Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima Tanpa Mengajukan Berkali-kali

by Estrin Vanadianti Lestari on 4 Juni, 2020

Maraknya pinjaman online ilegal, membuat para calon nasabah harus waspada. Meski begitu, masih saja banyak orang yang terjebak, karena tergiur akan proses yang mudah dan cepat, daripada pinjaman di bank. Namun, buat apa proses pengajuan mudah dan cepat, tapi merugikan? Nah, buat kamu yang mau pinjam dana di bank ternama seperti BRI, berikut cara tepat agar pinjaman BRI diterima, tanpa mengajukan berkali-kali.

Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima Tanpa Mengajukan Berkali-kali

Bank Termasuk Lembaga Keuangan Terpercaya

Pasalnya, bank menjadi salah satu lembaga keuangan yang terpercaya, ketimbang pinjaman online yang prosesnya hanya melalui SMS atau telepon, tanpa adanya informasi kantor atau website yang jelas.

Tidak hanya sebagai tempat untuk menabung hingga investasi, kini bank juga telah menyediakan berbagai produk pinjaman. Bank BRI sendiri memiliki banyak produk pinjaman yang bisa kamu pilih dan kamu butuhkan.

Bank BRI jadi Salah Satu Bank Terbesar di Indonesia

Terlebih Bank BRI juga merupakan salah satu bank ternama di Indonesia. Di mana Bank BRI kini tercatat sebagai bank terbesar dalam hal jumlah unit kerja di Indonesia, yaitu berjumlah 10.396 unit kerja termasuk 3 kantor cabang yang berada di luar negeri, yang seluruhnya terhubung secara real time online.

Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara tepat agar pinjaman BRI diterima, tanpa mengajukan berkali-kali, lebih baik ketahui dulu jenis-jenis pinjaman yang disediakan Bank BRI, berikut ini.

(Baca Juga: Syarat dan Cara Mendapatkan Pinjaman Bank BRI Terbaru 2020)
Jenis-jenis Pinjaman Bank BRI
  • KPR BRI

Jenis pinjaman BRI yang pertama adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BRI. Pinjaman KPR BRI merupakan produk pinjaman, yang bisa digunakan untuk kamu yang ingin memiliki hunian berbagai jenis, seperti rumah, ruko, apartemen, condotel, dan rukan.

  • KPRS BRI

Pinjaman BRI selanjutnya adalah KPRS BRI, Bedanya apa sama KPR BRI? Jika KPR BRI adalah pinjaman untuk kepemilikan hunian yang bersifat umum, maka KPRS BRI berlaku untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), yakni dengan penghasilan kurang dari Rp 4 juta.

  • KKB Mobil Bekas dan Baru

Pinjaman BRI KKB (Kredit Kendaraan Bermotor, seperti cocok buat kamu yang memiliki mobil bekas maupun baru. Selain itu, seluruh jenis KKB Bank BRI memiliki keunggulan bebas biaya provisi, dimana syarat pengajuan pinjaman Bank BRI ini, hanya berlaku untuk WNI yang cakap hukum.

  • KKB BRI Refinancing

Berikutnya ada KKB BRI Refinancing, yakni pinjaman yang memungkinkan kamu mendapatkan dana cepat, dengan mengagunkan kendaraan bermotor yang kamu miliki. KKB ini juga bebas biaya provisi, dan tak ada syarat khusus yang mesti dilengkapi.

  • KKB Motor Premium

Siapa bilang pinjaman hanya berlaku untuk membeli kendaraan biasa? Karena pinjaman BRI juga punya Pinjaman KKB Motor Premium, di mana pinjaman ini cocok bagi kamu yang ingin memiliki motor mewah. Kamu akan dimudahkan dalam memiliki motor idaman tanpa memikirkan biaya provisi.

  • Briguna Karya

Seperti pinjaman yang tersedia di pinjaman online, Pinjaman Bank BRI ini berupa Kredit Tanpa Agunan (KTA), yang diberikan bagi nasabah yang memiliki gaji tetap. Sehingga sumber pembayaran berasal dari penghasilan tersebut.

Nah, dengan KTA, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja, seperti dana darurat, pengobatan, renovasi rumah, pendidikan, pernikahan, dan lain-lain. Syarat dan cara mendapatkan pinjaman Bank BRI ini sangat mudah, itu lah keunggulannya.

  • Briguna Purna

selanjutnya ada pinjaman BRI Briguna Karya, yang dikhususkan bagi kamu yang sudah pensiun. Sehingga pembayarannya diambil dari dana pensiun yang diperoleh tetap setiap bulannya.

  • Briguna Umum

Bagaimana dengan produk Pinjaman BRI Briguna Umum? Pinjaman ini adalah produk KTA yang mengambil sumber pembayaran dari gaji bulanan sejak nasabah menjadi pegawai aktif sampai masa pensiun nanti.

  • Briguna Pendidikan

Nah, kalau jenis pinjaman BRI ini cocok untuk digunakan membiayai pendidikan, yakni Briguna Pendidikan. Biasanya pinjaman ini digunakan khusus untuk nasabah yang memiliki keperluan melanjutkan kuliah tingkat S2 dan S3, namun sudah memiliki penghasilan tetap.

  • KUR

Bagi para pebisnis, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis pinjaman BRI yang satu ini, yakni Kredit Usaha Mikro (KUR) Bank BRI. Dimana pinjaman ini diperuntukkan bagi pengusaha yang membutuhkan modal kerja maupun kredit investasi. Batas atas kredit hingga Rp 500 juta, dan plafond sampai dengan Rp 25 juta per debitur.

Selain itu, pinjaman ini berlaku untuk usaha mikro, usaha kecil dan koperasi dengan bisnis produktif, yang akan mendapat jaminan dari Perusahaan Penjamin. Persyaratan administrasi meliputi identitas berupa KTP, Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha.

  • Kupedes

Selain KUR, BRI juga mempunyai Kupedes, yang bisa memberikan kredit umum untuk berbagai keperluan ,dari badan usaha maupun perorangan. Keunggulan pinjaman Bank BRI ini adalah besaran bunga yang bersaing.

  • Kredit Modal Kerja

Masih ada lagi jenis pinjaman BRI yang dikhususkan untuk membangun usaha, yakni pinjaman Kredit Modal Kerja, yang bisa digunakan sebagai dana operasional usaha. Mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi sampai piutang dan persediaan.

  • Kredit Investasi

Kamu mau investasi, tapi belum punya modal buat beli jenis investasinya? Pakai Kredit Investasi dari BRI saja, di mana pinjaman ini diperuntukkan untuk membiayai kebutuhan barang modal terkait produk investasi. Biasanya kredit diberikan dalam valuta Rupiah.

  • Kredit Pangan

Bank BRI memang dikenal memiliki banyak produk pinjaman usaha, termasuk Kredit Pangan ini. Produk ini adalah sebuah kredit investasi dan/atau modal kerja komersial khusus di bidang pangan, yang diberikan dalam rangka mendukung kedaulatan pangan dan kemaritiman di Indonesia.

  • Resi Gudang

Berikutnya ada jenis pinjaman Bank BRI yang diperuntukkan kepada Petani, Kelompok Tani, Gapoktan dan Koperasi, yakni produk Resi Gudang. Dengan jangka waktu maksimum 6 tahun. Plafon Maksimum dari nilai resi gudang 70% Bunga Efektif 6% tahun.

  • Kredit Kemitraan

Pinjaman BRI yakni Kredit Kemitraan, merupakan Dana Program Kemitraan untuk membiayai modal kerja, dan atau pembelian aktiva tetap dalam rangka meningkatkan produksi dan penjualan.

Nah, itulah deretan jenis pinjaman yang tersedia di Bank BRI. Banyak bukan? Nah, setelah kamu memilih produk pinjaman BRI yang diingin dan dibutuhkan, kamu bisa langsung mengajukan pinjaman.

Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima

Namun, sebelum mengajukan pastikan kamu ikuti cara tepat agar pinjaman BRI diterima, yakni sebagai berikut:

1. Lengkapi syarat dan dokumen yang dibutuhkan

Lengkapi syarat dan dokumen yang dibutuhkan - Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima Tanpa Mengajukan Berkali-kali

Seperti contoh syarat dan dokumen dari KTA atau Pinjaman BRI Briguna Karya sebagai berikut:

  • KTP
  • NPWP
  • Kartu Keluarga
  • Asli SK Pengangkatan Pertama dan SK Terakhir
  • Slip gaji
  • Fotocopy buku tabungan BRI
  • Pas photo suami / istri (bagi yang sudah menikah)
  • Surat Rekomendasi dari atasan debitur
  • Form Permohonan Pengajuan Pinjaman.
2. Pastikan juga kamu memiliki tabungan atau rekening di bank BRI

Pastikan juga kamu memiliki tabungan atau rekening di bank BRI

Cara tepat agar pinjaman BRI diterima yang selanjutnya adalah memiliki tabungan atau rekening di bank yang bersangkutan, yakni di bank BRI.

Selain itu, hal ini juga bisa membantu pihak bank memproses dalam pemeriksaan data melalui rekening, yang sudah dibuka pada bank tersebut.

Tidak hanya itu, pastikan juga kamu telah memiliki tabungan itu selama minimal 6 bulan, untuk menyakinkan pihak bank.

3. Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial kamu

Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial kamu

Jika kamu ingin melakukan pengajuan pinjaman dana, pastinya kamu sudah memiliki rencana akan digunakan untuk apa dana tersebut. Sehingga penting bagi kamu untuk menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan finansial kamu.

Pasalnya, jika kamu mengajukan pinjaman dengan jumlah yang besar, padahal penghasilan mu pas-pasan, bisa membuat pengajuan mu ditolak. Maka dari itu, ikuti cara tepat agar pinjaman BRI diterima, tanpa ditolak.

(Baca Juga: Pinjaman Dana Bisnis Dari BRI Multiguna, Cocok Untuk Pebisnis Pemula)
4. Pastikan kredibilitas kamu sebagai calon debitur baik

Pastikan kredibilitas kamu sebagai calon debitur baik

Satu lagi cara tepat agar pinjaman BRI diterima adalah pastikan kamu sebagai calon debitur, memiliki kredibilitas yang baik. Contohnya seperti memiliki skor kredit yang bagus.

Dengan begitu, kamu mempunyai nilai plus untuk dipertimbangkan, hingga bisa dengan mudah mengajukan pinjaman selanjutnya di kemudian hari.

Bagaimana? Sudah siapkan segalanya untuk mengajukan pinjaman BRI? Agar lebih mudah dalam proses pengajuan, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah secara online di CekAja.com.

Di CekAja.com, kamu bisa bandingkan produk Pinjaman BRI yang satu dengan yang lainnya, bahkan dengan produk pinjaman di bank lain. Yuk, bandingkan dan ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk