Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Mau Naik Haji di Usia Muda? Lakukan Tips Sederhana Ini

by Rafly Aditia on 17 Agustus, 2016

biaya haji _ investasi - CekAja.com

Naik haji adalah impian seluruh umat muslim di dunia. Karena dengan beribadah ke tanah suci Mekah, umat muslim telah menunaikan rukun Islam yang ke lima. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa biaya naik haji masih tergolong mahal, apalagi untuk anak muda yang baru saja menbdapatkan pekerjaan pertama

Walau begitu, biaya tinggi tersebut dapat disiasati dengan sejumlah trik. Bahkan untuk kamu yang masih muda sekalipun, bisa pergi haji ke Mekah jika mau disiplin dalam menabung. Berikut ini caranya

Widget TRV Insurance

Estimasi kenaikan biaya haji

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perhitungan terlebih dahulu. Berapa estimasi biaya haji 5 tahun mendatang. Agar lebih mudah memprediksinya baca artikel prediksi biaya haji. Untuk kamu yang ingin melunasi pembayaran haji 5 tahun mendatang, setidaknya butuh biaya sekitar Rp 65 juta.

Biaya tersebut merupakan estimasi dari biaya haji saat ini yakni sekitar Rp 40 juta plus estimasi kenaikan Rp 5 juta/ tahun x 5 tahun. Jadi biayanya estimasi biaya haji paling murah 5 tahun mendatang adalah Rp 40 juta + Rp 25 juta = Rp 65 juta. Perlu kamu catat, pelunasan ongkos naik haji reguler biasanya sektiar 2 bulan sebelum keberangkatan. (Baca juga: Kamu Masih Merintis Karier? Ini Pelajaran Berharga dari Atlet Indonesia di Olimpiade 2016)

Tips menabung

Untuk mendapatkan uang sekitar Rp 60 juta dalam kurun waktu 4 tahun bisa dibilang mudah, Syaratnya kamu memang berniat untuk menunaikan ibadah haji. Bagaimana caranya? Langsung saja simak tips tabungan haji sebagai berikut:

  • Estimasi gaji per bulan Rp 7 juta
  • Biaya konsumsi bulanan sekitar 40% = Rp 2,8 juta
  • Tabungan mati 10% = Rp 700 ribu
  • Belanja keinginan 10% = Rp 700 ribu
  • Bayar cicilan 20% = Rp 1,4 juta
  • Tabungan untuk naik haji 20% = Rp 1,4 juta
  • Lakukan hal ini selama 4 tahun.

Dengan melakukan hal ini selama 4 tahun berturut-turut maka kamu bakal memilikki tabungan haji senilai Rp 84 juta. Tentunya uang segini sudah melebihi estimasi biaya naik haji di 5 tahun mendatang. Apabila benar-benar disiplin, maka dengan uang yang dikumpulkan selama 5 tahun tersebut, kamu bisa langsung ikut naik haji tanpa harus menunggu hingga bertahun-tahun. (Baca juga: Daftar Diskon Belanja, Makan dan Jalan-Jalan yang Bisa Kamu Nikmati Pada Hari Kemerdekaan RI)

Kalau hal ini kamu lakukan di usia 3 tahun, maka pad ausia 28 tahun pun kamu sudah bisa naik haji dari hasil keringat sendiri.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami