Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Liburan ke Jepang? Yuk, Siapkan Asuransi Perjalanannya!

by Rini Agustina on 19 Februari, 2020

Jepang adalah destinasi populer bagi warga Indonesia. Setiap tahunnya ada lebih dari 200 ribu orang Indonesia yang berkunjung ke Negeri Sakura. Keindahan alam dan budaya uniknya menjadi daya tarik utama Negeri Matahari Terbit tersebut. Sayangnya, semakin tingginya jumlah pengunjung ke Jepang tidak diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya asuransi perjalanan ke Jepang.

Liburan ke Jepang? Yuk, Siapkan Asuransi Perjalanannya!

Tercatat menurut pemerintah Jepang setidaknya 30% dari total turis asing di Jepang tidak memiliki asuransi perjalanan ke Jepang, padahal 5% diantaranya sering mengalami sakit atau kecelakaan yang memerlukan perawatan medis. Alhasil para turis masih berhutang kepada pemerintah Jepang untuk biaya pengobatan. 

Berdasarkan survei Kementerian Kesehatan, Perburuhan dan Kesejahteraan Jepang ada sekitar 20% rumah sakit yang merawat pasien turis asing.

Naasnya seluruh pasien ternyata masih menunggak tagihan karena tidak mampu membayar. Bahkan ada sebuah rumah sakit yang melaporkan bahwa jumlah hutang yang belum dibayar mencapai 10 juta ten atau Rp 1,3M.

(Baca juga: 3 Prosedur Pengajuan Tambahan Klaim Asuransi Mobil)

Pada akhirnya pemerintah Jepang yang menutupi tunggakan ini. Tak heran jika mulai akhir tahun 2019 ia gencar mempromosikan pentingnya asuransi perjalanan ke Jepang bagi wisatawan asing.

Meski biaya perawatan dan pengobatan di Jepang termasuk terjangkau namun perlindungan akan kesehatan dan jiwa tetap diperlukan untuk memastikan setiap turis mendapatkan pelayanan medis maksimal.

Pentingnya Memiliki Asuransi Perjalanan ke Jepang

Jepang kini sudah memberlakukan bebas visa bagi turis Indonesia. Alhasil kita lebih muda mengunjungi Negeri Sakura tersebut. Namun bukan berarti pergi tanpa persiapan, karena sejumlah resiko tetap membayangi para turis seperti menderita penyakit kritis, kecelakaan bahkan meninggal dunia. Berikut beberapa alasan wajib mengapa Anda harus membeli asuransi perjalanan ke Jepang.

  • Perawatan Medis Maksimal

Jepang dikenal punya alat medis mumpuni dengan ditopang teknologi tinggi, dibanding negara maju lain seperti Amerika Serikat, Jepang juga tak ketinggalan untuk bidang kedokterannya.

Meski begitu biaya perawatan di Negeri Sakura ini dinilai lebih bersahabat dibanding negara-negara di Amerika maupun Eropa, namun pastinya tetap lebih tinggi dibanding Indonesia.

Karena itulah kendati Anda membawa sejumlah uang cash saat berlibur kesana, namun beban keuangan akan tetap sangat terasa. Belum lagi saat sakit disana tidak ada pendamping yang menempati, jika menginginkan pendamping maka ada dana tambahan yang mesti dikeluarkan untuk membayar jasa.

Adanya asuransi perjalanan ke Jepang memudahkan Anda mendapatkan pelayanan medis secara maksimal, tanpa harus mengantongi saldo banyak. Memang, Anda bisa menggunakan kartu kredit untuk pembayaran biaya perawatan namun kartu kredit memiliki batas maksimal limit.

Ingat terkadang biaya medis bukan hanya meliputi pemeriksaan dokter saja melainkan juga perawatan medis, pembedahan, atau serangkaian tes kesehatan.

Jika asuransi perjalanan ke Jepang yang Anda beli menerapkan sistem cashless ini lebih mudah digunakan, sebab Anda hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan kepada pihak rumah sakit.

Sementara untuk sistem reimburse, Anda perlu mengumpulkan bukti transaksi pembayaran selama menjalani perawatan yang nantinya digunakan untuk mengajukan klaim ganti rugi kepada pihak asuransi.

  • Melindungi dari Resiko Perjalanan

Selain memastikan terjangkaunya perawatan medis yang maksimal,adanya asuransi perjalanan ke Jepang, juga dapat memberikan manfaat perjalanan berupa ganti rugi atas tindak kejahatan.

Memang, dibanding negara Asia besar lainnya Jepang termasuk paling aman dengan tingkat kejahatan kepada turis asing sangat rendah. Namun antisipasi tetap perlu dilakukan.

Asuransi perjalanan ke Jepang akan melindungi kita dari resiko pencurian atau kerusakan barang berharga, seperti kamera, gadget, ponsel dan sebagainya. Resiko bukan hanya terkait dengan tindak kejahatan seperti pencurian dan kekerasan, melainkan juga jaminan perlindungan terjadi perlengkapan atau bagasi hilang, dicuri atau rusak. Sehingga Anda dapat lebih tenang meninggalkan barang berharga di dalam tempat penginapan. 

Namun perlu dipahami bahwa ganti rugi resiko perjalanan ini tidak akan diganti jika Anda dengan sengaja menempatkan diri dalam bahaya. Misalnya, terluka karena sengaja berenang kedalam danau besar yang sebenarnya dilarang dikunjungi oleh pemerintah setempat. Hal ini masuk kedalam klausul pengecualian.

  • Santunan Karena Meninggal Dunia

Setiap orang memang berharap mendapatkan pengalaman yang menarik dan membahagiakan dalam setiap kunjungannya. Namun sebagai manusia kita tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada diri sendiri, termasuk kemungkinan mengalami sakit atau kecelakaan yang mengakibatkan cacat permanen atau bahkan kehilangan nyawa. Adanya asuransi perjalanan ke Jepang membantu meringankan beban biaya perawatan yang panjang ini hingga Anda sembuh total.

Sementara untuk nasabah meninggal dunia, pihak asuransi akan memberikan santunan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat atau sesuai premi yang dibayar. Uang santunan ini bisa dipergunakan untuk mengurus berbagai keperluan kematian terutama pemulangan jenazah ke negara asal.

  • Perlindungan Atas Pembatalan Pesawat

Cuaca dan kondisi iklim di Jepang sering tak menentu. Seperti kita tahu Jepang merupakan salah satu negara yang sering mengalami bencana alam seperti tsunami dan gempa bumi.Rangkaian tragedi ini sering memengaruhi jadwal penerbangan dari dan ke Jepang. Bagi Anda yang memiliki asuransi perjalanan akan mendapatkan ganti rugi sepenuhnya ketika pesawat gagal berangkat dikarenakan alasan dari pihak maskapai.

5 Asuransi Perjalanan Ke Jepang yang Layak Dipertimbangkan 
1. AXA Mandiri Travel

AXA Mandiri menyediakan Asuransi Perjalanan Internasional meliputi negara SCHENGEN (Perancis, Jerman, Belanda, dll), negara Non SCHENGEN (Jepang, Inggris, Korea dll), negara ASEAN Plus (Hongkong, Thailand, Filipina, dll), ataupun perjalanan domestik meliputi kota-kota di Indonesia (Jogjakarta, Bali, Surabaya, Medan, dll).  Harga premi untuk sekali perjalanan per individu adalah mulai dari Rp 70,000.

Manfaat yang ditawarkan:

  • Perlindungan terhadap resiko kematian
  • Perlindungan terhadap cacat tetap
  • Perlindungan terhadap biaya pengobatan
  • Perlindungan terhadap penundaan penerbangan
  • Perlindungan terhadap keterlambatan bagai

Keunggulan AXA Mandiri Travel:

  • Tetap digaji jika kecelakaan
  • Perlindungan penyalahgunaan kartu kredit
  • Penggantian koper hilang
  • Biaya telepon darurat
2. Mega Travel Care International

Asuransi dari bank Meha ini memberikan perlindungan menyeluruh untuk Anda maupun anggota keluarga selama berlibur di berbagai negara populer di dunia.

Namun Mega Insurance tidak menjamin rute satu kali perjalanan (one way) tak heran jika harga premi yang dipatok cukup tinggi yakni mulai dari Rp 170,000 untuk dua hari perjalanan di Jepang. Semakin lama jumlah kunjungan semakin besar pula premi yang mesti dibayar.

Periode asuransi perjalanan maksimum 90 hari untuk satu kali perjalanan Perjalanan yang dilakukan bukan untuk perawatan medis. Untuk usia peserta Travel antara 71 tahun hingga 80 tahun, jaminan menjadi 75% dan dikenakan tambahan premi sebesar 25%. Batasan usia untuk peserta travel adalah maksimum 70 tahun dan minimum 45 hari.

Manfaat yang ditawarkan:

  • Perlindungan terhadap kecelakaan diri
  • Perlindungan ketidaknyamanan selama perjalanan
  • Jaminan perluasan seperti kebakaran, tanggung jawab hukum pribadi terhadap pihak ketiga, perlindungan kartu kredit dan biaya telepon medis.
  • Suami/Istri : 100% dari Limit Pertanggungan
  • Pasangan: 50% dari Limit Pertanggungan
  • Anak : 25% dari Limit Pertanggungan / anak (maksimum 2 anak)
3. Asuransi Perjalanan Travellin dari ADIRA

Travellin adalah produk asuransi perjalanan dari Adira Insurance yang dirancang untuk mengurangi kerugian yang bisa terjadi selama Anda melakukan perjalanan ke luar negeri (Internasional) atau perjalanan di dalam negeri (Domestik). 

Produk Travellin memberikan berbagai manfaat perlindungan yang dapat di klaim dengan metode  “Cashless” untuk paket International. Sebuah fitur yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan layanan medis tanpa dana tunai (cashless). Fitur ini dapat terwujud karena kerjasama Adira Insurance dengan jaringan AA INTERNATIONAL.

Untuk perjalanan internasional Travellin memberikan 3 Plan/Paket yang dapat dipilih Yaitu : 

  • Plan Asia
  • Plan Worldwide Executive
  • Plan Worldwide Premier

Masing-masing plan memiliki berbagai keunggulan dan kebutuhan yang dapat disesuaikan dengan perjalanan Anda. Untuk perjalanan internasional, Travellin memberikan pilihan perjalanan secara Individual (sendiri) atau Family (Keluarga). 

Selain itu juga untuk area internasional, Travellin memberikan pilihan untuk perjalanan harian atau tahunan. Untuk yang tahunan yang tersedia adalah paket perjalanan 90 hari (multitrip 90) dan 180 hari (multitrip 180).

Multitrip dapat digunakan dalam 1 tahun penuh selama jumlah harinya tidak melebihi paket tahunan yang dipilih. Harga premi perlindungan untuk paket terendah adalah Rp 2,1 Juta dan paling tinggi adalah Rp 2,8 Juta.

4. Asuransi Perjalanan MSIG Travel Leisure A

MISG menyediakan asuransi perjalanan dengan packet cukup lengkap, dengan limit klaim hingga Rp 250 Juta. Premi untuk sekali perjalanan dipatok di Rp 51,000/ orang perperjalanan. Namun ada batasan usia tertanggung yakni menilai 6 bulan dan maksimal 75 tahun, dengan maksimum perjalanan 180 hari.

Manfaat yang ditawarkan antara lain:

  • Santunan kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan hingga Rp 250 Juta
  • Jaminan biaya medis akibat sakit dan kecelakaan hingga Rp 250 Juta
  • Perlindungan bagasi dan barang pribadi hingga Rp20 Juta
  • Ganti rugi akibat pembatalan perjalanan hingga Rp5 Juta
  • Manfaat biaya evakuasi darurat dan repatriasi hingga Rp 250 Juta
  • Santunan untuk biaya pribadi pembelian darurat hingga Rp10 Juta
5. Simas Travel Overseas dari Sinarmas

Simas travel overseas menjamin perlindungan perjalanan Anda selama 24 jam penuh dengan Jaminan Terlengkap. Manfaat yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Kecelakaan Diri:

Meninggal dunia dan cacat tetap akibat kecelakaan dalam jangka waktu 90 hari sejak kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan. Limit Jaminan Kecelakaan Diri menjadi dua kali lipat apabila kecelakaan terjadi ketika di dalam perjalanan pesawat yang komersial dan terjadwal. Limit maksimum sampai dengan limit sesuai plan yang dipilih Tertanggung.

  • Ketidaknyamanan Selama Perjalanan:

Ketidaknyamanan ini meliputi kehilangan bagasi dan harta benda, keterlambatan perjalanan, pengurangan perjalanan, kehilangan dokumen perjalanan dan ketidaksinambungan pesawat terbang.

  • Biaya Pengobatan dan Perawatan Medis

Memberikan santunan tunai harian apabila anda mengalami perawatan inap di Rumah Sakit sebesar Rp. 500.000,- per hari sampai dengan limit maksimum plan yang dipilih. Sinarmas juga mengangung biaya ebaluasi dan pengembalian jenazah.

  • Jaminan Perluasan

Yakni berupa perlindungan isi rumah. Membayar kerusakan terhadap isi rumah akibat kebakaran ketika rumah Tertanggung ditinggalkan kosong (tanpa penghuni) ketika Tertanggung bepergian. Limit maksimum sampai dengan limit sesuai plan yang dipilih Tertanggung.

Menjamin Tertanggung dari tuntutan hukum atas cedera yang diderita pihak ketiga atau kerusakan harta benda pihak ketiga yang dikarenakan oleh kelalaian Tertanggung. Limit maksimum sampai dengan limit sesuai plan yang dipilih Tertanggung. 

Itulah 5 asuransi perjalanan ke Jepang yang wajib Anda beli jika ingin berkunjung ke Negeri Sakura. Jadikan liburan Anda lebih berkesan dengan perasaan nyaman karena adanya perlindungan dan jaminan akan kesehatan dan jiwa yang disediakan oleh asuransi. Pilih perusahaan asuransi kredibel dan premi yang sesuai dengan kemampuan dan terpercaya. Seperti Cekaja.com yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis