Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Mau Asuransi Premi Murah dengan Pelayanan Maksimal? Ini Pilihannya

by Rini Agustina on 5 Maret, 2020

Memiliki asuransi premi murah menjadi langkah penting bagi generasi saat ini untuk melindungi diri dari berbagai resiko kerugian yang terjadi baik akibat masalah kesehatan maupun keuangan. Asuransi memberikan jaminan perlindungan dan mengurangi resiko kerugian yang diderita peserta.

Mau Asuransi Premi Murah dengan Pelayanan Maksimal? Ini Pilihannya

Ada banyak produk asuransi yang bisa kita pilih mulai dari asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, properti dan bahkan kendaraan. Semua pilihan produk ini menawarkan perlindungan maksimal, dengan ganti premi yang mesti Anda bayar tiap bulan atau tiap tahun. 

Premi memang sering jadi pertimbangan utama masyarakat memilih asuransi. Tak jarang banyak orang menunda beli premi karena merasa harganya cukup menyedot pendapatan bulanan. Padahal jika mau mempelajari dan bertanya lebih banyak, tidak sedikit perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan dengan premi murah.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Online Hotel Del Luna Subtitle Indonesia)

Dari 50 perusahaan asuransi yang tercatat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang bisa jadi pilihan, tentunya ada salah satu dari mereka yang menawarkan produk proteksi dengan biaya premi murah, namun tetap memberikan pelayanan yang maksimal. Apa saja pilihan asuransi premi murah tersebut?

Pilihan Asuransi Premi Murah
1. Jagadiri – Mulai dari Rp 23 Ribu/bulan

Asuransi Jagadiri memiliki produk asuransi jiwa yang ditawarkan dengan premi murah. Ada dua produk yang bisa dipilih yakni Jaga Jiwa Xtra dan Jaga Jiwa, untuk mendapatkan perlindungan JAGA Jiwa peserta hanya perlu membayar premi mulai dari Rp 23 Ribu/bulan untuk masa pertanggungan satu tahun, sementara Jaga Jiwa Xtra dapat dibeli dengan premi mulai dari R 130 ribu/bulan.

Tentu para nasabah akan memilih premi murah dengan cicilan Rp 23 ribu/bulan. Biarpun murah namun produk proteksi ini tidak murahan. Peserta akan tetap mendapatkan manfaat maksimal diantaranya:

  • Santunan Meninggal Dunia bukan karena Kecelakaan

Jika Tertanggung Meninggal bukan karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 100 (seratus) % Uang Pertanggungan dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

  • Santunan Meninggal Dunia karena Kecelakaan

Jika Tertanggung Meninggal Dunia karena kecelakaan, maka Penanggung akan membayar Manfaat Pertanggungan kepada Ahli Waris sebesar 200% (dua ratus persen) Uang Pertanggungan meninggal dunia akibat sakit dan selanjutnya pertanggungan atas diri Tertanggung berakhir.

  • Manfaat lainnya:

Frekuensi pembayaran premi bulanan dan tahunan

Dapat menyertakan Pasangan sebagai Tertanggung

Apabila Tertanggung lebih dari 1 maka Tertanggung dengan usia lebih muda akan mendapatkan diskon premi 5%.

Untuk pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi 10%.

Persyaratan Umum

  • Usia masuk: 18 s/d 65 tahun
  • Minimum Usia Pemegang Polis adalah 21 tahun
  • Frekuensi pembayaran premi: Bulanan dan tahunan
  • Uang Pertanggungan : Rp 25.000.000 s/d Rp 100.000.000
  • Dapat menyertakan Pasangan sebagai Tertanggung
  • Untuk pembayaran premi secara tahunan akan mendapatkan diskon premi 10%.
  • Masa pertanggungan: 1 tahun
2. Ajaib BRILife – Mulai dari Rp 10 ribu/3 bulan

Bank Rakyat Indonesia (BRI) sudah cukup lama memiliki produk asuransi jiwa. BRILife sebenarnya menawarkan proteksi yang sangat beragam diantaranya asuransi keluarga muda, keluarga mapan, hari tua, karyawan perusahaan, asuransi jiwa syariah dan asuransi mikro.

Namun yang dibanderol dengan premi paling murang adalah BRILife Ajaib yang preminya bisa Anda dapatkan mulai dari Rp 10 ribu/3 bulan. Asuransi ini juga dikenal dengan nama Bringin.

Asuransi Mikro BRINGIN AJAIB adalah program asuransi dari BRI Life yang memberikan perlindungan jiwa dan kecelakaan dalam seketika dimanapun Anda berada.

Manfaat yang ditawarkan adah manfaat meninggal dunia bukan kecelakaan, meninggal dunia karena kecelakaan dan rawat inap rumah sakit akibat kecelakaan.

Agar bisa mendapatkan manfaat ini Anda harus melengkapi syarat kepesertaan yakni pembayaran premi secara sekaligus dengan minimum usia tertanggung adalah 1 bulan dan maksimum 64 tahun. 

Berikut adalah tabel manfaat asuransi dari Bringin Life yang dapat Anda pilih:

Manfaat/Premi 10 RIbu 25 Ribu 50 Ribu
Meninggal dunia bukan kecelakaan 1,5 Juta
Meninggal dunia karena kecelakaan Rp 27,5 Juta Rp 37,5 Juta Rp 50 Juta
Rawat inap akibat kecelakaan Rp 500 Ribu Rp 750 Ribu Rp 1 Juta
Masa Asuransi 3 bulan 6 bulan 12 bulan
3. AXA SmartCare Prime Mulai dari Rp 38,500/bulan

Axa SmartCare Prime juga menawarkan produk asuransi kecelakaan diri dengan premi murah yakni mulai dari Rp 38 ribuan saja perbulan. Manfaat yang ditawarkan antara lain:

  • Santunan Berganda Sampai dengan Rp1,5 milyar

SmartCare Prime akan membayar sekaligus uang senilai Rp750 juta apabila kematian atau cacat permanen terjadi. Santunan ini akan digandakan hingga Rp1,5 miliar jika kecelakaan tersebut terjadi ketika Anda sedang melakukan perjalanan sebagai penumpang di dalam transportasi umum.

  • Biaya Pengobatan Sampai dengan Rp 75 juta

Baik pada saat Anda dirawat di rumah sakit atau ketika Anda mencari pengobatan pada klinik manapun, SmartCare Prime akan membayar biaya-biaya pengobatan sebagai akibat dari kecelakaan sampai dengan Rp 75 juta.

  • Santunan Lainnya

Selain untuk biaya pengobatan di rumah sakit SmartCare Prime juga memberikan santunan untuk biaya pengobatan tradisional atau alternatif sebagai tambahan atas biaya reguler rawat inap dan rawat jalan Anda.

Di samping itu AXA juga akan memberikan santunan tunai berupa: Santunan tunai harian sampai dengan Rp6 juta untuk rawat inap di rumah sakit. Santunan tunai lainnya sampai dengan Rp15 juta apabila terjadi hal-hal yang bersifat darurat, seperti biaya penguburan.

AXA menyediakan berbagai manfaat dan layanan asuransi kecelakaan diri yang terjangkau dan terdiri dari tiga jenis yakni Silver, Gold dan Platinum. Berikut adalah rincian biaya premi dan pertanggungan yang akan didapat peserta sesuai dengan jenis pertanggungan yang dipilih:

Silver dengan premi mulai dari 462,500 Rupiah/Tahun santunan maksimum Rp 250 Juta

Gold dengan premi mulai dari 925,000 Rupiah/Tahun santunan maksimum Rp 500 Juta

Platinum dengan premi mulai dari 1,387,500 Rupiah/Tahun santunan maksimum Rp 750 Juta.

4. SunLife Sun Safety Life – Rp 32 Ribu/bulan

Asuransi Sun Safety Life adalah proteksi finansial yang memberikan perlindungan “all in one”, mudah dimiliki, dengan premi yang terjangkau. Anda bisa mendapatkan perlindungan ini mulai dari Rp 8 ribu/hari atau sekitar Rp 32 Ribu/bulan. Peserta juga dapat dengan leluasa memilih masa pembayaran premi dimulai dari 5, 10, 15, hingga 20 tahun. 

Pembayaran premi bisa dilakukan bulanan, kuartalan, semesteran, dan tahunan. Anda juga bisa menambahkan asuransi tambahan (rider) seperti rider untuk penyakit kritis, yaitu membayarkan santunan sejumlah 100 persen uang pertanggungan jika tertanggung menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis selama masa pertanggungan.

Kemudian waiver of premium penyakit kritis, yang membebaskan kita dari kewajiban untuk membayar premi apabila didiagnosis menderita salah satu dari 40 penyakit kritis yang telah ditentukan dalam polis.

Manfaat yang diberikan:

Memberikan perlindungan terhadap 5 risiko hidup sekaligus melalui manfaat sebagai berikut:

  • Santunan Meninggal karena sebab apapun.
  • Santunan Tambahan Meninggal karena Kecelakaan dan Kecelakaan di Transportasi Publik.
  • Santunan Penyakit Kritis; dan
  • Santunan Cacat Total Tetap.
  • Memberikan Manfaat Pengembalian Premi (ROP) sebesar 50% dari premi yang telah dibayarkan setiap 5 tahun sekali, terlepas dari nasabah pernah atau tidak pernah mengajukan klaim.
  • Tersedia dalam 2 paket manfaat sesuai dengan kebutuhan proteksi Anda.
  • Premi terjangkau mulai dari Rp8.000 per hari.
  • Proses aplikasi yang mudah dan cepat tanpa pemeriksaan kesehatan.
Syarat & ketentuan:
  • Usia masuk:

Pemilik Polis: 18 – 80 tahun

Tertanggung: 30 hari – 60 tahun

  • Masa Polis: 1 tahun, dapat diperpanjang sampai Tertanggung mencapai usia 75 tahun.

Itulah beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk perlindungan dengan premi murah. Jangan hanya tergoda dengan harga murah namun pertimbangkan juga manfaat yang ditawarkan sehingga bisa menutupi setiap kebutuhan Anda.

Tips Mendapatkan Premi Asuransi Murah

Asuransi adalah produk perlindungan yang dapat memberikan manfaat ganti rugi ketika kita mengalami musibah seperti kecelakaan atau sakit. Sayangnya belum banyak masyarakat Indonesia yang menyadari akan pentingnya proteksi diri.

Harga premi yang tinggi menjadi alasan mereka untuk menunda beli asuransi, padahal biasanya semakin usia kita menua maka harga premi asuransi justru akan semakin mahal sementara perlindungan yang didapat juga tidak bertambah. Ingin mendapatkan asuransi dengan premi murah? Begini triknya

Beli Asuransi Selagi Muda

Umumnya perusahaan asuransi akan menilai besar premi dari usia tertanggung dan resiko yang bisa menimpanya. Usia muda yang dianggap memiliki resiko sakit dan meninggal lebih kecil kemungkinan besar lebih mudah mengajukan permohonan pembuatan polis dengan premi rendah.

Sementara mereka yang sudah berada di rentang usia tidak produktif biasanya bakal sulit mengajukan pembuatan polis, lantaran perusahaan asuransi harus melakukan penilaian ekstra mengenai resiko jiwa dan kesehatan calon tertanggung. Biasanya premi untuk generasi tidak lagi produktif juga lebih tinggi.

Hindari Jenis Asuransi Unit-Link

Beberapa tahun terakhir asuransi dengan jenis unit-link sangat populer. Lantaran mereka menjanjikan nilai investasi diluar produk proteksi yang ditawarkan.

Sehingga peserta asuransi bisa mendapatkan keuntungan tahunan yang dihasilkan dari pengelolaan perusahaan asuransi melalui sejumlah instrumen investasi seperti reksadana dan surat utang.

Namun karena menawarkan manfaat ganda, maka premi yang ditawarkan biasanya juga besar. Sebagian pembiayaan untuk menopang asuransi dan sebagian lagi untuk diputar ke produk investasi. Namun seringkali keuntungan yang diberikan dari hasil investasi tidak sesuai ekspektasi peserta.

Pilih Paket Keluarga

Baru-baru ini asuransi keluarga juga sedang jadi sorotan. Asuransi keluarga ini memberikan perlindungan untuk 5 orang sekaligus namun dalam satu polis.

Harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibandingkan jenis asuransi individu, tapi penawaran ini umumnya berada pada produk asuransi kesehatan. Anda bisa menghemat dana hampir dua kali lipat jika mengambil jenis asuransi ini. 

Kenali baik-baik produk asuransi yang akan Anda beli. Asuransi tidak selalu harus mahal, karena ada pula asuransi dengan premi miring yang tetap bisa melindungi kita dan keluarga secara maksimal.

Kalau perlu bandingkan dulu setiap produk asuransi di situs belanja asuransi. Pastikan ya hanya membeli di perusahaan yang kredibel dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan.                                                       

Tentang Penulis