Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pentingnya Asuransi Untuk Anak Bayi Yang Perlu Diketahui Orang Tua

by Maria Nofianti on 3 Maret, 2020

Asuransi bukan hanya penting untuk orang dewasa saja. Anak-anak juga membutuhkan asuransi. Manfaat asuransi yang bisa memberikan perlindungan juga bisa diberikan kepada anak-anak. Karena di Indonesia ada berbagai macam asuransi mungkin para orang tua masih bingung asuransi apa yang penting untuk anak mereka. Apalagi jika anak mereka masih bayi. Mereka juga belum memahami pentingnya asuransi untuk anak bayi.

pentingnya asuransi untuk anak bayi

Perawatan kesehatan sangat penting untuk anak, terutama untuk perkembangan fisik, kognitif, dan emosional, bahkan sejak mereka berusia bayi dan balita. Untuk keluarga berpenghasilan rendah, asuransi kesehatan yang terjangkau memberi anak-anak dan orang tua mereka layanan penting yang seharusnya terlalu mahal menjadi lebih terjangkau, layanan yang diberikan seperti pemeriksaan rutin, obat resep, prosedur medis, dan perawatan khusus.

Bagi para orang tua yang baru saja mempunyai bayi pasti belum begitu memikirkan apakah anak bayinya perlu asuransi? Jika iya asuransi apakah yang penting untuknya? Nah perlindungan asuransi sebenarnya adalah salah satu poin penting dalam merencanakan masa depan bayi. Dengan persiapan yang matang ini tentu akan memudahkan kamu dalam merencanakan masa depannya. Sebelum kita membahas seberapa penting asuransi untuk anak bayi ada baiknya kita tahu asuransi apa saja yang penting untuk mereka. Sekarang bahkan bayi berusia beberapa hari bisa dimasukkan dalam asuransi. Apa saja itu? Yuk kita simak di bawah ini.

Asuransi kelahiran

Ketika bayi masih dalam kandungan ibunya kamu juga sudah bisa memberikan perlindungan loh. Sejak si ibu mengandung 20 bulan kamu sudah bisa membeli asuransi kelahiran untuknya. Dalam asuransi kelahiran, proteksi yang diberikan bukan hanya untuk ibu sang bayi namun juga untuk sang bayi itu sendiri juga. Salah satu asuransi yang melindungi ibu dan sang bayi adalah prumy Child dari perusahaan asuransi Prudential.

(Baca Juga: Cara Kerja Asuransi Jiwa Unit Link)

Asuransi kelahiran ini akan memberikan proteksi kepada anak bayi bahkan jika usia si bayi belum 15 hari. Saat bayi belum lahir maka asuransi ini akan lebih bermanfaat untuk kehamilan si ibu. Asuransi kelahiran ini tentunya akan membantu keuangan si ibu hamil supaya mendapatkan layanan kesehatan secara layak. Asuransi ini akan memberikan perlindungan jiwa atas ibu dan bayi mereka selama masa kehamilan, biaya perawatan, adanya kelainan bawaan pada bayi serta jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi, misalnya saja kematian. Ketika anak bayi ini lahir maka manfaatnya akan berpindah dari ibu kepada bayi mereka. Anak akan menjadi pemegang polis sampai usia yang sudah ditentukan.

Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah salah satu asuransi yang penting yang harus dimiliki oleh anak bayi. Ketika orang tua memahami pentingnya asuransi untuk anak bayi mereka maka mereka sudah pasti akan memilih asuransi kesehatan. Biasanya ini adalah asuransi yang ditambahkan atau rider dari asuransi kelahiran. Dengan memiliki asuransi ini maka bayi akan terlindungi dari risiko adanya penyakit kritis dari usia 30 hari sejak dilahirkan. Asuransi ini juga akan memberikan uang pertanggungan jika bayi mengalami masalah dalam kesehatannya dan perlu melakukan tindakan untuk menyelamatkan jiwanya. Misalnya saja biaya rawat inap di rumah sakit, ICU atau operasi.

Asuransi pendidikan

Asuransi selanjutnya yang penting untuk anak mereka adalah asuransi pendidikan. Meskipun mungkin anak mereka masih bayi bukan tidak mungkin para orang tua sudah harus mempunyai rencana bagaimana akan menyekolahkan mereka nantinya. Para orang tua bisa mendaftarkan anak mereka untuk asuransi pendidikan hingga jenjang kuliah atau hanya sembilan tahun saja. Saat anak berusia 0 tahun mereka sudah bisa memiliki asuransi pendidikan. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi pendidikan. Ada yang bisa diambil saat anak berusia 18 tahun, ada juga yang akan memberikan uang bulanan untuk anak saat orang tua mengalami risiko.

Itulah dia 3 asuransi yang penting yang mungkin harus anak-anak miliki. Tapi seberapa penting asuransi untuk anak bayi itu? Untuk contohnya kita akan ambil asuransi kesehatan saja. Memahami seberapa penting asuransi untuk anak bayi memang kadang hal yang terlewatkan. Ketika anak bayi mengalami gangguan kesehatan dan orang tua tidak memiliki asuransi kesehatan untuk anak bayi mereka pasti akan sangat sulit terutama dalam membayar biayanya.

Maka dari itu asuransi kesehatan juga penting untuk anak bayi mereka. Mereka juga memerlukan pelayanan kesehatan yang layak dan terjamin. Semua itu akan terjawab dengan memiliki asuransi kesehatan. Lalu apa pentingnya asuransi untuk anak bayi, terutama asuransi kesehatan dalam hal ini? Mari kita simak penjelasannya.

1. Anak-anak lebih beresiko terkena penyakit

Anak-anak memang belum memiliki imunitas sekuat orang dewasa. Untuk itu mereka akan lebih beresiko terkena penyakit. Untuk itu para orang tua harus sadar bahwa jika perawatan kesehatan bagi anak adalah hal penting. Yang lebih penting lagi tentu adanya dana yang akan dipakai untuk perawatan tersebut. Persiapan dana untuk perawatan bisa diperoleh dari asuransi kesehatan. Anak-anak juga akan berada dalam kondisi giginya akan tanggal satu per satu. Maka perawatan gigi juga perlu.

2. Adanya jaminan imunisasi

Seperti yang sudah diketahui bahwa anak-anak di Indonesia pada satu tahun pertama hidupnya diwajibkan mendapatkan imunisasi yang sudah terjadwal. Dengan memakai asuransi kesehatan, imunisasi menjadi hal yang bisa para orang tua dapatkan untuk kesehatan anak bayinya di masa depan. Imunisasi ini ada yang bisa ditanggung oleh Pemerintah alias gratis. Orang tua bisa mendapatkannya di Puskesmas terdekat atau Posyandu.

Selain itu juga ada imunisasi tambahan yang bisa diberikan oleh anak bayi. Untuk imunisasi ini tidak ditanggung Pemerintah atau bayar sendiri. Imunisasi itu antara lain vaksin HPV, MR, influenza, tifoid. Nah jika orang tua memiliki asuransi kesehatan untuk anak bayinya maka ada baiknya untuk menanyakan manfaat dari imunisasi ini dengan jelas kapan dan bagaimana prosesnya.

3. Menjaga perputaran dana

Dengan memiliki asuransi kesehatan untuk anak-anak terutama anak bayi yang baru lahir tentu akan sangat membantu jika mereka tiba-tiba dalam keadaan sakit dan harus dirawat. Asuransi akan dengan sigap memberikan uang pertanggungan. Karena ini sifatnya adalah hal yang tidak terduga maka penting untuk memahami bahwa asuransi menjadi solusi cepat saat orang tua butuh dana darurat.

Asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting, terlebih untuk ibu hamil dan bayi. Karena bisa menyebabkan bayi lebih sehat. Selama bulan-bulan pertama kehidupan, akses ke asuransi kesehatan mengarah pada hasil kesehatan yang jauh lebih baik. Ini termasuk usaha mengurangi tingkat kematian bayi yang lebih rendah dan lebih sedikit kejadian berat badan lahir rendah. Pemeriksaan dan pemeriksaan rutin juga dapat membantu keluarga mengidentifikasi dan menangani masalah kesehatan serius sebelum memburuk.

Setelah para orang tua paham pentingnya asuransi untuk anak bayi mereka terutama asuransi kesehatan, maka belum terlambat untuk memberikan asuransi kesehatan untuk anak bayi sekarang loh. Tapi sebelum kamu memberikan asuransi kesehatan untuk anak maka kamu harus tahu dulu beberapa hal yang mestinya kamu pertimbangkan sebelum memilih asuransinya. Berikut penjelasannya.

Pahami arti asuransi kesehatan bagi anak

Memahami tujuan asuransi kesehatan untuk anak adalah hal yang penting. Jika bagi orang dewasa lebih ke membantu memberikan ganti rugi maka untuk anak adalah lebih ke supaya anak tersebut mendapatkan pelayanan kesehatan yang paling bagus dan layak seperti perawatan inap, perawatan gigi, imunisasi atau lainnya.

Orang tua harus mengikutkan anak dalam asuransi

Untuk asuransi kesehatan anak, biasanya di bawah usia 24 tahun mereka masih harus diikutsertakan oleh orang tuanya. Jadi untuk para orang tua jika akan membeli asuransi kesehatan ada baiknya anak diikutkan saja. Orang tua juga harus mengecek fasilitas apa yang akan diberikan serta apa saja yang bisa di-cover perusahaan asuransi itu.

Orang tua juga harus tahu bahwa asuransi kesehatan mencegah dan menyediakan perawatan untuk penyakit dan cedera. Anak-anak yang memiliki asuransi akan tumbuh lebih sehat, karena mereka menerima perawatan untuk penyakit dan cedera serta perawatan pencegahan penting yang mendahului kondisi serius.

Cakupan kesehatan untuk bayi dan balita memiliki manfaat seumur hidup. Anak-anak dengan asuransi mengalami pencapaian pendidikan yang lebih tinggi dan mendapatkan banyak manfaat jangka panjang yang sangat positif. Cakupan kesehatan sangat mendorong kelulusan sekolah dan perguruan tinggi, yang mengarah ke lapangan kerja dan kesuksesan ekonomi.

Pilih asuransi jiwa dengan asuransi kesehatan atau hanya asuransi kesehatan saja?

Asuransi jiwa sebaiknya hanya diberikan kepada orang tua saja karena saat orang tua meninggal maka yang akan menerima manfaatnya adalah anak-anaknya. Jadi lebih baik memilih asuransi kesehatan saja untuk anak.

Sesuaikan kemampuan orang tua             

Membeli asuransi berarti akan membayarkan sejumlah premi. Orang tua tidak boleh memaksakan harus membayar premi yang tinggi. Jika itu memberatkan maka bisa memilih kelas di bawahnya yang sesuai dengan kemampuan finansial.

Bagaimana memilih perusahaan asuransi terbaik untuk anak bayi? Mau jenis asuransi apa pun kamu harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini seperti:

  • Pilih perusahaan asuransi terpercaya. Memilih perusahaan asuransi yang terpercaya yang sudah terdaftar di OJK berarti memilih kualitas, fasilitas, dan manfaat yang bagus untuk anak.
  • Pilih harga premi yang sesuai dengan kemampuan keuangan orang tua. Yang disarankan adalah sebaiknya kamu pilih premi asuransi yang nilainya tidak melebihi  15% dari penghasilan bulanan agar tetap bisa membayarnya.
  • Pilih manfaat yang lengkap. Manfaat yang lengkap bisa memberikan ketenangan dalam menjalani hidup. Pastikan selalu mengecek semua manfaat serta fasilitas dan kewajiban yang harus diketahui.
  • Pilih cara pembayaran yang sesuai. Ada 2 jenis pembayaran untuk asuransi yaitu cashless atau reimbursement. Pilih yang memudahkan saat akan membayar.

Itu dia penjelasan dari pentingnya asuransi untuk anak bayi sampai tips dalam memilih asuransinya. Semoga tulisan ini banyak membantu para orang tua yang bingung dalam memberikan asuransi untuk anak-anak mereka. Dan semakin mengerti dengan manfaat dan pentingnya asuransi untuk anak- anak kita, agar kondisi mereka selalu dalam keadaan yang baik.

Segera kesehatan lindungi si buah hati dengan perlindungan asuransi terbaik hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis