4 Asuransi Mobil Terbaik, Mana yang Sesuai Kebutuhanmu?

5 min. membaca Oleh Ayunindya Annistri pada

Memiliki mobil bukan berarti kamu hanya memperhatikan cara perawatannya saja. Namun lebih dari itu, kamu juga harus memiliki setidaknya satu asuransi mobil untuk meminimalisir kerugian finansial bila sewaktu-waktu mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan.

Manfaat yang didapat dari asuransi mobil sendiri tentu saja menguntungkan dan jauh lebih besar dari premi yang mesti kamu bayarkan.

Betapa tidak, ketika kamu mengalami kerusakan mobil atau kehilangan, pihak asuransi bakal menanggung kerugian tanpa membuat kondisi keuanganmu merosot jauh.

Sehingga bisa dikatakan bahwa asuransi mobil menjadi penyelamat yang membuat beban finansial menjadi lebih ringan.

Secara umum, asuransi mobil yang dimiliki tiap perusahaan ada dua jenis, yaitu asuransi mobil all risk dan total loss only (TLO).

Asuransi mobil all risk atau comprehensive memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobil, termasuk pula saat kamu mengalami kehilangan.

Asuransi jenis ini banyak digunakan untuk kendaraan berusia kurang dari 5 tahun meski premi yang ditawarkan cukup mahal.

Sedangkan asuransi TLO hanya diberikan bila mobil mengalami kerusakan diatas 75% dan kurang dari itu, pihak asuransi tidak bisa memberikan klaimnya.

Sehingga bisa dikatakan, asuransi TLO baru diberikan bila kendaraan yang dimiliki nasabah mengalami rusak berat dan tidak bisa lagi diperbaiki.

Meski begitu, premi yang ditawarkan asuransi ini lebih murah ketimbang haga asuransi mobil all risk.

Selain kedua jenis jaminan utama tersebut, nasabah juga dapat meminta jaminan tambahan sebagai bagian dari asuransi mobil, meliputi jaminan kebanjiran, jaminan terorisme dan sabotase, jaminan kerusuhan dan hura-hura, serta jaminan terhadap tuntutan pihak ketiga.

Nah, bila kamu tertarik untuk memiliki asuransi mobil dan bingung akan penyedia layanannya, berikut rekomendasi CekAja dari berbagai sumber mengenai asuransi mobil terbaik 2020. Yuk, simak!

Daftar Asuransi Mobil Terbaik

Memilih asuransi mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bukanlah perkara mudah.

Sebab bila salah memilih, kamu justru tertipu dengan embel-embel menggiurkan yang ditawarkan oleh pihak penyedia.

Untuk menghindari hal itu maka CekAja berikan rekomendasi asuransi mobil terbaik 2020 yang bisa kamu gunakan, diantaranya seperti:

1. Asuransi Jasaraharja Putera

Jasaraharja Putera adalah perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak tahun 1993 di Jakarta dengan lima produk unggulan, yaitu JP-Astor, JP-Bonding, JP-Graha, JP-Aspri, dan JP-Askred.

Untuk melindungi kendaraan, kamu bisa menggunakan prduk JP-Astor yang dianggap sebagai salah satu asuransi mobil terbaik 2020.

Betapa tidak, produk asuransi kendaraan yang satu ini dapat menjamin segala risiko kerugian.

Mulai dari kerusakan hingga kehilangan kendaraan dengan lingkup pertanggungannya meliputi TLO dan All Risk.

Selain itu, Jasaraharja Putera sebagai asuransi mobil terbaik 2020 juga menyediakan jaminan tambahan bagi pemegang polis kendaran, seperti jaminan saat terjadi bencana (banjir, angin topan, tanah longsor, gempa bumi), terorisme dan sabotase, kecelakaan diri penumpang, kecelakaan diri pengemudi, serta jaminan tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga.

Untuk menggunakan produk asuransi JP-Astor, kamu hanya perlu menyertakan data-data yang diminta, meliputi data tertanggung, lokasi kendaraan berada, okupasi atau penggunaan kendaraan, obyek pertanggungan, harga pertanggungan, dan kondisi pertanggungan.

Informasi lebih lanjut seputar asuransi kendaraan ini bisa kamu dapatkan melalui laman resmi Jasaraharja Putera.

2. Asuransi Mobil Sinarmas

Risiko kecelakaan dapat terjadi kapanpun dan dimanapun kamu berada. Oleh karenanya, dibutuhkan asuransi kendaraan untuk perlindungan menyeluruh.

Salah satu yang bisa kamu gunakan dan termasuk dalam rekomendasi asuransi mobil terbaik 2020 adalah Asuransi Mobil Sinarmas.

Asuransi ini menawarkan tiga produk unggulan, yaitu gabungan comprehensive dan TPL, TLO dan TPL, serta TPL saja.

Produk Asuransi Sinarmas gabungan merupakan produk asuransi yang menjamin kerugian atas kecelakaan (tabrakan, tergelincir dari jalan, benturan), tindakan kriminal, sambaran petir, kebakaran, kecelakaan selama penyebrangan feri yang berada di bawah pengawasan Dirjen Perhubungan Darat, serta kerusakan yang terjadi saat pengangkutan atau penarikan ke bengkel dengan biaya pergantian derek maksimum 0,5% dari jumlah pertanggungan yang ditetapkan.

Asuransi TLO memberikan jaminan kepada tertanggung karena suatu peristiwa yang menyebabkan kerusakan atau kerugian.

Dimana, risiko jaminannya berupa biaya perbaikan ataupun pergantian bila kerusakan tersebut sama atau lebih dari harga sebenarnya dari kendaraan yang dipertanggungkan.

Sementara untuk produk asurasi TPL, perusahaan Sinarmas sebagai salah satu penyedia asuransi mobil terbaik 2020 memberikan jaminan berupa tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan pertanggungan.

Mulai dari jaminan kerusakan harta benda, biaya pengobatan, cedera badan, hingga kematian adalah tanggungan yang dijamin polis.

Apabila kamu tertarik untuk menggunakan asuransi mobil terbaik 2020 ini, bisa mengajukan pembeliannya secara online melalui laman resmi Sinarmas dan pengajuan klaim bisa dilakukan lewat bengkel-bengkel resmi yang telah bekerjasama dengan perusahaan asuransi tersebut.

(Baca Juga: Berapa Harga Asuransi Mobil All Risk? Simak Penjelasannya di Sini!)

3. Asuransi Allianz Utama Indonesia

Pilihan asuransi mobil terbaik 2020 berikutnya adalah Allianz Utama Indonesia.

Perusahaan asuransi ini telah ada sejak tahun 1981 di Jakarta dengan menawarkan tiga jenis asuransi mobil, seperti Allianz Mobilku Grand, Allianz Mobilku Eco, dan Allianz Mobilku Non Paket.

Allianz Mobilku Grand memberikan jaminan atas kerusakan atau kerugian akibat kecelakaan, bencana alam, tindakan kriminal dan kebakaran, dimana biaya penggantiannya sama atau bahkan lebih dari 75% dari harga sebenarnya kendaraan.

Kemudian untuk Allianz Mobilku Eco, nasabah asuransi bakal mendapatkan jaminan perlindungan atas kerugian selama kecelakaan, bencana alam, mogok, hingga pengobatan cidera badan sebesar 10% dari limit santunan kecelakaan diri.

Sedangkan Allianz Mobilku Non Paket, risiko yang dijamin berupa kerusakan atau kerugian akibat kecelakaan, bencana, pemogokan, dan pencurian atas harta benda yang terdapat dalam kendaraan maksimal sebesar Rp 10 juta setiap kendaraannya.

Pihak Allianz Utama Indonesia juga mengklaim bahwa produknya unggul dari segi perlindungan.

Meliputi pencurian kendaraan oleh supir pribadi, akomodasi taksi, bantuan darurat 24 jam (Allianz RodA), perlindungan banjir hingga water hammer, jaringan bengkel dan AllianzCare 24/7 hari, serta tanggung jawab hukum pihak ketiga.

4. Asuransi Garda Oto

Asuransi Garda Oto menjadi salah satu asuransi mobil terbaik 2020 karena kemudahan layanan yang diberikan.

Produk unggulan dari Asuransi Astra ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk mobilmu lewat dua tipe proteksi yang dimiliki, yaitu comprehensive dan total loss only.

Hebatnya lagi, Garda Oto memiliki cara klaim yang terbilang mudah dari berbagai channel, mulai dari Garda Mobile Otocare, Garda Akses 24 jam melalui nomor 1500112, klaim online melalui website resminya, hingga unit layanan strategis yang tersedia di berbagai pusat perbelanjaan.

Kamu juga bisa menggunakan layanan bantuan darurat yang disebut Garda Siaga saat berada di kondisi seperti mogok, ban kempis dan bocor, pintu mobil terkunci dari dalam, hingga kecelakaan fatal.

Layanan ini menyediakan Emergency Roadside Assistance (ERA) dengan dilengkapi 3 armada terbaik, yaitu mobil derek, mobil gendong, dan sepeda motor.

Untuk melakukan pembelian polis, Garda Oto sebagai asuransi mobil terbaik 2020 menyediakan layanan online, yang mana kamu cukup mengisi form berupa data diri di laman resminya.

Nah, itulah produk asuransi mobil terbaik 2020 dari empat perusahaan besar.

Jika kamu masih bingung akan pilihan asuransi mobil mana yang ingin digunakan, yuk segera kunjungi laman CekAja dan bandingkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Tentang kami

Ayunindya Annistri

Ayunindya Annistri