Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Momen yang Tepat Untuk Mengajukan KTA, Jangan Asal!

by Vera Khairifah on 8 May, 2020

Sebagian dari kamu mungkin berpikir untuk mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) di saat penurunan kondisi ekonomi pasca merebaknya virus corona seperti saat ini. Sebelum benar-benar mengajukan, yuk, telaah lebih lanjut perihal momen yang tepat untuk mengajukan KTA.

Momen yang Tepat Untuk Mengajukan KTA

KTA Jadi Pilihan Tepat

Saat kondisi perekonomian  menurun, beberapa produk pinjaman tunai atau kredit memang bisa menjadi pilihanmu untuk memenuhi berbagai kebutuhan mendesak. Seperti pinjaman dana tunai dengan agunan, KTA, kartu kredit, dan lain sebagainya.

Namun, kamu harus menimbang mana produk pinjaman atau kredit yang cocok dan terbaik. Caranya dengan memilih pinjaman dengan bunga terendah dan besaran bunga yang tetap (fixed rate).

Manfaat  pinjaman dengan bunga rendah dan tetap membantumu memastikan kesanggupan membayar cicilan, sesuai dengan pendapatan dan aset yang dimiliki (jika di kondisi terburuk harus menjual aset untuk melunasi pinjaman).

(Baca Juga: Ini Solusi Keuangan Selama Pandemi Corona)
Keunggulan KTA

KTA bisa disebut sebagai pilihan tepat untuk kamu yang membutuhkan pinjaman. Beberapa keunggulan KTA di antaranya sebagai berikut:

  • Sesuai dengan namanya, KTA merupakan produk pinjaman yang tidak membutuhkan agunan atau jaminan. Kamu bisa mendapatkan dana pinjaman selama kamu memenuhi syarat pengajuan sebagai debitur.
  • Produk KTA memiliki dua jenis suku bunga, yakni bunga tetap (fixed rate) dan bunga mengambang (floating rate). Nah, disarankan kamu memilih KTA dengan bunga tetap.
  • Nilai pinjaman yang didapat bisa menyentuh angka yang besar, sangat cocok untuk kamu yang seorang pengusaha. Semuanya disesuaikan dengan pendapatan dan aset yang dimiliki debitur.

Perlu diperhatikan, mengajukan pinjaman dengan nilai yang besar dalam satu pengajuan namun dengan bunga tetap tentu lebih baik dibandingkan pinjaman di banyak pengajuan tetapi memiliki bunga yang terus bertambah.

Sebab, kamu akan fokus pada pembayaran satu tagihan pinjaman saja dengan bunga ringan dan tetap.

Dari beberapa keunggulan di atas, bisa disimpulkan bahwa KTA masuk dalam kategori pinjaman yang tepat untuk siapa saja, jika dibandingkan dengan produk pinjaman lain apalagi kartu kredit. Meskipun begitu, ketahui pula momen yang tepat untuk mengajukan KTA.

Momen yang Tepat Untuk Mengajukan KTA

Momen yang tepat untuk mengajukan KTA harus kamu pahami terlebih dulu. Hal ini berguna agar kamu dapat memperkirakan secara matang pengajuan kredit ini, serta memastikan KTA yang diajukan tidak akan menjadi masalah di kemudian hari karena kredit macet.

Berikut beberapa momen yang tepat untuk mengajukan KTA:

1. Saat Kondisi Keuangan Sehat

Kondisi keuangan yang sehat tentu menjadi syarat utama pengajuan KTA maupun pinjaman lainnya. Mengajukan KTA bukan berarti debitur dalam kondisi keuangan yang super tiris, lho.

Pihak bank juga tetap mempertimbangkan kualitas debitur yang harus masuk ke dalam kualifikasinya. Misalnya memiliki usaha atau pendapatan tetap, memiliki produk investasi tertentu, maupun kepemilikan aset meskipun tak perlu diagunkan.

Sehingga, debitur diperkirakan secara kuat akan bisa menuntaskan cicilan pembayaran di masa mendatang. Jadi, pastikan kamu masih memiliki perputaran uang seperti investasi atau sedang menjalankan usaha tertentu.

Ini yang membuat kamu dinilai berada dalam kondisi keuangan yang sehat.

(Baca Juga: Rekomendasi KTA Bank Permata)
2. Saat KTA Digunakan Untuk Penggunaan yang Tepat

Momen yang tepat untuk mengajukan KTA selanjutnya adalah jika kamu menggunakan KTA untuk penggunaan yang benar.

Yakni dimana kamu berusaha mencukupi kebutuhan mendesak di saat tak memiliki dana darurat. Sedangkan jika menjual aset atau mencairkan simpanan investasi membutuhkan waktu yang lebih lama. Misalnya untuk membiayai pengobatan kesehatan.

3. Saat Ingin Menambah Modal Usaha

 Saat mengembangkan usaha juga masuk dalam momen yang tepat untuk mengajukan KTA. Alasan menjalankan usaha akan membuatmu menjadi debitur yang dipertimbangkan oleh bank penyedia KTA.

Sebab masih ada peluang perputaran uang yang meyakinkan kamu sanggup membayar cicilan. Tidak ada salahnya mengembangkan usaha dengan dana KTA, asalkan kamu memiliki perhitungan dan pertimbangan yang matang.

4. Saat Beban Kredit Masih Terbilang Aman

Terakhir, momen yang tepat untuk mengajukan KTA adalah saat beban kredit mu masih terbilang aman. Beban hutang atau kredit harus diperhitungkan secara matang, sesuaikan dengan pendapatan dan pengeluaran bulanan mu.

Hitung semua pengeluaran wajib, termasuk kredit lainnya seperti kredit kendaraan bermotor atau kredit kepemilikan rumah (KPR).

Cara termudahnya, kamu bisa menghitung rasio kredit. Rasio kredit yang terbilang aman yakni di bawah angka 30 persen dari pendapatanmu.

Hitung rasio kredit dengan menjumlahkan semua kredit atau cicilan per bulan, termasuk KTA yang diambil, lalu dibagi dengan pendapatan bulanan, dan dikalikan 100 persen. Contohnya sebagai berikut:

Pendapatan : Rp 10 juta

Jumlah kredit :

-Cicilan KPR Rp 3 juta

-Cicilan KTA Rp 1 juta

Total kredit Rp 4 juta

Maka, rasio kreditnya adalah (Rp 4.000.000 : Rp 10.000.000) x 100% = 40% dengan kategori kurang aman, karena melebihi angka 30 persen.

Itulah sederet momen yang tepat mengajukan KTA. Kini, berbagai produk KTA bisa kamu bandingkan dan ajukan di CekAja.com. Yuk, mulai cek dan pilih KTA cicilan ringan yang sesuai dengan kebutuhanmu sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast