Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Begini Cara Bank Menyetujui Pinjaman Dana Kita Sampai Cair

by Estrin Vanadianti Lestari on 9 Juni, 2020

Apakah kamu pernah penasaran, dengan bagaimana cara bank menyetujui pinjaman dana kita? Apakah dilihat dari banyaknya tabungan, usia, pekerjaan, atau bahkan kepemilikan kartu kredit?

Begini Cara Bank Menyetujui Pinjaman Dana Kita Sampai Cair

Penasaran bukan? Yuk, kita bahas bagaimana cara bank menyetujui pinjaman dana kita berikut ini.

KTA jadi Jenis Pinjaman Dana Paling Diminati di Bank

Namun sebelumnya, kira-kira jenis pinjaman dana apa sih yang sering diajukan para nasabah? Nyatanya, Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu jenis pinjaman yang menjadi primadona, yang artinya paling diminati masyarakat Indonesia.

Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan, KTA bisa dijadikan alat bantuan bagi nasabah yang membutuhkan dana cepat, di mana proses pencairannya pun sangat singkat.

(Baca Juga: Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima Tanpa Mengajukan Berkali-kali)
Apa Itu KTA?

Kredit Tanpa Agunan (KTA), merupakan sebuah produk pinjaman tanpa jaminan, atau biasa disebut dengan istilah unsecured loans. Di mana jenis pinjaman ini adalah pinjaman yang bisa diajukan tanpa adanya suatu aset, yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut.

Apa Beda KTA Bank dan Pinjaman Online
  • Pengajuan KTA bisa di offline (kantor cabang) dan online. Sedangkan pinjaman online hanya bisa diajukan melalui online atau aplikasi.
  • Proses pinjaman KTA bank tergolong lebih lama, yakni sekitar satu minggu. Sedangkan pinjaman online bisa cair dalam waktu harian.
  • Untuk soal persyaratan, KTA bank lebih rumit ketimbang pinjaman online, yang hanya memerlukan KTP, Rekening bank, Slip Gaji, dan NPWP.
  • Untuk soal bunga, KTA bank lebih unggul, karena lebih murah dibandingkan bunga di pinjaman online.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa KTA juga tidak mewajibkan nasabahnya untuk menjaminkan barang atau asetnya, untuk memperoleh pinjaman dana. Lantas, bagaimana bank bisa begitu cepat menyetujui dan memproses pinjaman dengan cepat? Terlebih bagi para nasabah yang mengajukan dengan nominal besar.

Cara Bank Menyetujui Pinjaman Dana
1. Dilihat dari Kondisi Keuangan Calon Nasabah

Pada proses penyetujuan pengajuan pinjaman KTA, biasa pihak bank melibatkan penaksiran terhadap pengeluaran, serta penghasilan finansial dari calon nasabah.

2. Pemeriksaan Dokumen

Tak menggunakan jaminan, pinjaman KTA di bank juga melakukan penaksiran yang melibatkan pemeriksaan dokumen.

Bukan cuma formalitas, dokumen yang diperiksa pihak bank adalah semua hal yang disyaratkan. Berikut beberapa dokumen yang umumnya wajib disiapkan calon nasabah, agar pengajuan pinjaman bisa langsung diterima:

  • Fotokopi sampul buku tabungan
  • Mutasi rekening buku tabungan dalam jangka waktu 3 bulan terakhir
  • Slip gaji terakhir
  • Arsiran pada bagian depan kartu kredit
  • Fotokopi kartu kredit dari bank, dengan keanggotaan sedikitnya selama 1 tahun terakhir
  • Fotokopi identitas peminjam
  • Fotokopi NPWP (sangat diperlukan bila jumlah pinjaman yang diajukan mencapai lebih dari 50 juta rupiah)
  • Fotokopi paspor/KTP
3. Pihak Bank Melacak Pola Kredit Nasabah dari Kartu Kredit

Beberapa bank, biasanya mewajibkan calon nasabahnya untuk memiliki kartu kredit, sebelum mengajukan pinjaman dana. Bukan tanpa alasan, persyaratan tersebut dilakukan agar pihak bank bisa melacak sekaligus memantau pola pembayaran calon nasabah.

Dari penggunaan kartu kredit, calon nasabah bisa diketahui, apakah ia tipe nasabah yang baik (tidak pernah bermasalah terhadap pembayaran atau keterlambatan), atau malah tipe yang buruk (pemakaian kartu kredit selalu over limit dan sering terlambat bayar cicilan).

Maka dari itu, banyak bank yang mewajibkan calon nasabahnya, untuk memiliki kartu kredit yang masih aktif, dan setidaknya sudah berlaku selama satu tahun.

3. Menganalisa Taksiran (Kondisi Keuangan, Pemeriksaan Dokumen, Penggunaan Kartu Kredit)

Cara bank menyetujui pinjaman dana kita, ternyata tidak hanya diperiksa, namun juga dianalisa. Sehingga, bisa ditemukan sebuah solusi atau jawaban oleh kedua belah pihak, yakni pihak bank dan nasabah.

Pasalnya, jika ada salah satu penaksiran jauh dari pertimbangan, maka sulit bagi bank untuk menyetujui pinjaman. Misalnya seperti pendapatan nasabah yang belum mencukupi persyaratan.

Karena, jika pihak bank tetap menyetujui, maka besar kemungkinan malah akan memunculkan masalah baru, untuk kedua belah pihak. Yakni kredit macet, dan nasabah pun menjadi berhutang.

4. Setelah Dianalisa dan Disetujui, Dana Bisa Dicairkan

Setelah analisis tersebut sudah dilakukan, dan mendapatkan solusi terbaik, yang artinya pengajuan pinjaman disetujui, maka dana bisa akan langsung cair. Umumnya, dana bisa diberikan mulai dari 3 sampai 8 kali, berdasarkan jumlah gaji bulanan, dari calon nasabah.

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit BCA untuk Gaji UMR Jakarta, Min Gaji Rp3 Juta Juga Ada!)
Pengajuan Pinjaman mu Masih Ditolak? Ini Alasan Bank Tolak Pinjaman mu
  • Kamu tidak memberikan persyaratan yang lengkap
  • Tidak hanya dari data, pihak bank juga melihat kepribadian kamu sebagai nasabah. Jika ditolak, mungkin kepribadianmu buruk. Seperti sering menunda-nunda pembayaran tagihan (kredit skor buruk), atau memalsukan dokumen persyaratan.
  • Batas kemampuan nasabah, yang artinya dilihat dari segi pekerjaanmu, penghasilan mu per bulannya, hingga bisnis yang sedang kamu jalankan.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait bagaimana cara bank menyetujui pinjaman dana kita. Mulai dari menerima pengajuan, memeriksa dokumen persyaratan, skor kredit, kondisi finansial calon nasabah, dan menganalisanya.

Nah, daripada kamu bingung, kira-kira pengajuan mu bakal diterima atau ditolak. lebih baik coba lakukan simulasi perhitungan pinjaman melalui CekAja.com.

Pasalnya, CekAja.com menyediakan kolom khusus, di mana calon nasabah bisa melakukan simulasi perhitungan pinjaman. Sehingga, kamu bisa menyesuaikan jumlah pinjaman dengan pendapatan, dan CekAja.com akan memilihkan produk pinjaman yang tepat untuk kamu.

Yuk, ajukan segera pinjaman dana dengan mudah, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk