Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Tips Memilih Asuransi Pendidikan yang Tepat untuk Sekolah Anak

by Miftahul Khoer on 20 Januari, 2020

Pendidikan anak merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh orang tua sedini mungkin. Biaya pendidikan setiap tahunnya selalu naik dengan rata-rata inflasi biaya pendidikan sekitar 15 persen per tahun.

TK di Bandung

Oleh karena itu, orang tua perlu memilih produk keuangan yang tepat agar pada saatnya anak masuk sekolah nanti memiliki uang yang cukup untuk membiayainya.

Salah satu produk keuangan yang bisa dipilih adalah asuransi pendidikan. Namun, sebelum membeli polis asuransi pendidikan, ada baiknya untuk mengetahui beberapa poin ini terlebih dahulu.

  • Tentukan rencana pendidikan anak

Sebelum tergoda dengan tawaran dan iming-iming dari agen asuransi pendidikan, sebaiknya orang tua membuat perencanaan terlebih dahulu untuk pendidikan anak.

Perencanaan ini sangat penting karena bisa menjadi panduan dalam memilih asuransi pendidikan yang tepat. Pertama-tama, buat rencana seberapa tinggi jenjang pendidikan yang ingin dipersiapkan untuk anak.

Tentukan ke mana anak akan disekolahkan. Buat rencana sedetail mungkin dengan mencantumkan nama sekolah serta tahun rencana akan bersekolah karena berkaitan dengan biaya pendidikan yang dibutuhkan.

Orang tua juga perlu mengetahui profil sekolah yang dituju saat membuat perencanaan dengan menanyakan kepada kerabat terdekat atau orang tua lain yang sudah memasukkan anaknya di sekolah tersebut.

Dalam membuat perencanaan, ada baiknya juga untuk mendatangi sekolah yang dituju untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas. Dan yang tidak boleh dilupakan adalah identifikasi bakat dan minat anak agar pemilihan sekolah bisa sesuai dengan kemauan anak.

  • Buat penelitian kecil tentang biaya pendidikan

Orang tua juga perlu mencari tahu biaya pendidikan saat ini untuk memperkirakan besaran biaya pendidikan pada saat anak memasuki usia sekolah nantinya. Cari tahu informasi biaya pada sekolah yang akan dituju dari mulai awal masuk hingga lulus yang meliputi biaya masuk, biaya bulanan, biaya tahunan, biaya ekstrakulikuler, dan biaya lainnya.

(Baca juga: Cara Mempersiapkan Biaya Pendidikan Anak yang Makin Mahal)

Rincian tersebut juga bisa memberikan gambaran besaran biaya yang diperlukan sehingga orang tua bisa memilih produk asuransi pendidikan yang sesuai dan bisa menjamin ketersediaan biaya pendidikan anak.

  • Pelajari plus minus perusahaan asuransi pendidikan¬†

Setiap produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dalam menentukan perusahaan asuransi yang tepat, kamu bisa memperhatikan kekuatan finansial perusahaan tersebut melalui aset dan liabilitas serta kualitas tenaga kerjanya.

Kondisi keuangan perusahaan asuransi bisa dilihat dari laporan neraca keuangannya yang disampaikan kepada masyarakat secara transparan.

Selain itu, pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak positif dan juga terpercaya. Kamu juga bisa meminta penjelasan dari agen asuransi dan jangan lupa untuk menanyakan setiap hal yang ingin diketahui dengan jelas, khususnya terkait produk yang ditawarkan sehingga kamu bisa memahami dengan jelas.

Informasi ataupun masukan dari orang-orang yang telah memiliki asuransi pendidikan pada perusahaan asuransi yang dituju juga sangat diperlukan sehingga bisa menjadi pelajaran untuk ke depannya.

  • Cari yang sesuai dengan kondisi keuangan dan rencana pendidikan anak

Rencana pendidikan anak yang telah dibuat akan sangat membantu dalam menentukan asuransi yang sesuai. Pahami seluruh informasi yang didapatkan dari agen ataupun dari pihak lainnya.

Dalam memilih asuransi pendidikan, sesuaikanlah antara rencana pendidikan dan program asuransi yang disediakan.

Kamu juga perlu menyesuaikan dengan kondisi keuangan dengan mengukur besaran ketersediaan dana yang bisa disisihkan untuk membeli premi produk asuransi tersebut.

  • Cari polis yang fleksibel

Asuransi tidak seperti menabung pada umumnya di bank yang dananya bisa ditarik kapan saja saat dibutuhkan. Asuransi khususnya untuk pendidikan adalah investasi jangka panjang yang dananya baru bisa diambil setelah anak mencapai usia tertentu sesuai perjanjian dalam premi, atau sudah siap untuk masuk sekolah ke jenjang pendidikan yang ditentukan.

Biasanya sistem pendidikan dan kurikulum di Indonesia seringkali berubah sehingga memengaruhi biaya pendidikan. Oleh karena itu, sebaiknya pilihlah polis yang fleksibel dan menguntungkan yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk membiaya kebutuhan pendidikan anak.

Buatlah kalkulasi biaya pendidikan yang tepat agar pada saat pencairan klaim asuransi tidak terjadi kekurangan biaya pendidikan. 

Selain itu, ada baiknya juga untuk memilih polis yang bisa berganti mata uang apabila kamu merencanakan untuk mengirim anak bersekolah ke luar negeri.

Kemudian, kamu juga perlu memerhatikan fasilitas apa saja yang ditawarkan oleh sebuah produk asuransi pendidikan seperti adanya tambahan fasilitas jaminan kesehatan yang bisa menjamin biaya kesehatan anak yang terdaftar di dalam asuransi tersebut.

Manfaatkan KTA

Dengan memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih asuransi pendidikan, semoga dapat membantu dalam mempersiapkan biaya pendidikan yang diperlukan untuk anak dan generasi mendatang.

Kalau kebetulan kamu dalam posisi terdesak harus segera memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak, namun tidak mempersiapkan asuransi pendidikan sebelumnya, manfaatkan Kredit Tanpa Agunan (KTA), yang bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com.

Syaratnya mudah, dan limit pinjaman yang bisa diajukan bervariasi mulai dari Rp3 juta sampai ratusan juta rupiah sesuai kebutuhan. Tunggu apa lagi? Ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.