Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Jangan Bingung Ini Dia Asuransi Kesehatan Untuk Pelajar

by Maria Nofianti on 24 Januari, 2020

Asuransi kesehatan adalah salah satu asuransi yang paling umum yang dimiliki oleh seseorang. Ini adalah salah satu produk dari sebuah asuransi yang melindungi jaminan kesehatan yang tertanggung jika sakit atau kecelakaan.

Jangan Bingung Ini Dia Asuransi Kesehatan Untuk Pelajar

Asuransi ini biasanya akan mengcover biaya-biaya pengobatan, biaya rawat inap, biaya rawat jalan bahkan tindakan operasi. Bagi para orang tua ternyata harus memperhatikan anak-anaknya untuk memiliki asuransi. Terutama asuransi kesehatan.

Karena setiap manusia sebenarnya butuh tentang perlindungan akan kesehatan tak terkecuali anak. Dengan status anak yang mungkin masih sebagai pelajar atau mahasiswa tidak membuat mereka lantas tidak bisa memiliki asuransi kesehatan.

Jika mereka yang masih berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa menghadapi suatu keadaan seperti sakit atau kecelakaan atau yang lainnya maka akan mengalami kerugian yang lumayan besar jika tidak memiliki asuransi kesehatan.

Jadi ternyata tak hanya asuransi pendidikan saja yang bisa diberikan kepada anak anak kita yang masih pelajar, karena asuransi kesehatan mereka pun tak kalah penting. Terlebih untuk saat ini, kesadaran berasuransi sangat penting dan semakin tinggi.

Hal ini mengingat semakin matangnya pengetahuan tentang pengaturan keuangan yang semakin baik dari hari ke hari. Bahkan pemerintah juga telah menggalakan asuransi untuk masyarakatnya. Nah, mengenai asuransi kesehatan untuk anak sangat penting, apalagi jika si anak sudah mulai menempuh pendidikan yang jauh dari orang tua.

( Baca juga : Ini Asuransi untuk Kamu ang Sedang Belajar di Luar Negeri )

Ya, buat mereka yang tinggal jauh dari orang tua, jika sakit atau kecelakaan tentu akan repot jika orang tua harus datang membantu dengan cepat. Jadi, ada baiknya asuransi menopang keadaan darurat mereka, sementara orang tua melakukan perjalanan dahulu untuk menemui anak mereka.

Dari semua jenis asuransi yang ada dipasar seorang pelajar hanya perlu asuransi kesehatan saja daripada asuransi jiwa. Karena pelajar belum memiliki penghasilan sendiri dan tidak mempunyai pertanggungan.

Dua Asuransi Kesehatan Untuk Pelajar
  • System reimburse yaitu asuransi kesehatan yang akan menjamin biaya pengobatan kamu tetapi kamu harus membayarnya dulu dimuka. Setelah itu baru kamu klaim kerugian kamu untuk membayar biaya rumah sakit tersebut isalnya dengan syarat-syarat yang telah ditentukan oleh perusahaan asuransi.
  • System cashless yaitu system dimana kamu tidak perlu mambayar dulu untuk biaya rumah sakit atau pengobatan. Keuntungannya adalah katika terjadi hal yang bersifat darurat kamu bisa langsung menerima tindakan tanpa harus pusing dulu bayar ini itu.

Karena sebagai seorang pelajar atau mahasiswa kamu mungkin belum memiliki penghasilan sendiri maka sebaiknya pilih asuransi dengan system cashless daripada reimburse. Jika kamu pilih reimburse paling tidak kamu harus mempunyai uang lebih untuk membayar biayanya. Ini akan lebih sulit buat kamu yang masih seorang pelajar.

Sebelum beralih ke daftar asuransi kesehatan untuk pelajar sebaiknya kamu harus tahu dulu bagaimana cara memilih asuransi kesehatan yang cocok untuk anak/pelajar. Tipsnya bisa kamu contoh seperti dibawah ini:

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Pelajar
  • Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi sebelum mengambil asuransi, pilihlah secara baik, bandingkan antara asuransi satu dengan asuransi lainnya, agar tak menyesal setelah memilih. Hindari memilih asuransi kesehatan hanya karena faktor premi yang murah karena bisa jadi kamu tidak akan merasakan manfaatnya. Terlebih lagi jika asuransi murah itu tak mengcover apa yang kamu butuhkan, tentu ini justru akan menjadi pemborosan karena kamu sudah membayar premi.
  • Pilihlah perusahaan asuransi yang telah terpercaya. ini bisa kamu lihat apakah sudah terdaftar di OJK atau belum, selain itu cermati juga bagaimana dengan agennya apakah professional atau tidak, apakah memberikan pelayanan yang bagus dan berkualitas.
  • Pilihlah manfaat asuransi kesehatan yang lengkap. Setiap asuransi kesehatan pasti menawarkan pelayanan yang berbeda-beda. Pilih yang paling lengkap mulai dari rawat jalan, rawat inap, tindakan operasi, pengobatan dan lainnya.
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Karena kadang kamu sebagai pelajar hidup terpisah dengan orang tua. Untuk bisa memanfaatkan asuransi kesehatan kamu pilih yang jaringan rumah sakit yang bekerjasama dengan asuransi itu cukup luas, sehingga kamu sebagai pelajar yang sedang merantau merasa aman jika terjadi sesuatu pada dirimu. Karena dipastikan jaringan rumah sakit yang bekerja sama itu ada dari kota besar hingga kota kecil.

Di bawah ini ada beberapa daftar asuransi kesehatan untuk pelajar yang bisa kamu pilih seperti:

1. International Student Protection AXA

Sangat penting dimiliki bagi anak yang berniat menimba ilmu di luar negeri. Karena asuransi ini adalah asuransi kesehatan untuk pelajar yang akan belajar di luar negeri. Asuransi ini diharapkan bisa membantu para pelajar agar bisa fokus tanpa mengkhawatirkan masalah kesehatan selama belajar di luar negeri.

Manfaat yang bisa didapatkan untuk para pelajar adalah adanya biaya belajar yang nantinya akan diganti jika mengalami kecelakaan pada masa studi di luar negeri, mengganti biaya pengobatan, biaya pengobatan gigi dan biaya darurat untuk ke rumah sakit, perlindungan dari kecelakaan diri seperti penyerangan penjahat, perampok hingga tindak kriminal, perlindungan jika pihak sponsor tiba-tiba meninggal atau tidak bisa lagi membayarkan studi di sana. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan asuransi kesehatan ini adalah berusia 16 tahun saat mendaftar, masa pertanggungan selama 1 tahun dan bisa diperpanjang, serta menggunakan mata uang Dollar Amerika. Boleh dibilang asuransi ini satu paket dengan asuransi pendidikan yang mengcover banyak hal seputar pendidikan dan jaminannya.

2. Asuransi siswakoe BUMIDA SYARIAH

Ini adalah asuransi yang diberikan khusus untuk para pelajar dan mahasiswa. Asuransi ini mempunyai beragam manfaat dengan banyak pilihan preminya. Karena asuransi ini dikhususkan untuk para pelajar yang notabene belum memiliki penghasilan sendiri, maka premi yang ditawarkan juga sangat murah disesuaikan dengan kondisi pelajar dan mahasiswa. Dimulai dari Rp 10.000 hingga Rp 100.000, maka pelajar akan mendapatkan banyak manfaat seperti jaminan meninggal dunia akibat kecelakaan, jaminan yang bisa mengakibatkan cacat permanen, jaminan biaya pengobatan akibat kecelakaan, jaminan rawat inap per hari dengan maksimal 7 hari dalam setahun dan santunan biaya pemakaman atas kecelakaan.

Kemudahan kemudahan yang akan didapatkan jika menggunakan asuransi ini adalah bebas memilih rumah sakit atau puskesmas atau balai pengobatan untuk menjalani pengobatan dan hanya akan dimintai kuitansi biaya pengobatan yang sudah di cap oleh rumah sakit/ puskesmas/ balai pengobatan jika akan mengklaimnya. Sedangkan ketentuan dalam asuransi kesehatan untuk pelajar ini adalah:

  • Peserta harus siswa sekolah/ lembaga pendidikan yang berusia 3-65 tahun dan hanya melampirkan kelas/ jurusan/ angkatan serta dengan no.induknya.
  • Pemberian biaya rawat inap tidak melihat besar kecilnya biaya per harinya. Jadi pemebrian uang gantinya sudah berupa satu paket itu.
  • Formulir untuk klaim asuransi ini adalah ditandatangani oleh kepala sekolah yang bersangkutan serta ditambah kwitansi pengobatan tadi.
  • Maksimal batas waktu untuk klaim adalah 30 hari sejak kejadian dan dokumen harus sudah lengkap.

