Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Beragam Keuntungan dan Syarat Pinjaman Dana di JULO

by Rini Agustina on 4 Mei, 2020

Saat ini produk pinjaman uang online bertebaran dimana-mana, ada yang menawarkan pinjaman kecil hingga tinggi mencapai ratusan juta rupiah. Rata-rata pinjaman online yang  tersebar di Indonesia adalah produk KTA non-bank. Yakni pinjaman tanpa agunan atau jaminan namun bukan dari perbankan, melainkan perusahaan fintech (financial technology).

Beragam Keuntungan dan Syarat Pinjaman Dana di JULO

Setidaknya ada lebih dari 120 perusahaan fintech yang terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Rata-rata pinjaman online (pinjol) ini menawarkan plafon rendah dibawah Rp 20 Juta dengan tenor bekisar 12-24 bulan. Sementar untuk bunga ditetap harian, rata-rata 3% per hari atau 30% perbulan.

Dibanding pinjaman perbankan, pinjol memang memberikan bunga lebih besar. Hal ini karena keuntungan yang diberikan dinilai lebih banyak dibanding perbankan.

Bunga yang ditetapkan lembaga pinjaman online juga umumnya lebih besar dibanding bank, yakni dengan menerapkan bunga harian antara 0,5-3% perhari atau maksimal 35% perbulan.

(Baca juga: Mengapa Kamu Tidak Dianjurkan Transaksi Gesek Tunai saat Corona)

Sementara kredit di bank maksimal biasanya memberlakukan suku bunga maksimal di angka 12% perbulan. Belum lagi bunga keterlambatan pinjaman online yang bergerak harian, berkisar antara puluhan hingga ratusan ribu. Skema inilah yang membuat kredit online identik dengan praktik rentenir.

Namun dibalik hal itu pinjaman online tetap jadi primadona. Pemerintah mencatat adanya kenaikan transaksi melalui pinjaman online dengan jumlah peminjam yang sudah menyentuh 9.743.679 rekening per Juni 2019.

Sementara, data resmi OJK justru mencatat total penyaluran pinjaman daring yang terdaftar resmi menyentuh Rp44,8 triliun per Juni 2019. Naik hampir 100 % dibanding tahun sebelumnya. Mayoritas peminjam berada di DKI Jakarta dengan jumlah kredit sebesar Rp14,78 triliun, disusul Jawa Barat Rp11,38 triliun dan Jawa Timur Rp4,91 triliun.

Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Perlu diketahui juga oleh masyarakat bahwa tidak semua perusahaan pinjaman online legal. Sebab ada beberapa yang termasuk ilegal dan tidak terdaftar di OJK.

Membedakan antara pinjol legal dan ilegal juga tidak sulit. Ada dua faktor yang menjadi pembeda. Pertama adalah pinjaman online legal terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kita bisa mengeceknya di laman resmi OJK.  

Kedua adalah transparansi, jika kredit online berlisensi OJK punya ketentuan transparan yang tertera dalam halaman website mereka, kredit online ilegal justru terkesan tertutup soal kebijakan pinjaman dengan memberikan informasi yang terbatas mengenai hak dan kewajiban debitur.

Tak jarang debitur dipatok bunga sangat besar, tidak sesuai dengan perjanjian awal. Pinjol ilegal bak rentenir yang memangsa secara online. Pinjaman online ilegal juga kerap mewajibkan calon debitur membayar sejumlah uang muka berkedok biaya administrasi.

Nyatanya dana pinjaman yang diajukan tak pernah dikirimkan. Salah satu perusahaan fintech pinjaman online yang sudah terjamin kredibilitasnya dan tercatat di OJK adalah JULO.

Mengenai JULO

JULO adalah perusahaan finansial teknologi inovatif yang bertujuan untuk memberikan solusi pinjaman online tanpa jaminan (KTA) kepada masyarakat di Indonesia, melalui basis aplikasi smartphone.

Akses kredit yang mudah dan terjangkau akan membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan finansial, memperbaiki kualitas hidup dan meningkatkan perputaran perekonomian negara.

Ada dua produk pinjaman yang ditawarkan JULO yakni JULO Cicil yakni pinjaman online hingga Rp8 Juta, dan JULO Mini yakni pinjaman cepat online dengan plafon maksimal Rp1 Juta.

JULO adalah salah satu fintech pinjaman online yang populer lantaran menerapkan bunga sangat rendah yakni hanya 0,1% perhari atau sekitar 1% perbulan. Bunga ini bahkan lebih rendah dari perbankan yang rata-rata membebankan bunga 3% perbulan. Selain bunga rendah ada dua keunggulan lain dari JULO yakni:

  • Didukung Teknologi Canggih

JULO selalu berupaya untuk melakukan inovasi untuk memberikan yang terbaik dalam menguji kelayakan kredit para calon nasabah.

