Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Asuransi yang Melindungi Penumpang Angkutan Umum

by Gesti Weningtyas on 6 Maret, 2020

Dalam keseharian, seringkali saat melakukan aktivitas dan mobilitas dengan angkutan umum terbesit rasa khawatir. Apakah sebagai penumpang dilindungi dan diproteksi dengan asuransi. Seperti yang kita tahu, banyak sekali beberapa angka kecelakaan yang disebabkan oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Bahkan beberapa kota besar ada kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan umum dan seringkali penumpang pun menjadi korban, tak hanya pengemudinya saja.

Asuransi yang Melindungi Penumpang Angkutan Umum

Padahal, kendaraan umum merupakan salah satu transportasi yang cukup efektif dan tentunya mengurai kemacetan di jalan. Sehingga banyak orang yang memilih untuk menjadi penumpang angkutan umum ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. Selain lebih efisien, harga untuk membayar jasa angkutan yang dikeluarkan juga lebih ekonomis ketimbang membeli bahan bakar untuk kendaraan pribadi.

Penumpang Angkutan Umum Dilindungi Jasa Raharja

Buat kamu yang sering naik angkutan umum dalam kegiatan sehari-hari kamu tak perlu khawatir. Sebab setiap penumpang kendaraan umum dilindungi oleh asuransi sosial milik negara yaitu asuransi Jasa Raharja. beberapa orang masih keliru melihat santunan yang diberikan oleh asuransi Jasa Raharja ini sebagai santunan akibat kecelakaan lalu lintas. Padahal, bukan demikian, selain penumpang angkutan umum atau pengguna jalan yang baik.

Sebenarnya menjadi tertanggung dari pihak asuransi Jasa Raharja. Sebab asuransi Jasa Raharja ini bertanggung jawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang angkutan umum, kendaraan pribadi maupun pejalan kaki. Adapun PT Jasa Raharja ini memberikan perlindungan untuk masyarakat dengan dua program asuransi sosial yakni asuransi kecelakaan alat angkutan umum dan asuransi tanggung jawab menurut hukum pihak ketiga.

Ketentuan Jasa Raharja

Bagi beberapa orang bahkan mungkin kamu tidak mengetahui jika pembayaran premi atau iuran asuransi Jasa Raharja setiap tahun kamu lakukan. Setiap kali kamu membayar pajak kendaraan tahunan untuk pendaftaran maupun perpanjangan STNK otomatis. Kamu juga sudah membayar premi dengan sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas. Begitu pula setiap kamu menggunakan transportasi umum maka tarif yang sudah kamu bayar kan itu termasuk juga premi Jasa Raharja.

Namun hanya kecelakaan tunggal saja yang yang menimpa kendaraan umum yang berhak mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Sedangkan kecelakaan tunggal kendaraan pribadi tidak termasuk dalam ruang lingkup jaminan. Kecelakaan terjamin lainnya adalah kecelakaan yang melibatkan dua pihak antara dua kendaraan maupun kendaraan dengan berjalan kaki.

Berapa santunan yang akan didapatkan dari asuransi Jasa Raharja ini? Bagi tertanggung yang meninggal dunia baik jenis alat angkutan darat, maupun laut dan udara. Maka akan mendapatkan santunan senilai Rp50 juta. sedangkan santunan untuk cacat tetap maksimal diberikan Rp50 juta rupiah, biaya perawatan maksimal Rp20 juta, penggantian biaya penguburan bagi yang tidak mempunyai ahli waris Rp4 juta, manfaat tambahan penggantian biaya P3K Rp1 juta, manfaat tambahan penggantian biaya ambulan Rp500 ribu.

Cara Mengambil Klaim

Untuk melakukan klaim dan bisa mendapatkan santunan dari Jasa Raharja kamu hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen. Seperti surat keterangan kecelakaan dari kantor kepolisian terkait, surat keterangan kesehatan dari rumah sakit atau surat kematian dari rumah sakit dan surat keterangan ahli waris untuk kasus korban meninggal dunia, identitas pribadi korban maupun ahli waris seperti kartu keluarga KK KTP korban. Kemudian setelah itu kamu harus melengkapi formulir yang telah disediakan dengan data diri korban.

Kamu bisa mendapatkan formulir tersebut di kantor cabang Jasa Raharja terdekat atau mengunduhnya di laman resmi Jasa Raharja. Setelah itu dokumen mu akan diteliti dan diproses. Sebaiknya jangan terlalu lama mengajukan klaim, usahakan ajukan permintaan kurang dari 6 bulan setelah kecelakaan terjadi. Karena jika tidak maka bisa saja santunanmu menjadi gugur. Jika sudah mendapatkan jawaban tentang pengajuan klaim, lakukan klaim segera, jangan lewat dari tiga bulan setelah disetujuinya klaim.

Nah, selain Jasa Raharja, kamu juga bisa memaksimalkan proteksi dengan membeli produk Asuransi lainnya dari perusahaan asuransi swasta. Dengan demikian, kamu punya kesempatan untuk mendapatkan santunan dobel dari tambahan danamu sesuai dengan premi yang kamu bayarkan di awal.

Asuransi Untuk Penumpang Angkutan Umum

Beberapa perusahaan asuransi telah memiliki pilihan produk Asuransi bagi kamu yang sering melakukan perjalanan. Baik menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Kamu bisa menyesuaikan mana jenis produk yang akan dipilih dengan kebutuhanmu.

Asuransi Kecelakaan

Karena tidak semua kecelakaan di lindungi oleh Jasa Raharja kamu bisa melindungi diri sendiri atau keluarga lewat membeli produk asuransi kecelakaan. Beberapa apa masyarakat memilih asuransi kecelakaan ini karena pertimbangan dari data tingkat kecelakaan di Indonesia yang sangat tinggi. Setidaknya ada 12 kasus kecelakaan lalu lintas yang merenggut nyawa 3 korban jiwa dalam setiap jam. sementara setiap hari 69 orang meninggal di Jalan Raya karena kecelakaan. Tak heran jika Indonesia menjadi negara dengan tingkat kecelakaan lalu lintas tertinggi nomor 5 di dunia.

Dengan mengetahui fakta ini tentu membeli produk asuransi kecelakaan adalah pilihan yang tepat. Terutama apabila kamu merupakan pengguna layanan angkutan umum maupun kendaraan pribadi. Sebab, asuransi kecelakaan ini akan menjamin resiko kematian, cacat tetap, biaya perawatan maupun pengobatan yang disebabkan oleh kecelakaan, dan beberapa kejadian yang mengandung unsur kekerasan maupun disebabkan oleh kimia yang datangnya tiba-tiba dan tidak direncanakan.

Dengan membeli asuransi kecelakaan ini kamu bisa menjadi lebih nyaman dalam berkendara atau saat menjadi penumpang angkutan umum. Apabila terjadi kecelakaan yang tak diinginkan, kamu bisa mendapatkan manfaat dari asuransi kecelakaan ini. Untuk mendapatkan premi yang sesuai dengan kemampuanmu segera hubungi saja perusahaan asuransi terkait. Saat ini perusahaan asuransi memberikan kemudahan buat kamu yang ingin mengajukan asuransi. Kamu bisa mengajukannya secara online tanpa harus pergi ke kantor cabang asuransi.

Perlu kamu ketahui asuransi kecelakaan diri ini juga memiliki beberapa pengecualian, sehingga kamu harus memastikan kondisi apa saja yang di cover oleh perusahaan asuransi dan apa saja kegiatan yang tidak mendapatkan perlindungan. Pastikan kamu membaca polis asuransi dengan teliti agar mengetahui apa saja hak dan kewajiban yang harus dilakukan oleh pemegang polis.

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa tentunya bisa memberikan proteksi yang maksimal, terutama apabila tertanggung meninggal dunia saat kecelakaan terjadi. Apabila pemegang polis meninggal dunia dalam sebuah kecelakaan saat menjadi penumpang angkutan umum. Tentunya tertanggung juga akan mendapatkan uang santunan yang telah ditentukan kepada ahli waris yang ditunjuk. Sehingga keluarga yang ditinggalkan tentunya tidak akan mengalami kesulitan finansial apabila keluarga meninggal dunia karena perusahaan asuransi akan memberikan uang santunan kepada keluarga yang ditinggalkan.

Kamu bisa memilih asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan. Sebab jenis asuransi jiwa cukup bermacam-macam dari asuransi jiwa seumur hidupku seorang siswa berjangka asuransi jiwa dwiguna hingga asuransi jiwa investasi yang bisa kamu beli apabila kamu sekaligus ingin berinvestasi, seperti unit link.

Dengan memiliki asuransi jiwa ini kamu juga akan mendapatkan perlindungan dari 5 tahun hingga 20 tahun atau seumur hidup apabila kamu ingin melindungi jiwa sampai usia 99 tahun. Agar bisa mendapatkan asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu kamu juga harus memastikan premi asuransi yang dibayarkan sesuai juga dengan kemampuan.

Lakukan riset sederhana terlebih dahulu sebelum kamu memutuskan untuk membeli produk asuransi jiwa. Pilih perusahaan asuransi yang memang memiliki rekam jejak yang baik dan tentunya terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jika kamu sudah menemukan beberapa asuransi terpercaya selanjutnya kamu bisa memilih mana produk yang akan dibeli. Jangan lupa untuk selalu melakukan pembayaran premi tepat waktu agar polis asuransi mu tidak menjadi polis lapse dan kamu bisa melakukan klaim sewaktu waktu. Sebab, jika polis mu dalam keadaan lapse atau tidak aktif maka kamu tidak bisa lagi melakukan klaim.

Saat ini banyak perusahaan asuransi swasta yang menawarkan berbagai jenis asuransi jiwa dengan premi yang bervariasi. Kamu pun bisa mengajukan dan mencari informasi terkait produk asuransi jiwa secara online serta membandingkannya sebelum membeli.

Asuransi Perjalanan

Jika kamu sering melakukan perjalanan di dalam negeri maupun luar negeri dengan angkutan umum, maka asuransi perjalanan akan cocok buat kamu karena menawarkan perlindungan saat perjalanan sedang berlangsung. Misalnya, saat kamu naik pesawat atau melakukan perjalanan melalui biro travel terkait, kamu bisa membeli produk asuransi perjalanan pada biro perjalanan terkait. Namun ada juga beberapa perusahaan asuransi yang memang menawarkan asuransi perjalanan khusus bagi para traveler. Beberapa negara juga mulai mewajibkan para turis yang akan masuk ke dalam negara mereka untuk membeli asuransi perjalanan sehingga ketika mengalami risiko kematian, akan mendapatkan santunan. Meskipun demikian, tak ada salahnya kamu menambah perlindungan dengan membeli produk asuransi perjalanan, sehingga resiko bisa terproteksi secara maksimal.

Kamu bisa memilih mana jenis asuransi akan mengcover perjalananmu sebab ada beberapa pilihan asuransi perjalanan dilihat dari negara tujuan atau destinasimu. Ada asuransi perjalanan Eropa maupun non Eropa hingga asuransi perjalanan ke negara Asia saja. Hal-hal yang akan dijamin pada asuransi perjalanan ini adalah ketidaknyamanan yang mungkin saja bisa kamu dapatkan saat melakukan perjalanan seperti penundaan pesawat maupun penerbangan yang tiba-tiba dibatalkan tanpa sepengetahuan kita sebelumnya. Tak hanya itu, koper atau dokumen penting milikmu juga akan dilindungi apabila kamu mengalami kehilangan kamu bisa melakukan klaim.

(Baca Juga: Cara Pengajuan Asuransi Kendaraan Sinar Mas Online Cepat Disetujui

Oleh karena itulah kamu bisa memilih asuransi perjalanan ini sebagai produk asuransi yang akan memberikan perlindungan saat melakukan perjalanan dengan menggunakan fasilitas publik. Setelah membeli atau sebelum kamu bisa membaca syarat dan ketentuan dari polis asuransi perjalanan dengan sangat teliti.

Mengajukan Asuransi

Belum punya asuransi? Kamu bisa mengajukannya secara online dengan sangat mudah di Cekaja.com. Dengan memiliki asuransi, tentunya kamu bakal lebih tenang karena berbagai resiko yang mungkin bisa terjadi, akan terlindungi. Minimal, kamu mendapatkan penggantian kerugian finansial yang mungkin bakal kamu derita suatu saat.

Jangan keliru, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi. Pertama, kamu bakal mencegah pengeluaran yang membengkak dan tabungan yang seharusnya disimpan bisa digunakan karena memenuhi resiko yang kamu dapatkan seperti kecelakaan, sakit, kematian dan berbagai hal lainnya yang seharusnya bisa dicover melalui asuransi.

Tentang Penulis