Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Jitu Mendapat Relaksasi Cicilan Pinjol, Biar Lebih Nyaman Pakai KTA Bank Permata

by Gito on 5 Mei, 2020

Hantaman virus novel corona perlahan tapi pasti mulai menjalar ke bagian terdalam korban terjangkitnya. Ibarat pukulan tinju, getaran dari pukulan tinju bisa menyebabkan terganggunya simpul syaraf yang ada di kepala. Nah begitu pula yang dirasakan rakyat Indonesia, hantaman corona mulai dirasakan dititik terdalamnya, yakni dapur.

penyedia pinjaman dengan plafon 15 juta

Banyak dapur masyarakat yang belakangan mulai susah untuk ngebul. Gelombang PHK dan juga adanya pembatasan sosial berskala besar memukul sektor industri dan juga usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Alhasill Otoritas Jasa Keuangan (OJK), selaku regulator paling powerful dalam mengatur sektor jasa keuangan memberikan relaksasi bagi industri dan juga masyarakat.

Relaksasi yang diberikan bagi industri keuangan bermacam, mulai dari diperbolehkannya restrukturisasi pinjaman terhadap debitur yang terkena dampak corona.

Hingga status lancar yang diberikan kepada debitur yang pinjamannya direstrukturisasi karena dampak corona.

Selain itu Presiden Joko Widodo juga menginstruksikan agar OJK juga memberikan relaksasi kredit terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang diberikan oleh lembaga perbankan maupun non bank.

Nah untuk pekerja informal seperti tukang ojek dan juga supir taksi diberikan kelonggaran berupa relaksasi pembayaran bunga dan angsuran tetap selama satu tahun.

Namun hal tersebut baru terbatas di industri bank dan juga pembiayaan, lalu bagaimana nasib nasabah pinjol alias pinjaman online yang selama ini disalurkan lewat lembaga finansial teknologi peer to peer lending (p2p).

(Baca juga: 6 Cara Melek Finansial Biar Gak Terjebak Utang Pinjol Ilegal)

AFPI Pastikan Anggotanya Beri Keringanan Pinjol

Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memastikan bahwa perusahaan yang terdaftar sebagai anggota AFPI bakal memberikan kelonggaran cicilan pinjaman online kepada para pelaku UMKM yang terkena dampak corona.

Namun lagi-lagi, karena pada prinsipnya dana yang dipinjamkan adalah dana lender bukan dana perusahaan, maka keputusan kelonggaran berada pada si pemberi pinjaman.

Hal itu disandarkan pada pola bisnis perusahaan P2P yang memang menjembatani pemberi pinjaman dan peminjam didalam satu wadah.

Nah artinya, buat kamu nasabah pinjol masih terdapat peluang untuk mendapatkan relaksasi pinjaman. Berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan relaksasi pinjol.

1. Buat surat permohonan

Cara pertama untuk mendapat relaksasi pinjol adalah dengan membuat surat permohonan keringanan pembayaran. Sebutkan juga mekanisme pembayaran yang bisa kamu lakukan, misalnya penangguhan pembayaran selama beberapa periode dengan adanya penambahan bunga.

Atau penundaan pembayaran bunga selama peiode waktu tertentu. Jelaskan baggaimana kondisi keuangan kamu dan bagaimana upaya kamu untuk tetap melakukan itikad baik membayarkan pinjaman.

Buatlah surat permohonan yang detil tanpa ada celah untuku pertanyaan lebih lanjut. Ceritakan juga bagaimana kamu selama ini selalu berupaya membayar cicilan tepat waktu dan tidak pernah terlambat.

2. Datang langsung ke kantor pinjol

Cara berikutnya yang bisa dilakukan demi mendapat relaksasi pinjol adalah dengan datang ke kantor pinjol dimana kamu mendapatkan pinjaman online. Bawa dokumen pendukung sebagai bukti bahwa memang kondisi kamu bukanlah kondisi main-main.

Jika memang ada surat keputusan dari perusahaan tempatmu bekerja, kamu bisa melampirkannya juga sebagai bukti.

Terpenting adalah, kamu bisa membayarkan terlebih dahulu sejumlah uang berapapun yang kamu punya.

Meskipun nilainya tidak bisa mencukupi cicilan untuk satu pembayaran sekalipun, tetapi setidaknya kamu sudah berupaya untuk membayar.

Biar perusahaan pinjol tersebut paham dan mengerti akan kesulitan yang kamu hadapi. Oh ya, satu lagi adalah kamu juga harus paham akan kondisi dari perusahaan pinjol.

Mereka juga saat ini berada dalam kondisi tertatih untuk bisa bertahan. Jadi jika mau dibilang siapa yang menjadi korban, semuanya adalah korban. Korban dari keganasan Novel Corona.

(Baca juga: Cari Tambahan THR, Jual Setup Pisang Dari KTA Bank Permata Yuk)

Pakai KTA Bank Permata Untuk menutup pembayaran

Solusi jitu yang bisa kamu lakukan untuk melakukan relaksasi pinjol adalah dengan melakukan restrukturisasinya secara mandiri.

Maksudnya adalah kamu bisa melakukan restrukturisai kredit sendiri, caranya adalah dengan mendapatkan fasilitas kredit lain dari lembaga perbankan.

Fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata merupakan opsi yang baik untuk melakukannya. Kamu bisa memperoleh sejumlah dana untuk kemudian melunasi total pinjol kamu.

Kalau urusan suku bunga, rata-rata suku bunga perbankan masih lebih rendah dari suku bunga pinjol.

Jangka waktu yang diberikan juga cukup panjang, maksimal 5 tahun dengan nilai pinjaman maksimal Rp300 juta.

Kamu tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkannya. Karena rata-rata prosesn pencairan dari mulai pengajuan kurang lebih hanya 1 hari.

Tunggu apa lagi, ajukan KTA Bank Permata di CekAja.com dan rasakan kemudahannya.

Tentang Penulis

Gito

Veritas Vos Liberabit