Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Berburu Promo Asuransi Kendaraan Termurah di Tahun 2020

by Gesti Weningtyas on 15 Januari, 2020

Asuransi kendaraan kini menjadi kebutuhan tersendiri. Pasalnya, kita tidak tahu kapan musibah akan melanda, seperti bencana alam dan risiko lainnya yang mungkin terjadi. Layanan untuk melindungi mobil atau motor ini layak kita pilih agar kendaraan kita juga terlindungi dari segala resiko yang mungkin saja terjadi.

Promo Asuransi Kendaraan Termurah

Memilih asuransi tentunya menjadi hal yang pertama kita lakukan, sebelum menggunakan produknya. Misalnya seperti asuransi mobil memberikan perlindungan pada mobil pribadi atau untuk penggunaan bisnis dari berbagai risiko seperti kecelakaan, bencana alam, kebakaran, kerusakan, hingga kerusuhan.

WHO mencatat, kecelakaan lalu lintas menjadi pembunuh terbesar ketiga di Indonesia, setelah jantung koroner dan TBC. Kelalaian manusia merupakan faktor utama terjadinya kecelakaan. Di jalanan, kelalaian orang lain bisa berdampak buruk bagi kita. Sekalipun seseorang telah berkendara dengan tertib, ia bisa saja menjadi korban karena pengendara ugal-ugalan.

Ini yang membuat kendaraan perlu diasuransikan. Namun, kecelakaan bukan satu-satunya alasan. Begal dan pencurian kendaraan semakin hari semakin meningkat di mana-mana, risiko kehilangan kendaraan terus meningkat. Sehingga banyak orang yang memiliki kesadaran yang semakin tinggi akan asuransi kendaraan.

Namun demikian, sebelum memutuskan jenis asuransi mana yang akan kita pilih, ada baiknya mencari informasi terkait promo asuransi kendaraan. Selain menguntungkan, kita bisa mendapatkan premi yang terjangkau dan manfaat yang tentunya menguntungkan.

1. Mandiri AXA

AXA Mandiri memiliki manfaat perlindungan bagi kendaraan bermotor. Produk asuransi ini memiliki manfaat proteksi untuk kendaraan pribadi maupun komersial. AXA Mandiri memberikan promo khusus diskon 25 persen premi bagi yang ingin melindungi kendaraannya.

Bagi yang ingin mendapatkan diskon 15 persen, bisa menggunakan kode AXAMCANU untuk pengajuan asuransi melalui laman resmi Mandiri AXAS. Adapun jumlah premi AXA Mandiri ini tergantung dari jenis kendaraan yang akan diasuransikan. Ada premi mulai dari Rp 3 juta per tahun untuk perlindungan komprehensif atau all risk.

2. ACA

Produk asuransi ACA (Asuransi Central ASIA) juga memberikan penawaran alias promo yang cukup menarik bagi nasabah. Setiap nasabah produk asuransi ACA akan mendapatkan poin reward yang dapat ditukarkan dengan hadiah menarik.

Tahun 2020 ini Asuransi All Risk ACA menawarkan Paket Terlengkap Mulai 1,25 persen untuk all risk/Comprehensive yang meliputi perlindungan dari bencana alam seperti Banjir, Gempa Bumi, Huru-hara, Kerusuhan, Terorisme hingga kecelakaan pengemudi dan penumpang.

Berikut ini merupakan contoh simulasi ACA OTOMATE

Merek, Type dan Tahun Kendaraan : Toyota Kijang Innova J Bensin M/T 2013

Nilai Pertanggungan : Rp. 201.750.000

Premi : 2,48% x Rp.201.750.000,- = Rp. 5.003.400,- 

CONTOH SIMULASI ACA COMPREHENSIVE STANDAR

Merek, Type dan Tahun Kendaraan : Toyota Kijang Innova J Bensin M/T 2013

Nilai Pertanggungan : Rp. 201.750.000

Premi : 2,08% x Rp.201.750.000,- = Rp. 4.196.400,-

Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan bila memiliki asuransi mobil:

  • Perlindungan kendaraan maksimal: Dengan memiliki asuransi mobil, Anda akan mendapatkan fasilitas perlindungan baik dalam hal perawatan atau kecelakaan.
  • Ganti rugi kerugian: Jika kendaraan Anda mengalami kerusakan, kehilangan, atau pencurian, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi dengan jumlah yang cukup besar sesuai dengan jumlah pembayaran premi di polis Anda sehingga kerugian yang diderita bisa diminimalisir.
  • Investasi perawatan: Dengan harga asuransi mobil yang kompetitif, memiliki asuransi kendaraan akan membuat kendaraan Anda lebih terawat dari kerusakan-kerusakan kecil. Bila dijual kembali akan meningkatkan harga karena mobil Anda lebih terawat dan memiliki asuransi.
3. Asuransi Kendaraan Bermotor Zurich

Zurich memiliki dua produk asuransi kendaraan yakni untuk mobil dan motor. Keduanya memiliki manfaat tambahan. Misalnya untuk asuransi Motor Z, kendaraan motor nasabah terlindungi 24 jam dengan keunggulan sebagai berikut ini :

  • Perlindungan atas kehilangan total sepeda motor yang disebabkan oleh pencurian.
  • Perlindungan atas kerugian akibat kecelakaan, dimana biaya perbaikannya telah mencapai atau melebihi 75% dari harga pertanggungan motor.
  • Perlindungan kecelakaan diri 24 jam untuk risiko meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan hingga 10x harga sepeda motor (maksimal Rp 200 juta).

Selain asuransi kendaraan roda dua, ada juga Mobil Z yang memberikan manfaat perlindungan tambahan yakni sebagai berikut ini:

  • Mobil Pengganti dengan maksimum pemakaian mobil pengganti 5×24 jam.
  • Bantuan keadaan darurat diberikan bila mobil mengalami kerusakan mesin/mogok.
  • Layanan Derek 24 jam.
  • Layanan perbaikan cepat untuk kerusakan yang termasuk dalam kategori kerusakan ringan.
  • Biaya layanan ambulans, maksimum Rp.1,000,000.
  • Penggunaan Bengkel Resmi (Authorized workshop) yang sesuai dengan merek kendaraan dan telah menjadi rekanan PT Zurich Insurance Indonesia.
  • New for Old, memberi perlindungan terhadap klaim kerugian total kendaraan dengan memberikan penggantian sesuai dengan harga pembelian kendaraan (berlaku untuk kendaraan baru dan dalam kurun waktu 6 bulan pertama sejak tanggal pembelian).
  • Valet Parking Protection, memberikan jaminan terhadap kendaraan yang dipertanggungkan selama berada dalam pengawasan Valet Parking yang resmi dan berbadan hukum.
(Baca Juga: 18 Oleh-oleh Favorit dan Murah Khas Kota Tegal Terlengkap)
4. GARDA OTO

Seperti asuransi mobil lainnya, Garda Oto juga menawarkan dua jenis asuransi mobil yakni Comprehensive dan Total Lost Only atau TLO. Hal yang menarik, Garda Oto menawarkan premi mulai dari dari Rp 1,5 juta – 2,99 juta. Nasabah asuransi Garda Oto ini bisa mendapatkan beragam bonus yakni:

  • Voucher Alfamart Rp 350.000
  • Voucher Diskon Thule Rp 3.000.000
  • Cicilan 0% Kartu Kredit Permatabank, BCA, Mandiri*

Sedangkan bagi yang memilih premi mulai dari 3 juta – 4.99 juta, akan langsung mendapatkan bonus :

  • Voucher Alfamart Rp 700.000
  • Voucher Diskon Thule Rp 3.000.000
  • Sudah Termasuk Perluasan Banjir, Huru Hara, Gempa Bumi*
  • Cicilan 0% Kartu Kredit Permatabank, BCA, Mandiri*

Untuk premi mulai dari 5 juta di Garda Oto, nasabah juga akan mendapatkan bonus menarik yakni :

  • Voucher Alfamart Rp 1.200.000
  • Voucher Diskon Thule Rp 3.000.000
  • Sudah Termasuk Perluasan Banjir, Huru Hara, Gempa Bumi*
  • Cicilan 0% Kartu Kredit Permatabank, BCA, Mandiri*
Membandingkan Premi Asuransi

Setelah berburu promo dari berbagai layanan penyedia asuransi, ada baiknya kita juga mengetahui, manakah premi yang murah dan memiliki pelayanan bagus?

Premi adalah premi tahunan. Setiap tahun saat masa asuransi habis, premi akan selalu diperbaharui. Rata-rata, premi setiap perusahaan asuransi tidak terpaut terlalu jauh dengan jenis perlindungan yang sama. Sehingga bukan hanya sekadar premi murah saja yang patut kita cari, namun juga manfaat tambahan yang memudahkan nasabah.

Tak hanya itu, ketahui juga faktor yang tidak ada di penawaran tapi penting adalah proses klaim. Pada saatnya ketika mobil mengalami musibah atau kerusakan, proses klaim menjadi sangat krusial. Klaim yang ribet, berbelit belit pasti menyulitkan konsumen.

Jangan fokus hanya ke premi asuransi mobil, tetapi perbandingan premi dengan manfaat asuransi kendaraan.

Kualitas Bengkel

Jangan lupa, perhatikan juga kualitas bengkel yang tersedia pada perusahaan asuransi. Sebaiknya pastikan kualitas bengkel memang terpercaya. Misalnya, bengkel mobil mewah yang mana untuk mobil mewah tidak bisa sembarang bengkel bisa digunakan. Pastikan bahwa jika punya mobil mewah yang perlu bengkel khusus, asuransi mobil menyediakan bengkel tersebut.

Jangan lupa, pertimbangkan juga lokasi bengkel dengan rumah kita saat ini. Lokasi bengkel yang jauh tentunya memberikan banyak andil dalam efektivitas waktu saat kendaraan mengalami kerusakan.

Fitur Asuransi Mobil

Pelajari dengan baik fitur asuransi mobil sesuai dengan kebutuhan, agar tak bikin kantong jebol saat harus membayar premi. Jangan sampai semua manfaat kita ambil, tanpa mempertimbangkan kebutuhan. Jenis fitur asuransi mobil yang harus diketahui adalah:

Total Loss Only (TLO)

Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi mobil yang memberikan perlindungan asuransi mobil dengan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan lebih dari 75 persen.  Nilai kerusakan itu menunjukkan bahwa kondisi kendaraan memang betul-betul tak bisa lagi digunakan. Pihak asuransi nantinya akan mengganti seluruh biaya perbaikan kendaraan hingga kembali seperti semula.

Jika tingkat kerusakan di bawah 75 persen, klaim asuransi pasti ditolak. Contohnya, klaim untuk baret, atau kerusakan lain yang mana kondisi mobil masih bisa digunakan. Tapi yang menarik, premi asuransi TLO mobil paling murah, yakni hanya sekitar 1 persen dari harga kendaraan.

Asuransi Mobil All Risk

Dari sekian produk asuransi, jenis asuransi mobil All Risk ini yang cukup banyak diminati. Seperti namanya, asuransi all risk mobil, maka resiko tabrakan, tergores, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, kecelakaan lalu lintas, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, atau kebakaran, semua ditanggung oleh jenis asuransi mobil ini.

Premi asuransi mobil all risk lebih mahal dibandingkan TLO. Wajar saja, asuransi ini memproteksi lebih banyak resiko dibandingkan TLO. Hal yang paling utama adalah diperhatikan cara klaim asuransi mobil all risk. Apa saja aspek yang dicover dalam asuransi mobil all risk yang bisa diklaim jika terjadi kecelakaan. Untuk itu, nasabah harus selalu jeli. Jangan sungkan untuk bertanya lebih lanjut pada pihak perusahaan asuransi apabila ada hal yang belum kita ketahui.

Personal Accident

Personal accident adalah asuransi tambahan, atau perluasan, dari asuransi mobil, yang memproteksi pengendara saat kendaraan mengalami kecelakaan. Saat pengendara mengalami kecelakaan pada waktu menyetir, tidak hanya mobil yang  ditanggung oleh pihak asuransi, tetapi juga nasib pengendaranya.

Banjir

Polis standar asuransi mobil tidak memproteksi resiko kebanjiran. Perusahaan asuransi menawarkan perlindungan atas resiko banjir sebagai asuransi tambahan dalam polis asuransi mobil. 

Hal yang perlu diketahui, upayakan tidak memaksakan mobil menerjang banjir atau melewati genangan air yang dalam secara sengaja. Karena jika dilakukan sengaja, perusahaan asuransi tidak akan memberikan ganti rugi kerusakan akibat banjir.

Jika mengalami bencana banjir, jangan nyalakan mesin kendaraan meski airnya sudah kering atau surut. Lebih baik segera melapor ke pihak asuransi dalam jangka waktu paling lambat lima hari setelah kejadian.

Gempa Bumi

Klausul gempa bumi dalam polis asuransi mobil melindungi mobil dari resiko gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya. Ambil contoh, resiko Tsunami yang terjadi di beberapa daerah, klausul ini melindungi kerugian atas kendaraan. 

Perluasan resiko gempa bumi merupakan jaminan di luar standar polis. Jadi hal-hal yang sebelumnya tidak dijamin polis standar, dapat dijamin sesuai jenis dan ketentuan perluasan jaminan ini.

Terorisme dan Sabotase

Klausul asuransi tambahan terkait terorisme dan sabotase memberikan pertanggungan atas dua hal utama, yaitu 

(1) Kerusakan mobil yang disebabkan oleh Terorisme, Sabotase, Makar dan Pencegahan sehubungan dengan risiko-risiko Terorisme, Sabotase, Makar; 

(2) Kerugian dan atau kerusakan atas harta benda dan atau kepentingan yang dipertanggungkan yang secara langsung disebabkan oleh Penjarahan yang terjadi selama berlangsungnya Terorisme dan atau Sabotase.

Demikian beberapa promo asuransi kendaraan yang bisa dipilih dengan harga termurah. Tentunya ingat, jangan terpaku pada premi yang murah, namun lihat juga manfaat proteksi yang akan diperoleh. Apakah sebanding dengan kebutuhan perlindungan resiko dan manfaat lainnya?

Untuk asuransi kendaran yang terpercaya, segera bandingkan dan ajukan hanya di CekAja!

Tentang Penulis