Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review Asuransi AXA Smart Traveller Platinum Untuk Yang Hobi Travelling

by Maria Nofianti on 27 Februari, 2020

Mengapa bepergian keliling dunia dan melakukan travelling itu sangat penting untuk kita lakukan?

review asuransi axa smart traveler platinum

Ya, ada banyak sekali alasan orang melakukan travelling, baik itu di dalam negeri, atau ke luar negeri. Salah satunya karena bepergian lebih mudah dari yang Anda pikirkan, terlebih jika kita memiliki uang yang cukup untuk mendanai travelling kita. Jadi pada dasarnya bepergian ke seluruh dunia seharusnya tidak sulit, itu sebenarnya adalah sesuatu yang setiap orang harus dapat lakukan setidaknya sekali dalam hidup mereka. Untuk melakukan travelling bisnis atau sekedar main, melakukan travelling sangat penting untuk melihat apa yang ada di luar sana. Sebuah travelling membuka mata kita akan dunia. Bertemu dengan banyak orang dari beragam kelas, daerah, dll ini akan membuat kita menjadi manusia yang sangat berpengetahuan luas.

Menariknya lagi bagi traveller, travelling ini akan membantu kita untuk lebih mengenali diri kita sendiri. Sedangkan jika travelling atau travelling ini dilakukan bersama pasangan, maka travelling menciptakan hubungan yang lebih bermakna. Namun hal terpenting saat akan melakukan travelling jauh, misalnya ke luar negeri. Pastikan semua persiapan disiapkan dengan matang, kebutuhan dokumen yang akan membuat travelling menjadi lancar dan legal, dan juga asuransi yang akan membuat travelling anda semakin aman.

Banyaknya asuransi di Indonesia saat ini membuat segala aktivitas menjadi lebih mudah dan aman. Salah satunya  asuransi yang mendukung aktivitas travelling ke luar negeri. Ketika kamu melakukan travelling ke luar negeri ada baiknya kamu memiliki Travel Insurance atau asuransi travelling. Asuransi travelling ini akan memberikan  proteksi atas segala resiko yang terjadi saat kamu melakukan travelling. Namun masih banyak para traveler yang tidak menyadari bahwa memiliki asuransi travelling itu adalah hal yang penting. Mereka masih berfikir bahwa untuk biaya asuransi travelling saja itu sudah termasuk mahal dan membuang-buang uang. Padahal jika sudah memiliki asuransi travelling mereka akan mendapatkan banyak manfaat.

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi travelling antara lain:
  1. Membantu biaya perawatan medis saat travelling. Ketika melakukan travelling hal apa saja bisa terjadi salah satunya adalah kamu bisa jatuh sakit. Ini tentu akan  menyebalkan karena bisa merusak acara liburan kamu. Apalagi jika kamu harus berobat ke rumah sakit disana. Saat kamu memiliki asuransi travelling maka biaya perawatan Medis kamu akan ditanggung oleh asuransi.
  2. Memberikan ganti atas kerugian keterlambatan atau kehilangan bagasi. Bagi setiap  traveller kejadian-kejadian tentang bagasi yang rusak atau hilang memang sering terjadi. Dengan memiliki asuransi travelling Ini kerugian atas bagasi yang hilang akan diganti oleh asuransi.
  3. Pemberian kompensasi karena ketidaknyamanan dalam travelling. Selain resiko kehilangan bagasi atau au keterlambatan penerbangan hingga pembatalan travelling oleh maskapai , asuransi travelling tentu saja akan memberikan ganti rugi karena ketidaknyamanan itu. Pemberian kompensasi bisa berbeda-beda tiap perusahaan asuransi.
  4. Adanya sumbangan untuk kecelakaan yang bisa mengakibatkan kematian atau cacat. Ketika melakukan travelling liburan tidak ada satupun yang ingin mengalami kecelakaan. Tetapi juga itu sudah terlanjur terjadi dan mengakibatkan kematian atau cacat maka asuransi akan memberikan uang atau santunan.

Saat ini sudah banyak produk asuransi travelling yang terpercaya. Salah satu produk asuransi travelling yang bagus adalah AXA Smart Traveller Platinum. Asuransi travelling dari AXA ini akan memberikan perlindungan yang maksimal ketika kamu melakukan travelling ke luar negeri. Berikut ini adalah review asuransi AXA Smart Traveller Platinum untuk kamu yang hobi travelling.

(Baca Juga: Manfaat Asuransi untuk Pekerja)

Smart Traveler Platinum dari AXA memiliki cakupan destinasi travelling di seluruh dunia. Mata uang yang digunakan pada asuransi travelling Smart Traveller Platinum ini adalah dolar Amerika ketika kamu di luar negeri. Destinasi travelling ini juga termasuk ke dalam wilayah Schengen. Apa itu wilayah Schengen? Area schengen adalah area yang terdiri dari 26 negara Eropa yang secara resmi menghapus semua paspor dan semua jenis kontrol perbatasan lainnya di perbatasan timbal balik mereka. Area ini sebagian besar berfungsi sebagai yurisdiksi tunggal untuk tujuan travelling internasional dengan kebijakan bisa bersama.

Untuk ketentuan peserta dan durasi travelling dari asuransi Smart Traveller Platinum AXA dibagi menjadi 3 kategori antara lain:

  1. Peserta individu dengan jenis travelling sekali travelling dan maksimum durasi travelling 180 jam.
  2. Peserta pasangan dengan jenis travelling sekali travelling dan maksimum durasi travelling 180 jam.
  3. Peserta family dengan jenis travelling sekali travelling dan maksimum durasi travelling 180 jam bisa membawa anak maksimum 5 orang.
Resiko yang di tanggung oleh AXA Smart Traveller

Resiko-resiko apa sajakah yang bisa ditanggung oleh AXA Smart Traveller Platinum ini? Berikut adalah resiko yang bisa di cover oleh asuransi travelling Smart Traveller Platinum dari AXA.

  • Kehilangan bagasi dan barang milik pribadi
  • Kecelakaan  diri
  • Adanya gangguan dan pembatalan penerbangan
  • Ganti rugi biaya pengobatan karena kecelakaan
  • Biaya evakuasi medis dan pemulangan jenazah
  • Keterlambatan akan penerbangan
  • Penghentian travelling
  • Layanan 24 jam untuk bantuan medis darurat
Manfaat asuransi travelling Smart Traveller Planitum dari AXA

Berikut adalah manfaat lengkap dari asuransi travelling Smart Traveller Platinum dari AXA. Secara keseluruhan penggantian biaya yang akan diterima oleh pengguna asuransi Smart traveller platinum senilai Rp2,6 miliar. Untuk detailnya akan dijelaskan di bawah ini.

  • Kecelakaan diri yang mengakibatkan kematian, kehilangan salah satu anggota badan atau kelumpuhan total akibat kecelakaan selama travelling akan diberikan santunan Rp2,6 miliar. Uang pertanggungan itu akan digandakan jika kecelakaan itu terjadi di dalam pesawat terbang komersial yang  terjadwal. Uang santunan yang akan diberikan senilai Rp5,2 miliar.
  • Ganti rugi biaya pengobatan pemilik polis seperti untuk pengobatan gigi  yang disebabkan oleh kecelakaan, biaya operasi, biaya rumah sakit selama dalam travelling di luar negeri akan diberikan nilai Rp2,6 miliar. Apabila dilanjutkan pengobatan di rumah sakit di Indonesia karena kecelakaan yang telah terjadi di luar negeri maka akan diberikan senilai Rp16,25 juta dengan masa perawatan maksimum 3 bulan.
  • Jika terjadi resiko kematian pada saat travelling di luar negeri maka akan ada penggantian biaya untuk pemulangan jenazah kembali ke Indonesia  sesuai dengan biaya yang sebenarnya telah dikeluarkan.
  • Adanya perawatan anak dan kunjungan  buka. Ini akan diberikan kepada 1 orang yang baik keluarga atau teman yang akan menemani tertanggung untuk menjalani perawatan di rumah sakit di luar negeri. Jika tertanggung membawa anak maka akan ada biaya untuk satu orang lagi yang akan menemani anak itu kembali ke Indonesia. Nilainya sebesar Rp39 juta.
  • Jika ada keadaan darurat maka akan ada pelayanan medis dari mulai pendaftaran pengobatan perawatan dan garansi biaya pengobatan sampai hal membuat rujukan ke dokter Rumah Sakit, kedutaan, ataupun penerjemah. Asuransi ini juga akan memberikan ganti rugi sesuai dengan batas pertanggungan untuk biaya evakuasi medis.
  • Adanya tanggung jawab hukum pribadi untuk pihak ketiga yang terluka atau mengalami kerusakan barang karena kelalaian tertanggung ketika dalam travelling senilai Rp19,5 juta. 
  • Adanya ganti rugi untuk penundaan travelling yang menggunakan pesawat terbang sama kereta api atau kapal karena kejadian-kejadian seperti cuaca buruk, aksi pemogokan lama kerusakan mekanis, Penutupan Bandara atau Stasiun karena kejadian diluar kendali sebesar Rp1,3 juta per 6 jam sampai dengan Rp6,5 juta. 
  • Jika terjadi pembatalan travelling karena penundaan yang terlalu lama dan itu mengakibatkan uang muka yang sudah kamu bayarkan tidak bisa dikembalikan maka asuransi akan memberikan ganti rugi senilai Rp26 juta.
  • Ketika kamu kehilangan bagasi beserta barang-barang di dalamnya maka asuransi akan menanggung sesuai dengan limit pertanggungan yang sudah tertera di sertifikat polis titik untuk pengguna asuransi Smart Traveller Platinum akan diganti sebesar Rp32,5 juta.
  • Jika terpaksa dirawat di rumah sakit lebih dari 24 jam maka kamu akan memperoleh santunan tunai Rumah Sakit sebesar Rp6,5 juta.
(Baca Juga: Pengertian dan Perbedaan Asuransi Perjalanan Syariah)

Nah itu dia review asuransi AXA Smart Traveller  Platinum secara singkat. Sebenarnya masih ada banyak review-review asuransi AXA Smart Traveller Platinum yang lain. Tetapi kali ini kita akan membahas hal penting yang perlu kamu perhatikan untuk asuransi AXA Smart Traveller Platinum ini. Hal-hal penting tersebut adalah:

  • Ketika kamu membeli asuransi AXA Smart Traveller Platinum ini kamu harus berada di kondisi yang sehat dan layak untuk melakukan travelling. Jika tidak, maka bisa saja pihak asuransi akan menolak pengajuanmu, jadi pastikan kondisimu ok ya. Karena walaupun tidak ditolak, maka bepergian ke luar negeri dalam keadaan sakit itu jelas tak disarankan.
  • Ketika asuransi AXA Smart Traveller Platinum ini sudah aktif maka tidak akan ada  pengembalian premi dengan alasan apapun. So, pahami betul betul peraturan polis asuransi ini, agar kamu tak merasa bingung, kecewa atau merasa dikecewakan oleh asuransi yang kamu ambil.
  • Usia yang bisa dipertanggungkan dalam asuransi AXA Smart traveller ini adalah 1 tahun. Sedangkan maksimal usia yang bisa dipertanggung jawabkan adalah 85 tahun sebelum tanggal keberangkatan travelling.
  • Untuk tertanggung yang masih berusia 1 tahun sampai 17 tahun jika travelling didampingi orang tua atau wali baru akan mendapatkan jaminan. Sedangkan untuk yang sudah berusia 60 tahun hanya akan mendapatkan jaminan resiko kecelakaan saja. Jadi perhatikan usia kamu saat mengambil asuransi perjalanan ini.
  • Menurut review asuransi AXA Smart Traveller Platinum bahwa polis ini bisa otomatis diperpanjang paling banyak selama 7 hari travelling dengan tidak dikenakan premi tambahan.

Setelah kamu mengetahui manfaat asuransi travelling dari tulisan review asuransi AXA Smart Traveller Platinum ini semoga kamu bisa lebih memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan travelling keluar negeri. Ini tentunya karena resiko bisa saja terjadi dimanapun dan siapapun. Terlebih untuk saat ini, ancaman virus, penyakit, dan juga bencana alam mengintai dimana mana tanpa bisa kita hindari, jadi sangat bijaksana jika kita melakukan perjalanan ke luar negeri dan melengkapi diri dengan asuransi khusus perjalanan. Jadi sudah siap melakukan travelling dengan Asuransi AXA Smart Traveller Platinum ini kan?

Tunggu apa lagi? Seger lengkapi diri dengan asuransi terlengkap hanya di Cekaja.com

Tentang Penulis