Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Tips Memilih Asuransi Mobil Bekas Untuk Kamu Yang Sayang Kendaraanmu

by Gesti Weningtyas on 26 Februari, 2020

Memiliki mobil bekas bukan berarti tak membutuhkan asuransi mobil. Justru dengan membeli mobil bekas, tingkat kerusakan yang akan diderita semakin tinggi. Jadi kamu pasti akan membutuhkan asuransi mobil untuk mengcover berbagai risiko yang mungkin saja bisa terjadi pada mobilmu. Apalagi dengan tingkat kecelakaan yang cukup besar di Indonesia.

Tips Asuransi Mobil Bekas

Seperti yang kita ketahui harga dari mobil baru dan mobil bekas sangat berbeda. Misalnya setiap tahun mobil baru akan mengalami penyusutan harga purna jual hingga lebih atau kurangnya 10%.

Sehingga banyak peminat mobil bekas Karena harganya lebih murah dan kondisinya masih baik. Meskipun demikian mobil tetap harus dilindungi dengan Asuransi apalagi rawan dengan risiko kecelakaan dan kehilangan.

Asuransi mobil akan memberikan proteksi tergantung dari jenis perlindungan yang kamu pilih. Sebab, ada dua jenis asuransi mobil yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, asuransi total loss only yang memberikan perlindungan jika mobil mengalami kerusakan 75 persen atau lebih, atau asuransi all risk yang memberikan proteksi secara menyeluruh, baik kerusakan ringan maupun berat.

Meski demikian, memilih asuransi untuk mobil bekas bukan hal yang mudah mengingat mobil bekas memiliki kemungkinan tingkat kerusakan yang lebih tinggi ketimbang mobil baru.

Tak hanya itu, ada beberapa prosedur yang harus dijalani seperti pemeriksaan mobil sebelum asuransi mobil disetujui oleh perusahaan asuransi terkait. Ada survei dan appraisal yang harus dijalani mobil bekas untuk mendapatkan proteksi dari produk asuransi mobil.

Untuk itu, kamu bisa mencoba tips memilih asuransi mobil bekas berikut ini:

1. Pilih Jenis Asuransi Mobil

Sebaiknya dalam membeli produk Asuransi hal yang pertama harus kamu pastikan adalah kondisi mesin dan bagaimana kondisi luar mobil . Dengan demikian kamu bisa memastikan asuransi mobil bekas yang akan kamu beli itu bisa sesuai dengan kebutuhan kamu.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dua jenis asuransi bisa kamu pertimbangkan yaitu asuransi all risk atau asuransi total loss only. keduanya akan memberikan jaminan risiko yang akan terjadi pada kendaraan kamu. asuransi all risk mungkin akan cocok buat kamu yang memiliki mobil bekas yang berusia di bawah 5 tahun sehingga semua resiko yang mungkin akan terjadi pada mobil baik kecelakaan besar maupun kecil akan mendapatkan perlindungan.

Hal yang sebaliknya jika kamu memilih asuransi total loss only maka kerusakan kendaraanmu yang dijamin adalah 75% saja sehingga kerusakan kecil di bawah 75% tidak akan dijamin oleh jenis asuransi total loss only ini. besaran dari nilai premi yang harus dibayarkan dari ke-2 jenis asuransi mobil tersebut juga cukup berbeda sehingga kamu bisa memilih asuransi mobil yang sesuai dengan mobil bekas yang telah kamu beli itu sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Biasanya beberapa perusahaan asuransi akan menyarankan asuransi total loss only bila kamu memiliki mobil bekas. Sedangkan untuk premi yang dibayarkan mungkin akan berbeda karena tergantung dari jenis mobil dan tahun produksi mobil yang akan kamu asuransikan.

Namun kamu bisa saja mengkombinasikan asuransi all risk dan total loss only untuk mobil bekas. Misalnya saja pada awal pembelian hingga tahun kedua kamu bisa menggunakan asuransi mobil allrisk agar risiko kerusakan ringan tetap ber cover.

Namun setelah mobilmu makin bertambah usia kamu bisa mengganti asuransi mu menjadi asuransi total loss only dengan biaya premi yang tentunya lebih kecil dan lebih ringan di dompet. Alhasil, kamu bisa mendapatkan proteksi dari kedua jenis asuransi tersebut.

2. Perusahaan Asuransi Terbaik

Agar manfaat dari asuransi mobil yang akan kamu dapatkan sesuai maka pilih perusahaan asuransi yang terpercaya. Tentu saja hal pertama yang perlu kamu pastikan adalah perusahaan asuransi tersebut memiliki rekam jejak yang baik. Selain itu perusahaan asuransi yang akan kamu beli produk asuransi mobil bekas juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Pastikan perusahaan asuransi yang kamu pilih memang perusahaan yang sudah ahli dan profesional. Tentunya memiliki reputasi yang bagus dalam menyelesaikan beberapa klaim.

Jadi kamu harus memeriksa juga waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan asuransi untuk memproses klaim dan waktu pembayarannya.

Kamu bisa melihatnya lewat beberapa keluhan yang diadukan oleh konsumen lembaga Jasa Keuangan terkait produk asuransi yang mereka gunakan. Bandingkan berapa jumlah pengaduan atau keluhan yang diterima dengan yang sudah terselesaikan.

(Baca Juga: Berapa Sih Biaya Asuransi Mobil?)

Jika lebih banyak keluhan berarti perusahaan asuransi itu tidak bisa diandalkan. Jadi, waspada sejak awal adalah hal yang sangat penting.

Hal lainnya adalah bengkel rekanan perusahaan yang juga patut jadi bahan pertimbangan titik kamu bisa memilih perusahaan asuransi yang memiliki banyak bengkel rekanan dan tentunya diharapkan bisa dipercaya dan mempermudah kamu dalam melakukan perbaikan.

Hal ini akan memberikanmu lebih banyak kemudahan jika sewaktu-waktu mobilmu mengalami kerusakan atau kecelakaan.

Sebaiknya kamu memilih perusahaan asuransi selain memiliki bengkel rekanan dan bisa dipercaya. Pilih yang jaraknya dekat dengan rumah atau kantormu. Sehingga kamu tidak butuh waktu yang lama untuk mencapai bengkel rekanan perusahaan asuransi tersebut.

Kamu bisa melihat jejak pengen ke kanan dan pastikan mereka memiliki kemampuan yang baik dalam memperbaiki mobil dan memiliki rekam jejak yang baik pada klien klien sebelumnya

3. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda terkait jenis asuransi mobil. Kebutuhan ini selain jenis asuransi yang akan digunakan tapi juga jumlah premi yang harus dibayarkan.

Untuk itu agar manfaat yang akan kamu dapatkan sesuai dengan nilai yang kamu keluarkan maka, pastikan semua sesuai dengan kebutuhan. Hal ini terkait dengan berapa biaya yang harus kamu keluarkan dalam mengajukan asuransi mobil bekas.

Jangan sampai, asuransi mobil yang kamu beli bukannya memberikan manfaat malah memberikan kamu tambahan beban karena tidak sanggup membayar. Jadi pastikan sesuai dengan kemampuan untuk membayar dan tidak memberatkan keuangan.

Premi asuransi all risk biasanya akan lebih tinggi dibandingkan total loss only. Karena kerusakan yang ditanggung oleh asuransi all risk ini akan lebih besar dibandingkan total loss only. Jadi kamu bisa mempertimbangkan mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pertimbangan lainnya yang perlu dipikirkan untuk mengambil produk Asuransi adalah fitur layanan perusahaan asuransi yang memudahkan seperti call center 24 jam penuh dan cepat dalam menanggapi laporan client serta memiliki fasilitas ambulans dan mobil derek jika suatu waktu memang dibutuhkan. Dengan mengetahui adanya fitur seperti ini maka kita pun jadi lebih nyaman dan tenang saat berkendara maupun mengalami kecelakaan.

4. Usia Mobil Bekas

Kamu juga harus memperhatikan faktor usia mobil yang dapat diasuransikan. Karena ada batasan usia yang perlu diperhatikan saat kamu memilih asuransi mobil bekas di asuransi all risk hanya menerima mobil bekas yang berusia di bawah 9 tahun saja.

Sementara asuransi total loss only menerima mobil bekas di bawah 15 tahun. Namun tidak semua perusahaan asuransi memiliki aturan yang sama. Biasanya ada beda batas usia mobil di masing-masing perusahaan asuransi.

Selain selain hal tersebut, kamu juga harus tahu jika biaya premi asuransi mobil juga akan dipengaruhi oleh kondisi mobil bekas yang akan kamu asuransikan titik misalnya mobilmu pernah dimodifikasi sebelumnya atau ada bekas tabrakan dan terkena banjir. Jika mobilmu pernah mengalami hal-hal seperti ini premi yang dibayar bisa saja lebih besar.

Sebaiknya kamu memilih mobil bekas dengan mobil bekas yang memenuhi kriteria yaitu terbaik saat mobil digunakan baik dari sisi proteksi dan sisi harga.

Biasanya mobil bekas terlebih dahulu akan ditaksir harga pasarannya hal ini beda dengan mobil baru yang harganya sudah pasti berdasarkan harga pembelian on the road. Selain itu ada juga survei dengan mobil yang akan diasuransikan untuk menghitung risiko yang mencakup survei fisik hingga mengecek kerusakan mobil second yang sudah ada sebelumnya.

5. Rekomendasi Dealer Mobil

Biasanya setiap dealer mobil akan memberikan rekomendasi dari perusahaan yang menurut mereka bisa dipercaya dan cukup bagus dalam pelayanan maupun pengajuan klaimnya.

Sehingga tidak ada salahnya untuk mendengarkan dan mencoba dari rekomendasi dealer tempat kamu melakukan servis mobil.

Manfaat Asuransi Mobil Bekas

Jika ditimbang dengan manfaat proteksi asuransi mobil bekas ini memang memberikan keuntungan untuk melindungimu dari kerugian finansial. Pasalnya tidak ada yang tahu kapan musibah dan kecelakaan akan datang. Sehingga tak ada salahnya memiliki asuransi mobil bekas sebagai proteksi dan perlindungan untuk keluarga.

Tidak perlu terlalu cepat mengambil keputusan mana produk asuransi yang akan kamu beli karena hal yang terpenting adalah kamu bisa menemukan produk asuransi yang terbaik dan paling tepat alias paling sesuai bagi mobilmu. Di beberapa perusahaan asuransi mungkin saja akan kelihatan sama namun setelah mencari berbagai informasi dengan detil kamu bisa menentukan pilihan dan tentu saja menemukan 1 produk yang sangat tepat.

Semua mobil adalah aset yang tentunya sangat berharga dan mendapatkan perhatian maupun perlakuan yang sama dalam hal jaminan perlindungan nya di masing-masing perusahaan asuransi. sehingga kamu bisa memastikan mobilmu mendapatkan perlakuan yang sama.

Kabar gembiranya jika pemilik mobil sebelumnya telah mempunyai asuransi mobil dan asuransi tersebut masih berlaku maka hal ini tentunya bakal memudahkan kamu pasalnya Jika kamu mau meneruskan pertanggungan asuransi mobil itu maka kamu dan pemilik mobil sebelumnya hanya harus membuat pernyataan tertulis. Selanjutnya kamu bisa memberitahukan hal tersebut kepada pihak asuransi jika telah terjadi pengalihan kepemilikan mobil tersebut.

Jangan lupa untuk selalu mempelajari polis asuransi mobil sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk membeli produk Asuransi tersebut.

Ketahui juga jenis jaminan asuransi nya baik jaminan total loss only atau jaminan all risk dan berbagai manfaat yang akan kamu gunakan nantinya seperti dan tanggung jawab hukum perlindungan kecelakaan diri serta sampai dengan ketentuan no claim bonus.

Nah, demikian adalah tips memilih asuransi untuk mobil bekas. Untuk mendapatkan dan membandingkan produk asuransi terbaik kamu bisa membandingkan dan mengajukannya di CekAja.

Tentang Penulis