Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Perhatikan 6 Tips Memilih Kredit Kendaraan Berikut Ini 

by Nadhillah Kusindriani on 22 Juni, 2020

Membeli kendaraan dengan cara kredit, rasanya sudah menjadi pilihan yang tepat untuk semua orang. Pasalnya, kamu tidak perlu membayar full dalam satu waktu dan merasakan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk satu unit kendaraan. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan secara kredit, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu tips memilih kredit kendaraan yang akan CekAja.com ulas sebagai berikut.

Perhatikan 6 Tips Memilih Kredit Kendaraan Berikut Ini 

6 Tips Memilih Kredit Kendaraan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa tips memilih kredit kendaraan menjadi hal penting yang perlu kamu ketahui, sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan secara kredit.

Hal itu dikarenakan, tips-tips tersebut dapat membantumu membuat pertimbangan sebelum memilih kredit kendaraan yang tepat. Mengingat, saat ini pandemi virus Covid-19 masih terus berlanjut dan perekonomian masih berada dalam kondisi yang tidak stabil.

Maka dari itu, di pembahasan kali ini CekAja.com akan mengulas enam tips memilih kredit kendaraan yang telah dirangkum khusus untuk kamu. Adapun enam tips tersebut di antaranya, yaitu:

1. Pilih Kendaraan sesuai Kebutuhan

Pilih kendaraan sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum memilih kredit kendaraan adalah menentukan kendaraan yang akan kamu beli terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan, bukan karena keinginan semata.

Sebab, jenis kendaraan menentukan besarnya cicilan yang akan kamu bayarkan setiap bulan. Di mana, besaran biaya cicilan kendaraan tersebut berbeda-beda sesuai dengan jenis kredit kendaraan yang kamu ambil.

Maka dari itu, sebelum memilih kredit kendaraan ada baiknya jika kamu terlebih dahulu menentukan jenis kendaraan yang akan kamu beli. Pastikan pula bahwa jenis kendaraan yang kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

2. Lakukan Perbandingan Dealer

Lakukan Perbandingan Dealer

Tips memilih kredit kendaraan yang kedua adalah melakukan perbandingan dealer. Namun, agar dapat melakukan perbandingan, kam tentu perlu melakukan survei, baik melalui kerabat, saudara, keluarga bahkan internet.

Ketika survei sudah selesai dilakukan dan informasi yang kamu butuhkan terkait dealer sudah cukup, selanjutnya kamu bisa mulai membandingkan dealer mana yang sekiranya paling menguntungkan dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu, kamu juga pastikan bahwa dealer yang kamu pilih nantinya memiliki reputasi serta kinerja yang baik. Dengan begitu, kamu bisa menghindari beberapa risiko kerugian yang mungkin terjadi.

(Baca Juga: Tips Kredit Motor Bekas yang Terpercaya)
3. Pilih Leasing yang Tepat

Pilih leasing yang tepat

Setelah proses survei dan perbandingan dealer sudah selesai dilakukan, maka langkah berikutnya kamu bisa mencari dan memilih leasing yang sekiranya tepat dan cocok untukmu.

Meskipun, pihak dealer biasanya akan memberikan rekomendasi leasing yang bisa kamu gunakan, tetapi kamu memiliki hak untuk menolak atau melakukan perbandingan terlebih dahulu dengan leasing lainnya.

Sama seperti melakukan perbandingan dealer, kamu terlebih dahulu melakukan survei leasing untuk mendapatkan informasi terkait leasing mana yang sekiranya cocok dan sesuai dengan kebutuhan kreditmu saat ini.

Setelah itu, kamu bisa menentukan leasing yang akan digunakan, dengan memperhatikan beberapa hal, seperti keuntungan yang akan kamu dapatkan, kredibilitas dari perusahaan leasing tersebut, hingga kinerja serta pelayanan yang diberikan.

4. Pilih Masa Tenor yang Panjang

Pilih Masa Tenor yang Panjang

Memilih masa tenor yang panjang nyatanya menjadi salah satu tips memilih kredit kendaraan yang perlu kamu lakukan. Hal tersebut karena, semakin lama masa tenor atau cicilan yang kamu ambil, maka semakin ringan biaya yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

Meskipun, lamanya masa tenor membuat bunga yang harus kamu bayarkan semakin besar. Tetapi hal itu tidak akan terasa, sebab besarnya bunga sudah dibagi rata ke total masa tenor yang kamu ambil.

5. Gunakan Uang Muka yang Besar

Gunakan uang muka yang besar

Dalam memilih kredit kendaraan, selain memperhatikan masa tenor, kamu juga perlu memperhatikan besaran uang muka. Pasalnya, uang muka tidak hanya berpengaruh pada kredit kendaraan saja, tetapi juga berpengaruh pada besarnya cicilan yang harus kamu bayarkan.

Melansir dari katadata.co.id, bahwa minimum uang muka untuk kredit kendaraan yang ditetapkan oleh Bank Indonesia (BI), yaitu sebesar 15%. Namun jika kamu memiliki dana lebih, kamu bisa memberikan uang muka yang lebih besar.

Seperti misalnya, kamu mampu untuk memberikan uang muka sebesar 40%. Maka sisa 60% nya bisa kamu ajukan kredit untuk melunasinya. Walaupun 60% tersebut sudah termasuk dengan tambahan lainnya, tetapi tetap saja cicilan yang nantinya akan kamu bayarka nilainya rendah.

6. Pilih Asuransi Terbaik

Pilih Asuransi Terbaik

Tips memilih kredit kendaraan yang terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah asuransi kendaraan. Di mana, pilihan asuransi ini wajib disertakan apabila kamu sudah yakin untuk melakukan pengajuan kredit kendaraan.

Sebab, adanya asuransi dapat menjamin kendaraanmu dari segala risiko yang mungkin terjadi, seperti kecelakaan, kerusakan karena bencana alam, tindak kejahatan dan lain sebagainya.

Keuntungan Membeli Mobil dengan Kredit

Keuntungan membeli mobi dengan kredit

Jika pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui lima tips memilih kredit kendaraan, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa keuntungan yang akan didapatkan apabila membeli mobil secara kredit.

Lantas, apa saja keuntungan yang akan didapatkan tersebut? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Proses Pengurusannya Cepat

Proses Pengurusannya Cepat

Keuntungan pertama yang akan kamu dapatkan dari membeli mobil secara kredit adalah proses pengurusannya yang cepat, mulai dari berkas hingga pengurusan unit kendaraannya.

Hal tersebut dikarenakan, dalam pengajuan kendaraan secara kredit, proses pengurusannya dilakukan oleh dua lembaga, yaitu dealer sebagai agen penjual kendaraan dan leasing.

Di mana, leasing sendiri akan membantu seluruh proses transaksi kendaraan agar dapat selesai lebih cepat. Leasing juga nantinya akan membantumu mengurus kelengkapan dokumen dan hal-hal lainnya yang terkait dengan persyaratan kredit kendaraan.

Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Mendapatkan Jaminan Perlindungan

Keuntungan selanjutnya yang akan kamu dapatkan adalah jaminan perlindungan berupa asuransi kendaraan. Yang mana, asuransi tersebut mulai berlaku dan bisa kamu gunakan sejak masa kredit kendaraan berjalan hingga pelunasan.

Dengan adanya asuransi, kendaraanmu akan terjamin dari segala kemungkinan risiko kecelakaan, kejahatan serta kerusakan karena bencana alam.

Tidak hanya itu, kamu pun tidak perlu lagi khawatir dan memikirkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bisa Menentukan Biaya Cicilan

Bisa Menentukan Biaya Cicilan

Dengan membeli mobil secara kredit, kamu bisa memiliki kesempatan untuk menentukan biaya cicilan setiap bulannya berdasarkan masa tenor. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan masa tenor terlebih dahulu, seperti misalnya tiga atau empat tahun.

Setelah itu, kamu bisa mulai melakukan simulasi kredit dan menghitungnya, untuk mendapatkan perkiraan biaya cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur keuangan menjadi lebih tertata dengan baik.

Tidak Perlu Membayar Total Harga Kendaraan secara Langsung

Tidak Perlu Membayar Total Harga Kendaraan secara Langsung

Keuntungan membeli kendaraan secara kredit yang terakhir adalah kamu tidak perlu secara langsung membayar total harga kendaraan. Karena yang namanya kredit, kamu sudah pasti membayarnya secara angsuran atau cicilan.

(Baca Juga: Cara Merawat Motor Listrik yang Terkena Banjir)

Dengan begitu, kamu tetap bisa memiliki kendaraan impian, meskipun dengan dana yang terbatas. Namun pastikan, ketika kamu sudah mendapatkan kendaraan yang kamu butuhkan, sebisa mungkin segera daftarkan ke asuransi kendaraan melalui CekAja.com.

Karena, CekAja.com bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan asuransi kendaraan ternama dan terbaik di Indonesia. Jadi, buat kamu yang belum melindungi kendaraanmu dengan asuransi kendaraan, tunggu apalagi? Yuk ajukan sekarang!

Tentang Penulis