Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mau Beli Perhiasan Untuk Kado Valentine? Berikut 4 Tipsnya

by Rafly Aditia on 3 Februari, 2016

Hari valentine merupakan momen yang sangat tepat untuk mengungkapkan rasa cinta kepada orang tersayang. Mulai dari memberikan cokelat, boneka, hingga perhiasan.

Namun, saat membeli perhiasan dibutuhkan ketelitian agar barang yang diperoleh benar-benar terbaik untuk diberikan. Karena itu, simak 4 tips untuk membeli perhiasan berikut:

Cari tahu seleranya

Hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah mencari informasi tentang selera. Apakah dia lebih menyukai tipe perhiasan yang simpel atau glamor? Pastikan kamu memberikan perhiasan yang sesuai dengan seleranya

Kenapa? karena perhiasan yang diberikan mengungkapkan rasa cinta kamu kepadanya. Dengan memberikan barang yang tepat, kamu menunjukkan perhatian yang besar.

(Baca juga: Strategi Membeli Cincin Nikah yang Bisa Bikin Untung)

Cek kondisi fisik perhiasan

Sebelum memutuskan membeli perhiasan, pastikan mengecek kondisi fisik perhiasan terlebih dahulu. Untuk emas, usahakan memilih perhiasan yang tampilannya bersih dan tidak memiliki noda hijau di pori-porinya.

Perlu kamu ketahui, noda hijau tersebut menandakan emas belum dicuci dengan benar sehingga meninggalkan beberapa zat kima yang bisa menyebabkan alergi. Selain itu, pastikan tidak ada goresan, cekungan serta kecatatan lain pada perhiasan pilihanmu.

Tanya kadar kemurnian emas

Di Indonesia memang belum ada standar kadar emas yang pasti. Namun, kebanyakan emas 24 karat memiliki kadar 90% emas. Sedangkan 23 karat memiliki kadar 70% emas dan 22 karat memiliki kadar 40% emas.

Namun, jika berpatokan pada standar nasional, emas 24 karat adalah emas murni dengan kadar emas 99.99% sedangkan emas 22 karat mengandung komposisi 91.7% emas.

Beli perhiasan online? Gak usah takut

Banyak orang masih belum percaya membeli perhiasan secara online. Padahal membeli perhiasan secara online dapat memberikan kamu sejumlah keuntungan, mulai dari layanan pembersihan dan perawatan, garansi hingga diskon-diskon menarik.

Tapi, pastikan toko perhiasan online yang kamu datangi memiliki review dan reputasi baik dari pembeli. Selain itu pastikan bahwa toko tersebut menyediakan garansi dan memiliki customer service representative yang siap menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu.

(Baca juga: Pasangan Muda, Ini Keuntungannya Jika Kalian Melewatkan Akhir Pekan Dengan Masak Bersama)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami