Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

10 Jenis Asuransi Paling Aneh di Dunia, yang Kamu Pasti Tidak Ketahui

by Gesti Weningtyas on 28 Februari, 2020

Seperti yang telah diketahui, asuransi memberikan perlindungan dari segala risiko yang mungkin saja bisa terjadi. Sehingga, tak heran jika banyak orang membeli produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan dan berbagai jenis asuransi lainnya. Namun, perlu kamu ketahui, ternyata ada banyak jenis asuransi  paling aneh di dunia.

10 Jenis Asuransi Paling Aneh di Dunia, yang Kamu Pasti Tidak Ketahui

Selain aneh dan unik, asuransi ini mungkin tak bakal kamu temui di Indonesia, seperti asuransi pernikahan, asuransi hantu dan asuransi penculikan alien. Dengan adanya asuransi paling aneh di dunia seperti ini, artinya kesadaran orang untuk membeli produk asuransi sebenarnya cukup tinggi. Hal ini terlihat dari kemauan mereka untuk mengasuransikan hal yang kelihatannya paling remeh sekalipun. Berikut ini merupakan jenis asuransi paling aneh di dunia:

1. Asuransi Pernikahan

Asuransi pernikahan adalah produk yang dipertimbangkan untuk melindungi terhadap kerugian finansial jika terjadi pembatalan acara karena bencana alam atau tragedi pribadi, seperti kematian dalam keluarga. Bagian lain dari polis asuransi pernikahan ini adalah perlindungan tanggung jawab jika upacara pernikahan diadakan di luar tempat tradisional yaitu melindungi dari cuaca buruk, cedera, atau kecelakaan, dan pertanggungjawaban alkohol jika lokasi atau katering tidak memilikinya saat upacara pernikahan berlangsung. Menurut perusahaan asuransi AllState, beberapa polis juga mencakup pembatalan bulan madu pasangan.

2. Asuransi “Change of Heart”

Asuransi “change of heart” alias perubahan hati ini masih merupakan bagian dari asuransi pernikahan.  Kamu bisa mendapatkan perlindungan asuransi untuk perubahan tiba-tiba rencana. Misalnya, pengantin pria mendadak berubah pikiran dan kabur. Hal tersebut juga bisa saja terjadi pada pengantin wanita bukan?

Asuransi yang sering disebut Change of heart insurance ini memiliki polis asuransi yang mencakup biaya pernikahan (biaya rata-rata diperkirakan $ 26.645), karena tamu, katering, persewaan tempat, gaun pengantin, dan biaya toko bunga tentunya sudah memakan biaya yang tinggi. Rugi bukan, jika kamu sudah menyiapkan segalanya, calon pasanganmu malah berubah pikiran dan kabur. Asuransi yang cukup aneh, tapi nyatanya jenis asuransi ini cukup banyak diminati. Banyak yang kabur dan jadi pengantin galau, dong?

3. Asuransi Penculikan Alien

Asuransi penculikan alien ini ternyata cukup populer di Eropa, di mana satu perusahaan asuransi yang berbasis di Inggris telah menjual lebih dari 30.000 polis asuransi di seluruh benua. Premi bisa dibilang cukup mahal, yaitu hingga  150 dollar per bulan atau sekitar Rp2 juta dengan total pertanggungan $1,5 juta atau berkisar Rp19,5 Miliar, menurut sumber. Namun, perlu dicatat bahwa sebagian besar terlepas dari apakah polis itu satire atau tidak,

kamu harus menunjukkan bukti bahwa piring terbang – dan pria hijau kecil yang menyodok dan mendorongmu  dengan nyata, untuk mengumpulkan bukti kerusakan. Merepotkan ya?

4. Asuransi Bayi Kembar

Calon orang tua tidak akan lagi terkejut dengan quadruplet lagi, karena ultrasound dan teknologi medis canggih dapat mempersiapkan jauh-jauh hari. Namun, ternyata hal ini tidak membuat ibu dan ayah lebih siap secara finansial untuk sekumpulan kebahagiaan (harfiah) yang disampaikan dari Mr. Stork. Jadi, kamu dapat mempertimbangkan untuk membeli polis asuransi kelahiran kamu atau kembar, yang mana premi tersebut harus dibeli pada saat hamil. Jika hasil kembar atau lebih, kebijakan membayar tunai sesuai dengan itu untuk mengkompensasi biaya tambahan yang dibawa bayi tambahan. Jadi, orangtua pun tak khawatir bakal ketambahan biaya setelah melahirkan karena bayinya kembar dua atau kembar tiga.

5. Asuransi Kutu Busuk Tempat Tidur

Penyewa dan polis asuransi pemilik rumah cukup komprehensif. Tapi mereka tidak melindungimu terhadap “tamu rumah” yang paling invasif dan tidak disukai, yaitu kutu busuk. Biayanya lebih dari $ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta untuk memusnahkan mereka dari domisili. Itu belum termasuk biaya untuk mengganti kasur yang penuh!

(Baca Juga: Inilah Jenis-Jenis Asuransi Di Indonesia Yang Perlu Kamu Tahu)

Kamu dapat mempertimbangkan untuk menambahkan asuransi kutu busuk kasur ke penyewa yang ada atau polis asuransi pemilik rumah; dan jika Kamu sering bepergian, Kamu dapat menambahkan cakupan perjalanan ke pengendara Kamu, karena sebagian besar hama menyebalkan ini juga berada di luar rumah. Bukan tidak mungkin, penginapan yang kamu tinggali ternyata ada kutu busuknya di kasur dan bikin seluruh badan jadi gatal-gatal.

6. Asuransi Truk Makanan

Ada truk makanan yang baik dan yang buruk, tetapi truk makanan alias Food Truck ini juga membutuhkan perlindungan asuransi. Jangan bingung dengan asuransi restoran, asuransi truk makanan – atau, untuk para pemilik, “asuransi kendaraan layanan makanan” – melindungi terhadap kewajiban seperti penyakit bawaan makanan, cedera pribadi, atau kerusakan lainnya.  Ini mungkin adalah ide yang cukup bagus, mengingat bagaimana satu api besar di dapur dapat menghancurkan truk makanan, dan seluruh bisnismu.

Tentu saja, apapun bisa terjadi termasuk risiko kebakaran yang bisa saja menghampiri truk makanan, apalagi mengingat kegiatan memasak yang dilakukan di dalam truk makanan. Tentunya ledakan maupun kebocoran gas bisa saja terjadi sewaktu-waktu/

7. Asuransi Hantu

Obsesi terhadap hantu dan roh tampaknya semakin selangkah lebih maju dengan asuransi hantu. Asuransi ini dapat melindungi Kamu dari kematian atau cacat tetap akibat serangan hantu. Contoh pertama dari asuransi ini diambil di bar Inggris di mana salah satu pelanggan percaya bahwa mereka melihat hantu berkeliaran. Manajemen ingin melindungi staf mereka dari kemungkinan cedera karena roh hantu tersebut.

Jadi, jika ada tamu yang datang di bar tersebut dan mengalami cedera atau meninggal dunia karena hantu, bisa mendapatkan klaim sebesar satu juta poundsterling.

8. Cedera Karena Kejatuhan Buah Kelapa

Di pedesaan, keberadaan pohon kelapa adalah hal biasa. Bahkan memanjat pohon ini untuk mengambil nira yang akan dijadikan gula adalah sebuah pekerjaan. Namun tahukah kamu, kalau buah kelapa yang jatuh ternyata juga dijadikan sebuah manfaat polis asuransi tambahan bagi sebuah perusahaan.

Buah kelapa yang jatuh ternyata bisa membunuh 150 orang di seluruh dunia setahun. Fakta itu adalah dasar bagi Travel Agency Club Direct untuk memasukkan cedera dengan menjatuhkan kelapa dalam polis asuransi mereka. Meskipun tidak ada laporan bahwa ada orang yang mengajukan klaim melalui Club Direct terkait cedera kelapa, ada kasus yang berhubungan dengan kelapa dan pembayaran di Hawaii. Seorang petugas polisi dipukul kepalanya dengan kelapa yang jatuh saat mengeluarkan daun dari trotoar umum. Petugas itu mendapatkan klaim sebesar $39.000 atau sekitar Rp 500 juta.

9. Asuransi Bagian Tubuh

Aktor, penyanyi, atlet, dan penghibur dibayar mahal untuk melakukan apa yang mereka lakukan, jadi sepertinya mereka ingin mengasuransikan aset yang membuat mereka kaya dan terkenal, karena karier mereka tidak akan ada artinya tanpa mereka.

Misalnya, Bruce Springsteen pernah mengasuransikan suaranya sebesar $ 6 juta. Gene Simmons diduga memiliki lidah merek dagangnya yang sangat panjang dan diasuransikan senilai $1 juta selama masa kejayaan 70-an Kiss. Selain  itu, berikut adalah asuransi bagian tubuh yang dilakukan oleh para artis ternama

Asuransi Bagian Tubuh Artis
1. Kaki Heidi Klum

Kaki supermodel adalah bagian paling penting dari tubuh mereka, jadi tak heran saat tersiar kabar bahwa Heidi Klum mengasuransikan miliknya lebih dari satu juta dolar pada tahun 2004. Namun, hal yang paling aneh tentang kebijakan ini adalah bahwa kaki kanannya adalah dihargai lebih dari kaki kirinya. Jika sesuatu terjadi padanya maka pembayaran akan lebih besar untuk sisi yang kanan.

2. Rambut Dada Tom Jones

Salah satu polis asuransi selebriti asli dan teraneh sepanjang masa harus berasal dari penyendiri Tom Jones. Lloyds of London bertanggung jawab atas kebijakan yang akan membayar jutaan dolar jika terjadi apapun pada rambut dadanya yang berharga.

3. Gigi dan Gusi America Ferrera

Bintang Ugly Betty, America Ferrera, diasuransikan gigi dan gusinya dengan $10 juta ketika dia menandatangani kesepakatan dengan Aquafresh White Trays. Ini adalah polis asuransi yang dicakup oleh Lloyds of London dan mencakup semua perawatan gigi yang diperlukan selama ia dipasangkan dengan merek kosmetik gigi. Aquafresh White Trays mengeluarkan polis atas namanya dan Ms. Ferrera dilaporkan tersanjung mengetahui bahwa giginya sangat berharga.

4. Perlindungan Luka David Beckham

Salah satu olahragawan paling terkenal yang pernah mendapatkan asuransi untuk tubuh mereka adalah David Beckham, yang seluruh karirnya diasuransikan senilai $151 juta. Polis asuransi ini melindunginya dari cedera yang mengancam jiwa yang mungkin secara permanen membuatnya absen dari permainan, dan ketika ia menjalani operasi lutut yang terkenal, banyak yang bertanya-tanya apakah ia akan mendapatkan pembayaran itu setelah orang mempertanyakan kesembuhannya.

5. Suara Rod Stewart

Seorang penyanyi dengan sedikit lebih substansi untuk polis asuransinya adalah Rod Stewart, yang suaranya diasuransikan sekitar $6 juta. Rod Stewart berusia tujuh puluhan sekarang, tetapi masih secara teratur melakukan dan melakukan tur dunia, jadi tidak heran dia ingin suaranya dilindungi. Apalagi semakin lanjut usia, tentunya risiko terjadi gangguan pada suaranya semakin besar.

5. Jari Keith Richard

Bagi seorang gitaris terkenal seperti Keith Richard, jari merupakan aset yang penting dan sangat berharga. Itulah mengapa ia mengasuransikan jarinya senilai 1,6 juta dollar AS. Pasalnya, kalau jarinya mengalami cedera yang serius, tentunya akan berpengaruh pada permainan gitarnya.

6. Rambut Troy Polamalu

Troy Polamalu ini merupakan atlet rugby yang memiliki rambut yang super besar, lebat dan panjang karena ia tidak memotong rambutnya selama 10 tahun.  Ia mendapatkan asuransi rambutnya dari kerjasama dengan Head n Shoulder, perusahaan shampoo rambut yang cukup ternama di dunia. Nilai asuransinya yakni sebesar 1 juta USD atau sekitar 13 miliar. Wow.

Ajukan Asuransi

Dengan melihat banyaknya jenis asuransi paling aneh di dunia, artinya banyak orang yang sadar bahwa memiliki asuransi adalah hal yang sangat penting untuk memberikan proteksi menyeluruh pada diri sendiri maupun keluarga. Sebab, tak ada yang tahu kapan bencana akan datang, berikut juga dengan risiko lainnya yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu seperti sakit hingga kecelakaan.

Kamu bisa mengajukan produk asuransi sesuai dengan kebutuhanmu segera. Jangan lupa untuk membandingkan dari setiap polis asuransi yang bakal kamu pilih. Pastikan asuransi yang akan kamu beli sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Jangan ragu untuk membandingkan produk asuransi pilihanmu dengan yang lain untuk mendapatkan harga premi yang sesuai.

Tentang Penulis