Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Makanan dan Minuman Enak yang Tanpa Disadari Bikin Kamu Gemuk

by Rafly Aditia on 7 Agustus, 2016

Banyak orang yang ingin punya tubuh ideal, berolahraga dengan keras. Tapi hasilnya justru mengecewakan. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kebiasaan makan dan minum yang salah.

Nah, berikut ini ada beberapa makanan dan minuman enak yang tanpa disadari bisa bikin gemuk. Apa saja? Simak daftarnya sebagai berikut:

Martabak kekinian

Bagi anak muda pecinta martabak, sepertinya perlu pikir-pikir lagi kalau ingin mengonsumsi martabak kekinian. Maksud martabak kekinian adalah martabak dengan toping bermacam macam mulai dari cokelat Toblerone, selai nuttela hingga oreo dan banyak lagi. Sebab, bila dikonsumsi terlalu sering bisa bikin perut membuncit. Mengapa demikian? Martabak seperti ini memiliki kandungan lemak dan karbohidrat yang sangat tinggi.

Berdasarkan data yang diambil dari situs kesehatan ternama Fatsecret, satu porsi martabak manis memiliki kandungan karbohidrat sebesar 37,37 gram dengan total Kalori sebanyak 270 kkal. Belum lagi kalau ditambahkan berbagai toping, kandungan lemak dan kalorinya bisa lebih banyak lagi.

(Baca juga: 4 Kartu Kredit Terbaik yang Menawarkan Terbang Gratis ke Luar Negeri)

Junk food

Kamu sering makan burger, hot dog, dan junk food lainnya? Sebaiknya mulai hentikan kebiasaan tersebut dari sekarang. Karena junk food sama sekali tidak baik bagi tubuh kamu, bisa dibilang junk food mengandung kalori berlebih. Kalau kamu menumpuk lemak dan kalori tanpa rajin berolahraga, pastinya lemak bakal menumpuk di tubuhmu.

Bukan cuma itu, bisa-bisa kamu kena berbagai macam penyakit seperti kolesterol hingga penyakit jantung.

Soft drink

Tahukah kamu kalau soft drink mengandung gula dan kalori yang sangat tinggi? Bahkan data dari fatsecret menyebutkan 1 botol soft drink memiliki karbohidrat sebanyak 48,12 gram dengan total kalori sebesar 187 kkal. Jumlah karbohidrat yang ada pada satu botol soft drink tersebut lebih banyak 4 gram dibandingkan semangkuk nasi putih. Kalau kamu mau cepat kurus, hentikan kebiasaan minum soft drink.

Gorengan

Kamu ingin kurus tapi tidak bisa berhenti makan gorengan? Kalau begitu sih sama saja bohong. Gorengan memiliki kandungan kalori dan lemak yang tinggi. Contohnya bakwan. Sepotong bakwan mengandung 137 kkal dan 11,59 lemak. Kalau kamu makan lima potong gorengan? Jumlah kalori yang dikonsumsi sama saja dengan makan dua setengah mangkuk nasi!

(Baca juga: Kenapa zaman Sekarang Pria Wajib Mapan Secara Finansial?)

Mi instan

Makanan satu ini mungkin yang sering kamu santap di tanggal tua. Ya, Mi instan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari kalau ingin kurus. Karena dalam satu porsi mi instan rata-rata mengandung 47 gram karbohidrat, 13 gram lemak dan 310 kkal.

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami