Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Intip 5 Kelebihan Membeli Asuransi Secara Online

by Rini Agustina on 2 Maret, 2020

Kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi kian meningkat. Setiap pekerja Indonesia rata-rata telah dilindungi setidaknya oleh dua jenis proteksi yakni asuransi jiwa dan kesehatan, baik yang dibeli dari produk pemerintah maupun swasta. Sayangnya, jumlah pembeli asuransi ini lebih banyak adalah kaum pekerja, sebagian lagi yang berprofesi sebagai pekerja lepas atau pengusaha belum jamak menggunakan asuransi.

Intip 5 Kelebihan Membeli Asuransi Secara Online

Alasan utama keengganan mereka membeli produk asuransi adalah informasi yang simpang siur, dan dianggap ribet. Sebab calon pemegang polis kudu bertemu dengan agen asuransi lebih dulu untuk mengetahui manfaat yang ditawarkan.

(Baca juga: Ini Pengertian Dan Perbedaan Pinjaman Kilat Dengan Pinjaman Lainnya!)

Khususnya untuk jenis asuransi individu. Untuk itu, kini perusahaan asuransi sudah mulai menyiapkan pembelian asuransi yang bisa diakses secara online, sehingga dapat dijangkau dengan mudah oleh siapapun.

Tentang Asuransi Online

asuransi online adalah produk proteksi diri yang dibeli dengan menggunakan jaringan internet, tanpa tatap muka dengan agen. Proses klaim maupun penandatangan perjanjian polis bisa dilakukan secara online dengan mengunduh berbagai dokumen yang dibutuhkan.

Jika dulu kita mesti mengunjungi kantor perusahaan asuransi terkait saat ingin membuat polis maupun mengajukan klaim. Kini semuanya jadi lebih mudah karena semua proses melalui sistem online.

Sementara untuk harga premi rata-rata ditawarkan dibawah harga pasaran alias lebih rendah. Misalnya saja asuransi kesehatan AXA Life & Save yang bisa dibeli mulai dari Rp 15.000 per bulan. Tentunya besar premi ini berpengaruh pada nilai pertanggungan yang juga tidak besar.

Anda tetap bisa memilih pertanggungan sesuai keinginan, karena biasanya asuransi online menyediakan banyak pilihan untuk jumlah cicilan premi. Hampir semua jenis asuransi bisa dijual secara online, mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, kendaraan, perjalanan hingga perlindungan untuk properti Anda. Kehadiran asuransi online memudahkan kita membandingkan berbagai jenis asuransi yang ada di Indonesia.

5 Kelebihan Membeli Asuransi Secara Online

Kehadiran asuransi digital yang dapat Anda akses secara online, tentunya memberikan keuntungan tersendiri. Jika dirunut inilah beberapa kelebihan membeli asuransi secara online:

1. Lebih Efisien dan Praktis

Hanya berbekal ponsel pintar Anda sudah bisa mengakses puluhan perusahaan asuransi, mempelajari paket dan manfaat yang ditawarkan juga  menimbang besar premi yang harus dibayar.

Selain itu asuransi online biasanya memberikan layanan nonstop 24 jam, sehingga Anda dapat mengajukan keluhan maupun pertanyaan dan bantuan kapanpun dan dimanapun.

Tidak perlu menyisihkan waktu untuk pergi ke kantor asuransi, hanya perlu mengunduh dokumen yang diminta di website perusahaan, tinggal klik bayar. Anda hanya perlu menunggu surat perjanjian polis yang dikirim melalui pos ke rumah Anda. Beberapa bahkan mengirimkan agennya.

2. Bebas Membandingkan

Tahukah Anda tercatat ada lebih dari 50 perusahaan asuransi yang bernaung di bawah OJK? Bayangkan betapa repotnya jika Anda harus membandingkan satu persatu manfaat yang ditawarkan dengan mendatangi kantor asuransi. Tentunya ini sangat memakan waktu dan biaya, belum tentu juga produk proteksi yang ditawarkan sesuai ekspektasi.

Lain soal dengan asuransi online, Anda hanya perlu membuka website e-commerce asuransi yang membantu membandingkan berbagai manfaat yang ditawarkan banyak perusahaan asuransi di Indonesia. Bahkan mereka memberikan informasi lengkap dari mulai harga premi, cara pengajuan pembuatan polis hingga proses klaim.

Membandingkan asuransi secara online, juga memudahkan kita menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Sebab durasi bertemu dengan agen sangat minim, jadi kita bisa mempertimbangkan dengan matang mengenai produk yang diinginkan, bukan semata karena desakan dan rayuan agen saja.

Penilaian akan setiap perusahaan asuransi jadi lebih objektif. Tidak ada perasaan tidak enak ketika merasa tidak cocok atau enggan membeli sebuah produk proteksi.

3. Layanan Aman, Mudah dan Cepat

Tak perlu takut membeli asuransi secara online, sebab para perusahaan asuransi maupun e-commerce asuransi sudah mempersenjatai diri dengan teknologi yang aman.

Sehingga data-data yang Anda berikan kepada mereka dijamin aman dan tidak akan dimanfaatkan untuk tujuan ilegal.Namun pastikan yang hanya membeli produk proteksi pada situs yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Banjir Promo

Salah satu kelebihan beli asuransi secara online adalah banjir promo yang disediakan oleh berbagai situs e-commerce asuransi. Promo yang diberikan rata-rata adalah diskon harga premi atau cashback.

Dibanding penawaran asuransi secara offline, harga premi yang ditawarkan asuransi online rata-rata juga sangat terjangkau namun tetap memberikan perlindungan maksimal. Anda hanya perlu rajin mencari tahu situs mana yang sedang memberikan promo besar.

5. Lebih Mudah Mengajukan Klaim

Alasan terbesar mengapa para generasi milenial saat ini ogah membeli asuransi adalah klaim yang sulit dan ribet. Ya, pemegang polis yang ingin mendapatkan haknya mesti repot mengumpulkan dokumen bukti untuk klaim dan menyerahkan kepada pihak kantor asuransi.

Ini belum termasuk kasus penolakan klaim atau kurang dokumen yang bisa lebih merepotkan lagi. Namun hal ini tidak akan Anda temui jika membeli asuransi secara online. Sebab proses klaim dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, hanya perlu koneksi internet Anda bisa mendapatkan klaim tanpa harus berkunjung ke kantor asuransi.

Produk Asuransi Online yang Patut Dipertimbangkan

Belum banyak perusahaan asuransi di Indonesia yang menghadirkan sistem pembelian dan pembayaran online. Namun dibawah ini ada tiga perusahaan asuransi yang bisa Anda pertimbangkan.

1. AXA Direct

Sebagai salah satu perusahaan asuransi terbesar di Indonesia, AXA berusaha memberikan layanan yang memudahkan pelanggannya dengan menciptakan situs AXA Direct.

Situs ini berisi segala informasi mengenai produk perlindungan yang ditawarkan AXA mulai dari perlindungan maksimal untuk Kesehatan, Penyakit Kritis sampai Perlindungan Jiwa dengan berbagai manfaat.

Calon pemegang polis dapat membandingkan manfaat yang ditawarkan oleh beragam produk asuransi AXA. Setidaknya ada 4 jenis produk proteksi yang ditawarkan oleh AXA yakni Hospital Plus Life, Heart & Save, Cancer. Premi yang disediakan untuk masing-masing produk adalah:

  • Hospital Plus Life premi mulai dari Rp 4,800/hari
  • Heart & Save premi mulai dari Rp 2,900/hari
  • Cancer & Save premi mulai dari Rp 4,000/hari
  • Life & Save premi mulai dari Rp 5,000/hari
Manfaat yang ditawarkan antara lain:

Perlindungan Kesehatan

  • Manfaat perlindungan kesehatan
  • Santunan Harian Rawat Inap mulai dari Rp. 250.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 per hari, bila Nasabah dirawat inap. Maksimal perawatan 90 hari/tahun.
  • Memberikan manfaat ganda bila dirawat inap karena penyakit tropis (Malaria & Demam Berdarah), mulai dari Rp. 500.000 sampai dengan Rp. 2.000.000 per hari. Maksimal perawatan 90 hari/tahun.
  • santunan harian rawat inap tersedia mulai dari Rp. 750.000 sampai dengan Rp. 3.000.000 per hari. Maksimal perawatan 30 hari/tahun.

Perlindungan jiwa

  • Bila Nasabah meninggal dunia dalam 4 tahun pertama = dibayarkan total premi yang telah dibayarkan dalam 4 tahun
  • Bila nasabah meninggal dunia bukan karena kecelakaan = 120 x manfaat rawat inap (mulai dari Rp. 250.000 s/d Rp. 1.000.000)
  • Bila nasabah meninggal dunia karena kecelakaan = 240 x manfaat rawat inap (mulai dari Rp. 250.000 s/d Rp. 1.000.000)

Keunggulan

Pengembalian Premi

AXA akan bayarkan 100% premi yang telah dibayarkan pada akhir tahun ke 12 bila nasabah masih hidup, baik sudah ada klaim maupun belum pernah klaim. Bayar 4 tahun untuk 12 tahun pertanggungan.

2. FWD Life

FWD Life Indonesia juga memiliki produk asuransi yang bisa dibeli secara online. FWD berani memberikan perlindungan dengan sedikit pengecualian.

Cocok untuk kaum muda yang senang mengejar passion dan melakukan hobi ekstrem seperti memanjat gunung dan menyelam. Dua produk yang mereka tawarkan antara lain asuransi kesehatan dan kecelakaan serta asuransi jiwa.

Produk perlindungan kesehatan kecelakaan

Accidental Death & Disablement Benefits

Ini adalah jenis perlindungan yang memberikan Uang Pertanggungan sampai dengan maksimum Rp 2.000.000.000 akan dibayarkan jika risiko meninggal atau Ketidakmampuan.

Perlindungan berlaku hingga usia 80 tahun dengan 200% Uang Pertanggungan akan dibayarkan jika risiko meninggal atau Ketidakmampuan terjadi karena kecelakaan di Sarana Transportasi Umum.

Bebas Aksi

Bebas aksi ini adalah produk asuransi yang ditujukan bagi nasabah yang memiliki pekerjaan dan hobi dengan resiko tinggi seperti kontraktor, pilot, atlet panjat tebing, menyelam dll.

Bebas Aksi memberikan manfaat meninggal dunia akibat kecelakaan sampai dengan Rp 1 Miliar. Tidak hanya memberikan pertanggungan dari kecelakaan lalu lintas atau bencana alam tapi juga dari kecelakaan akibat pertandingan olahraga, konser musik ataupun hobi berisiko tinggi. 

Pemegang polis bebas menentukan besar uang pertanggungan sesuai dengan kebutuhan dan tidak ada kewajiban pemeriksaan medis untuk membeli asuransi. Salah satu keunggulan FWD life ini adalah perlindungan berlaku di seluruh dunia.

Produk Asuransi Jiwa

Program perlindungan jiwa ini memberikan manfaat meninggal dunia hingga Rp 1M akibat kecelakaan, dengan uang pertanggungan hingga 100%. Asuransi jiwa individu ini juga menyediakan manfaat tambahan untuk keluarga tercinta dengan Family Term atau Payor Term. Rata-rata harga premi untuk produk ini adalah Rp 75,000/bulan.

3. Jaga Diri

Jaga diri juga memiliki portal asuransi yang dapat memudahkan nasabah membeli sejumlah produk proteksi diri. Produk perlindungan yang ditawarkan antara lain adalah asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, dan asuransi jiwa. 

Untuk produk kesehatan ada tiga jenis yang bisa dibeli adalah jaga sehat tropis, jaga sehat pilihanku dan jaga sehat plus dengan premium mulai dari Rp 25,000/bulan. Sementara untuk produk perlindungan jiwa ada dua jenis yang bisa dibeli yakni Jaga Jiwa Xtra dan Jaga Jiwa dengan premi yang amat terjangkau mulai dari Rp 23,000/bulan.

Manfaat pertanggungan yang bisa didapat adalah manfaat pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 200% (dua ratus persen). Manfaat lain yang ditawarkan antara lain:

  • Frekuensi pembayaran premi bulanan dan tahunan
  • Dapat menyertakan Pasangan sebagai Tertanggung
  • Apabila Tertanggung lebih dari 1 maka Tertanggung dengan usia lebih muda akan mendapatkan diskon premi 5%.
  • Untuk pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi 10%

Itulah beberapa perusahaan asuransi yang membuka pendaftaran dan pembelian secara online. Bandingkan dulu sebelum memutuskan membeli yang mana. Selain premi, hal lain yang perlu jadi patokan adalah manfaat yang ditawarkan. Jangan sampai beli asuransi mahal yang minim manfaat. Selain itu pilihlah tempat yang aman saat memilih asuransi anda, seperti di Cekaja.com yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis