Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ini Dia Fitur Asuransi Kesehatan Cigna

by Rini Agustina on 23 Januari, 2020

Asuransi kesehatan dulu dipandang sebelah mata karena bukan produk yang penting untuk dibeli. Proteksi kesehatan dinilai sebagai pemborosan mengingat preminya kadang besar dan tidak digunakan oleh pemegang polis sama sekali. Namun, seiring kebutuhan akan kesehatan meningkat pembelian polis asuransi juga ikut meningkat.

Inilah Fitur Asuransi Kesehatan Cigna

Orang-orang mulai menyadari bahwa proteksi kesehatan adalah payung yang menjaga kita, jika tiba tiba musibah atau sakit menghampiri. Tidak semua asuransi kesehatan terbilang mahal, karena kini sudah banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk dengan premi ringan salah satunya adalah Asuransi Kesehatan Cigna.

Mengenai Cigna

Perusahaan asuransi yang berada dibawah naungan Cigna Corporation ini  menawarkan berbagai produk asuransi kesehatan yang menarik. Fitur Asuransi Kesehatan Cigna sangat lengkap karena bukan hanya menawarkan proteksi satu individu namun juga satu keluarga. Perusahaan yang mengklaim punya 100 juta nasabah di 30 negara ini menawarkan serangkaian produk, perawatan, rencana dan pelayanan kesehatan yang terintegrasi termasuk perawatan medis, gigi, kesehatan jiwa, farmasi dan mata.

Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai perusahaan asuransi multinasional Cigna juga dikenal kredibel dan selalu mengupayakan pelayanan terbaik untuk nasabahnya. Di Indonesia sendiri nasabah Cigna sudah mencapai angka jutaan yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Cigna, selain memberikan layanan asuransi kesehatan juga memiliki produk unggulan lain yakni asuransi jiwa dan asuransi investasi. Sementara produk paling populer Cigna adalah asuransi kesehatan.

10 Fitur Asuransi Kesehatan Cigna

Dibanding perusahaan asuransi lain yang kerap hanya menawarkan beberapa jenis proteksi kesehatan, Cigna punya 10 fitur asuransi kesehatan dengan manfaat segudang. Berikut adalah ke-10 fitur asuransi kesehatan Cigna:

CIGNA EAZIHEALTH

Cigna EaziHealth merupakan produk asuransi kesehatan yang memberikan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan. Produk asuransi ini menyediakan kemudahan akses ke 700+ rumah sakit rekanan di seluruh Indonesia melalui layanan cashless atau non tunai.

Manfaat CIGNA EAZIHEALTH yang utama adalah harian perawatan rumah sakit mencapai Rp 300 ribu perhari dan manfaat pembedahan akibat sakit atau kecelakan mencapai Rp 3 Juta perkejadian, yang dapat diklaim secara cashless atau reimbursement. Pembayaran preminya bisa dilakukan secara bulanan, kuartalan, semesteran dan Tahunan.

Manfaat dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan sebagai berikut:

  • Pembedahan kecil: 25% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan sedang: 50% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan besar: 75% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan khusus: 100% dari jumlah manfaat per kejadian
CIGNA INFINITE HEALTHCARE

Cigna Infinite HealthCare merupakan produk asuransi kesehatan tambahan (atau riders) yang memberikan manfaat as charged atau penggantian biaya rumah sakit sesuai dengan jumlah yang ditagihkan oleh rumah sakit. Jadi tidak ada batasan untuk klaim, karena Cigna memberikan penggantian biaya rumah sakit sesuai tagihan selama 365 hari per tahun. Kamu juga bebas memilih fasilitas kamar sesuai keinginan.Jenis kamar yang dipilih tidak berpengaruh pada kenaikan biaya perawatan tiap tahunnya.

Tersedia fasilitas non-tunai (cashless) di lebih dari 2.000 rumah sakit dan klinik rekanan Cigna di seluruh Indonesia. Sementara untuk proses klaimnya bisa dilakukan dengan cara Reimbursement untuk perawatan kesehatan yang didapatkan di luar jaringan rumah sakit dan klinik rekanan.

CIGNA FAMILY CARE OPTIMA

Fitur asuransi kesehatan Cigna yang satu ini diperuntukkan bagi 5 Anggota Keluarga Dalam 1 Polis. Tertanggung akan dimudahkan dalam proses administrasi perawatan rumah sakit yang sudah bersifat cashless. Kamu hanya perlu membayar 1 premi, namun ke-5 anggota keluarga akan mendapatkan manfaat yang sama. Perlindungan ini juga dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30% setiap 5 tahun, baik ada klaim maupun tidak ada klaim.

Manfaat perawatan rumah sakit yang didapat per hari adalah mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.200.000 per Tertanggung, sesuai dengan nominal Uang Pertanggungan yang dipilih. Sementara untuk perawatan ICU jumlah manfaat per hari yang akan didapat oleh Tertanggung adalah mulai dari Rp600.000 hingga Rp2.400.000 per Tertanggung, sesuai dengan nominal Uang Pertanggungan yang dipilih.

Selain biaya perawatan rumah sakit, Cigna Family Care Optima juga akan tetap mendampingi hingga tertanggung menyelesaikan rawat jalan. Klaim akan diberikan kepada Tertanggung yang dirawat di Rumah Sakit minimum 5 hari atau lebih dan akan dibayarkan berdasarkan jumlah tagihan aktual sampai mencapai batas maksimal manfaat per kejadian rawat inap.

Manfaat lain yang bisa Kamu dapat adalah manfaat membedakan akan diberikan kepada Tertanggung dengan nominal per kejadian mulai dari Rp6.000.000 hingga Rp24.000.000 per Tertanggung, sesuai dengan nominal Uang Pertanggungan yang dipilih

Manfaat dibayarkan berdasarkan tipe pembedahan sebagai berikut:

  • Pembedahan kecil: 25% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan sedang: 50% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan besar: 75% dari jumlah manfaat per kejadian
  • Pembedahan khusus: 100% dari jumlah manfaat per kejadian
CIGNA FAMILY CARE

Cigna Family Care adalah Fitur asuransi kesehatan Cigna yang menawarkan perlindungan lima anggota keluarga inti, yakni kepala keluarga, pasangan dan tiga orang anak di dalam satu polis dengan satu premi. Iuran preminya cukup ringan yakni Rp12 ribu perhari atau Rp360 ribuan perbulan. Harga ini sudah mencakup perlindungan maksimal untuk 5 orang anggota keluarga Kamu.

Kamu akan mendapatkan manfaat harian rawat inap  mulai dari Rp300.000 – Rp1.200.000,- per Tertanggung, untuk perawatan ICU mulai dari Rp 600.000 – Rp2.400.000,- per Tertanggung dan manfaat pembedahan per kejadian mulai dari Rp600.000 – Rp2.400.000,- per Tertanggung. Diluar manfaat tersebut Cigna juga memberikan manfaat lain berupa pendampingan di rumah dan di perjalanan serta layanan telekonsultasi keluarga.

CIGNA PREMIUM HEALTH PROTECTION

Fitur asuransi kesehatan Cigna yang satu ini memberikan perlindungan berupa pemeriksaan kesehatan untuk mendeteksi penyakit sejak dini, rawat jalan mencakup konsultasi medis dan pemeriksaan diagnostik, rawat inap termasuk ICU dan pembedahan, serta pemulihan pasca rawat inap. Cigna Premium Health Protection menyediakan pilihan manfaat perlindungan kesehatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Kamu dan keluarga, mulai dari Rp100 – Rp500 Juta per tahun dengan premi mulai dari Rp300 ribuan per bulan.

(Baca Juga: Ini Skema Penggantian Biaya Asuransi Kesehatan)

Kelebihan dari fitur Cigna yang satu ini adalah perlindungan kesehatan ketika tertanggung berada di Singapura, Malaysia hingga Thailand. Akses Perawatan di Luar Negeri. Mulai dari biaya dokter umum, dokter spesialis, biaya pemeriksaan, laboratorium hingga biaya obat-obatan menjadi tanggungan Cigna termasuk juga biaya harian rawat inap, ICU, pembedahan serta konsultasi hingga pemeriksan medis sesudah rawat inap.

CIGNA PROTEKSI SEHAT OPTIMA

Ini adalah salah satu produk Cigna yang memberikan akses perlindungan kesehatan dengan manfaat rawat inap dan pembedahan di seluruh jaringan rumah sakit rekanan AdMedika dengan layanan tambahan berupa bantuan ambulan lokal dan domestik.Cigna Proteksi Sehat Optima dilengkapi dengan fitur pengembalian premi setiap 3 (tiga) tahun sebesar 50% dari total premi yang telah Kamu bayarkan, baik terjadi klaim maupun tidak.

Cigna Proteksi Sehat Optima menyediakan 9 (sembilan) pilihan santunan rawat inap yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari Rp300,000 – Rp1,5 juta per hari tanpa pemeriksaan kesehatan. Beberapa manfaat yang akan diterima tertanggung antara lain:

  • Manfaat harian rawat inap mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.500.000
  • Manfaat pembedahan mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000 per kejadian
  • Layanan ambulans local
  • Layanan bantuan domestic
CIGNA PROTEKSI SEHAT

Fitur asuransi kesehatan Cigna yang satu ini mungkin bisa jadi pilihan bagi Kamu yang berbudget terbatas namun tetap ingin melindungi keluarga dengan proteksi kesehatan maksimal. Cigna proteksi sehat preminya bisa Kamu beli mulai dari Rp4.000 per hari atau Rp120 ribu perbulan. Dengan jumlah premi tersebut Kamu sudah bisa mendapatkan manfaat berupa rawat inap mulai dari Rp300.000 hingga Rp1.500.000, manfaat pembedahan mulai dari Rp3.000.000 hingga Rp15.000.000 per kejadian, layanan ambulans lokal dan bantuan domestik.

CIGNA SENYUM SEHAT

Cigna senyum sehat merupakan salah satu fitur asuransi kesehatan Cigna yang memberikan manfaat pelayanan perawatan kesehatan gigi dan mulut, seperti pembersihan dan pengecekan gigi rutin yang bisa digunakan di dalam maupun luar negeri, dengan lebih dari 700 rumah sakit rekanan. Preminya bisa Kamu dapatkan mulai Rp 6.000 per hari. Berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan Cigna Senyum Sehat:

  • Pencegahan atau preventive care seperti pembersihan karang gigi,
  • Perawatan dasar atau basic care seperti penambalan gigi dan pencabutan gigi, serta aesthetic dan major care seperti pembuatan jembatan atau dental bridge maupun perawatan gigi akibat kecelakaan
  • International Coverage
  • potongan harga belanja di merchant dan perawatan gigi di klinik rekanan  
(Baca Juga: Cegah Covid-19 dengan Asuransi Cigna)
CIGNA HEALTH PROTECTION

Cigna health protection ini adalah jawaban bagi mereka yang mencari proteksi kesehatan berbiaya ringan. Premi untuk asuransi yang satu ini bisa Kamu beli mulai dari Rp36.000 per bulan jika Kamu berumur 18 – 29 tahun atau sampai dengan Rp412.000 per bulan untuk usia 60 – 65 tahun. Cigna Health Protection juga memberikan perlindungan bagi bayi mulai dari umur 6 bulan. Manfaat yang ditawarkan antara lain:

  • Santunan perawatan rumah sakit karena penyakit atau kecelakaan.
  • Santunan pembedahan karena penyakit atau kecelakaan.
  • Pelayanan konsultasi opini medis kedua.
CIGNA CARE AND SAVE

Cigna Care and Save merupakan salah satu fitur asuransi kesehatan Cigna yang memberikan manfaat utama berupa biaya rawat inap karena penyakit atau kecelakaan serta santunan ICU. Preminya tersedia mulai dari Rp 70.000 per bulan untuk peserta berusia 18-29 tahun hingga Rp504.000 per bulan untuk peserta berusia 50-59 tahun, dengan potongan atau discount premium sebesar 5% untuk kepesertaan pasangan dan anak. Manfaat dan keunggulan yang diberikan antara lain:

  • Santunan harian perawatan rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan
  • Santunan harian ICU di rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan
  • Layanan ambulans local
  • Layanan bantuan / Service Assistant

Itulah 10 fitur asuransi kesehatan Cigna yang bisa Kamu pertimbangkan untuk dibeli. Ingatlah bahwa asuransi bukan tabungan, sehingga premi yang Kamu bayar akan hangus jika tidak digunakan dalam satu tahun. Pilihlah asuransi sesuai kebutuhan dan kondisi finansial.

Tentang Penulis