Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

by Vera Khairifah on 10 Juni, 2020

Bagi para debitur pemula, kamu mungkin berpendapat bahwa proses mengajukan pinjaman di bank terbilang rumit. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar jika kamu mengetahui tipsnya. Jika kamu berminat mengajukan pinjaman di Bank Mandiri, berikut cara tepat agar pinjaman Mandiri diterima.

Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Jenis-Jenis Pinjaman Mandiri

Sebelum mengetahui cara tepat agar pinjaman Mandiri diterima, ketahui dulu jenis-jenis pinjaman Mandiri yang tersedia. Sebab sebagai bank BUMN, Mandiri memiliki produk pinjaman yang beragam, yakni sebagai berikut:

  • Kredit Serbaguna Mandiri

Yakni jenis pinjaman Mandiri untuk berbagai kebutuhan yang diperuntukkan bagi pegawai yang memiliki penghasilan tetap, pensiunan, maupun nasabah tertentu. Jadi, kamu bisa mendapatkan pinjaman uang untuk kebutuhan apa saja, mulai dari biaya pendidikan, pernikahan, kesehatan, dan lain-lain.

Keunggulan pinjaman ini adalah proses cair yang cepat, yakni hanya satu hari saja. Serta limit kredit sampai Rp1 miliar dengan masa tenor hingga 15 tahun lamanya.

  • Kredit Kendaraan Bermotor

Yakni jenis pinjaman Mandiri yang memfasilitasi pembiayaan dari transaksi pembelian kendaraan mobil dan motor untuk nasabah perorangan maupun badan usaha. Metode pembayaran pinjaman ini cukup fleksibel.

  • Kredit Kepemilikan Rumah

Yakni jenis pinjaman Mandiri yang membantumu memiliki properti idaman, seperti rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan. Properti yang dipilih dapat melalui developer maupun secara independen tanpa melalui developer.

Uang muka pinjaman ini ringan, dengan masa tenor hingga 20 tahun.

  • Kredit Multiguna

Yakni jenis pinjaman Mandiri perorangan dengan menjaminkan properti nasabah. Suku bunga dari Kredit Multiguna sangat kompetitif, dengan masa tenor hingga 10 tahun.

Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Bank Mandiri memiliki keunggulan yang menawarkan proses pencairan pinjaman yang cepat. Namun, hal itu bisa didapatkan jika kamu mengetahui cara tepat agar pinjaman Mandiri diterima. Ini dia caranya:

1. Penuhi Persyaratan dan Melengkapi Dokumen

Penuhi Persyaratan dan Melengkapi Dokumen - Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Cara tepat agar pinjaman Mandiri diterima adalah dengan memenuhi persyaratan dan melengkapi dokumen. Sebab proses screening pertama yang dilakukan pihak Mandiri adalah mengecek kualitas calon debitur, apakah memenuhi syarat atau tidak.

Syarat Pengajuan Pinjaman Mandiri

Berikut syarat umum yang harus dipenuhi calon debitur Mandiri:

  • WNI berusia antara 21 tahun hingga 55 tahun untuk pegawai, dan hingga 60 tahun untuk profesional atau wiraswasta.
  • Memiliki penghasilan tetap dengan masa kerja 1 tahun untuk pegawai, dan masa kerja 2 tahun untuk profesional atau wiraswasta.
Dokumen yang Perlu Dilengkapi
  • Formulir pengajuan pinjaman yang sudah diisi lengkap
  • Buku rekening Bank Mandiri (sebagai bukti kamu adalah nasabahnya, sebab proses pembayaran pinjaman menggunakan sistem autodebet)
  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • NPWP
  • BPKB dan STNK dalam file asli maupun fotokopi (optional)
  • Bukti kepemilikan rumah (optional)
  • Slip gaji atau surat keterangan pendapatan rata-rata usaha
  • Bukti rekening koran tabungan 3 bulan terakhir
(Baca Juga: Cara Tepat Agar Pinjaman BRI Diterima Tanpa Mengajukan Berkali-kali)
2. Ajukan Pinjaman Sesuai Dengan Kemampuan Membayar

Ajukan Pinjaman Sesuai Dengan Kemampuan Membayar - Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Cara tepat agar pinjaman Mandiri diterima yang selanjutnya adalah memperhatikan sisi realistis antara angka pengajuan pinjaman dengan kemampuan membayar.

Kemampuan membayar tidak hanya diukur dari besaran pendapatan, namun juga dengan aset yang dimiliki nasabah. Sekalipun jenis pinjaman yang diajukan tidak memerlukan jaminan aset.

Pihak bank juga akan melakukan pemastian alias verifikasi bahwa kamu tidak memiliki tanggungan pinjaman di lembaga lain.

3. Jaga Hubungan Baik dengan Pihak Mandiri

Jaga Hubungan Baik dengan Pihak Mandiri - Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Dalam proses penerimaan pengajuan pinjaman, pihak Mandiri tentu akan beberapa kali menghubungimu untuk berbagai pemberitahuan. Jadi, sebagai calon debitur yang baik, sudah selayaknya kamu bersikap responsif dan menjaga hubungan yang baik pula.

Pastikan nomor telepon dan alamat yang tertulis dalam formulir pengajuan pinjaman sudah tepat, tanpa ada kesalahan penulisan.

(Baca Juga: 4 Pinjaman Online untuk Dana Darurat Saat Pandemi)
4. Jangan Ada Kredit Macet!

Jangan Ada Kredit Macet! - Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Cara tepat agar pinjaman Mandiri yang sering dilupakan calon debitur adalah soal menjaga riwayat pinjaman. Jangan salah, sebab Bank Indonesia mencatat semua data sejarah pinjaman di bank-bank di Indonesia di dalam Sistem Informasi Debitur (SID).

Data ini juga bisa diakses oleh setiap pihak bank. Sehingga jika kamu tercatat pernah mengalami kredit macet atau pembayaran pinjaman bank yang bermasalah (seperti pembayaran pinjaman yang macet dan sulit dilunasi), maka track record-mu pun akan ternodai. Akibatnya, pinjaman Mandiri yang diajukan akan ditolak.

5. Tunjukkan Kredibilitas Sebagai Calon Debitur

Tunjukkan Kredibilitas Sebagai Calon Debitur - Cara Tepat Agar Pinjaman Mandiri Diterima dan Cepat Cair

Terakhir, kamu harus menunjukkan kelayakan atau kredibilitas sebagai calon debitur yang terpercaya. Yakni yang memiliki cash flow yang baik, memiliki aset yang bisa menjadi jaminan, mahir dalam menjalankan usaha sehingga mampu meyakinkan pihak bank bahwa usahamu akan meraih keuntungan, atau bukti kemahiran dalam bidang pekerjaan lain seperti mendapatkan kenaikan jabatan atau prestasi lainnya.

Hal-hal di atas perlu ditunjukkan agar pihak Mandiri yakin bahwa pinjaman yang diberikan digunakan dengan sebaik-baiknya dan mampu dibayar hingga lunas tanpa masalah.

Jika kamu sudah memenuhi syarat, maka proses pencairan pinjaman bisa sangat cepat. Sebab Mandiri mampu mencairkan beberapa jenis pinjaman hanya dalam waktu satu hari!

Jadi, sudah siap mengajukan pinjaman? Pilih berbagai produk pinjaman lain yang terpercaya dengan suku bunga kompetitif dan masa tenor yang disesuaikan. Untuk proses pengajuan pinjaman yang mudah secara online, kamu bisa ajukan hanya melalui CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast