Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pinjaman Dana Untuk Bisnis Otomotif Untuk Pilihan Modal Usahamu

by Maria Nofianti on 16 April, 2020

Bisnis selalu menjadi pilihan bagi mereka yang tidak ingin menjadi pegawai kantoran. Memulai bisnis yang berdasarkan hobi tentu akan menjadi menarik. Salah satunya bisnis otomotif. Kendaraan baik roda dua maupun empat sudah menjadi kebutuhan manusia jaman sekarang. Karena itulah bisnis dari sektor otomotif bisa dibilang menjanjikan dan menguntungkan. Apalagi kalau kamu memang hobi otomotif atau berbakat di bidang otomotif.

pinjaman dana untuk bisnis otomotif

Apakah kamu tertarik untuk memiliki bisnis otomotif? Sebagai pemilik bisnis yang cerdas, atau investor potensial, peluang waralaba dalam bisnis otomotif bisa sangat menarik. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis otomotif, kita akan melihat industri, peluang bisnis dan investasi yang potensial.

Industri otomotif

Industri otomotif adalah salah satu lahan bisnis yang cukup besar, saat ini memiliki peluang yang sesuai dengan kebutuhan hampir semua orang. Tentu saja, ini merupakan industri yang ideal bagi investor untuk berinvestasi dan menghindari risiko tinggi. Tren waralaba bisnis otomotif dan ekonomi secara keseluruhan juga menggembirakan bagi siapa saja yang memiliki hasrat untuk mobil, van, truk, sepeda motor, SUV, dan lainnya. Jika kamu berpikir untuk melakukan diversifikasi ke industri otomotif, membeli waralaba otomotif mungkin tepat untuk dipilih.

Industri waralaba dalam bisnis otomotif telah melewati beberapa dekade terakhir. Sementara produsen mobil telah bertahan dalam banyak tantangan, industri otomotif terus melayani kendaraan. Selain berbagai layanan, nilai merek bisnis dan kepercayaan pelanggan telah membayar dividen pemilik. Kamu juga bisa mendapat untung dengan melakukan riset dan berinvestasi di pemilik waralaba yang cocok yang sesuai dengan minat kamu. Dengan berinvestasi dalam bisnis otomotif, kamu akan sangat mengurangi biaya awal, segera menggunakan model bisnis yang efektif dan terbukti untuk sukses.

Peluang bisnis otomotif

Bagi siapa pun yang memulai peluang bisnis otomotif baru, kelangsungan bisnis adalah kuncinya. Pertama, industri otomotif adalah industri yang hebat karena berbagai layanan yang layak. Dari penggantian oli seluler hingga desain bodi mobil dan perbaikan tabrakan mobil, pilihannya tidak terbatas bagi siapa saja yang ingin terlibat. Selain itu, aksesoris mobil adalah pasar USD 32 miliar dengan potensi pertumbuhan yang lebih besar seiring dengan perkembangan teknologi. Menurut para pakar industri otomotif, pertumbuhan yang bahkan lebih cepat diharapkan karena kategori ini semakin berkembang dengan lebih banyak pilihan bagi konsumen. Dan, ketika kamu mempertimbangkan inovasi yang muncul dalam solusi ramah lingkungan, bisnis otomotif harus lebih menarik dari sebelumnya.

Bayangkan saja saat ini ada jutaan mobil, truk, bus, dan kendaraan lain di jalan. Selain pembelian kendaraan, biaya utama bukan bensin untuk bahan bakar mobil. Alih-alih, ini dalam pemeliharaan berkelanjutan selama masa hidup kendaraan. Selain itu, orang membutuhkan inspeksi rutin, penggantian oli, dan servis rem. Ini menyajikan lebih banyak peluang untuk bisnis daripada bisnis renovasi rumah. Dengan menyediakan layanan perbaikan otomatis, kamu dapat memiliki bisnis jangka panjang yang melayani kendaraan.

Jaminan keberhasilan dalam bisnismu pun bisa dijamin, jika kamu bisa memberikan jaminan pelanggan untuk setiap perbaikan yang kamu lakukan di service centre. Karena ini membantu bisnis dalam membangun kepercayaan pelanggan. Pelanggan akan tahu bahwa kamu tidak menipu mereka. Ini membantumu membangun loyalitas pelanggan, karena dari pelanggan setia lah kamu mendapatkan iklan gratis. Mereka akan memberi rujukan dari mulut ke mulut.

(Baca Juga: Cara Membersihkan AC Mobil Tanpa ke Bengkel)

Menjadikan hobi sebagai bisnis tentu tidak menjadikan risiko kestabilan bisnis menjadi kecil ya. Tapi paling tidak kamu menyukai bisnis kamu dan akan melakukannya dengan segenap hati. Biasanya yang menjadi masalah adalah tentang uang. Jangan khawatir karena sekarang sudah banyak pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang tersedia di bank atau lembaga keuangan non bank. Degan pinjaman dana ini kamu bisa mendirikan atau mengembangkan bisnis otomotif kamu loh.

Hobi otomotif memang banyak orang yang menyukainya tapi belum tentu mereka benar-benar tahu bagaimana dan apa otomotif itu sendiri. Ide bisnis dari otomotif ini bisa dilakukan sebagai sampingan kamu loh. Misalnya kamu bisa memanfaatkan pengetahuan kamu untuk berbisnis. Kamu bisa membuka jasa konsultasi untuk orang-orang yang akan membeli kendaraan baru. Konsultasi seperti ini jarang ada yang membuatnya sebagai bisnis sehingga kesempatan masih terbuka lebar.

Lalu apa saja sih macam bisnis otomotif yang bisa dilakukan? Kali ini sebelum membahas mengenai pinjaman dana untuk bisnis otomotif ada baiknya kita tahu bisnis otomotif seperti apa yang bisa dilakukan. Beberapa contoh bisnis otomotif yang bisa kita lakukan antara lain:

  • Bengkel service mobil dan motor

Membuka bengkel sangat cocok untuk kamu yang hobi utak atik mesin kendaraan bermotor. Memulai bisnis bengkel kecil-kecilan dengan pelayanan seperti service berkala dan service biasa bisa menjadi pilihan. Kamu juga bisa membuka lapangan kerja jika kamu memerlukan beberapa pekerja yang handal dalam bidang otomotif ini.

  • Jasa montir

Masih untuk kamu yang suka mengotak-atik mesin kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, jasa montir adalah ide bisnis yang lumayan menjanjikan. Apalagi jika kamu bisa melayani panggilan. Sekarang ini tidak banyak bengkel yang mau melayani panggilan service. Kesempatan ini bisa kamu ambil. Jasa montir ini bisa dilakukan saat mobil mogok di tengah perjalanan dan susah mendapat akses ke bengkel.

  • Jasa cuci mobil dan motor

Jasa cuci mobil dan motor juga bisa menjadi ide bisnis dalam bidang otomotif pilihan loh. kalau ingin hemat bisa dilakukan secara rumahan atau kalau ingin sedikit lebih besar bisa menyewa tempat dulu.

  • Jasa modifikasi mobil dan motor

Ini adalah salah satu bisnis yang dibilang untungnya sangat lumayan. Orang-orang akan berani bayar berapapun untuk memodifikasi kendaraan mereka. Tujuannya biasanya untuk kesenangan dan banyak orang berduit yang menjadi targetnya. Kalau kamu memiliki bakat dalam memodifikasi tentu sangat beruntung. Hasil modifikasi bisa dinilai sebagai karya seni yang harganya mahal loh. Bukan menyasar ke kalangan berduit saja yang tujuannya untuk kesenangan tapi memodifikasi untuk bisnis makanan atau minuman juga bisa menguntungkan.

  • Jasa mobil derek

Mobil derek diperlukan saat ada mobil mogok di tengah jalan. Jadi bukan hanya montir saja yang diperlukan ya. Kesempatan ini bisa menjadi ide bisnis kan?

  • Bisnis kursus setir mobil

Bisnis kursus setir mobil juga bisa menjadi ide yang pas untuk kamu yang pintar memanfaatkan keahlian menyetir. Karena mobil sudah menjadi kebutuhan banyak orang terutama di kota-kota besar maka tentu akan ada banyak orang yang butuh untuk belajar menyetir mobilnya. Kamu bisa menambahkan jasa untuk membantu mengurus sim dan stnk loh.

  • Jual beli mobil dan motor

Ide jual beli kendaraan bermotor ini bisa menjadi ladang bisnis. Karena tadi kendaraan bermotor sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi banyak orang. Jadi permintaan akan kendaraan bermotor baik mobil atau motor akan tetap ada. Mobil dan motor ini juga salah satu barang yang mudah di jual kembali. Maka dari itu bisnis jual beli ini menjanjikan di masa depan.

  • Rental mobil dan motor

Mengatasi masalah orang-orang yang membutuhkan kendaraan bermotor di waktu yang pendek maka jasa rental mobil dan motor menjadi solusinya. Atau bisa juga dipakai sebagai jasa transportasi online yang sedang marak-maraknya.

Nah itu dia beberapa ide bisnis di bidang otomotif yang bisa menjadi pilihan kamu. Jika kamu sudah menjalankan salah satu bisnis di atas atau akan melakukannya pasti perlu modal yang lumayan. Sebenarnya ada banyak pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang bisa dipilih. Namun untuk modal usaha harus memikirkannya lebih dari sekali. Karena bisnis selalu berisiko untuk bangkrut. Demi menjaga bisnis tetap berjalan mengambil pinjaman juga bisa menjadi solusi. Berikut contoh pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang bisa kamu pilih.

1. KTA Digibank

KTA Digibank menjadi salah satu pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang pas. Karena prosesnya yang cepat hanya 60 detik saja kamu bisa mendapatkan dana pinjaman maksimal sampai dengan Rp80 juta. Dana pinjaman dari KTA ini bisa dipakai untuk kebutuhan apa saja termasuk untuk membiayai operasional bisnis otomotif kamu. Cara pengajuannya juga sangat mudah apalagi di saat seperti ini. Kamu bisa lewat aplikasi digibank by DBS jika sudah punya rekening di bank DBS. Bunga yang diterapkan oleh bank juga relatif kecil yaitu 0,95% – 3,29% per bulan dan itu adalah bunga flat yang tidak akan berubah sampai akhir pelunasan.

Mengambil pinjaman dana untuk bisnis otomotif kamu dari Digibank ini tentu menguntungkan karena bunganya yang ringan. Jadi kamu tidak akan begitu terbebani untuk membayar cicilannya. Syarat yang perlu diketahui saat akan mengajukan pinjaman dana ini antara lain memiliki e-KTP, NPWP, penghasilan minimal Rp3 juta, berusia minimal 21 tahun, bertempat tinggal di Jabodetabek, Bandung, Semarang dan Surabaya. Dalam membayar cicilannya juga bisa melalui layanan autodebet, ATM bersama dan outlet Indomaret.

2. KTA Bisnis Bank Permata

KTA dari Bank permata ini cocok untuk para pemilik usaha yang ingin mengembangkan usahanya. Pinjaman dana untuk bisnis otomotif juga bisa diambil dari KTA ini. plafon pinjamannya mulai dari Rp10 juta sampai dengan Rp1 miliar. Jangka waktu yang diberikan mulai dari 1 tahun sampai 3 tahun. Bunga yang diberikan juga sangat kompetitif. Salah satu keunggulannya tentu saja tidak membutuhkan jaminan apapun. Syarat untuk bisa mengajukan KTA bisnis Bank Permata antara lain WNI yang berdomisili di Indonesia, berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat pelunasan, dan mempunyai penghasilan minimal Rp3 juta.

Nah itu dia dua contoh pinjaman dana untuk bisnis otomotif yang bisa kamu pilih. Sebaiknya dalam mengembangkan usaha memang tidak usah meminjam. Tapi jika itu harus dilakukan maka pilihlah pinjaman dengan bunga ringan. Meminjam pada fintech sebaiknya dihindari karena umumnya pinjaman dari fintech tenornya singkat meski dana pinjamannya bisa sangat besar. Jadi selalu pikirkan dengan benar dan matang saat harus mengambil pinjaman untuk usaha kamu.

Tentang Penulis