Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Perlindungan Dari Penyakit Musim Hujan Dengan Asuransi Kesehatan Ini!

by Maria Nofianti on 6 Maret, 2020

Puncak musim penghujan telah tiba! Bulan-bulan ini menurut BMKG wilayah Indonesia masih akan diguyur hujan lebat beserta petir. Musim hujan memang musim yang sering ditunggu datangnya saat merasakan panasnya musim kemarau. Tapi ini akan berubah saat musim hujan datang. Hujan yang dirindukan seolah menjadi momok yang menakutkan. Ada banyak hal yang mengintai saat musim hujan datang. Mulai dari bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin puting beliung sampai dengan gangguan kesehatan.

perlindungan dari penyakit musim hujan

Ada beberapa penyakit umum yang harus diwaspadai selama musim hujan. Pemerintah, melalui Dinas Kesehatan oun sering menghimbau masyarakat agar selalu waspada saat musim hujan tiba. Karena akan ada penyakit umum selama musim hujan termasuk demam berdarah, leptospirosis, kolera, hepatitis A, demam tifoid, dan influenza.

Angin dan hujan lebat dapat menyebabkan banjir yang kemudian berpotensi dapat meningkatkan penularan penyakit yang ditularkan melalui air, atau penyakit yang ditularkan melalui air yang terkontaminasi dengan limbah manusia atau hewan. Oleh karena itu, masyarakat disarankan menjaga kebersihan dengan baik.  Selain itu kita juga harus minum air bersih saja. Misalnya saja, minum air yang matang dan mendidih, atau minum air yang mengandung klor. Selain minuman, makanan harus dimasak dengan benar, sedangkan limbah harus dibuang dengan benar. Menjaga kesehatan di musim hujan memang sangat penting, wajib juga untuk selalu mencuci tangan dengan benar sebelum dan sesudah makan serta setelah menggunakan toilet.

(Baca Juga: Obat Dan Penyakit Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)

Dan ketika sakit, konsultasikan dengan dokter atau pergi ke fasilitas kesehatan terdekat sekaligus jika Anda, atau anggota rumah tangga, memiliki tanda atau gejala infeksi, dan pastikan untuk tidak berenang di air banjir. Namun tak semua orang mau pergi ke dokter, dengan alasan biaya yang cukup mahal saat ini. Maka dari itu kita sebagai manusia cerdas harus bisa memberikan perlindungan dari penyakit musim hujan. Ketika terkena sakit bukan hanya rasa sakit saja yang di dalam tubuh tapi kita juga akan merasakan gangguan dalam finansial. Jika sampai dirawat di Rumah Sakit tentu akan membutuhkan biaya yang banyak. Maka dari itu asuransi kesehatan dibutuhkan juga untuk memberikan perlindungan dari penyakit musim hujan.

Jika ketahanan tubuh kita tidak baik maka bisa saja terkena penyakit musim hujan. Mikroba dan virus akan lebih mudah berkembang biak serta menginfeksi manusia dengan daya tahan tubuh yang lemah. Maka dari itu kita yang tidak sehat bisa saja terkena penyakit serius loh.

Penyakit musim hujan bukan influenza saja loh. Ada banyak jenis penyakit yang harus kita waspadai. Penyakit dari musim hujan yang perlu kita waspadai adalah:

Demam Berdarah Dengue

Demam Berdarah Dengue adalah penyakit yang paling sering terjadi saat musim hujan. Penyakit ini juga yang banyak memakan korban jiwa loh. Genangan air hujan bisa memberikan kesempatan nyamuk Aedes aegypti untuk berkembang biak. Nyamuk inilah yang menyebabkan penyakit demam berdarah. Anak-anak  menjadi kelompok yang rentan terkena penyakit demam berdarah ini.

Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit demam berdarah ini bisa mual, demam tinggi, sakit kepala, muntah, sulit bernapas, terdapat bintik-bintik merah yang muncul di sekitar lengan. Ciri khas ini yang menandakan adanya penyakit demam berdarah dalam tubuh. Tapi tidak sedikit pula yang tidak menunjukkan gejala apapun sehingga dalam menanganinya terlambat. Ketika penyakit ini terlambat ditangani maka penderita bisa mengalami kematian. Mengerikan kan?

Jangan abaikan genangan yang muncul setelah musim hujan. Genangan air yang bersih di jalan atau di kaleng-kaleng bekas harus dibersihkan. Dengan melakukan tindakan pencegahan 3M yaitu mengubur barang bekas, menguras bak mandi,dan menutup tempat penampungan air.

Tipes

Penyakit tipes atau demam tifoid adalah penyakit menular yang banyak terjadi ketika musim hujan dan ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit tipes ini biasanya memiliki gejala hilang nafsu makan, sakit kepala, demam tinggi, sakit di bagian perut dan merasa kelelahan. Penyakit tipes bisa menular melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi.

Banyak sekali penderita penyakit tipes yang harus dirawat di Rumah Sakit bahkan ada yang sudah akut. Umumnya mereka hanya mengobati dengan obat biasa, saat tidak kunjung sembuh baru mereka ke Rumah Sakit. Jika penyakit ini terlambat ditangani maka bisa terjadi komplikasi serius seperti pleuritis, pneumonia, miokarditis, hingga kematian loh. Jadi jangan anggap sepele penyakit tipes ini ya!

Flu dan Batuk

Penyakit langganan di musim hujan adalah flu dan batuk. Penyakit ini disebabkan oleh virus influenza yang bisa dengan cepat menyebar dan menyerang manusia. Jika kamu kehujanan dan tidak segera membilasnya dengan air bersih maka resiko terkena flu dan batuk akan semakin tinggi. Biasanya kondisi cuaca yang tidak menentu akan membawa dampak kepada tubuh. Daya tahan tubuh bisa menurun dan gampang terinfeksi virus.

Merasakan flu, batuk dan kedinginan bisa membuat kita terkena demam juga. Saat flu dan batuk, demam sering terjadi baik demam ringan maupun berat hingga suhu tubbuh diatas 37°C. Menjaga stamina tubuh dengan banyak memakan makanan bergizi bisa menghindari kita dari penyakit flu dan batuk.

Diare

Penyakit diare sering juga muncul saat musim hujan. Biasanya musim hujan banyak yang mengabaikan kebersihan mulai peralatan makan, kebersihan diri, sampai kebersihan lingkungan. Banyak bakteri yang mudah berkembang biak saat musim hujan. Salah satunya yang menyebabkan penyakit ini loh. Jika ketahanan tubuh kita rendah bisa dengan gampang terkena diare.

Diare adalah penyakit dengan dengan gejala yang mencair dan sakit melilit di bagian perut. Penyakit ini juga membuat penderitanya akan buang air besar berulang kali. Bahkan kita bisa saja dehidrasi karena berulang kali kehilangan cairan tubuh. Maka dari itu perlu penanganan dengan cepat, jika tidak kamu bisa saja menghadapi kematian. Pertolongan pertama bagi penderita diare adalah dengan minum oralit yaitu cairan garam dan gula. Penyakit ini harus diwaspadai terutama saat musim hujan dan banjir datang.

Leptospirosis

Penyakit leptospirosis adalah penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Leptospira interrogans yang berada di kencing tikus. Biasanya yang rawan terkena penyakit ini adalah anak-anak. Mereka akan terinfeksi karena kontak dengan air, tanah atau tanaman yang sudah ada bakteri Leptospira interrogans ketika bermain. Terutama ketika banjir, penyakit ini akan dengan cepat menyebar.

Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit Leptospirosis ini antara lain sakit kepala, demam tinggi, muntah, mata merah, mual, otot betis nyeri, kedinginan, diare, ada ruam dan sakit perut. Penyakit ini menjadi serius jika terdapat kondisi tertentu yang mengakibatkan gagal ginjal, gangguan hati, meningitis sampai gagal nafas. Tingkatkan kebersihan terutama sehabis terkena banjir karena kita tidak pernah tahu tikus akan meninggalkan urinnya dimana.

Nah itu dia penyakit yang umum terjadi saat musim hujan. Ketika akhirnya kamu terjangkit salah satu penyakit diatas maka asuransi kesehatan bisa menjadi solusinya dalam menjaga kondisi finansial kita. Kita tidak pernah tahu kapan serta dimana kita bisa terjangkit penyakit itu. Dalam memberikan perlindungan dari penyakit musim hujan di aspek finansial, asuransi kesehatan menawarkan banyak manfaat untuk nasabah. Salah satunya kemudahan dalam menggunakannya.

(Baca Juga: Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil)

Ketika misalnya kita mendapatkan perawatan di Rumah Sakit akan lebih mudah untuk membayar biayanya dengan sistem cashless dari asuransi. Pada sistem ini, kita bisa memakai uang pertanggungan untuk biaya perawatan tanpa mengeluarkan uang pribadi kita lebih dulu. Kita tinggal membayarnya saja dengan kartu yang diberikan pihak asuransi yang tentunya sudah bekerja sama dengan pihak Rumah Sakit.

Di Indonesia ada banyak asuransi kesehatan yang bisa memberikan perlindungan dari penyakit musim hujan. Kita tinggal memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita. Beberapa asuransi kesehatan terbaik saat ini adalah:

  •       Manulife
  •       Allianz
  •       AXA
  •       Cigna
  •       Prudential
  •       Sinarmas
  •       Jagadiri
  •       Astra Life

Seperti yang sudah disebutkan bahwa asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan dari penyakit musim hujan yang paling gampang digunakan adalah asuransi dengan sistem cashless. Keuntungan yang bisa kita dapatkan jika kita mempunyai asuransi jenis ini adalah

  1. kita tidak perlu repot menyediakan uang tunai yang mungkin sulit untuk kita dapatkan dengan cepat,
  2. pembayaran biaya perawatan di Rumah Sakit atau Klinik menjadi lebih cepat,
  3. kita menjadi lebih tenang dan fokus untuk perawatan saat sakit dan
  4. pada umumnya asuransi dengan sistem cashless ini kualitasnya lebih baik dari segi layanan, fasilitas serta manfaat.
Cara agar tetap fit di musim hujan

Selain mendapatkan perlindungan dalam hal finansial kita juga harus melakukan perlindungan dari musim hujan dengan cara hidup sehat. Nah berikut ini adalah cara kita agar tetap fit di musim hujan ini!

  1. Selalu siapkan datangnya musim hujan. Alat-alat seperti jas hujan, sepatu anti air, dan jaket bertudung adalah alat yang penting untuk melindungi diri dari hujan apalagi jika kita berkendara sepeda motor.
  2. Tingkatkan daya tahan tubuh dengan selalu mengkonsumsi vitamin C. Bisa dari bahan alami maupun suplemen. Dengan begini akan meningkatkan imunitas kita saat musim hujan tiba.
  3. Selalu mandi setelah terkena hujan. Air hujan bisa saja membawa banyak bakteri pembawa penyakit loh. Dengan mandi maka bakteri itu bisa hilang dan kita terhindar dari penyakit influenza.
  4. Selalu menjaga kebersihan adalah hal utama. Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun agar terhindar dari bakteri maupun virus.
  5. Perbanyak minum air putih agar bisa menghilangkan racun pada tubuh. Jangan lewatkan untuk minum air banyak hanya karena kamu tidak haus ya!
  6. Selalu perhatikan makananmu apakah sudah terbilang makanan dengan gizi seimbang? Dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat bisa membuat daya tahan tubuh terjaga loh.

Nah itu dia penjelasan-penjelasan mengenai macam penyakit di musim hujan, perlindungan dari penyakit musim hujan yang harus kita lakukan sampai tips agar selalu sehat di musim hujan. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga. Semoga tulisan di atas bisa membantu kamu dalam menjaga kesehatan keluarga kamu ya!

Segera lengkapi dirimu dengan asuransi kesehatan terlengkap dari Cekaja.com.

Tentang Penulis