Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Lebih Untung Asuransi Reimbursement atau Cashless?

by Gesti Weningtyas on 21 Februari, 2020

Asuransi kesehatan memiliki dua jenis pembayaran klaim yaitu reimbursement dan cashless. Kedua jenis pembayaran ini cukup berbeda dan memiliki manfaat masing-masing. Tentu saja semua berada pada keputusan nasabah untuk memilih mana yang lebih menguntungkan antara reimbursement atau cashless.

Lebih Untung Asuransi Reimbursement atau Cashless?

Untuk melihat manfaat mana yang lebih menguntungkan antara jenis pembayaran klaim asuransi kesehatan tersebut. Maka akan lebih baik jika Kita mengetahui definisi dari asuransi Reimbursement dan cashless. Sebab bagi beberapa nasabah pemegang polis asuransi kesehatan. Jenis pembayaran klaim asuransi ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting dalam menentukan produk mana yang akan diambil. Pasalnya kedua jenis asuransi kesehatan ini memiliki nilai premi yang cukup berbeda juga begitu pula dengan manfaat yang diberikan.

Manfaat Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan bisa memberikan perlindungan yang tidak di cover oleh BPJS Kesehatan. Namun tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi kesehatan terbaik. Tentunya kita sebagai nasabah harus bisa lebih kritis dalam menentukan asuransi kesehatan yang bagus. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah rekam jejak perusahaan asuransi. Hingga jaringan kerjasama Rumah sakit yang akan memberikan pelayanan kesehatan dan manfaat maupun premi satu dengan yang lainnya.

Asuransi kesehatan ini akan memberikan dana penggantian biaya perawatan. Jika nasabah atau pemegang polis dirawat di rumah sakit karena terkena penyakit maupun kecelakaan. Sedangkan besarnya penggantian yang akan diterima oleh nasabah, sesuai jumlahnya dengan tagihan dari rumah sakit. Namun ada yang perlu diketahui yaitu, setiap produk Asuransi biasanya memiliki beberapa batasan limit berdasarkan rencana asuransi yang akan diambil. Sehingga sebaiknya Kamu mempersiapkan terlebih dahulu jenis dan produk asuransi kesehatan apa yang akan dipilih dan memberikan manfaat atau keuntungan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

(Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Di Indonesia)

Jangan lupa untuk memastikan jumlah premi yang harus Kamu bayar kan sesuai dengan kemampuan. Sehingga saat penagihan datang Kamu tidak bingung dan bisa membayar premi dengan tepat waktu. Sebab jika Kamu terlambat membayar premi hingga melewati waktu jatuh tempo. Kamu bisa terkena biaya denda dan biaya administrasi lainnya. Kemungkinan yang lebih buruk lagi adalah asuransi mu bisa menjadi lapse atau polis lapse. Jika produk asuransi yang Kamu miliki telah tidak aktif, maka Kamu tidak bisa menggunakan manfaat yang ada pada asuransi kesehatan.

Sehingga untuk mendapatkan proteksi dan manfaat perlindungan secara keseluruhan. Pastikan untuk selalu membayar premi asuransi kesehatan dengan tertib dan tepat waktu. Kamu juga bisa mengantisipasi dengan melakukan program auto debet dari rekening mu tiap beberapa tanggal tertentu, agar asuransi mu tetap aktif dan bisa digunakan sewaktu-waktu. Sebab tidak ada yang tahu kapan musibah dan penyakit akan datang.

Sehingga, ketimbang menunda pembayaran premi asuransi kesehatan. Usahakan untuk selalu tepat waktu daripada terlambat dan merugikanmu sendiri. Pastikan untuk selalu memahami setiap polis asuransi yang akan Kamu beli. Baca dan pelajari setiap pengecualian yang mungkin akan Kamu dapatkan. Sebab pada beberapa perusahaan asuransi ada pengecualian yang berbeda jadi Kamu harus cermat dan jeli.

Asuransi Cashless

Asuransi cashless artinya Kamu tidak perlu menyiapkan uang tunai ketika sedang berada dalam perawatan. Jika Kamu berada dalam kondisi yang darurat dan membutuhkan tenaga kesehatan secepatnya, asuransi cashless mungkin akan lebih berguna. Misalnya Kamu butuh mendapatkan penanganan dari rumah sakit saat sedang berada di kota kecil ketika susah mengakses ke ATM atau saldo tabungan yang tidak mencukupi untuk membayar rumah sakit.

Dengan menggunakan asuransi kesehatan cashless, Kamu tidak perlu membayar uang muka dan uang jaminan. Namun bisa langsung menikmati layanan kesehatan sehingga bisa dibilang asuransi ini sangat berguna bagi Kamu yang berada di kondisi darurat. Manfaat asuransi kesehatan cashless lainnya adalah proses yang mudah dan cepat. Sehingga dalam proses yang sangat cepat ini Kamu tidak perlu menyiapkan formulir klaim atau dokumen pendampingnya. Asuransi kesehatan cashless yang prosesnya lebih cepat hanya cukup menggesek kartu asuransi di awal pendaftaran dan saat Kamu bertransaksi. Sehingga saat Kamu pulang ke rumah tidak perlu mengisi formulir klaim maupun dokumen lainnya untuk mendapatkan klaim dari perusahaan asuransi terkait. Kamu hanya perlu menggesek kartu saja untuk membayar biaya perawatan.

Manfaat Asuransi Cashless

Asuransi cashless biasanya bisa dilakukan di rumah sakit yang telah bekerjasama atau menjadi rekanan dengan perusahaan asuransi kesehatan terkait. Jadi jika Kamu ingin klaim asuransi tidak ditolak atau Kamu bisa menggunakan fasilitas cashless. Kamu  juga harus memastikan rumah sakit ataupun klinik dan fasilitas kesehatan yang Kamu datangi itu bekerjasama dengan perusahaan asuransi kesehatan yang menerbitkan produk Asuransi mu. Jadi akan lebih baik jika Kamu memilih asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan dan kerja sama dengan berbagai Rumah sakit maupun klinik di seluruh pelosok wilayah Indonesia. Dengan demikian Kamu pun akan menjadi lebih dimudahkan saat dalam kondisi sakit.

Sebelum itu Kamu juga harus memastikan fasilitas kesehatan atau klinik dan rumah sakit yang Kamu datangi untuk berobat itu sudah bekerja dengan perusahaan asuransi yang menerbitkan kartu kredit mu. Hal ini supaya klaim asuransi cashless tidak serta merta ditolak begitu saja.

Polis asuransi kesehatan juga memiliki berbagai pengecualian yang merupakan kondisi dimana biaya kesehatan itu tidak ditanggung ketik jadi Kamu harus mengetahui apa saja pengecualian pada produk asuransi yang Kamu miliki.

Sedangkan pengecualian permanen di antaranya perawatan rumah sakit dan pembedahan yang diakibatkan perang, upaya bunuh diri, tugas militer, kegiatan atau olahraga berbahaya rumah keterlibatan tertanggung dalam penerbangan non komersial tindakan kriminal yang dilakukan oleh tertanggung mabuk penggunaan narkoba dan lain sebagainya. Jadi pastikan Kamu terhindar dari kondisi pengecualian ini agar Kamu bisa diterima dan tidak ditolak.

(Baca Juga: Inilah Daftar Pekerjaan di Bidang Asuransi Kesehatan)

Setiap produk Asuransi juga memiliki limit atau plafon yang membatasi jumlah maksimum klaim biaya kesehatan umumnya, asuransi kesehatan menerapkan dua jenis limit pertama adalah limit gabungan semua perawatan dan kedua adalah limit perawatan. Ketimbang mendaftarkan rawat jalan, biaya rawat inap sebenarnya lebih mahal daripada yang kita bayangkan. Sebab saat rawat inap, tidak hanya pasien saja yang sakit namun juga penunggu pasien harus selalu mendapatkan biaya lainnya untuk konsumsi dan lainnya. Belum lagi giliran untuk menunggui pasien semalam dan yang kebutuhannya lebih banyak.

Jangan mengambil tawaran asuransi kesehatan melalui telepon, asuransi kesehatan lewat telepon menawarkan produk melalui telemarketing sangat mudah dicari mudah didapatkan.  Beberapa perusahaan asuransi ini biasanya bekerja sama dengan perbankan untuk melakukan auto debet dari rekening nasabah untuk menghindari telat membayar premi.

Asuransi Reimbursement

Jika Kamu menggunakan asuransi reimbursement maka Kamu harus menyiapkan dana terlebih dahulu jika masuk rumah sakit. Keuntungan dari asuransi reimbursement adalah Kamu bisa melakukan perawatan di rumah sakit manapun bahkan yang belum ada dengan rekanan bersama asuransi kesehatan. Sebab biaya dari perawatan di rumah sakit tersebut yang akan mendapatkan reimbursement dari rumah sakit.

Manfaat Asuransi Reimbursement

Memang dengan menggunakan fasilitas reimbursement ini Kamu akan agak sedikit repot karena harus mengajukan klaim dengan mengisi formulir dan melampirkan berbagai dokumen pendukung seperti KTP KK dan dokumen lain sebagainya untuk mendapatkan klaim. Dokumen yang dibutuhkan untuk mencairkan prosesnya adalah formulir klaim, nota pembayaran rumah sakit atau kuitansi asli, rincian biaya, hasil medis mendukung diagnosis, fotocopy dan identitas diri hingga resep obat yang diberikan oleh dokter. Setelah Kamu selesai dirawat dan telah membayar dan memberikan bukti klaim.

Reimbursement adalah jenis klaim asuransi yang cukup diminati, meski cara pengajuannya cukup rumit dengan berbagai dokumen pendukung. Meskipun Kamu harus mengeluarkan dana tunai di awal untuk membayar biaya perawatan. Namun setidaknya kerugian finansial mu masih bisa terlindungi setelah mengurus berbagai syarat untuk mendapatkan klaim reimbursement.

Asuransi dengan jenis pembayaran klaim reimbursement ini mungkin akan cocok buat Kamu yang memiliki pendapatan dan tabungan yang cukup banyak untuk membayar biaya perawatan saat sakit.

Lebih Untung Mana, Reimbursement atau Cashless?

Kamu sudah mantap untuk memiliki asuransi kesehatan?  Maka tentunya Kamu sudah bisa memutuskan mana jenis pembayaran klaim asuransi kesehatan yang akan menguntungkanmu. Jika Kamu seorang pebisnis yang memiliki mobilitas sangat tinggi, sering keluar kota atau pergi ke mancanegara untuk mengurus bisnis, seorang karyawan yang memiliki pekerjaan yang tetap ataupun Kamu telah menjadi pegawai negeri, maka jenis asuransi yang mungkin cocok Kamu gunakan adalah jenis asuransi cashless.

Sebab, asuransi cashless ini juga sangat cocok bagi Kamu yang punya mobilitas tinggi dan sering keluar kota dalam 1 bulan. Sehingga, Kamu bisa menggunakan asuransi cashless ketika tidak memegang uang sepeserpun dan sulit mengakses uang di daerah yang yang tidak ada ATM. Asuransi cashless dinilai lebih simpel dan cepat. Syaratnya juga sangat mudah, inilah yang membuat asuransi cashless cukup digemari kawula muda.

Sehingga Jika Kamu ingin memilih asuransi cashless tentu bakal menguntungkan. Karena Kamu bisa membayar biaya perawatan mu tanpa menarik uang tunai. Namun Kamu juga perlu tahu batasan limit dari biaya perawatan terlebih dahulu.

Sebab jika biaya yang di cover oleh asuransi kesehatan mu melebihi limit yang ditentukan. Maka Kamu harus tetap membayar biaya kelebihannya. Misalnya biaya perawatan rawat inap satu kamar dibanderol sekitar Rp350 ribu untuk 1 malam. Sementara limit yang Kamu miliki adalah Rp300 ribu, maka Kamu pun wajib membayar kekurangan biaya tersebut.

Keuntungan Memiliki Asuransi Tambahan

Nah, apabila Kamu memiliki kartu asuransi lainnya Kamu bisa memanfaatkan kartu asuransi tambahan. Diman Kamu bisa melakukan double klaim. Jika Kamu belum memiliki produk asuransi kesehatan, maka sebaiknya Kamu mulai mencari mulai dari sekarang. Sebab asuransi kesehatan dari pemerintah tidak mengcover seluruh penyakit lagi. Jika Kamu menggunakan klaim asuransi reimbursement pastikan seluruh dokumen lengkap dan Kamu mengisi formulir dengan keterangan yang sejujur-jujurnya agar klaim asuransi kesehatan bisa didapatkan.

Nah, demikian adalah keuntungan dari menggunakan asuransi dengan jenis klaim reimbursement dan asuransi cashless. Keduanya memberikan manfaat dan keuntungan yang berbeda. Namun, jika Kamu ingin mengajukan asuransi kesehatan, segera saja ajukan ke Cekaja.com untuk mendapatkan informasi produk asuransi terbaik dengan harga premi yang terjangkau.

Tentang Penulis