Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Beberapa Pengecualian Asuransi Perjalanan Ini Wajib Diketahui

by Maria Nofianti on 21 Februari, 2020

Tidak ada yang tak suka melakukan sebuah perjalanan, bepergian, dan berwisata, karena hal itu berguna untuk memperbarui semangat. Pergantian pemandangan memberi perspektif baru, kesempatan untuk melepaskan dan mungkin bahkan merasakan petualangan. Perjalanan atau travelling ini juga menjadi satu gaya hidup saat ini. Nah, agar lebih mantap melakukan perjalanan, lengkapi diri dengan asuransi perjalanan. Karena Asuransi perjalanan menyediakan fasilitas pengaman sehingga Anda dapat melangkah keluar dan bepergian dengan percaya diri.

pengecualian asuransi perjalanan

Namun asuransi perjalanan juga bergantung pada polisnya, asuransi perjalanan memberikan anda kompensasi atau menawarkan layanan ketika terjadi masalah dalam perjalanan. Misalnya saja Anda membuat reservasi yang tidak dapat dikembalikan dan kemudian harus membatalkan atau mengakhiri perjalanan lebih awal karena Anda sakit atau ada kematian dalam keluarga. Bagasi Anda hilang atau dicuri, ini pun menjadi bagian pertanggungan dalam asuransi perjalanan. Atau parahnya adalah Anda ketinggalan penerbangan atau mengalami keadaan darurat dan perlu bantuan menemukan hotel, dokter, atau bantuan hukum.

Membeli asuransi perjalanan adalah salah satu keputusan yang bijaksana jika kamu ingin melindungi perjalanan kamu dari serangkaian peristiwa yang tidak terduga. Karena kita tahu, bencana dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, seperti bencana alam, penerbangan yang terlewat, cedera atau sakit di luar negeri, operator tur bangkrut, atau bahkan tindakan terorisme. Tetapi dengan begitu banyak jenis asuransi perjalanan, banyak juga hal perlu diketahui mengenai asuransi perjalanan, dan  mungkin terasa mustahil untuk menentukan jenis asuransi perjalanan yang tepat untuk kamu hanya dalam sekali pilih. Jadi cermati baik baik setiap asuransi yang akan kamu ambil.

(Baca Juga: Istilah Dalam Asuransi Melahirkan)

Sebelum Anda membeli, luangkan sedikit waktu untuk membiasakan diri dengan cara kerja asuransi perjalanan, bagaimana harganya, dan apa yang dicakup dan dikecualikan. Asuransi dirancang untuk menanggung risiko finansial besar yang tidak ingin Anda tanggung sendiri. Anda tidak memerlukan asuransi perjalanan untuk perjalanan murah, tetapi dapat memberikan rasa aman ketika Anda membayar di muka pemesanan yang mahal atau merencanakan perjalanan besar ke luar negeri.

Semakin banyak orang Amerika membeli asuransi perjalanan. Sekitar 42,6 juta orang membeli beberapa jenis kebijakan perjalanan pada tahun 2016, peningkatan hampir 24% dari tahun 2014, menurut data terbaru dari Asosiasi Asuransi Perjalanan A.S (UStiA).

Jenis-Jenis Asuransi Perjalanan

Di bawah ini adalah ulasan singkat tentang jenis asuransi perjalanan yang umum digunakan oleh masyarakat. mungkin beberapa kebijakan akan menjadikannya berbeda-beda tergantung perusahaan asuransinya.

Asuransi Pembatalan atau Gangguan Perjalanan

Asuransi pembatalan perjalanan ini mencakup beberapa hal penting, misalnya saja jika peristiwa yang tidak terduga menyebabkan kamu membatalkan atau mengganggu perjalananmu. Secara umum, pertanggungan ini dimaksudkan untuk penyakit, cedera, atau kematian yang diderita oleh tertanggung atau anggota keluarga dekat tertanggung. Beberapa kebijakan juga mencakup pembatalan jika terjadi sakit, cedera, atau kematian kepada teman perjalanan tertanggung. Sebagian besar kebijakan mengecualikan pembatalan perjalanan jika terjadi perang, gangguan sipil, atau perubahan keadaan keuanganmu sendiri. Beberapa kebijakan juga mengecualikan perjalanan ke tujuan tertentu yang rentan terhadap kerusuhan politik.

Saat mempertimbangkan asuransi pembatalan perjalanan, luangkan waktu untuk memikirkan berapa banyak uang yang akan kamu habiskan sebelum perjalanan. Apakah kamu membeli tiket pesawat mahal yang tidak dapat dikembalikan? Apakah kamu meletakkan deposit besar yang tidak dapat dikembalikan pada biro perjalanan atau tur? Jika jawabannya adalah ya, atau jika kamu bisa membatalkan dengan alasan apa pun, maka membeli asuransi pembatalan perjalanan adalah ide yang bagus. Beberapa perusahaan asuransi perjalanan juga menawarkan kebijakan “batal demi alasan apa pun” yang komprehensif.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan mencakup beberapa jenis pertanggungan. Asuransi evakuasi medis darurat mencakup biaya transportasi jika dokter yang memenuhi syarat menentukan bahwa kamu harus dievakuasi untuk perawatan ke fasilitas medis terdekat atau ke negara asal (jika diperlukan), karena cedera atau sakit. Asuransi ini sangat direkomendasikan untuk penumpang kapal pesiar dan pelancong yang mengunjungi daerah terpencil atau negara berkembang.

Seperti jenis asuransi lainnya, asuransi perjalanan tidak mencakup semuanya. Wisatawan dengan klaim yang gagal seringkali akan menjadi frustasi karena mereka merasa telah ditipu. Frustrasi ini dapat dihindari dengan memahami apa yang dicakup dan apa pengecualian asuransi perjalanan yang anda miliki. Informasi ini disediakan dalam sertifikat polis, yang harus kamu tinjau selama periode masa tenggang.

Misalnya, asuransi pembatalan perjalanan tidak mencakup pembatalan dalam setiap keadaan yang memungkinkan; untuk memenuhi syarat untuk itu, kamu harus membeli tambahan “batal karena alasan apa pun”. Jika ada waktu untuk membaca mengenai asuransi perjalanan, belilah asuransi perjalanan terbaik agar anda lebih aman dan nyaman. Pepatah lama berkata “kamu mendapatkan apa yang kamu bayar” cenderung berlaku di sini. Paket asuransi yang lebih murah biasanya mencakup cakupan yang kurang komprehensif, ya harga akan menyesuaikan fasilitas.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang biasanya masuk dalam pengecualian asuransi perjalanan. Beberapa kasus bisa membeli tambahan perlindungan spesial untuk pengecualian asuransi perjalanan ini.

1. Kerugian karena kondisi yang ada sebelumnya

Cakupan asuransi perjalanan tidak mencakup sebagian besar kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, dan definisi “sudah ada” seringkali tergantung pada waktu kapan kamu didiagnosis dan kapan kamu membeli asuransi perjalanan ini. Periode ini biasanya 60, 90, atau 180 hari sebelum hari kamu membeli asuransi perjalanan ini. Singkatnya, asuransi perjalanan tidak menanggung kerugian karena kondisi yang menunjukkan gejala atau perawatan selama masa bebas lihat. Kamu akan ditanggung untuk kerugian karena apa yang disebut kondisi “stabil” di mana tidak ada perubahan dalam pengobatan atau gejala telah terjadi.

Katakanlah kamu menderita radang sendi selama beberapa tahun, tanpa ada flare-up besar atau perubahan obat dalam enam bulan terakhir. Dalam hal ini, kamu kemungkinan akan ditanggung jika mengalami keadaan sakit hebat dan membuatmu lemah selama perjalanan. Tetapi jika kamu telah mengalami masalah dengan kondisi di bulan-bulan menjelang liburanmu, asuransi perjalanan kamu tidak akan mungkin untuk menutupi kerugian yang berkaitan dengan arthritis kecuali kamu membeli add-on atau tambahan fasilitas tertentu.

2. Perawatan gigi

Perawatan gigi rutin tidak termasuk dalam cakupan asuransi perjalanan, meskipun ada trauma gigi yang mungkin dalam beberapa keadaan tertentu. Satu kebijakan yang biasanya bisa diberikan perlindungan hanya untuk kerusakan pada “gigi alami yang sehat”, misalnya.

3. Kerugian karena gangguan mental atau emosional

Sebagian besar polis asuransi perjalanan memasukkan pengecualian asuransi perjalanan dengan klaim yang melibatkan gangguan kejiwaan atau emosional seperti skizofrenia, gangguan bipolar, atau depresi. (Dalam kasus yang jarang terjadi, kebijakan dapat mencakup kondisi ini jika rawat inap diperlukan.)

4. Perjalanan untuk prosedur medis

Sebagian besar asuransi perjalanan tidak akan mencakup masalah yang timbul bagi mereka yang bepergian khusus untuk mendapatkan perawatan medis (seperti prosedur yang tersedia di luar negeri yang tidak tersedia atau terlalu mahal di rumah). Pengecualian asuransi perjalanan ini hanya bisa didapatkan melalui asuransi kesehatan.

5. Kehamilan dan persalinan

Jika kamu hamil dan melahirkan saat bepergian, pertanggungan asuransi perjalanan kamu umumnya tidak termasuk biaya melahirkan. Namun, kamu mungkin memiliki pertanggungan untuk komplikasi yang terkait dengan kehamilan atau persalinan. Ini adalah satu untuk memeriksa dengan hati-hati sebelumnya jika kamu berencana untuk bepergian saat hamil.

6. Bencana alam yang dimulai sebelum kamu membeli asuransi

Asuransi perjalanan biasanya mencakup kerugian akibat badai atau badai tropis, tetapi kamu harus melakukan pembelian sebelum badai disebutkan. Kondisi serupa biasanya berlaku untuk bencana alam lainnya; jika kamu membeli polis setelah gunung berapi mulai meletus, misalnya, kamu tidak akan ditanggung atas kerugian apa pun yang terkait dengan aktivitas gunung berapi itu.

7. Aktivitas dan olahraga beresiko

Banyak polis asuransi perjalanan mengecualikan kerugian karena olahraga petualangan seperti bungee jumping, ski backcountry, snowboarding, rafting, caving, sky diving, scuba diving. Beberapa kebijakan telah membuat aturan lebih jauh, menerapkan pengecualian asuransi perjalanan untuk setiap olahraga yang melibatkan kontak tubuh. Jika kamu merencanakan liburan yang melibatkan olahraga aktif, periksa dengan cermat ketentuan kebijakan kamu sebelum melakukan.

8. Reservasi yang hilang atau akomodasi dobel

Perlindungan asuransi perjalanan tidak termasuk snafus penginapan tertentu. Reservasi hotel yang hilang harus diambil dengan perusahaan atau agen perjalanan yang kehilangan itu. Dan jika kamu menemukan orang lain di tempat menginap untuk liburan yang kamu pesan, kamu harus komplain ke situs tempat kamu memesan.

9. Penipuan tiket

Jika kamu menemukan tiket acara atau tamasya kamu ternyata palsu, asuransi perjalanan biasanya tidak akan melindungi kamu. Pastikan kamu menggunakan tiket terpercaya atau outlet tur. Jadi sangat penting juga memilih jasa tour and travel saat melakukan perjalanan ya, dan jika tidak menggunakan jasa tur, maka pastikan kamu membeli setiap tiket di tempat atau agen tiket resmi.

10. Perubahan Menit Terakhir

Jika jalur pelayaran atau operator tur kamu membuat perubahan rencana perjalanan atau menit terakhir, asuransi perjalanan biasanya tidak akan mencakup semua masalah perjalanan yang disebabkan olehnya, kecuali jika hal itu melibatkan pengurangan total. Kamu bisa mencoba menghubungi operator yang bertanggung jawab atas perubahan tentang kompensasi.

11. Seks, narkoba, dan alkohol

Kelihatannya mungkin menyenangkan pada saat itu, tetapi kamu harus berperilaku dengan cara yang melindungi diri kamu untuk dilindungi. Pikirkan baik-baik tentang keputusan yang kamu buat. Jika kamu mabuk atau menggunakan obat-obatan (yang belum diresepkan), kamu terjangkit penyakit menular seksual, dan klaim kamu dihasilkan dari tindakan ini, maka perusahaan asuransi perjalanan tidak akan dapat melindungi kamu. Jadi pastikan berperilaku dengan benar jika ingin mendapatkan perlindungan yang maksimal dari asuransi perjalanan kamu.

Nah itu dia hal yang umum yang bisa dimasukkan dalam pengecualian asuransi perjalanan kamu. Jika kamu tidak mau mengalami gagal klaim sebaiknya perhatikan hal-hal di atas. Pastikan dan selalu baca ketentuan dan aturan polis secara menyeluruh agar kamu tidak merasa ditipu oleh asuransi perjalanan., Dan kamu juga akan menemukan berbagai pilihan paket asuransi perjalanan saat membeli polis asuransi. Jadi secara umum, asuransi perjalanan dijual sebagai paket, yang dikenal sebagai paket komprehensif, yang mencakup berbagai cakupan. 

Lindungi keluarga dan dirimu dengan produk asuransi perjalanan lengkap dari Cekaja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis