Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Sebelum Membeli, Ketahui Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia  

by Gesti Weningtyas on 16 Januari, 2020

Memiliki asuransi kesehatan adalah hal yang penting mengingat kesehatan dan penyakit bisa datang sewaktu-waktu. Asuransi kesehatan juga menjadi salah satu alternatif tambahan proteksi. Sehingga, asuransi kesehatan ini dapat membantu pengurangan biaya rumah sakit.

Sebelum Membeli, Ketahui Jenis Asuransi Kesehatan di Indonesia  

Namun, pengurangan biaya rumah sakit bukanlah satu-satunya alasan. Asuransi bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat lainnya seperti biaya berobat, rawat inap, hingga kecelakaan, yang digunakan jangka panjang.

Sebelum memilih produk asuransi, ada baiknya mengetahui juga jenis asuransi kesehatan yang akan kita beli. Asuransi kesehatan ini memiliki ragam pilihan yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan orang untuk membayar premi setiap tahunnya. Berikut jenis asuransi kesehatan yang dibagi menurut beberapa hal ini:

1. Cara klaim asuransi kesehatan

Reimbursement, jenis asuransi kesehatan ini mengharuskan pemilik asuransi kesehatan untuk menanggung biaya pengobatan dari uang pribadi terlebih dahulu, kemudian biaya tersebut akan dilaporkan ke perusahaan asuransi kesehatan untuk diganti dengan melampirkan bukti pembayaran.

Cashless, klaim asuransi cashless hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi ke rumah sakit di mana Anda dirawat.

2. Jenis perawatan

Asuransi kesehatan rawat inap (in-patient treatment). Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan untuk pasien yang akan menginap di rumah sakit.

Asuransi kesehatan rawat jalan (out-patient treatment). Asuransi kesehatan yang membiayai perawatan pasien berupa pelayanan medis seperti diagnosa, cek laboratorium, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya.

3. Biaya yang ditanggung

Tanggungan total. Jenis asuransi kesehatan ini akan menanggung seluruh jenis pelayanan kesehatan, baik pengobatan, pemulihan, pencegahan (misalnya deteksi dini penyakit atau cek kesehatan), serta rawat inap maupun rawat jalan. Klaim asuransi akan disesuaikan dengan yang tertera dalam polis asuransi. Ada jenis asuransi kesehatan santunan harian, ada pula yang memiliki skema hospital benefit.

4. Tanggungan biaya tinggi

Jenis asuransi kesehatan di mana perusahaan asuransi hanya akan menanggung biaya yang tergolong besar dan tidak akan menanggung biaya-biaya rawat jalan kecil seperti pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan lainnya.

5. Pihak yang ditanggung

Personal. Asuransi ini hanya akan menanggung biaya atau memberikan perlindungan kesehatan pada satu orang saja atau pribadi, sesuai dengan syarat yang berlaku dalam polis asuransi.

Kelompok. Asuransi ini akan memberikan perlindungan kesehatan pada kelompok tertentu, seperti anggota keluarga atau perusahaan seusia dengan dengan syarat dan ketentuan polis.

6. Keikutsertaan

Wajib. Diwajibkan untuk melakukan pembelian dan pembayaran asuransi dan mengikuti aturan tertentu.

Sukarela. Bebas dapat memilih asuransi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan tanpa terikat suatu aturan perusahaan atau organisasi.

7. Kepemilikan Badan Penyelenggara

Asuransi kesehatan pemerintah, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah, seperti BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat.

Asuransi kesehatan swasta, yaitu asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

Adapun jenis asuransi kesehatan yang dikelola badan swasta di Indonesia juga memiliki banyak pilihan. Nah, jika sudah yakin untuk memutuskan memilih asuransi kesehatan swasta sebagai perlindungan tambahan selain asuransi kesehatan pemerintah, coba simak beberapa jenis produk asuransi berikut ini.

1. BCA Life

Hospital 100% refundable dipasarkan melalui jalur pemasaran Telemarketing kerjasama Bancassurance antara BCA Life dan BCA. Hospital 100% refundable adalah program perlindungan kesehatan yang mencakup penggantian biaya harian Kamar Rawat Inap, serta penggantian biaya harian Kamar Unit Perawatan Intensif di Rumah Sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Asaransi kesehatan ini memberikan manfaat pengembalian premi sampai dengan 200% untuk manfaat meninggal dunia serta manfaat tambahan yaitu pengembalian 100% premi yang telah dibayarkan dalam periode 10 tahun dan Polis masih berlaku, baik ada klaim maupun tidak ada klaim rawat inap. Hospital 100% refundable memberikan kenyamanan dan kepastian dalam perlindungan kesehatan Anda.

Keuntungan Hospital 100% Refundable:
  1. Premi terjangkau, mulai dari Rp100 ribuan/bulan
  2. Penggantian biaya harian kamar rawat inap Rumah Sakit hingga Rp600.000/hari
  3. Penggantian biaya harian kamar unit perawatan intensif rumah sakit hingga Rp1.200.000/hari (maksimal 30 hari/tahun)
  4. Pengambilan premi sampai dengan 20% untuk manfaat meninggal dunia
  5. Pengembalian 100% premi yang telah dibayarkan dalam periode 10 tahun
  6. Dapat mengikutsertakan pasangan dan anak
  7. Diskon bila memilih cara bayar tahunan dan bila mengikutsertakan pasangan dan anak
  8. Kemudahan mendapatkan informasi polis dan klaim melalui Halo BCA 1500888 *)
2. Adira

Untuk menjawab kebutuhan pasar akan perlindungan asuransi kesehatan bagi karyawan perusahaan dalam bentuk Employee Benefit, maka pada tahun 2011 PT Asuransi Adira Dinamika meluncurkan produk asuransi kesehatan kumpulan atau grup dengan nama produk “Adira Health Insurance”.

Manfaat dan Benefit Memasuki tahun ke-4, program asuransi kesehatan yang ditawarkan antara lain:
  • Rawat inap
  • Rawat jalan
  • Rawat gigi
  • Persalinan
  • Medical check up
  • Kacamata

Medicillin juga memiliki program Asuransi Kesehatan tambahan yang bekerja sama dengan HRD dari para perusahaan rekanan dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran kepada peserta mengenai pentingnya menjaga kesehatan karyawan dan keluarga, baik melalui pola hidup sehat maupun kegiatan-kegiatan sehat lainnya, yang juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan.

Adapun program-programnya meliputi:
  1. Mini Medical Check Up
  2. Health Campaign
  3. Special Program for employee with hypertension (Medical Corner, Happy Corner, SMS Caring)
  4. Reward Program JARINGAN Program Asuransi Kesehatan di atas juga tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya jaringan kerja sama dengan Provider (penyedia layanan kesehatan Rekanan), baik Rumah Sakit maupun Klinik.
3. Prudential

PRUprime Healthcare adalah solusi komprehensif untuk perlindungan kesehatan dengan pembayaran manfaat sesuai tagihan rumah sakit. Produk ini dirancang khusus dengan berbagai manfaat pembayaran biaya rawat inap, rawat jalan, tindakan bedah, dan manfaat lainnya.

Tersedia enam pilihan santunan (plan) yang dapat diambil dengan menyesuaikan besarnya kebutuhan perlindungan Anda. PRUprime healthcare memberikan perlindungan tidak hanya di Indonesia, tapi juga dengan jangkauan internasional sesuai standar pelayanan Prudential Indonesia yang sudah melindungi jutaan nasabahnya.

Produk ini memiliki fasilitas PRUprime limit booster yang menambah batas manfaat tahunan asuransi tambahan PRUprime healthcare. Terdapat pula PRUprime saver yang menawarkan perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih terjangkau.

Manfaat Asuransi Kesehatan Prudential
  1. Pembayaran biaya kamar rumah sakit dan akomodasi hingga maksimum Rp8 juta/hari (sesuai plan yang dipilih)
  2. Manfaat pembayaran biaya kunjungan dokter spesialis dihitung berdasarkan per tipe spesialis
  3. Pembayaran manfaat asuransi kesehatan sesuai tagihan rumah sakit untuk beberapa manfaat pada tabel manfaat PRUprime healthcare sesuai dengan plan yang dipilih
  4. Perlindungan kesehatan dengan biaya asuransi lebih murah dengan memilih fasilitas PRUprime saver
  5. Terdapat manfaat PRUprime limit booster yang dapat menambah Batas Manfaat Tahunan hingga Rp35.000.000.000
  6. Tambahan untuk PRUprime limit booster sebesar selisih biaya kamar rawat inap apabila Tertanggung menjalani rawat inap di kamar yang lebih rendah dari pilihan plan
  7. No Claim Bonus yakni 10% peningkatan Batas Manfaat Tahunan awal Asuransi Tambahan setiap tahun apabila tidak ada klaim, maksimal 50% dari Batas Manfaat Tahunan awal 8.Perlindungan yang lebih luas sampai ke seluruh dunia (sesuai plan yang dipilih; kecuali Amerika Serikat) * Mengikuti ketentuan Polis yang berlaku.
4. Sinarmas Program

Simas Sehat Gold untuk mengatasi risiko finansial yang mungkin timbul akibat kecelakaan, sakit maupun pembedahan yang mensyaratkan rawat inap di rumah sakit dengan biaya yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

(Baca Juga: Daftar Promo dari Asuransi Kesehatan Terbaik 2020)
Simas Gold memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:
  • Cashless di RS Provider Asuransi Sinar Mas
  • Tidak perlu pemeriksaan kesehatan
  • Kepuasan dijamin. Tanggung jawab mempunyai waktu 15 hari untuk mempelajari polis jika tertanggung tidak sepenuhnya puas, polis dapat dikembalikan dalam selang waktu tersebut dan tertanggung tidak perlu membayar apapun
  • Bisa dicicil per bulan melalui kartu kredit Visa/Mastercard
  • Gratis asuransi kecelakaan diri senilai 10 juta
  • Jaminan evakuasi medis darurat di seluruh dunia
  • Menjamin sampai dengan usia 75 tahun
  • Jaminan rawat jalan dan rawat gigi darurat akibat kecelakaan
  • Menjamin rawat jalan sebelum dan sesudah perawatan inap di rumah sakit
5. Allianz

Satu diantara produk asuransi kesehatan Allianz yakni AlliSya Care.

AlliSya care adalah asuransi kesehatan yang dikelola secara syariah dimana peserta saling tolong menolong dengan peserta lainnya melalui kontribusi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.

AlliSya care dapat digunakan sebagai asuransi kesehatan perorangan atau keluarga dengan berbagai pilihan plan yang mengerti kebutuhan.

Manfaat Asuransi Kesehatan Allianz:
  • Rawat Inap
  • Memberikan penggantian biaya perawatan bila Anda atau keluarga sakit
  • Persalinan
  • Rawat jalan
  • Rawat gigi
  • Santunan Harian
Keunggulan Asuransi Kesehatan Allianz:
  • Dikelola secara syariah dimana para peserta saling tolong menolong dengan peserta lainnya melalui premi yang dibayarkan untuk menghadapi suatu peristiwa yang tidak diharapkan.
  • Fasilitas medis dengan kemudahan Cashless (pembayaran non-tunai) di rumah sakit jaringan Allianz-Admedika di Indonesia.
  • Selain itu terdapat juga fasilitas eAZy Claim dan Reimbursement untuk rumah sakit di luar jaringan Allianz-Admedika. Pembagian Surplus Underwriting (diambil dari dana terbaru yang terkumpul dan dibagikan kepada peserta) yang tersedia bagi Anda bila tidak terjadi klaim dan melakukan perpanjangan polis.
  • Potongan kontribusi 5% apabila Anda mengikutsertakan anggota keluarga Anda – Tersedia manfaat tambahan seperti evakuasi medis darurat, biaya pemulihan kesehatan, serta bantuan informasi medis 24 jam di seluruh dunia.
Pentingnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Berbagai informasi jenis asuransi ini akan memudahkan kita untuk memilih produk asuransi yang sesuai. Sebaiknya pilih jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kita miliki. Perhatikan riwayat kesehatan di keluarga, apakah ada riwayat penyakit kritis? Ini untuk menentukan cakupan atau coverage perlindungan asuransi kesehatan apa saja yang dibutuhkan.

Supaya tidak mubazir, apabila saat ini sudah ada tunjangan kesehatan dari tempat bekerja, sesuaikan asuransi kesehatan dengan yang sudah ada. Contoh mudah, saat ini jika sudah memiliki asuransi kesehatan dari kantor yang berjenis hospital benefit, bila ingin melengkapi tunjangan kesehatan kantor dengan asuransi pribadi, sebaiknya pilih asuransi kesehatan berjenis santunan harian (cash plan).

Dengan begitu, asuransi kesehatan dari kantor bisa digunakan untuk menutup biaya medis, sedangkan asuransi kesehatan cash plan bisa dimanfaatkan sebagai pengganti penghasilan yang hilang selama sakit.

Bila tercatat sebagai pekerja mandiri (self-employed) atau freelance, sebaiknya mengoptimalkan BPJS Kesehatan dan melengkapinya dengan asuransi kesehatan komersial yang bisa dipadukan manfaat perlindungannya dengan BPJS Kesehatan.

Jangan lupa, siapkan alokasi anggaran untuk membayar premi asuransi kesehatan. Idealnya, anggarkan 5%-10% dari pendapatan rutin untuk menutup biaya premi asuransi, termasuk asuransi kesehatan. Dengan begitu, kebutuhan asuransi tetap bisa tertutup tanpa mengganggu alokasi pos kebutuhan lainnya. 

Saat hendak membeli asuransi kesehatan, pastikan untuk meneliti secara mendalam apa saja manfaat (coverage) yang diberikan dan apakah itu sudah memenuhi kebutuhan. Pastikan juga mempelajari perkecualian yang tertera dalam polis. Misalnya sehubungan dengan pasal pre-existing condition. Yaitu, aturan dalam asuransi kesehatan yang menyatakan manfaat asuransi tidak berlaku untuk penyakit yang sudah ada sebelumnya. 

Pre-existing condition biasanya memiliki jangka waktu, misalnya 1 tahun atau 2 tahun, bahkan pre-existing conditions bisa tidak ditanggung selamanya. Jadi, bila kamu jatuh sakit dan harus rawat inap karena pre-existing conditions maka asuransi kesehatan akan menolak klaim.

Bandingkan Produk Asuransi

Jangan ragu untuk membandingkan pilihan produk asuransi kesehatan. Pasalnya, sangat banyak pilihan jenis asuransi kesehatan. Setidaknya bandingkan tiga produk terlebih dulu agar bisa memilih yang terbaik, yaitu dari sisi manfaat proteksi, besar premi, hingga rekam jejak penyedia asuransi.

Tentang Penulis