Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Beragam Keuntungan Asuransi Perjalanan Domestik

by Maria Nofianti on 5 Maret, 2020

Traveling atau liburan dengan mengunjungi berbagai destinasi wisata sekarang sudah menjadi satu gaya hidup dan trend. Banyak orang yang sengaja meluangkan waktunya untuk traveling. Kemudahan dan kesenangan yang di dapatkan dalam melakukan traveling inilah yang membuat banyak orang rela menghabiskan uang untuk berlibur. Nah selama melakukan traveling atau liburan, kamu tidak hanya mempersiapkan akomodasi dan perlengkapan pribadi kamu saja loh. Kamu juga harus memperhatikan bahwa ada kemungkinan kamu  bisa terkena risiko, jadi kamu perlu perlindungan dalam perjalanan kamu. Makanya kamu perlu untuk mendapatkan asuransi perjalanan.

keuntungan asuransi perjalanan domestik

Asuransi perjalanan adalah suatu perlindungan yang diberikan kepada pemegang polis saat melakukan perjalanan baik untuk liburan, bisnis dan lainnya. Mungkin kamu lebih familiar jika asuransi perjalanan adalah hal yang wajib saat akan pergi liburan ke tempat wisata di luar negeri. Bahkan di area tertentu pelancong harus memiliki asuransi perjalanan jika akan mengajukan visa. Memang benar asuransi perjalanan itu ideal untuk digunakan ketika bepergian ke luar negeri. Misalnya saja kamu sakit atau dicopet di luar negeri, maka mungkin kamu akan mengalami kerugian yang bikin saldo kamu kering.

Asuransi perjalanan didesain untuk melindungi dari berbagai macam risiko seperti sakit atau kecelakaan. Dengan mempunyai asuransi perjalanan maka biaya itu akan ditanggung oleh asuransi perjalanan. Nah bagaimana jika kamu hanya traveling di dalam negeri saja alias domestik saja? Apakah asuransi perjalanan itu perlu? Untuk bisa menjawabnya maka lebih baik berkenalan dulu dengan asuransi perjalanan domestik, keuntungan asuransi perjalanan domestik sampai contoh asuransi yang menawarkan produk ini.

Pengertian Asuransi Perjalanan Domestik

Asuransi Perjalanan Domestik adalah asuransi yang memberikan perlindungan atas risiko yang mungkin terjadi saat perjalanan di wilayah dalam negeri atau domestik. Asuransi ini akan memberikan manfaat finansial yang bisa membantu kamu mengatasi risiko yang terjadi. Umumnya asuransi perjalanan domestik dengan asuransi perjalanan internasional memiliki banyak kesamaan dalam hal memberikan perlindungan dan manfaat. Contohnya saja kehilangan barang/bagasi, gangguan perjalanan, pembatalan perjalanan, kecelakaan sampai terkena penyakit.

Perbedaan yang mencolok antara dua asuransi itu adalah harga preminya. Untuk asuransi perjalanan domestik jauh lebih murah dibandingkan asuransi perjalanan internasional. Ini karena semakin jauh jaraknya maka potensi adanya risiko juga menjadi semakin tinggi. Risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi pada perjalanan internasional bukan tidak mungkin bisa terjadi juga di perjalanan domestik loh. Bahkan bisa juga mengganggu anggaran traveling kamu.

Manfaat Asuransi Perjalanan Domestik

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari asuransi perjalanan domestik memang tidak ada bedanya dengan manfaat yang didapatkan dari asuransi perjalanan internasional. Dengan mengetahui manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan maka akan mempermudah kamu dalam menikmati perjalanan wisata. Nah manfaat yang bisa didapatkan antara lain:

  1. Dana santunan karena kematian dan cacat permanen dari kecelakaan selama perjalanan. Untuk kematian akan diberikan kepada ahli waris agar dapat menjamin finansial keluarga dan cacat permanen kepada pemegang polis untuk melanjutkan hidupnya.
  2. Biaya medis yang timbul karena kecelakaan. Jika kamu mengalami kecelakaan saat traveling dan harus dirawat di Rumah Sakit maka asuransi perjalanan domestik akan membayar ganti rugi untuk semua biaya medis yang kamu perlukan.
  3. Pembatalan perjalanan yang biasanya diberitahukan 30 hari sebelum kamu berangkat. Selama jangka waktu itu mungkin kamu tidak akan mendapatkan pengembalian tiket dan biaya lain, maka asuransi perjalanan domestik bisa meng-covernya.
  4. Penundaan penerbangan. Saat kamu akan berangkat ke luar kota menggunakan pesawat dan tiba-tiba penerbangannya ditunda karena alasan yang tidak bisa dikendalikan maka kamu akan mendapatkan ganti rugi atas ketidaknyamanan kamu sebagai penumpang.
  5. Kehilangan bagasi atau kerusakan bagasi. Ini adalah hal umum yang sering terjadi saat perjalanan memakai pesawat. Bagasi kamu kadang hilang entah kemana atau ditemukan adanya kerusakan. Maka dari itu jika kamu mengalami ini maka asuransi perjalanan akan memberikan ganti rugi.
  6. Evakuasi medis darurat bisa dilakukan ketika kamu mengalami kondisi yang mengharuskan kamu dievakuasi ke pelayanan kesehatan. Evakuasi medis darurat ini bisa terjadi karena kecelakaan atau tiba-tiba sakit.
  7. Pemulangan jenazah menjadi salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan domestik. Ketika kamu sebagai pemegang polis mengalami keadaan darurat yang mengakibatkan kematian di tempat kamu traveling, maka proses pemulangan jenazah akan dicover oleh asuransi perjalanan domestik sampai ke rumah.
  8. Selama kamu melakukan perjalanan traveling maka kamu bisa melakukan konsultasi perjalanan selama 24 jam di hotline asuransi perjalanan domestik.
  9. Jika kamu dalam keadaan yang tidak menguntungkan dan mengakibatkan kerusakan benda atau kematian pihak ketiga selama perjalanan traveling maka asuransi perjalanan domestik akan mengambil tanggung jawab itu.
(Baca Juga: Obat Dan Penyakit Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)

Memiliki asuransi perjalanan domestik tentu sama pentingnya dengan memiliki asuransi perjalanan internasional. Karena bencana dan musibah tentu bisa saja terjadi kepada siapa saja dan dimanapun kita berada. Risiko untuk segi finansialnya juga bukan hanya akan berdampak pada orang yang mengalami risiko itu saja tapi keluarga yang ditinggalkan untuk melakukan traveling atau perjalanan ini juga akan merasakan efeknya. Apalagi jika kamu adalah seorang kepala keluarga atau tulang punggung. Jika terjadi hal yang tidak diinginkan tentu keluarga yang ditinggalkan akan sangat kesulitan dalam melanjutkan hidup sehari-hari jika tak punya asuransi perjalanan domestik ini. Ini lah mengapa asuransi sangat penting dan wajib dimiliki.

Keuntungan asuransi perjalanan domestik

Pentingnya memiliki asuransi perjalanan domestik juga akan memberikan banyak keuntungan untuk kamu. Dengan mendapatkan keuntungan asuransi perjalanan domestik ini akhirnya banyak masyarakat yang tertarik. Apa saja keuntungan asuransi perjalanan domestik ini sih? Yuk kita simak di bawah ini.

  • Memberikan ketenangan pikiran saat melakukan perjalanan baik untuk traveling atau yang lainnya. Dengan memiliki asuransi perjalanan domestik kamu tidak perlu stress tentang risiko-risiko yang mungkin akan terjadi. Persiapan perlindungan ini membuat kamu lebih menikmati traveling kamu loh.
  • Melindungi barang milik pribadi saat traveling. Ketika kamu melakukan traveling mungkin pikiran kamu hanya akan fokus untuk relax dan tidak ingin repot. Dengan memiliki asuransi perjalanan domestik maka fokus kamu tidak akan terpecah hanya untuk menjaga barang-barang pribadi milikmu saja.
  • Memberikan perlindungan kesehatan dan kesejahteraan saat melakukan traveling. Karena kita tidak pernah tahu kapan kita sakit maka memiliki persiapan perlindungan kesehatan saat traveling itu penting. Keuntungan asuransi perjalanan domestik ini akan membuat kamu lebih nyaman dalam traveling.
  • Memberikan biaya ganti rugi medis yang tinggi jika kamu sakit atau kecelakaan. Risiko atas sakit dan kecelakaan kadang membuat kamu harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengobatan dan mungkin diluar anggaran traveling kamu. Kamu tidak perlu khawatir karena akan mendapatkan keuntungan ini jika memiliki asuransi perjalanan domestik.

Dalam memilih asuransi perjalanan domestik juga tidak boleh sembarangan. Karena ini berhubungan dengan kenyamanan saat traveling maka kamu harus melakukan tips berikut saat memilih asuransi perjalanan domestik. Ini demi menjaga kualitas, manfaat dan keuntungan asuransi perjalanan domestik yang kamu dapatkan.

Tips Memilih Asuransi Perjalanan Domestik
1. Menentukan estimasi waktu liburan

Ketika kamu akan memilih asuransi perjalanan domestik tentukan dulu estimasi waktu liburan kamu. Seperti yang diketahui bahwa asuransi perjalanan baik itu domestik maupun internasional hanya berlaku ketika asuransi itu diterbitkan sampai tanggal yang tertulis di polis. Jadi pastikan waktu liburan kamu tidak melebihi dari waktu perlindungan asuransi perjalanan domestik ini. Jika kamu mengambil durasi perjalanan yang lama maka kamu juga wajib membayar premi yang jumlahnya besar pula.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan

Memilih asuransi perjalanan domestik juga berarti kamu memilih perlindungan apa saja yang kamu butuhkan. Tidak semua perlindungan juga cocok dengan kamu. Contohnya jika kamu belum mempunyai tanggungan maka memilih asuransi yang yang manfaatnya minimum atau standar untuk kecelakaan atau kematian adalah hal tepat. Begitu juga dengan bawaan barang pribadi. Tidak membawa kamera mahal, laptop atau elektronik lainnya maka bisa pilih pertanggungan kerusakan bagasi standar saja.

3. Pilih yang prosedurnya gampang

Jaman sekarang untuk mengajukan asuransi sudah banyak yang dilakukan secara online. Ini akan mempermudah nasabah dalam mendaftar. Dengan cara ini nasabah tidak perlu repot-repot mendatangi kantor perusahaan asuransinya.

4. Memahami jaminan yang diberikan

Dalam memilih asuransi perjalanan domestik kamu juga harus ingat bahwa memahami jaminan, manfaat serta pertanggungan dari asuransi adalah hal yang penting. Begitu kamu memahaminya kamu tidak akan merasa terjebak jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

5. Pilih klaim yang mudah

Memilih cara klaim yang mudah adalah salah satu hal yang harus kamu perhatikan. Jangan sampai ketika akan melakukan klaim malah menjadi repot. Pahami dengan benar dokumen apa saja yang harus dilengkapi serta hal apa yang bisa membuat klaim ditolak. Pastikan itu tidak terjadi saat kamu mengajukan klaim.

Berikut ini contoh pilihan asuransi perjalanan domestik rekomendasi kita.
  • Asuransi perjalanan Chubb Travel : asuransi perjalanan domestik yang memberikan banyak perlindungan dan manfaat. Premi dimulai Rp30.000 per hari. Cara mendaftarnya bisa secara online ke situs Chubb Travel Insurance.
  • Asuransi perjalanan AXA Travel : asuransi ini memberikan perlindungan risiko golf, risiko terorisme dan pengobatan gigi yang jarang diberikan asuransi lain. Preminya dimulai dari Rp65.000 per hari. Kamu tinggal mengunjungi situs AXA Travel untuk membelinya.
  • Asuransi perjalanan Zurich : asuransi yang memberikan perlindungan hampir sama seperti asuransi perjalanan pada umumnya dengan premi mulai dari Rp21.000 per hari. Kunjungi saja Zurich Click untuk membelinya.
  • Asuransi perjalanan MSIG : asuransi perjalanan yang bisa memberikan jaminan atas menyewa mobil, penggantian perabotan karena kebakaran. Kamu bisa membelinya di situs MSIG Online.

Memiliki asuransi perjalanan domestik menjadi penting mengingat bahwa risiko bisa terjadi dimana saja. Dengan memiliki asuransi perjalanan domestik ini juga akan lebih nyaman dan tenang dalam menikmati traveling. Keuntungan asuransi perjalanan domestik sudah pasti akan menarik orang-orang untuk membelinya. Jadi amankan segera perjalanan traveling kamu agar lebih menyenangkan dengan memakai asuransi perjalanan domestik ya!

Segera dapatkan asuransi perjalan untuk perjalanan terbaikmu! Ajukan hanya di Cekaja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis