetap mungkin itu bukanlah masalah. Karyawan tetap memiliki penghasilan yang sudah tetap sehingga mereka sudah bisa dianggap sanggup membayar cicilan pinjaman yang bisa disesuaikan dengan penghasilan. Lantas gimana nih dengan kita yang masih karyawan kontrak? Tenang saja, meskipun menemukan KTA untuk karyawan kontrak bukan hal yang mudah tapi tidak perlu khawatir karena ada bank CTBC yang mau memberikan pinjaman KTA untuk karyawan kontrak. Jadi cek saja tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak di bawah ini ya!

KTA CTBC Untuk Karyawan Kontrak

Bank CTBC adalah salah satu bank yang bisa memberikan kredit tanpa agunan kepada karyawan yang masih memiliki status karyawan kontrak atau baru. Karyawan kontrak atau mungkin freelance bisa saja memiliki penghasilan yang lumayan besar loh. karena hal ini maka Bank CTBC tidak menutup kemungkinan bagi karyawan kontrak untuk mengajukan KTA CTBC. Dengan KTA ini karyawan kontrak bisa menggunakannya untuk membiayai berbagai macam kebutuhan mulai dari modal usaha, pengobatan, renovasi rumah sampai kebutuhan konsumtif lainnya.

Untuk bisa mengajukan KTA CTBC dengan mudah dan tidak serta merta ditolak tentu harus ada cara efektifnya. Sebelum itu ada baiknya kita tahu lebih dulu syarat umum untuk mengajukan KTA CTBC ini ya. Syarat umumnya antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Bertempat tinggal di Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan 55 tahun saat pelunasan
  • Masa kerja minimal 3 bulan sampai 2 tahun

Syarat diatas tentu juga berbeda tergantung dengan kebijakan masing-masing ketentuan bank CTBC. Sebagai karyawan kontrak mengajukan KTA CTBC bisa dilakukan dengan mudah loh asal tahu tipsnya. Berikut kita informasikan tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak yang harus kamu ketahui.

  • Memiliki catatan riwayat kredit yang bagus

Tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak yang pertama adalah kita harus memiliki catatan riwayat kredit yang bagus. Ini bisa menjadi poin yang baik untuk pengajuan kredit ke bank. Semua kredit yang pernah kita lakukan akan memberikan catatan apakah kita mempunyai riwayat kredit yang bagus.

Seperti namanya bahwa KTA tidak menggunakan jaminan untuk bisa mendapatkan pinjaman. Jadi untuk bisa mendapatkan dana pinjaman itu bank menggunakan catatan riwayat kredit kita. Jika catatan riwayat kredit kita baik dan bagus karena tidak ada keterlambatan pembayaran maupun kredit macet maka itu bisa menjadi tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak. Tapi sebaliknya jika ternyata kita memiliki catatan riwayat kredit yang buruk bisa-bisa kita akan gagal mengajukan pinjaman ke bank terutama untuk KTA.

  • Tentukan rasio pinjaman yang masuk akal

Yang dimaksud dengan rasio pinjaman adalah bagaimana perbandingan hutang kita terhadap penghasilan kita. Beberapa ahli keuangan memberikan saran rasio pinjaman yang masuk akal bagi kita adalah sekitar 30-40% dari seluruh penghasilan. Jika rasio pinjamannya melebihi angka tersebut maka akan dinilai bank sangat berisiko tidak bisa membayar cicilannya.

Saat mengajukan pinjaman, memperhatikan tips di atas adalah salah satu cara efektif agar pinjaman bisa lolos. Tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak yang seperti ini memang harus benar-benar masuk dalam perhitungan kita. Maka dari itu Bank CTBC hanya memberikan jumlah plafon pinjaman maksimal 8 kali gaji. Besarnya plafon pinjaman KTA CTBC juga akan diperhitungkan berdasarkan bagaimana kemampuan kita membayar cicilan. Jadi jangan sampai kita pilih pinjaman dengan jumlah yang banyak, lalu cicilannya yang besar juga. ini bisa membuat rasio hutang kita melebihi dari 40% apalagi jika kita masih memiliki hutang lainnya seperti kredit smartphone, kredit laptop atau kredit kendaraan kita.

  • Ajukan KTA dengan kartu kredit

Bagi karyawan kontrak memiliki kartu kredit juga bukan masalah selama masih bisa membayar tagihannya setiap bulan. Tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak bisa melalui cara ini. Ajukan dengan kartu kredit saja. Dengan memiliki kartu kredit maka riwayat kredit kita akan dianalisis oleh pihak bank, begitu juga dengan berapa lama menggunakannya dan besaran limit kartu kreditnya. Semua ini bertujuan untuk mempercepat proses persetujuan KTA CTBC. Tips seperti ini menjadi solusi jika kita akan mengajukan KTA CTBC. Selain itu program tarik tunai yang ada pada kartu kredit juga bisa dikatakan sebagai kredit tanpa agunan loh. kita bisa dengan cepat mendapatkan dana. Asalkan bisa membayar cicilannya tiap bulan, sebagai karyawan kontrak sepertinya itu bukan masalah besar.

Nah itulah dia tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak yang perlu kamu ketahui. Lalu produk apa sih yang ditawarkan Bank CTBC ini? Namanya adalah KTA Dana Cinta CTBC. Bagaimana ketentuan dan cara mengajukannya? Simak terus ya tulisan ini.

KTA Dana Cinta

Kredit Tanpa Agunan dari Bank CTBC menjadi salah satu KTA yang fleksibel. Selain memperbolehkan karyawan tetap untuk mengajukannya, karyawan kontrak/ baru, para profesional dan wiraswasta juga bisa mengajukan. Plafon pinjaman dari KTA Dana Cinta ini dimulai dari Rp 5 juta sampai Rp200 juta. Cukup besar ya? Inilah ciri khas pinjaman KTA. Sedangkan jangka waktu atau tenor yang diberikan juga cukup panjang mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan.

Namun seperti pinjaman KTA lainnya, KTA Dana Cinta ini juga memberikan banyak biaya-biaya yang harus diperhatikan. Ini juga bisa menjadi tips ajukan KTA CTBC untuk karyawan kontrak dengan melihat banyaknya biaya-biaya tersebut. Biaya-biaya itu antara lain biaya proses sebesar 3% dari plafon pinjaman yang disetujui, biaya pelunasan awal sebesar 9% dari sisa cicilan pokok, biaya materai Rp6000  dan biaya keterlambatan membayar cicilan sebesar 5% dari jumlah cicilannya.

Nah kalau kita sebagai karyawan kontrak mengajukan KTA Dana Cinta CTBC maka kita bisa mendapatkan banyak keuntungan loh. mau tahu apa saja? Cek di bawah ini.

  • KTA Dana Cinta hanya akan diproses 3 hari saja
  • KTA Dana Cinta bunganya ringan rata-rata hanya 2,49% tiap bulan
  • KTA Dana Cinta bisa dilakukan secara online lewat aplikasi
  • KTA Dana Cinta bisa untuk karyawan kontrak

Mengajukan KTA sebagai pilihan solusi terhadap masalah finansial kita adalah hal yang wajar. Dari sekian banyak model pinjaman dari bank, KTA menjadi yang termudah. Apalagi sebagai karyawan kontrak. Status karyawan kontrak ternyata tidak menghalangi Bank CTBC untuk tetap memberikan layanan kreditnya. Asalkan syarat dan ketentuan dipenuhi maka karyawan kontrak bisa dengan mudah mendapatkan KTA Dana Cinta dari Bank CTBC ini. Dan jangan lupa dengan tips-tips diatas ya!

Tentang Penulis