Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Dia Daftar Penyedia Pinjaman Dengan Plafon Rp50 Juta

by Maria Nofianti on 8 Mei, 2020

Pinjaman bisa membantu kita membayar kebutuhan saat kita tidak memiliki uang tunai, tetapi meminjam uang bisa menjadi rumit. Memulai proses aplikasi pinjaman bank tanpa memahami seluk beluk dapat menyebabkan permintaan pinjaman kita ditolak. Mengambil pinjaman memang menjadi salah satu solusi dalam membayar segala kebutuhan kita. Pinjaman dapat secara luas dikategorikan sebagai pinjaman dengan jaminan (aman) atau pinjaman tanpa jaminan (tidak aman).

penyedia pinjaman dengan plafon Rp50 juta

Pinjaman yang didukung oleh jaminan atau jaminan dalam bentuk aset seperti properti, emas, deposito tetap antara lain adalah pinjaman yang dijamin. Jika bank atau lembaga keuangan non bank setuju untuk memberikan pinjaman tanpa jaminan dan murni berdasarkan skor riwayat kredit kita dan rekam jejak pribadi, itu menjadi pinjaman tanpa jaminan. Reksadana bisa juga digunakan sebagai jaminan untuk pinjaman.

Baik itu baru memulai atau sudah menjalankan bisnis selama beberapa waktu, sebagai pemilik usaha kecil, kita pasti akan menghadapi situasi di mana kita akan memerlukan dana darurat dengan segera. Sementara pinjaman tradisional dipandang oleh banyak pengusaha sebagai solusi ideal untuk masalah pembiayaan bisnis, bank mungkin tidak selalu tertarik untuk membantu pemilik usaha kecil.

(Baca Juga: Penyedia Pinjaman Dengan Plafon Rp10 Juta)

Juga, jika bisnis kita mencapai titik di mana kita tidak dapat memenuhi kriteria ketat yang ditetapkan oleh bank saat mengajukan pinjaman, opsi yang kemungkinan besar akan melintas di benak kita adalah memaksimalkan kartu kredit yang kita miliki, menjual aset pribadi, mengambil dari tabungan pribadi, atau meminjam pinjaman untuk rumah atau teman.

Tentu opsi ini bagus, tetapi ada beberapa solusi pendanaan alternatif yang dapat dipilih tanpa harus menggunakan tabungan pribadi atau mempertaruhkan properti yang kita miliki.

Kiranya berikut adalah beberapa solusi yang dapat kita ambil dan gunakan untuk kebutuhan bisnis dan pinjaman darurat lainnya.

Pinjaman Berbasis Aset

Pinjaman berbasis aset melibatkan penggunaan aset yang ingin dibeli sebagai jaminan untuk jumlah pinjaman yang dipinjam. Dengan kata lain, perusahaan pembiayaan membiayai pembelian aset, tetapi tetap yang menjadi pemilik aset adalah kita sampai kita melakukan pembayaran terakhir. Dengan pembiayaan aset, kita dapat memilih pembelian sewa atau sewa beli. Jenis pendanaan sebelumnya termasuk aset pada neraca, dan dalam jenis yang terakhir, aset tetap dari neraca sampai jumlah tersebut telah dibayar penuh bersama dengan biaya pembelian.

Kredit Jangka Pendek

Solusi pendanaan ini membantu bisnis membayar biaya jangka pendek seperti membeli peralatan, memperluas inventaris, menutupi biaya operasional, dll. Jalur pekerjaan kredit yang mirip dengan kartu kredit, kita diberikan akses ke sejumlah dana tertentu yang dapat di gunakan seperti yang dibutuhkan dan dilihat cocok. Pembayaran reguler dilakukan oleh perusahaan pembiayaan dan kita dapat menarik uang sebanyak yang kita inginkan. Bunga hanya dibebankan pada jumlah uang yang ditarik. Perhatikan bahwa suku bunga pada lini bisnis kredit sedikit lebih tinggi dari suku bunga dasar kredit, tetapi lebih rendah dari suku bunga kartu kredit.

Anjak Faktur atau Anjak Piutang

Anjak faktur sangat cocok untuk perusahaan yang menjual layanan atau produk B2B. Dalam jenis pembiayaan ini, faktur diterbitkan untuk klien atau pelanggan dan salinan faktur dikirim ke pemberi pinjaman. Pada saat menerima salinan faktur, pemberi pinjaman membayar persentase dari nilai faktur kepada perusahaan. Setelah pembayaran diterima sepenuhnya dari klien atau pelanggan, kreditur membayar sisa nilai faktur kepada perusahaan setelah dikurangi biaya yang berlaku.

Karena bank memiliki kriteria ketat untuk menyetujui pinjaman, pemilik usaha kecil dapat merasa kesulitan untuk mengumpulkan dana untuk perusahaan mereka jika mereka memilih untuk menggunakan cara tradisional. Di sisi lain, solusi pendanaan alternatif memiliki persyaratan kredit yang mudah dan persyaratan fleksibel yang dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan individu.

Pinjaman juga diklasifikasikan berdasarkan periode pembayaran menjadi pinjaman bergulir atau pinjaman berjangka. Kartu kredit adalah contohnya. Dan pinjaman yang dilunasi dengan angsuran bulanan yang sama selama periode yang disepakati sebelumnya disebut pinjaman berjangka. Jika kita sedang membutuhkan uang Rp50 juta baik itu untuk bisnis, atau keperluan pribadi maka akan lebih baik jika kita tahu daftar penyedia pinjaman dengan plafon Rp50 juta. Dengan begitu kita akan lebih hemat energy dalam mencarinya.

Manfaat pinjaman Rp50 juta bagi kita antara lain

Fleksibilitas Keuangan: Pinjaman memungkinkan kita memenuhi persyaratan keuangan atau biaya yang kita keluarkan dalam hidup. Mengambil pinjaman membuat kita merasa bebas dalam pembayaran apapun karena ia membekali kita untuk melakukan pembayaran besar atau mengurus satu kali pengeluaran tanpa mengganggu anggaran lain yang direncanakan.

Ketersediaan mudah: Semua jenis pinjaman disetujui secepat 48 jam berdasarkan perincian riwayat keuangan pendapatan peminjam dan dalam beberapa kasus agunan harus dilampirkan.

Dapatkan jumlah yang diperlukan: Berdasarkan penghasilan dan riwayat keuangan kita, jumlah yang kita butuhkan sebagai pinjaman bisa segera dicairkan .

Masa kepemilikan yang mudah: Masa pinjaman cukup tergantung pada bank dan jumlah. Pinjaman umumnya tersedia untuk jangka waktu 12 bulan hingga 60 bulan atau bahkan lebih.

Saat ini mungkin untuk bisa mengajukan pinjaman senilai Rp50 juta dianggap sebagai nominal yang kecil. Namun itu tergantung akan digunakan untuk apakah uang pinjaman ini. Jika hanya untuk keperluan pribadi seperti liburan, membeli handphone terbaru sampai dengan modal nikah maka itu adalah jumlah yang tidak sedikit. Tapi jika dipakai untuk modal usaha maka Rp50 juta adalah nilai yang kecil.

Untuk memenuhi kebutuhan dana pinjamannya maka kita akan berikan informasi mengenai daftar penyedia pinjaman dengan plafon 50 juta. Mereka adalah:

1. Danamon Dana Pinjam 50

Ini adalah salah satu yang masuk daftar penyedia pinjaman dengan plafon Rp50 juta yang bisa kita pilih. Jangka waktu yang diberikan untuk melunasi pinjaman ini sampai 5 tahun atau 60 bulan. bunga yang diterapkan adalah bunga per tahun yaitu 30%. Proses pencairannya hanya memerlukan waktu selama 3 hari saja. Seperti banyak pinjaman lainnya maka Danamon dana pinjam Rp50 ini memiliki banyak biaya yang harus dibayarkan seperti biaya provisi sebesar 1,5% dari jumlah pinjaman yang telah disetujui, biaya administrasi minimal Rp150.000. Begitu juga dengan biaya asuransi yang diambil sebesar 1,6% dari total seluruh pinjaman.

  • Persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon debitur antara lain:
  • Warga Negara Indonesia dan Warga Negara Asing
  • Memiliki penghasilan minimal Rp3 juta
  • Usia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun

Sedangkan dokumen yang harus dilengkapi antara lain:          

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Fotokopi Surat Nikah
  • Surat Keterangan Usaha
  • Bukti kepemilikan jaminan

Bank Danamon sebagai salah satu bank yang masuk daftar penyedia pinjaman dengan plafon Rp50 juta ini sangat cocok digunakan untuk ekspansi bisnis. Angsurannya yang tetap dan ringan serta proses pengajuan yang mudah menjadikan pinjaman ini favorit di kalangan pengusaha muda atau UKM.

