Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

by Gesti Weningtyas on 29 Januari, 2020

Para pemain bola mendapatkan uang dari kaki maupun tangan mereka. Sehingga, bukan tak mungkin jika mereka mengasuransikan kakinya. Pasalnya, bukan hanya risiko sakit dan meninggal saja yang bisa diantisipasi dengan asuransi. Pada dasarnya, segala hal yang memiliki nilai ekonomi dan bisa menimbulkan kerugian finansial bisa diasuransikan.

Asuransi pemain bola

Di sini, kaki yang dia miliki merupakan modal utama mencari nafkah. Ketika suatu ketika kakinya sakit atau cacat sehingga ia tidak bisa bermain bola lagi, itu berarti kelangsungan mata pencahariannya pun ikut terhenti.

Perlu kamu ketahui, ada banyak pemain bola kelas dunia yang mengasuransikan kaki mereka. Sebut saja, Lionel Messi yang mengasuransikan kakinya senilai Rp 8,4 triliun dengan biaya premi sebesar Rp 6,6 miliar per tahun.

Tak hanya pemain bola, klub sepak bola sendiri pun bisa memberikan asuransi yang dapat menutupi mereka jika terjadi kerugian finansial, misalnya disebabkan oleh ketidakmampuan pemain favorit mereka. Asuransi ini disebut polis “orang kunci”.

Asuransi tersebut bertujuan untuk melindungi orang yang “penting” untuk kepentingan majikannya. Orang kunci ini bisa menjadi eksekutif, peneliti yang bekerja di laboratorium, ‘Hidung’ yang bekerja untuk perfumer atau pemain sepak bola.

Tanpa dia, keseimbangan ekonomi dan keuangan perusahaan dikompromikan, inilah mengapa pemain “kunci” ini dilindungi untuk kepentingan klub sepakbola.

Mempertimbangkan jumlah penting yang dipertaruhkan, perusahaan asuransi harus sering berbagi risiko melalui kebijakan reasuransi atau asuransi bersama.

Nilai Asuransinya Yang Fantastis

Dengan demikian, kaki-kaki pemain terbesar Argentina ditutupi oleh dua perusahaan asuransi Italia seharga € 500 juta. Sebagian besar waktu, Lloyds – perusahaan asuransi yang berbasis di London – terlibat, karena risiko khusus merupakan bagian dari bisnis intinya.

Saat ini diketahui, AXA Prancis telah menandatangani enam polis asuransi “orang kunci” dengan salah satu klub sepak bola terbesar. Seperti yang dikutip dari axa.com, perusahaan ini juga mengasuransikan 900 dari 1.200 pemain yang terdaftar di Persatuan Pemain Sepak Bola Profesional Nasional, yang membutuhkan pertanggungan untuk kehilangan pendapatan, dalam kasus cedera tubuh yang menyebabkan cacat sementara atau permanen.

Dalam skenario terbaru ini, ketika cedera menyebabkan akhir karir para pemain bola, mereka dapat menerima pensiun pesangon yang akan membantu mereka menemukan pekerjaan lain.

Selain itu, kebijakan AXA juga memiliki kekhususan untuk mengikuti dan menjaga mengasuransikan pemain, bahkan jika mereka pindah ke tim lain di luar negeri.

Itulah alasan mengapa, beberapa pemain terkenal dapat menghabiskan setiap tahun hingga 100 ribu euro hanya untuk mendapatkan perlindungan terhadap kecelakaan. Jumlah ini tampaknya besar tetapi hanya 1,5% dari gaji tahunan mereka ketika datang ke bintang sepak bola terbesar.

Asuransi Pemain Bola Termahal

Asuransi bagi para pemain sepak bola menjadi hal yang diperlukan, ini tentu saja mengingat bahwa sepakbola merupakan jenis olahraga yang sangat menguras tenaga.

Dalam pertandingan, tidak heran banyak sekali terjadi kasus seorang pesepakbola yang harus mendapatkan perawatan dan terpaksa menepi hingga mencapai satu tahun lamanya akibat cedera.

Tentu saja, cedera telah menjadi risiko bagi pemain bola. Apalagi jika sedang bertanding, apapun bisa terjadi saat pertandingan berlangsung.

Cedera telah menjadi ancaman atau risiko sendiri bagi para pesepakbola. Bagian tubuh pesepakbola yang rentan mengalami cedera adalah pada bagian kaki.

Kaki, adalah aset utama bagi para pemain bola. Ada banyak sekali jenis cedera kaki yang bisa dialami oleh para pemain bola ini. Sehingga tak heran jika banyak pemain bola yang memilih untuk mengasuransikan bagian tubuhnya yang berharga itu, yakni kaki.

Hal yang menarik, ternyata banyak pemain sepakbola ternama yang mengasuransikan beberapa bagian tubuhnya seperti kaki, maupun tangan. Mereka juga membayar dana cukup besar untuk membayar nilai asuransi kesehatan kaki mereka. Berikut ini merupakan pemain sepakbola yang memiliki asuransi termahal:

Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Pemain sepakbola dengan asuransi termahal ini berasal Portugal yaitu Cristiano Ronaldo. Untuk menjaga hal terburuk yang mungkin terjadi akibat cedera, kaki sang bintang ini diasuransikan dengan nilai Rp 1,2 triliun per tahun.

Penyerang yang bergaji sangat tinggi di dunia ini memang jarang mengalami cedera namun Ronaldo sangat peduli akan karirnya jadi uang sebesar itu tidak akan menjadi masalah agar keselamatan kakinya terjamin.

Manuel Neuer

Manuel Neuer - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Neuer, penjaga gawang bintang Jerman adalah kiper lain yang memutuskan untuk mengasuransikan tangannya yang berharga. Kiper andalan ini membayar asuransinya senilai 4,3 juta dollar atau senilai Rp 588 Miliar.

Bagi kita orang biasa, nilai ini tentu sangat fantastis, tapi bagi Neuer, angka asuransi itu sebanding dengan penghasilannya dari tahun ke tahun. Tentu saja, sepasang tangannya merupakan aset yang sangat berharga.

Neymar

Neymar - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Neymar memilih untuk mengasuransikan kedua kakinya untuk berjaga-jaga. Nilai yang diasuransikan juga terbilang tidak sedikit yaitu Rp. 174 miliar rupiah untuk sepasang kaki striker asal brazil ini.

Ya, ketimbang ada masalah di suatu hari saat pertandingan nanti, mengasuransikan kakinya yang merupakan aset adalah pilihan yang tepat. Pasalnya ketika kena cedera, ia bisa saja tak mengikuti beberapa laga. Hal ini tentu berimbas pada penghasilannya.

Lionel Messi

Lionel Messi - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Siapa yang tak kenal dengan Lionel Messi, pemain bintang kelas dunia ini terkenal dengan kelincahan kakinya saat menyepak bola. Bintang lapangan hijau yang satu ini terdaftar sebagai kaki termahal yang pernah diasuransikan pemain bola, yakni hingga Rp 8,4 triliun per tahun.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Messi sendiri pernah mengalami cedera saat ia melawan la palmas di ajang La Liga Spanyol. Messi mengalami permasalahan pada bagian pangkal pahanya. Membuat pemain berjuluk La Pulga itu harus menepi hingga beberapa pekan.

Peraih lima penghargaan Ballon d’Or tersebut setiap tahunnya dikabarkan mengeluarkan dana sebesar Rp 6,6 miliar per tahun untuk membayar nilai premi asuransinya tersebut.

Iker Casillas

Iker Casillas - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Selain Manuel Neuer, kiper lainnya yang mengasuransikan sepasang tangannya adalah Iker Casillas. Mantan kiper timnas spanyol yang membawa kemenangan pada piala dunia 2010 ini tak mau kalah oleh para striker dan gelandang untuk mengasuransikan bagian tubuhnya.

Namun, biasanya pemain bola mengasuransikan kakinya untuk kiper yang satu ini memilih untuk mengasuransikan sepasang tangannya dengan nilai asuransi Rp 115 miliar.

Wayne Rooney

Wayne Rooney - Inilah Nilai Asuransi Pemain Bola Termahal, Yuk Kepoin!

Rooney atau yang biasa disebut dengan Wazza mengasuransikan kedua kakinya dengan nilai Rp 4,7 miliar untuk menghindari cedera akut yang pernah ia alami pada periode 2004 hingga 2006.

Cukup fantastis angka ini, namun tentu saja sebanding dengan penghasilan dan berbagai risiko yang bisa saja ia alami setiap saat.

Demikian beberapa nilai asuransi pemain bola di dunia. Pemain-pemain di atas rela merogoh kocek dalam-dalam agar kaki mereka bisa sehat dan selamat. Ini tak mengherankan, mengingat kaki merupakan aset yang cukup besar bagi para pemain bola.

Asuransi Pemain Bola di Indonesia

Salah satu kasus mengenai permasalahan kesehatan pemain sepakbola yang berkarir di Indonesia dan bahkan harus menghembuskan nafas terakhirnya adalah Diego Mendieta.

Pesepakbola asal Paraguay yang membela Persis Solo di ajang Liga Super Indonesia harus mengakhiri hidupnya di Rumah Sakit Moewardi Solo pada tahun 2012 lalu. Setelah sebelumnya Ia merasakan sakit dan tak ada biaya untuk pengobatannya.

Lansiran dari sejumlah media mengungkapkan bahwa pemain asing itu kesulitan dalam membiayai kehidupannya selama berkarir di Persis Solo. Saat ia menderita penyakit yang menyerang tubuhnya, Mendieta sedang dalam keadaan bangkrut, gajinya belum dibayarkan oleh pihak klub.

Melihat kisah yang cukup menyedihkan ini, dapat disebutkan bahwa asuransi pemain bola di Indonesia belum menjadi sebuah hal yang dinilai darurat. Padahal jika dilihat, manfaat asuransi kesehatan bagi para pemain bola sangat penting. Apalagi melihat berbagai faktor risiko yang bisa mereka dapatkan saat berlaga.

Meski, prestasi bola di tanah air belum bisa dibilang fantastis. Namun tak ada salahnya memberikan asuransi bagi para pemain bola, sehingga pihak klub pun tak lagi menanggung beban biaya maupun pemulihan pemain.

(Baca Juga: Mau Traveling Sekaligus Dapat Uang? Pakai 6 Cara Ini!)

Sebelumnya, pemain yang bermain untuk Timnas dan mengalami cedera maka pihak klub yang harus menanggung beban pembiayaan untuk pemulihan sang pemain.

Tentu saja hal ini membuat klub kadang merasa tak senang ketika pemainnya dipanggil untuk membela Timnas. Dengan hadirnya PSSI dengan menggandeng perusahaan asuransi ini, maka pemain yang mengalami cedera maka semua biaya akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Namun demikian, kabarnya, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) saat ini telah berupaya untuk memberikan jaminan bagi pemain dan klub yang bertanding untuk Indonesia pada berbagai ajang.

Dengan banyaknya kekhawatiran yang terjadi dari pihak klub, PSSI akhirnya menggandeng perusahaan asuransi untuk memberikan asuransi bagi para pemain bola yang bermain untuk Timnas Indonesia.

Keputusan PSSI untuk menggandeng perusahaan asuransi ini tentu akan membantu untuk membangun kepercayaan bagi pemain dan klub untuk membela Timnas.

Pemain yang cedera akibat membela Timnas sering menjadi momok menakutkan bagi klub yang meminjamkan pemainnya membela Timnas. Dengan hal ini, PSSI berharap klub tidak lagi menghalang-halangi pemainnya untuk membela Timnas.

PSSI mendaftarkan 201 Timnas mulai dari level U-16, U-19, U-22, dan senior untuk mendapatkan perlindungan asuransi. Total ada Rp 6 miliar yang bisa digunakan oleh pemain yang sedang mengalami cedera akibat membela Timnas.

Asuransi Untuk Penonton Bola

Huru-hara supporter klub bola seringkali menjadi hal yang cukup menegangkan. Terlebih jika masing-masing klub bersaing dengan sengit.

Tak ayal, pertempuran para suporter beberapa kali meletus, bahkan memakan korban jiwa. Selain asuransi pemain bola, para suporternya pun bisa mendapatkan asuransi kesehatan.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi sepakbola profesional di Indonesia terus berupaya untuk meningkatkan kualitas kompetisi.

Terbaru ini, setelah sebelumnya mereka memberikan asuransi kesehatan bagi pemain sepakbola. Kali ini para penonton yang hadir menyaksikan secara langsung di stadion, juga bakal mendapatkan asuransi kesehatan.

Penonton Indonesia pun kini bisa mendapatkan asuransi kesehatan. Adapun asuransi tersebut baru berlaku pada pekan ke 11 Gojek Traveloka Liga 1.

Inovasi itu terwujud berkat adanya kerja sama antara pihak PT LIB dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi, yakni PT FWD Life Indonesia.

Nah, demikian beberapa informasi terkait asuransi pemain bola. Bagi kamu yang mulai bergabung dengan klub bola, pertimbangkan untuk memilih jenis asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa yang sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai menunggu sakit seperti kisah kelam Diego Mendieta. Sebab, tak ada yang tahu kan, kelak seperti apa kondisi keuangan kita nanti. Sungguh merepotkan, jika tak ada yang mengcover kesehatanmu.

Jadi, jangan ragu untuk membandingkan harga premi, hingga melihat manfaat asuransi seperti yang kamu butuhkan.

Tentang Penulis