  • Keamanan data

JULO memahami keresahan masyarakat yang tidak ingin data pribadinya disalahgunakan. Dengan JULO, Anda tidak perlu khawatir, seluruh data dari syarat pinjaman JULO yang diisi ketika ingin mengajukan pinjaman, disimpan dengan baik dan aman kerahasiaannya oleh JULO.

Keuntungan Pinjam Dana di JULO

Fintech pada umumnya memberikan pinjaman yang lebih kecil dibanding perbankan namun selalu punya keunggulan yang tidak mungkin dikabulkan bank, seperti proses pencairan yang cepat dan minimnya persyaratan. Beberapa keuntungan mengajukan pinjaman dana di JULO antara lain:

1. Bunga Rendah

Saat mengajukan pinjaman terlebih pinjaman online bunga menjadi perhatian utama. Sebab pinjol ini memberlakukan bunga harian bukan bulanan seperti perbankan, maka akumulasi bunga bulanan harus menjadi pertimbangan penting. Semakin besar bunga harian yang dibebankan maka jumlah cicilan akan semakin berat.

Bunga pinjaman JULO terbilang paling rendah dibanding pinjaman fintech lain. Ketika aplikasi pinjaman rata-rata memberikan bunga 1% per hari, JULO hanya menerapkan bunga 3-4% per bulan atau rata-rata 0,1% perhari.  JULO mengklaim bahwa setiap nasabah yang meminjam pada aplikasi mereka dapat berhemat hingga Rp 5 Juta.

Belum lagi, JULO juga memberikan bunga yang lebih rendah untuk pengajuan pinjaman online Anda yang berikutnya. JULO dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang membutuhkan pinjaman tanpa ingin terjerat rentenir online.

Meski bunga yang diberikan rendah, namun tetap dilakukan hitungan dasar atau simulasi pinjaman, sehingga Anda dapat mempertimbangkan kesanggupan membayar pinjaman setiap harinya.

2. Bunga Uang Kembali

Umumnya pinjaman dari fintech Indonesia memberikan banyak bonus kepada nasabah tetapnya. Jika memilih track record kredit yang baik, bisa punya kesempatan mendapatkan plafon lebih tinggi. Sebaliknya jika kredit buruk dengan terus menunggak biasanya agak sulit untuk mengajukan kenaikan plafon.

Hal senada ditetapkan oleh JULO. Selain pinjam uang dengan bunga yang rendah, JULO juga memberikan bonus cashback atau uang kembali setiap bulan. Cashback diberikan kepada setiap pinjaman uang yang cicilannya dilunasi tepat pada waktunya. Jumlah cashback yang diberikan adalah sebesar 3% dari jumlah pinjaman online Anda.

Double untung kan? Selain  mendapatkan cicilan ringan juga bisa mendapatkan bonus yang dapat kita gunakan  untuk berbagai keperluan dan kebutuhan.

3. Proses yang cepat dan mudah

Berbeda dengan pinjaman bank yang acapkali mensyaratkan dokumen yang begitu banyak dan persyaratan ketat, pinjaman online dari JULO ini lebih fleksibel, mudah dan cepat. Customer hanya perlu men-download aplikasi JULO di playstore dan mengisi data-data yang diminta langsung dari HP pribadi masing-masing. 

Tidak perlu mengisi dokumen seperti di bank, apalagi menunggu proses verifikasi karena dana dapat cair dalam satu hari saja. Berbeda dengan bank untuk pinjaman serupa tanpa jaminan setidaknya kita harus menunggu kurang lebih 7 hari kerja sampai dana bisa dicairkan atau di transfer ke rekening debitur.

Karena proses yang sudah terdigitalisasi, Anda Pun dapat mengajukan pinjaman kapanpun dan dimanapun. Selama masih ada koneksi internet maka proses pinjaman dapat diajukan.

4. Terdaftar dan diawasi OJK

Banyaknya fintech yang menyediakan pinjaman online tidak serta merta menjamin keamanannya. Karena terbukti banyak pinjol abal-abal yang bertindak layaknya rentenir online, dengan menaikkan bunga sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih dulu. Biasanya pinjol seperti ini bersifat ilegal dan tidak berada dibawah pengawasan OJK.

JULO dipastikan menjadi salah satu fintech yang berada dibawah pengawasan OJK. Sehingga Anda dapat lebih tenang, karena hak konsumen sepenuhnya dilindungi oleh lembaga yang satu ini. Terdaftarnya JULO di OJK memastikan juga bahwa proses penagihan pinjaman sesuai prosedur.

Tidak akan ada tragedi penagihan yang bersifat kasar dan tidak sopan. Jika pun ada, anda bisa melaporkannya sebagai perbuatan tidak menyenangkan yang dapat dijerat oleh hukum Indonesia.

Syarat Pinjaman JULO

Meski menjadi salah satu fintech yang cukup dinamis dalam penerimaan pinjaman. Namun tetap ada persyaratan khusus yang mesti dipenuhi, antara lain:

1. Minimal Umur Calon Nasabah Adalah 21 Tahun

Ini adalah syarat pinjaman JULO pertama yang perlu wajib diketahui. Pinjaman hanya akan diberikan kepada mereka yang berusia minimal 21 tahun dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jika calon debitur masih berada di bawah usia 21 tahun sudah pasti pengajuan akan langsung ditolak. 

2. Memiliki Rekening Bank

Setiap pelanggan yang ingin mengajukan pinjaman dana di JULO juga wajib memiliki rekening bank atas nama sendiri. Tidak ada penentuan bank spesifik yang boleh digunakan, jadi siapapun bisa mengajukan pinjaman dana di JULO. Pinjaman tidak akan cair jika nama di rekening tabungan berbeda dengan nama debitur. 

Saat pinjaman Anda nanti disetujui maka dana akan dicairkan langsung dengan cara ditransfer ke bank atas nama peminjam. Hal ini JULO lakukan agar meminimalisir kesalahan transaksi, menghindari penipuan, hingga aktivitas ilegal lainnya.

3. Memiliki Slip Gaji

Syarat ketiga ini juga tidak bisa dinegosiasikan, peminjam wajib memiliki slip gaji.  Beruntung kini JULO sudah mempermudah persyaratan terkait slip gaji ini. Tidak hanya karyawan dengan pekerjaan tetap yang boleh mengajukan pinjaman dana di JULO.

Pengusaha, pekerja lepas (freelance), sekalipun ibu rumah tangga (IRT), sekarang bisa mengajukan pinjaman dana di JULO! Slip gaji hanya perlu diisi oleh karyawan yang memiliki pekerjaan tetap saja ya. Jika tidak memilikinya, debitur bisa menggantinya dengan surat bukti penghasilan.

4. Foto diri

Karena tidak ada tatap muka antara kreditur dan debitur, seperti halnya jika pinjaman diajukan di perbankan maka sebagai bukti pengesahan harus ada foto debitur.

Foto yang dimaksud di sini adalah foto selfie atau foto diri bersama KTP. Pastikan foto yang diunggah berupa pas foto bukan bukan untuk jenis sosial media. Jadi ada 2 foto yang wajib dilampirkan yakni foto diri dan foto KTP

itulah beberapa persyaratan umum dan khusus yang mesti dipenuhi calon debitur yang ingin mendapatkan pinjaman dari JULO. Dengan memenuhi semua persyaratan tersebut Anda bisa mengajukan pinjaman ringan ke JULO maksimal hingga Rp 8 Juta.

Cara Meminjam JULO

Sementara untuk proses atau cara mengajukan pinjaman dana di JULO ini juga cukup mudah. Berikut adalah cara mudah untuk meminjam di JULO:

  • Download aplikasi JULO dan mengisi data pribadi yang diminta. Jangan lupa juga untuk mengisi data sesuai syarat pinjaman JULO yang telah dibahas di atas.
  • Pilih produk pinjaman sesuai dengan kebutuhanmu, mulai dari 500 ribu hingga 8 juta rupiah.
  • Tunggu verifikasi dari tim JULO dan tunggu pinjaman disetujui.
  • Jika pinjaman disetujui, dana akan segera cair dan ditransfer langsung ke rekening bank Anda. Setelah pinjaman diterima jangan lupa untuk membayar cicilan sebelum jatuh tempo agar tidak dikenakan bunga keterlambatan. 

Itulah langkah atau cara mengajukan pinjaman dana di JULO. Meski tergolong berbunga rendah dan pengajuannya pun mudah tetap ya untuk pastikan besar pinjaman sesuai dengan kesanggupan pembayaran dan kondisi finansial saat ini.

Jangan sampai mengalami kredit macet dengan bunga pinjaman dan keterlambatan yang terus membengkak. Upayakan untuk hanya meminjam dalam keadaan darurat dan bukan untuk kebutuhan domestik rumah tangga. Pastikan hanya meminjam kredit di tempat yang terpercaya seperti CekAja. Selain terpercaya, pengajuan kredit di CekAja juga mudah dan aman!

Tentang Penulis