Asuransi siswakoe ini termasuk asuransi yang paling masuk akal dalam jumlah premi yang harus dibayarkan oleh para peserta yang masih pelajar. Dan bisa jadi siswa membayarnya sendiri dengan hasil tabungan atau menyisihkan uang jajan mereka. Ya, asuransi ini bisa sekaligus mengajarkan anak anak untuk lebih sadar akan manfaat asuransi.

(Baca Juga: Keuntungan Persalinan di Bidan dengan Asuransi Cigna)
3. Cigna Executive Protection

Ini adalah asuransi yang cocok untuk para pelajar atau mahasiswa. Asuransi ini memberikan banyak manfaat seperti biaya pengobatan rumah sakit, serta santunan kematian akibat kecelakaan. Premi asuransi ini sangat terjangkau dimulai dari Rp 39.000 saja. Batas usia saat mendaftarnya adalah usia 18 tahun sampai 64 tahun. Kamu juga bisa mendapatkan diskon 10% untuk pembayaran premi tahunan serta no clain bonus yaitu kamu akan mendapatkan 25% dari total premi dibayarkan jika dalam 2 tahun tidak ada klaim. Dengan premi yang terjangkau dan manfaat yang diberi maka asuransi kesehatan ini cocok untuk pelajar dan mahasiswa.

4. Asuransi kesehatan AXA Mandiri

Asuransi kesehatan dari AXA Mandiri adalah salah satu contoh asuransi untuk pelajar. Karena usia peserta bisa dimulai dari umur 15 hari hingga 60 tahun. Manfaat yang bisa didapatkan pada asuransi ini antara lain penggantian biaya kamar rumah sakit sampai 90 hari pertahunya, penggantian biaya kamar ICU sampai 30 hari per tahun, biaya tindakan operasi hingga 100%, terdapat santunan meninggal dunia akibat kecelakaan. Untuk premi bisa disesuaikan dengan usia saat mendaftar jadi ini akan murah untuk yang pelajar. Manfaat yang didapatkan pun sangat baik.

5. Allianz OSHC

Allianz Global Assistance masih menjadi penyedia OSHC bagi para pelajar asing dari luar Australia. Kamu bisa terus mengandalkan Allianz untuk memberikan perlindungan kesehatan yang paling terpercaya dan andal saat belajar di Australia. Kamu masih akan memiliki akses ke saluran bantuan darurat 24 jam yang sama, dukungan di kampus, proses penagihan dan klaim langsung. Kamu akan melihat materi dan papan nama Kesehatan Mahasiswa Luar Negeri yang diperbarui di perbarui di kampus. Kartu keanggotaan saat ini akan terus diterima oleh lebih dari 290 tagihan langsung di seluruh Australia. Kartu keanggotaan baru akan didistribusikan saat kartu lama kedaluwarsa.

Nah itu dia daftar asuransi kesehatan untuk pelajar yang bisa menjadi pilihan kamu. Meski pelajar atau mahasiswa kamu tetap harus memiliki perlindungan kesehatan karena tidak akan ada yang tahu kapan kamu akan sakit atau di mana kamu akan sakit.

Pentingnya memiliki asuransi kesehatan 

 Memiliki asuransi di jaman sekarang ini memang sangat penting dan wajib, hal ini karena semakin hari banyak hal yang tidak bisa diprediksi. Banyak tindak kriminal tak bertanggung jawab, ada banyak ancaman penyakit dan sakit yang sering kali sulit dihindari, terlebih dengan gaya hidup dan pola asupan makanan yang tak terjamin kesehatannya, ditambah lagi dengan biaya pengobatan yang semakin hari semakin mahal. Tentu saja asuransi kesehatan sangat penting untuk dimiliki, agar tak ada lagi alasan tak ada uang untuk berobat.

Jadi segera miliki asuransi kesehatan sebelum terlambat ya!

Tentang Penulis