Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta? Ini Dia Pilihannya

by Maria Nofianti on 8 Mei, 2020

Kebutuhan manusia yang mendadak dan darurat memang tidak bisa diprediksi kapan kita akan mengalaminya. Ada kalanya tiba-tiba kita butuh dana untuk membayar perbaikan motor sebesar Rp5 juta atau tiba-tiba harus membayar uang gedung anak.

pinjaman kilat langsung cair 5 juta

Nah di situasi yang mendadak ini pasti kita butuh dana pinjaman yang bisa langsung dicairkan tanpa lama-lama. Maka solusi untuk mencari pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta ini adalah dengan meminjam di pinjaman online. Jika kita memutuskan akan meminjam uang ke bank mungkin itu akan memakan waktu yang lama padahal kita butuh saat itu juga. Pinjaman dari bank bukan solusinya sekarang. Pinjaman online sekarang sudah tersebar dimana-mana di Indonesia. Hampir semua daerah bisa mengakses pinjaman online ini.

Pinjaman online sebenarnya telah ada selama bertahun-tahun, tetapi pinjaman online lebih lambat untuk beradaptasi. Untungnya, sekarang ada banyak pemberi pinjaman online yang baik untuk dipilih. Ini mirip dengan mendapatkan pinjaman di tempat lain, tetapi jauh lebih nyaman. Saat mengajukan pinjaman online kita harus memberikan informasi pribadi seperti nomor dan alamat Jaminan Sosial jika ada, dan tergantung pada pemberi pinjaman, informasi tentang pekerjaan, pendapatan, dan pengeluaran. Untuk memulai, pilih saja pemberi pinjaman yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK dan ajukan permohonan, prosesnya hanya beberapa menit.

Manfaat Meminjam Secara Online

Generasi pemberi pinjaman terbaru saat ini berfokus pada peminjaman yang semudah mungkin. Pemberi pinjaman online hampir dapat memberi tahu kita secara langsung apakah pengajuan kita disetujui atau tidak, berapa banyak yang dapat dipinjam, dan berapa pembayaran yang harus dilakukan untuk melunasi. Kebanyakan bank tradisional berbeda, bahkan jika kita mengisi aplikasi online, mungkin butuh beberapa saat untuk mendapatkan jawaban karena seseorang perlu memeriksanya. Pemberi pinjaman online juga cenderung menawarkan tingkat bunga yang lebih baik dan biaya layanan yang lebih kecil (jika ada) daripada bank tradisional karena mereka tidak memiliki biaya overhead yang sama dengan bank dan serikat kredit dengan cabang fisik.

Saat mengajukan pinjaman online, kita juga mendapat manfaat dari peluang persetujuan yang lebih baik dengan pinjaman online. Bank dan serikat kredit telah tumbuh hati-hati selama bertahun-tahun. Sangat mudah untuk mendapatkan pinjaman jika memiliki kredit besar, tetapi jika kita masih membangun kredit atau melalui masa-masa sulit belakangan ini. Pemberi pinjaman online lebih mungkin menyetujui skor kredit yang lebih rendah dan menggunakan informasi alternatif untuk mengevaluasi kelayakan kredit kita, seperti pembayaran utilitas, rasio utang terhadap pendapatan, dan bahkan data dari jejaring sosial.

Apa itu pinjaman online?

Untuk bisa lebih memahami apa dan bagaimana pinjaman online itu maka kita akan mulai menjelaskan definisi pinjaman online. Pinjaman online ini adalah pinjaman dana tunai yang bisa diajukan melalui aplikasi seiring dengan majunya teknologi. Penyedia pinjaman online ini mayoritas bukan dari bank tetapi sebuah perusahaan fintech (financial technology) yang bergerak dalam sektor pinjam meminjam. Semua proses dari pinjaman ini dilakukan tanpa bertemu dan tatap muka. Dari mulai proses pengajuan, persetujuan sampai dengan pencairan dana semuanya terhubung secara online atau melalui sms dan telepon.

Biasanya untuk mendapatkan pinjaman dengan nilai yang banyak seperti puluhan juta rupiah akan dilakukan survey terlebih dahulu terhadap calon debitur. Tapi untuk pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta tidak akan dilakukan survey dulu. Pinjaman online ini bisa diajukan oleh siapa saja loh. Syarat umum saat kita akan mengajukan pinjaman online ini biasanya hanya harus memiliki KTP dan rekening bank. Rekening bank digunakan untuk mentransfer dana pinjaman yang telah disetujui nantinya.

Selain itu, ada juga pinjaman online dari marketplace. Pinjaman online terbaik berasal dari pemberi pinjaman non-tradisional yang hanya berfokus pada pembuatan jenis pinjaman tertentu, dan tidak menawarkan rekening giro dan tabungan, kartu kredit, atau layanan bisnis.

(Baca Juga: Penyedia Pinjaman Dengan Plafon Rp5 juta)

Pemberi pinjaman paling awal ke ruang ini adalah layanan pinjaman peer-to-peer (P2P), dan itu masih merupakan opsi bagus untuk meminjam. Pemberi pinjaman P2P dimulai dengan model bisnis yang mirip dengan eBay, di mana siapa pun dapat mengajukan pinjaman dengan membuat daftar publik meminta uang, dan siapapun dapat mengajukan tawaran untuk meminjamkan. Pemberi pinjaman akan memilih tingkat bunga yang ingin mereka hasilkan dan pinjaman dibiayai dengan tingkat bunga terendah yang tersedia.

Perbedaan pengajuan pinjaman offline dan online

Perbedaan dalam mengajukan pinjaman offline ke bank dengan pinjaman online ini sangat menonjol. Perbedaan-perbedaan itu antara lain:

  • Dari segi penggunaan dana. Biasanya orang yang menginginkan pinjaman cepat cair karena butuh dana cepat untuk kebutuhan yang mendesak. Sedangkan pinjaman offline ke bank waktunya lebih lama
  • Dari segi biaya administrasi. Pada fintech biaya administrasinya lebih rendah daripada pinjam di bank. Bahkan ada beberapa pinjaman online yang menggratiskan biaya administrasinya
  • Dari segi jumlah dana yang dibutuhkan. Biasanya masyarakat lebih menginginkan pinjaman dengan jumlah yang kecil karena lebih mudah dilunasi. Terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah. Sedangkan untuk pinjaman offline di bank harus dalam jumlah yang besar serta harus memiliki pekerjaan yang tetap
  • Dari segi agunan/jaminan. Untuk pinjaman online tidak perlu adanya jaminan untuk mendapatkannya. Sedangkan pinjaman offline di bank hampir semuanya harus ada jaminan untuk mendapatkan pinjaman meski ada juga produk kredit tanpa jaminan
  • Dari kelengkapan dokumen. Pada pinjaman online hanya membutuhkan scan atau foto dari KTP kita saja dan kita hanya perlu mengunggah lewat aplikasi. Sedangkan untuk pinjaman offline di bank syarat dokumen lebih banyak dan ribet.

Nah apa saja sih penyedia pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta yang bisa kita pilih? Yuk simak satu per satu di bawah ini.

1. RupiahCepat

Rupiah Cepat - Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta Ini Dia Pilihannya

Aplikasi RupiahCepat ini masuk dalam salah satu yang bisa menyediakan pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta. Semua prosesnya secara online melalui aplikasi ini.

Plafon pinjaman mulai dari Rp600.000 sampai dengan Rp5 juta. Dan jangka waktu yang diberikan mulai dari 90 hari sampai 365 hari (1 tahun). Untuk menunggu proses persetujuan kita hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Jika sudah disetujui maka maka dana Rp5 juta yang kita butuhkan bisa langsung ditransfer ke rekening kita. Jadi bermodalkan KTP saja kita sudah bisa mendapatkan dana pinjaman yang kita butuhkan. Syarat untuk mengajukan pinjaman di RupiahCepat ini antara lain: 

  • WNI
  • Berusia min 22 tahun 
  • Bertempat tinggal di Indonesia 
  • Mempunyai penghasilan 
  • Mempunyai KTP.
2. Tunaikita

TUNAIKITA - Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta Ini Dia Pilihannya

Selanjutnya ada Tunaikita untuk pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta yang bisa kita pilih. Fintech ini pasti aman karena sudah diawasi oleh OJK serta bergerak di bawah P2P lending. Pinjaman dari Tunaikita ini memiliki palfon pinjaman sampai Rp5 juta rupiah dengan tenor pinjaman 60 hari dengan suku bunga pinjaman 0,8% setiap harinya. Bunga juga akan tetap 0,8% meski kita membayar cicilan lebih cepat. Untuk estimasi waktu pencairan adalah sekitar 2 hari setelah pengajuan. Semua proses pengajuan dilakukan secara online. Syarat yang diperlukan antara lain:

  • WNI
  • Berusia antara 21-60 tahun
  • Mempunyai KTP dan NPWP
  • Bertempat tinggal di Jabodetabek
  • Memiliki rekening bank.
3. Indodana

Indodana - Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta Ini Dia Pilihannya

Aplikasi fintech Indodana menyediakan pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta untuk kita. Dengan proses yang cepat dan mudah ini bisa menjadi solusi kita saat butuh uang Rp5 juta dengan segera. Waktu untuk pelunasan dimulai dari 3 bulan sampai 6 bulan. tapi untuk pinjaman senilai Rp5 juta hanya ada pilihan 3 bulan saja. Bunga yang diterapkan dihitung berdasarkan metode anuitas/suku bunga efektif. Syarat untuk pengajuan Indodana ini antara lain:

  • Punya KTP dan NPWP
  • Punya pekerjaan tetap
  • Penghasilan min Rp3 juta       
  • Usia harus diatas 21 tahun
  • Punya rekening bank atas nama sendiri

Sedangkan untuk dokumen yang diperlukan antara lain foto KTP, foto selfie, akun BPJS, akun internet banking dan akun e-commerce. Untuk membayar cicilannya bisa melalui transfer ATM, internet banking dan di Indomaret.

4. Maucash

Maucash - Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta Ini Dia Pilihannya

Selanjutnya ada aplikasi dari FIF (Astra) dan WeLab (China) yang bisa untuk pinjam uang tanpa jaminan dan dalam hitungan menit. Untuk pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta maka bisa memakai produk Mauringan yang mempunyai tenor dari 3-4 bulan. Syaratnya kita hanya perlu foto KTP dan satu dokumen tambahan misalnya NPWP, slip gaji atau surat keterangan usaha. Bunga yang diberikan adalah 0,53% per harinya. Estimasi untuk proses pencairan adalah hanya butuh waktu paling lama 24 jam. Dalam membayar cicilan usahakan untuk membayar tepat waktu agar kita tidak dikenai denda sebesar 1,5% per hari dari jumlah pinjaman kita.

5. Julo

JULO - Cari Pinjaman Kilat Langsung cair Rp5 Juta Ini Dia Pilihannya

Ada juga fintech Julo untuk kita yang mencari pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta. Pinjaman dari Julo ini diklaim sebagai pinjaman online dengan bunga yang rendah yaitu dimulai dari 0,1 per harinya. Syarat yang bisa dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman di aplikasi Julo ini antara lain umur minimal 21 tahun,  punya rekening bank sendiri, punya slip gaji dan foto selfie beserta KTP. Dalam mengajukan pinjaman Rp5 juta maka tenor yang diberikan sampai dengan 6 bulan dan bisa juga mendapatkan cashback 2% loh.

(Baca Juga: Pengajuan Pinjaman Kilat dengan Kredivo)

Nah itu dia beberapa fintech yang bisa kita pilih saat kita butuh pinjaman kilat langsung cair Rp5 juta. Kelebihan dalam mengambil pinjaman online ini juga banyak loh. Kelebihan itu antara lain:

  • Tidak perlu repot mendatangi kantor karena bisa diajukan lewat smartphone dan website
  • Customer service bisa dihubungi kapan saja
  • Adanya fitur simulasi kredit untuk mendapatkan kejelasan informasi
  • Tidak memerlukan jaminan    
  • Data pribadi akan dilindungi jika gadget kita hilang

Nah dengan kelebihan kelebihan ini memang lebih menyingkat waktu dan energi jika pinjam ke pinjaman online. Tapi tetap harus cerdas dalam memilih fintech yang cocok dengan kemampuan kita. Karena saat mencari pinjaman online, kita akan menemukan banyak hasil untuk pinjaman yang pada dasarnya adalah pinjaman jangka pendek berbiaya tinggi yang biasanya menghasilkan spiral utang yang mahal. Jadi jangan sampai terjebak ya.

Nah, jadi mau pilih pinjaman online yang mana nih?

Tentang Penulis