2. Kredit Express Panin

Pinjaman dari Bank Panin ini merupakan pinjaman tanpa agunan atau sering disebut dengan KTA. KTA ini bisa mendapatkan pinjaman Rp50 juta rupiah untuk segala kebutuhan kita. Entah untuk bisnis atau keperluan pribadi. Jangka waktu yang diberikan untuk bisa melunasi pinjaman ini sampai 36 bulan. KTA Kredit Ekspress Panin bisa didapatkan untuk siapa saja dengan proses yang cepat dan mudah. Syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan KTA ini antara lain:

  • Warga Negara Indonesia
  • Mempunyai penghasilan min Rp2 juta per bulan
  • Mempunya rekening tabungan di Bank Panin
(Baca Juga: Keuntungan dan Syarat Pinjaman Dana di JULO)

Sedangkan untuk syarat dokumennya seperti fotokopi KTP, fotokopi halaman depan buku tabungan, slip gaji terakhir, rekening tabungan 3 bulan terakhir (untuk pengusaha dan profesional), SIUP (pengusaha), Surat Ijin Praktek (profesional).

3. Flexi Cash Jenius BTPN

Salah satu bank yang menyediakan pinjaman dengan plafon Rp50 juta adalah Bank BTPN dengan digital banking Jenius. Ini adalah fitur dari dana siaga Jenius yang baru. Flexi Cash ini bisa didapatkan melalui aplikasi Jenius dan kita sudah terdaftarkan sebagai nasabah Jenius. Pinjaman online ini menawarkan dana sampai dengan Rp50 juta dan tanpa biaya administrasi. Bunga yang diterapkan pinjaman ini juga sangat kompetitif. Untuk bisa mendapatkan pinjaman yang bisa ditarik kapan saja dan dimana saja ini kita harus melakukan aktivasi di aplikasi Jenius. Jika sudah kita tinggal memilih berapa nominal dana yang kita butuhkan dan disana akan langsung terpampang cicilannya serta jangka waktunya beserta tanggal jatuh temponya. Pinjaman yang tidak mewajibkan adanya jaminan ini memberikan pilihan jangka waktu sampai 6 bulan.

4. KUR Mikro BRI

Pinjaman selanjutnya adalah KUR Mikro BRI yang menyediakan dana sampai Rp50 juta yang bertujuan untuk modal usaha serta investasi. Pinjaman ini ditargetkan untuk para nasabah yang mempunyai usaha produktif dengan masa usahanya minimal 6 bulan. saat ini KUR Mikro BRI 2020 memiliki plafon sampai Rp50 juta untuk setiap debitur. Jumlah ini naik setelah sebelumnya hanya 25 juta saja. Syarat dan ketentuan untuk pinjaman KUR Mikro ini dijelaskan di bawah ini.

  • KUR diberikan untuk individu pemilik usaha produktif yang layak
  • Memiliki usaha yang masa usahanya minimal sudah berjalan 6 bulan
  • Tidak memiliki kredit di bank lain selain produk konsumtif misalnya KKB, KPR atau Kartu Kredit
  • Mengisi formulir pengajuan KUR dengan benar
  • Melengkapi dengan dokumen KTP, KK dan Surat Ijin Usaha.

Suku bunga yang diterapkan saat ini adalah 6% per tahun. Jangka waktu yang diberikan untuk pinjaman KUR Mikro ini adalah selama 3 tahun untuk modal sedangkan untuk investasi maksimal 5 tahun.

Na itu dia daftar penyedia pinjaman dengan plafon Rp50 juta yang bisa menjadi pilihan kamu serta bisa memenuhi segala kebutuhan. Dalam mengambil pinjaman berapapun nominalnya pastikan agar kita bisa membayar angsurannya sehingga riwayat kredit kita akan selalu bersih tanpa ada kredit macet. Riwayat kredit yang bersih akan sangat berguna untuk pinjaman-pinjaman selanjutnya di masa depan. Jadi jika kita memiliki rencana ke depan dengan mengambil pinjaman perhatikan satu hal itu ya. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi kita yang membutuhkan pinjaman senilai Rp50 juta.

Tentang Penulis