Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima, Jangan Salah Langkah!

by Ayunindya Annistri on 3 Juni, 2020

KTA BCA menjadi salah satu pinjaman yang banyak diminati masyarakat Indonesia saat ini. Namun sayangnya pengajuan produk unggulan ini tak semudah yang dibayangkan. Nah, biar kamu enggak mengalami penolakan pengajuan, begini cara agar pinjaman BCA diterima.

Cara Agar Pinjaman BCA Diterima

Kenali Produk Pinjaman BCA dan Berbagai Keuntungannya

Sebelum membahas lebih dalam mengenai cara agar pinjaman BCA diterima, kamu tentu harus mengetahui dulu apa itu pinjaman BCA dan apa saja keuntungannya? Karena percuma saja bila kamu mengajukannya tapi tidak memahami fungsi dan keuntungan dari menggunakan pinjaman tersebut.

Pinjaman BCA atau BCA personal loan adalah pinjaman tanpa agunan yang khusus diberikan kepada debitur untuk berbagai kebutuhan, mulai dari kebutuhan pendidikan, kesehatan, rumah tangga, renovasi, pernikahan, hingga kebutuhan liburan.

Sebagaimana KTA pada umumnya, skema pembayaran KTA BCA ini bisa diangsur setiap bulan dengan masa tenor menyesuaikan keinginan dan kemampuan bayar debitur. Menariknya lagi, besaran plafon pinjaman yang diberikan bisa mencapai Rp100 juta.

Selain itu, terdapat beberapa keuntungan lainnya yang bisa dinikmati oleh debitur saat menggunakan KTA BCA, seperti:

  • Proses cepat dan mudah
  • Jangka waktu angsuran fleksibel, mulai dari 1 tahun hingga 3 tahun
  • Beban bunga relatif rendah hanya 1 persen
  • Angsuran ringan dan terjangkau
(Baca Juga: Kenali Jenis Pinjaman di Bank BCA Secara Lengkap)
5 Cara Agar Pinjaman BCA Diterima

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bila enggak semua debitur yang mengajukan KTA BCA bisa di approve sesegera mungkin. Hal ini tentu saja karena dipengaruhi beberapa faktor yang mana akan dibahas CekAja lebih detil di bawah ini. Jadi, pastikan kamu menyimak informasi berikut terkait cara agar pinjaman BCA diterima.

1. Pastikan besaran pinjaman sesuai dengan ketentuan plafon kredit maksimal

Pastikan besaran pinjaman sesuai dengan ketentuan plafon kredit maksimal - Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima Jangan Salah Langkah

Hal pertama dari informasi mengenai cara agar pinjaman BCA diterima adalah memastikan jumlah besaran pinjaman tidak melebihi rasio plafon kredit maksimal.

Pasalnya pihak BCA memiliki ketentuan sendiri mengenai besaran plafon kredit maksimal, yakni 4x take home pay. Artinya, bila saat ini gaji yang kamu memiliki sebesar Rp6 juta, maka maksimal pinjaman yang bisa kamu ajukan adalah Rp24 juta.

Jadi, pastikan kamu mengajukan pinjaman sesuai dengan ketentuan rasio plafon kredit maksimal yang ditetapkan oleh BCA. Jangan sampai melebihi batas bila kamu tak ingin pengajuan yang dilakukan ditolak.

2. Sisihkan dana di rekening BCA setidaknya 1 juta

Sisihkan dana di rekening BCA setidaknya 1 juta - Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima Jangan Salah Langkah

Tidak hanya menjadi nasabah saja, cara agar pinjaman BCA diterima adalah dengan memiliki rekening aktif. Kamu bisa menyisihkan setidaknya Rp1 juta atau bahkan lebih tergantung dana yang dimiliki selama masa pengajuan KTA BCA.

Sehingga, tim analis KTA BCA dapat menilai apakah calon debiturnya tersebut adalah seorang nasabah aktif dengan dana yang masih tersimpan di rekening. Cara ini juga dinilai efektif agar peluang KTA di approve jauh lebih besar.

3. Tidak memiliki riwayat pembayaran kredit macet

Tidak memiliki riwayat pembayaran kredit macet - Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima Jangan Salah Langkah

Selanjutnya cara agar pinjaman BCA diterima adalah dengan tidak memiliki riwayat kredit macet. Sebab, memiliki riwayat kredit yang buruk tentu akan berimbas pada penilaian bank terhadap kemampuan membayarmu.

Untuk itu, sebelum mengajukan KTA BCA, pastikan kamu sudah menyelesaikan seluruh pembayaran yang diminta. Pihak bank juga akan mengecek catatan kredit selama tiga bulan terakhir sebagai pertimbangan apakah pengajuan pinjaman diterima atau mungkin ditolak.

(Baca Juga: Memanfaatkan Pinjaman Tunai di Saat Krisis Jadi Alternatif Terbaik, Benarkah?)
4. Besar cicilan tidak melebihi 30 persen dari gaji

Besar cicilan tidak melebihi 30 persen dari gaji - Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima Jangan Salah Langkah

Besaran rasio cicilan nyatanya juga menjadi pertimbangan oleh tim analis BCA ketika kamu mengajukan pinjaman loh. Makanya jangan heran bila pengajuan pinjaman ditolak karena rasio cicilan melebihi 30 persen dari gaji.

Karena ditakutkan kamu sebagai debitur tidak mampu membayar dan justru memunculkan masalah baru yang merugikan dua belah pihak.

Idealnya, pengajuan pinjaman harus disesuaikan dengan besaran rasio cicilan yaitu 30 persen dari gaji. Bila saat ini gaji per bulan yang kamu terima Rp7 juta, maka maksimal biaya cicilannya adalah Rp2,1 juta.

5. Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku - Begini Cara Agar Pinjaman BCA Diterima Jangan Salah Langkah

Terakhir, cara agar pinjaman BCA diterima adalah dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Soalnya percuma saja bila kamu sudah mengikuti keempat cara di atas, tapi tidak memperhatikan dengan jeli apa saja syarat maupun ketentuan yang ditetapkan oleh tim BCA.

Padahal bila dilihat dari laman resmi BCA, syarat mengajukan KTA BCA itu sangat mudah loh. Berikut penjelasan lengkapnya:

  • Seorang WNI yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta-Solo, Surabaya, Medan, Palembang, Batam, Bali, dan Makassar
  • Adalah seorang pemegang kartu BCA
  • Karyawan tetap, wiraswasta, atau profesional dengan masa kerja minimum 2 tahun
  • Minimal penghasilan Rp2,5 juta per bulan khususnya wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Batam, dan Medan
  • Minimal penghasilan Rp2 juta per bulan khusus wilayah lainnya
  • Berusia antara 21 hingga 55 tahun (saat fasilitas BCA Personal Loan telah lunas)

Apabila telah memenuhi syarat dan ketentuan yang diminta, jangan lupa pula menyiapkan sejumlah dokumen pendukung yang nantinya akan diajukan secara online, yakni lewat Halo BCA 1500888 atau dengan mengunjungi kantor cabang BCA terdekat.

Adapun dokumen pendukung yang harus dipenuhi, seperti formulir aplikasi BCA Personal Loan, fotokopi KTP, asli slip gaji terakhir untuk karyawan, fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir untuk wiraswasta dan profesional, fotokopi kartu kredit bolak balik, dan NPWP khusus pengajuan mulai dari Rp50 juta.

Nah, itulah informasi mengenai cara agar pinjaman BCA diterima. Untuk proses pengajuannya sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan layanan CekAja.

Karena sebagai aggregator financial, CekAja memberikan kemudahan untuk masyarakat Indonesia yang ingin mendapatkan KTA BCA dengan waktu pencairan dana yang lebih singkat yakni hanya dalam waktu satu minggu saja.

Yuk, tunggu apalagi? Ajukan KTA BCA lewat CekAja sekarang juga dan dapatkan beragam manfaatnya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau