Kredivo
Jumlah Pinjaman

RP 500000 - 30000000

Jangka Waktu

1 - 24 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 18-60 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Wiraswasta,Profesional
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 3.000.000
  • Cakupan Wilayah JABODETABEK, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon
JULO
Jumlah Pinjaman

RP 1000000 - 15000000

Jangka Waktu

2 - 9 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 21-50 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Pegawai Negeri Sipil
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 5.000.000
  • Cakupan Wilayah Seluruh Indonesia
UANGTEMAN
Jumlah Pinjaman

RP 3000000 - 3000000

Jangka Waktu

1 - 1 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 21-40 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Wiraswasta,Profesional,Pegawai Negeri Sipil,TNI/Polri
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 4.200.000
  • Cakupan Wilayah JABODETABEK, Surabaya
UangTeman - Installment Loan
Jumlah Pinjaman

RP 5000000 - 20000000

Jangka Waktu

3 - 6 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 21-55 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Wiraswasta,Profesional,Pegawai Negeri Sipil,TNI/Polri
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 4.267.349
  • Cakupan Wilayah JABODETABEK
UangTeman - Lite Installment Loan
Jumlah Pinjaman

RP 3500000 - 10000000

Jangka Waktu

3 - 6 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 21-55 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Wiraswasta,Profesional,Pegawai Negeri Sipil,TNI/Polri
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 4.267.349
  • Cakupan Wilayah JABODETABEK
Kredivo Basic Account
Jumlah Pinjaman

RP 100000 - 3000000

Jangka Waktu

1 - 1 Bulan


Persyaratan Pengajuan
  • Usia 18-60 Tahun
  • Pekerjaan Karyawan,Wiraswasta,Profesional
  • Min. Penghasilan per Bulan Rp 3.000.000
  • Cakupan Wilayah Seluruh Indonesia

Pinjaman Online

Segera ajukan Pinjaman Online dari berbagai partner lembaga keuangan terbaik di Indonesia melalui CekAja.com secara online untuk kebutuhan hingga modal usaha kecil maupun menengah sampai skala besar.

Apa Itu Pinjaman Online?

Pinjaman online atau bisa juga disebut dengan istilah unsecured loans, merupakan pinjaman tanpa jaminan tanpa adanya suatu aset, yang dijadikan sebagai jaminan atas pinjaman tersebut.

Adapun pinjaman online ini biasanya difasilitasi oleh sebuah lembaga keuangan yang berbasis online, atau perusahaan P2P Lending. Pinjaman online juga menjadi salah satu produk finansial yang paling diminati, khususnya masyarakat Indonesia.

Alasannya simpel, yakni karena cara pengajuan pinjaman online sangat praktis. Adapun calon nasabah hanya cukup mengajukan pinjaman melalui aplikasi, website perusahaan P2P, atau untuk yang lebih praktis lagi, bisa mengajukan melalui fintech, seperti CekAja.com.

Di sini, CekAja.com memberikan kemudahan untuk para calon nasabah, agar bisa membandingkan beberapa produk pinjaman online, dari berbagai perusahaan P2P Lending terbaik, yang ada di Indonesia.

Nah, sebelum Anda memilih dari sekian banyak produk pinjaman online, ada baiknya ketahui dulu serangkaian informasi penting lainnya, terkait pinjaman berbasis online berikut ini.

Pinjaman Online Terbaik Harus Terdaftar OJK

Munculnya layanan pinjaman online pada 2016 lalu, membuat layanan pinjaman berbasis online saat ini, kian menjamur. Terlebih, produk finansial termasuk salah satu produk finansial yang paling fenomenal dan paling menarik, di mata masyarakat Indonesia.  

Dengan menjamurnya layanan pinjaman online saat ini, hal tersebut justru menjadi ajang persaingan para perusahaan pinjol. Namun, kenyataannya para penyedia jasa pinjaman online tersebut bersaing dengan cara yang tidak sehat, karena kebanyakan dari mereka tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK sendiri merupakan lembaga independen yang memiliki fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan, terhadap seluruh kegiatan, di sektor jasa keuangan, seperti pinjaman online. Di tahun 2018 saja, setidaknya OJK menemukan 227 perusahaan fintech startup P2P lending atau pinjaman berbasis online, yang tidak terdaftar di OJK.

Bukannya menurun, OJK kembali mencatat bahwa ada 1477 pinjol ilegal di tahun 2019, dan yang terdaftar hanya 127 saja. Dengan adanya hal ini, OJK mengimbau untuk para perusahaan P2P lending dan pinjaman online, untuk melakukan pendaftaran dan mengurus izin ke OJK.  

Pasalnya, hadirnya pinjaman online ilegal yang tidak terdaftar OJK, bisa meresahkan masyarakat. Misalnya, dengan bunga yang mencekik, peraturan yang tidak normal, tidak transparan, rentan terjadi kebocoran data, dan yang paling parah dijadikan wadah penipuan.

Ciri-ciri Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

1. Terdaftar OJK

Ciri pinjaman online yang pertama ini jelas, harus terdaftar OJK. Jika tidak, maka perusahaan pinjaman berbasis online tersebut bisa dikatakan ilegal. Dengan status yang jelas, maka sebagai nasabah, Anda juga akan merasa aman dan nyaman.  

Anda bisa melihat daftar pinjaman online legal di situs resmi www.ojk.go.id, sebelum memilih produk yang tepat. Selain itu, Anda juga bisa mengecek pinjaman online itu ilegal atau legal, di website resmi pinjaman online itu sendiri. Umumnya, pinjaman online legal akan menampilkan logo OJK di bagian bawah website.

2. Persyaratan Masuk Akal

Meski mudah, persyaratan pinjaman online juga harus masuk akal. Pasalnya, hal ini sering disepelekan, karena menganggap platform tersebut bisa memudahkan nasabah.  

Akan tetapi, jika persyaratannya tak masuk akal, seperti hanya menyertakan KTP dan rekening tabungan, Anda patut curiga. Semudah-mudahnya persyaratan pinjaman online, umumnya Anda wajib menyertakan KTP, NPWP, bukti transaksi bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya, hingga SIUP (untuk para pebisnis).

3. Transparan Terhadap Segala Biaya dan Bunga

Pinjaman online terbaik dan terpercaya umumnya sangat terbuka dalam hal apapun, seperti proses pengajuan, waktu pencairan, termasuk soal biaya-biaya. 

Pihak pinjaman online terpercaya akan menjelaskan secara rinci kepada Anda, terkait besaran bunga, biaya administrasi, biaya denda keterlambatan dan biaya lainnya. Sehingga, Anda mengetahui dengan pasti bunga dan tagihan yang harus dibayarkan, jatuh tempo pembayaran, dan lain-lain.

4. Memiliki Situs Resmi

Karena layanan ini berbasis online, maka keberadaan situs resmi penyedia pinjaman online juga bisa dijadikan hal yang sangat penting. Dengan adanya situs resmi, nasabah jadi mudah dalam mengetahui sederet informasi produk, kontak yang bisa dihubungi, alamat perusahaan yang jelas, dan lainnya.

5. Memiliki Kontak yang Jelas

Ciri pinjaman online terbaik dan terpercaya juga wajib memiliki kontak yang jelas dan bisa dihubungi. Mulai dari nomor customer service yang melayani (umumnya 24 jam), nomor kantor pusat, alamat email, media sosial, dan lainnya.

Bagaimana Agar Pinjaman Online Anda Disetujui?

- Pastikan Anda Memenuhi Persyaratan

Hal pertama agar pinjaman online Anda disetujui adalah memastikan Anda sudah memenuhi persyaratan. Hal-hal kecil yang menjadi persyaratan pun harus diperhatikan.  

Mulai dari usia, domisili, minimum pendapatan, hingga pekerjaan Anda. Pasalnya, hal tersebut sering disepelekan, sehingga membuat pengajuan pinjaman Anda ditolak.  

Perhatikan juga seperti persyaratan-persyaratan dokumen. Apakah sesuai dengan persyaratan yang harus dipenuhi? Misalnya, tidak menyertakan slip gaji, SIUP dan lain-lain.

- Periksa Kembali Dokumen dan Data yang Akan Diberikan

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan agar pinjaman disetujui adalah dengan memeriksa kembali dokumen dan data yang akan diberikan. Jangan sampai Anda salah menyertakan transaksi di slip gaji, memberikan dokumen yang salah, atau data yang bukan milik Anda, dan kesalahan data lainnya.

Karena semua proses verifikasi datanya melalui digital, sehingga jangan sampai Anda memalsukan data. Misalnya, memberikan dokumen yang memang bukan atas nama Anda, memalsukan slip gaji, dan lain sebagainya.

Karena hal-hal tersebut bisa membuat profil Anda sebagai calon nasabah menjadi lemah, dan terlihat tidak konsisten. Bahkan, Anda bisa dicap sebagai calon peminjam berisiko.

- Perhatikan Skor Kredit Anda

Meski layanan pinjaman online bisa memudahkan para calon nasabah, dalam mengajukan pinjaman. Namun, mereka juga tidak ingin menerima pengajuan pinjaman baru, dari nasabah yang memiliki skor kredit buruk.  

Jika tetap dibiarkan lolos, nasabah dengan skor kredit buruk tersebut justru akan mendapatkan masalah, seperti kredit macet. Di sisi lain, perusahaan pinjaman juga akan terkena dampaknya.  

Terlebih, besaran nilai pengajuan pinjamannya besar, dari pinjaman sebelumnya. Nah, disinilah pihak pinjaman online akan menilai bagaimana cara Anda bertanggung jawab, terhadap pinjaman selama ini.  

Mulai dilihat dari kedisiplinan membayar tagihan, sisa hutang, kemampuan membayar, termasuk kemampuan keuangan Anda, ketika menanggung utang baru. Maka dari itu, di sini skor kredit sangat penting agar pinjaman bisa cepat disetujui.

- Mengajukan Pinjaman Lewat Fintech yang Terpercaya

Pengajuan pinjaman Anda sering ditolak karena nominal pinjaman dan pendapatan bulanan Anda tidak sesuai? Hal tersebut memang acap kali terjadi karena dianggap nasabah mengajukan pinjaman yang tidak sesuai dengan kondisi finansialnya.

Jika memang hal tersebut sering menjadi masalah Anda, sepertinya Anda harus coba mengajukan pinjaman lewat fintech yang terpercaya. Pasalnya, dengan mengajukan di fintech terpercaya, Anda tidak perlu takut dengan pengajuan ditolak, karena Anda bisa memilih produk yang akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

Terlebih, dengan mengajukan pinjaman lewat fintech terpercaya, seperti di CekAja.com, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan. Anda hanya tinggal mencantumkan nominal pinjaman, tenor, dan sederet data pribadi lainnya seperti nama, nomor handphone, gaji, pekerjaan, dan lain-lain.

Setelah itu, fintech akan merekomendasikan pinjaman online yang sesuai dengan nominal pinjaman dan data diri Anda, selanjutnya Anda bisa mulai untuk mengajukan pinjaman di tempat yang telah direkomendasikan.

Sehingga, Anda bisa mendapatkan produk pinjaman berbasis online yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Selanjutnya Anda tinggal melanjutkan pengajuan pinjaman online dengan menyertakan persyaratan yang telah tertera.

Pinjaman Online adalah pinjaman untuk nasabah yang dilakukan dengan waktu yang sangat cepat dan dapat diajukan oleh siapa saja yang membutuhkan dana tambahan. Pinjaman Online memiliki pengajuan atau proses yang sangat cepat dan lebih mudah dibanding mengajukan pinjaman dari Bank.

Mengajukan Pinjaman Online melalui CekAja.com sangatlah mudah. Anda hanya perlu mengisi data-data yang diperlukan dan nantinya Anda diharuskan untuk mengunduh aplikasi pinjaman partner CekAja.com. Setelah itu, Anda mengisi kolom data diri untuk verifikasi yang nantinya akan dibantu oleh petugas. Kemudian, pengajuan Anda sedang dalam tahap proses apakah diterima atau ditolak yang akan memakan waktu paling lama 3 hari. Jika pengajuan Anda diterima, maka nominal yang Anda ajukan akan segera ditransfer ke rekening pribadi Anda.

Jumlah Pinjaman dan Jangka Waktu Pinjaman yang dapat Anda ajukan sangat bervariasi. Untuk Jumlah Pinjaman, Anda dapat mengajukan mulai dari 500.000 hingga 30 Juta dengan jangka waktu 1 bulan hingga 24 bulan.

Biasanya, untuk mendapatkan pinjaman dana, Anda harus bersusah payah mendatangi lembaga keuangan konvensional seperti bank atau koperasi. Adapun, jika Anda sedang dalam kondisi mendesak, pengajuan hingga pencairan dana, tidak langsung cepat diperoleh.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika Anda mengajukan pinjaman online. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan, Anda dapat memperoleh dana dengan cepat dan praktis melalui CekAja.com, untuk memenuhi segala kebutuhan, terlebih yang sifatnya mendesak.

Dengan melakukan pengajuan pinjaman online di CekAja.com, Anda juga bisa membandingkan penawaran dari berbagai perusahaan P2P Lending. Anda juga bisa mendapatkan informasi lengkap, beserta persyaratan sekaligus mengajukan melalui CekAja.com secara online, kapan saja dan di mana saja.

Sama seperti ketika Anda mengajukan pinjaman melalui lembaga keuangan konvensional seperti di bank, mengajukan pinjaman online juga memiliki persyaratan dan dokumen pendukung. Namun, syarat dan dokumen biasanya tidak sesulit mengajukan pinjaman di bank.

Persyaratan paling umum, ketika Anda ingin mengajukan pinjaman online adalah memiliki bukti bahwa Anda merupakan Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 21 tahun dan maksimum 60 tahun, serta penghasilan tetap perbulan minimal Rp3 juta.

Adapun dokumen pendukung, untuk mengajukan pinjaman online adalah sebagai berikut:

- KTP

- Pas foto berwarna

- Slip gaji/surat bukti penghasilan

- Rekening tabungan

- NPWP

- Bukti tempat tinggal: hubungkan akun e-commerce yang sudah dipakai bertransaksi

- Kredivo

- Julo

- Uang Teman

Sebelum itu, mari simak perbedaan dari kedua produk pinjaman tersebut:

Pinjaman Online: Produk pinjaman dana tanpa jaminan, yang disediakan oleh lembaga keuangan berupa perusahaan P2P Lending.
KTA (Kredit Tanpa Agunan): Produk pinjaman dana tanpa jaminan, yang umumnya disediakan oleh lembaga keuangan seperti Bank.

1. Proses pengajuan pinjaman lebih cepat

Pinjaman online umumnya memiliki proses pengajuan serta pencairan lebih cepat, bahkan pengajuannya kurang dari 1 menit. Sementara KTA, biasanya harus membutuhkan berhari-hari.

2. Persyaratan dan dokumen lebih simpel

Tidak hanya soal waktu, persyaratan pinjaman online juga dikenal lebih simpel, ketimbang KTA, yang lebih sulit.

3. Syarat minimum penghasilan lebih rendah

Hal ini mungkin bisa menjadi salah alasan, mengapa pinjaman online lebih baik dari KTA, yakni dari syarat minimum penghasilan, pinjaman online lebih rendah.

4. Tidak ada biaya pelunasan dipercepat

Kelebihan pinjaman online adala tidak memiliki biaya pelunasan dipercepat. Sehingga, jika Anda melunasi hutang, maka akan semakin baik. Namun, untuk soal biaya keterlambatan, biayanya cukup besar karena dihitung harian.

5. Tenor pendek

Bukan sebuah kekurangan, tenor pendek bagi beberapa orang atau mungkin Anda adalah sebuah hal yang bisa membantu, agar cicilan lebih cepat selesai. Pasalnya, hutang jangka panjang, bisa mempengaruhi pos pengeluaran, apalagi bagi yang sudah berumah tangga.

Dengan tenor pendek, maka akan memaksa kita untuk lebih memahami soal pengelolaan keuangan, hingga memprioritaskan hutang.

1. Sebagai Dana Darurat 

Manfaat penggunaan pinjaman online yang pertama adalah sebagai dana darurat. Dana darurat sendiri  merupakan sebuah dana khusus atau terpisah dan umumnya berbentuk tabungan atau rekening bank, yang nantinya digunakan untuk menutupi biaya dari situasi-situasi tidak terduga. 

Namun, kebanyakan orang, ternyata tidak terlalu menganggap penting dana darurat. Sehingga ketika Anda tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan, sakit, kecelakaan, perbaikan rumah, dan lain sebagainya, Anda tidak memiliki cukup uang untuk menutupinya. 

Nah, disinilah pinjaman online sangat berperan penting, untuk membantu menutupi segala kepentingan darurat. Sehingga, apabila situasi-situasi semacam itu terjadi dan Anda tidak memiliki tabungan dana darurat, mengajukan dana ke pinjaman online, bisa jadi solusi tepat.

2. Sebagai Biaya Modal Usaha

Manfaat penggunaan pinjaman online yang selanjutnya adalah sebagai biaya modal usaha. Terlebih, para pebisnis juga bisa memilih pinjaman tanpa jaminan atau biasa disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA), sehingga Anda dan para pelaku UMKM bisa dengan leluasa menggunakan dana tersebut untuk membangun bisnis Anda.  

UMKM sendiri menjadi bagian penting bagi perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Dengan hadirnya UMKM, membuat sangat berpengaruh dalam menciptakan lapangan kerja baru, dimana bisa menggaet banyak sumber daya manusia, lewat unit-unit kerja.

3. Tambahan Biaya Pendidikan

Bukan untuk membiayai pendidikan secara penuh, dari mulai masuk hingga lulus. Pinjaman dana untuk pendidikan, biasanya dibutuhkan ketika Anda sebagai orang tua, merasa keberatan dengan biaya awal masuk sekolah atau kuliah, yang terlampau mahal.  

Sehingga, disini Anda bisa memanfaatkan pinjaman online untuk membantu menambahkan biaya pendidikan anak Anda atau bahkan Anda sendiri. Apalagi ketika Anda sudah benar-benar tidak memiliki simpanan, atau tabungan.

4. Penunjang Biaya Lainnya

Adapun manfaat dari penggunaan pinjaman online berikutnya adalah Anda bisa aplikasikan untuk kebutuhan penunjang biaya lainnya, yang bersifat pribadi. Seperti untuk tambahan biaya pernikahan, biaya untuk merenovasi rumah, perbaikan kendaraan, hingga membayar sewa tempat tinggal sementara.

Untuk suku bunga pinjaman online, yang ditawarkan P2P Lending besarannya beragam, namun biasanya berkisar antara 1,5% - 4% per bulan.

Akan tetapi, terkait bunga biasanya ditetapkan berdasarkan hasil analisa kelayakan kredit masing-masing nasabah. Agar lebih jelas, Anda bisa lihat perbandingannya di CekAja.com.

1. Pinjaman online yang aman dan legal, wajib terdaftar di OJK. Adapun semua pinjaman online yang tersedia di CekAja.com, dijamin sudah terdaftar OJK. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir akan segala permasalahan, karena OJK siap menjadi pengawas, ketika suatu saat masalah terjadi.

Sedangkan pinjaman online ilegal, sudah pasti belum terdaftar OJK, dan  sangat berisiko, ketika suatu saat permasalahan menimpa Anda.

2. Pinjaman online legal, tidak akan membocorkan data nasabah, seperti nomor handphone, kontak ponsel nasabah, data diri, hingga foto pribadi. Sedangkan pinjaman online ilegal, bisa saja melakukan hal tersebut, ketika nasabah memiliki masalah, seperti menunggak cicilan. 

3. Pinjaman online legal, tidak akan meneror nasabah yang menunggak, dengan cara memaki, memarahi, menghina, dan lain-lain, karena mereka memiliki standar pelayanan yang menjadi penilaian. Sedangkan pinjaman online ilegal, masih kerap melakukan tindakan tersebut, demi membuat nasabahnya jera. Namun, hal tersebut malah akan membuat masalah semakin berat, bahkan hingga banyak korban bunuh diri dibuatnya.

Untuk proses pembayaran cicilan pinjaman online, setidaknya ada beberapa cara untuk melakukan pembayarannya, yakni:

- Pembayaran via ATM

- Setor langsung ke bank yang bekerjasama dengan P2P Lending

- Mobile tau Internet banking

- Autodebet

Di sini, CekAja.com akan senantiasa membantu Anda, ketika Anda ingin memperoleh pinjaman online yang tepat sesuai kebutuhan, dan kemampuan finansial Anda.

Sebagai pihak perantara, CekAja.com akan membantu Anda untuk mendapatkan produk pinjaman online terbaik, dengan cara mengisi form yang disediakan. CekAja.com akan meminta Anda mengisi data, seperti jumlah pinjaman hingga jangka waktu.

Selanjutnya, CekAja.com akan memilihkan atau merekomendasikan produk pinjaman online, yang sesuai dengan permintaan Anda. Setelah sekiranya cocok, Anda bisa langsung dialihkan menuju aplikasi pinjaman online yang telah dipilihkan, dan Anda bisa langsung melakukan pengajuan.