Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Pengertian Asuransi Elektronik yang Harus Kamu Ketahui

by Gesti Weningtyas on 9 Maret, 2020

Asuransi elektronik adalah asuransi yang memberikan perlindungan terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi pada alat elektronik. Produk asuransi elektronik menjaga dan memberikan ganti rugi terhadap kerugian yang mungkin bisa diderita oleh pemilik barang elektronik. Sedangkan barang elektronik yang dimaksud ada berbagai jenis mulai dari gadget seperti smartphone, tablet maupun laptop. Berbagai benda elektronik lainnya seperti alat medis hingga peralatan elektronik yang digunakan untuk memproses data maupun peralatan radiasi dan fasilitas komunikasi lainnya.

Pengertian Asuransi Elektronik yang Harus Kamu Ketahui

Barang elektronik yang digunakan untuk berbagai kebutuhan industri kreatif maupun industri lainnya juga bisa diasuransikan menggunakan asuransi elektronik ini. Tujuannya asuransi elektronik ini diharapkan bisa memberikan proteksi dan tentunya mengganti rugi apabila ada kerusakan yang terjadi. Dengan demikian, kamu bisa menggunakan barang elektronik lebih tenang karena segala risiko kerusakan telah diproteksi oleh perusahaan asuransi.

Apabila kamu sudah memutuskan untuk membeli produk elektronik kamu juga bisa melakukan perlindungan kepada barang elektronik milikmu dengan membeli asuransi elektronik. Pada beberapa perusahaan asuransi ada juga yang telah bekerja sama dengan layanan kredit barang elektronik untuk memberikan perlindungan saat konsumen membeli produk tersebut.

Kriteria Asuransi Elektronik

Ada beberapa kriteria yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dalam produk Asuransi elektronik untuk melindungi resiko kerusakan. Namun demikian tidak ada standar yang menentukan apa saja yang ditetapkan dalam barang elektronik yang dilindungi oleh perusahaan asuransi. Namun keuntungannya, jika kamu mengajukan asuransi elektronik kamu bisa mendapat keuntungan yaitu ganti rugi untuk setiap perlindungan barang elektronik yang berharga. Seperti gadget maupun televisi, mesin-mesin pabrik atau mesin elektronik atau peralatan elektronik yang digunakan dalam kegiatan industri.

Asuransi HP

Asuransi HP atau asuransi smartphone merupakan asuransi peralatan elektronik bergerak karena hp biasa dibawa pergi oleh pemiliknya atau biasa kita kenal mobile phone. Asuransi terhadap barang elektronik jenis ini juga tersedia dan bisa kamu beli sesuai kebutuhan. Biasanya asuransi jenis ini akan ditawarkan saat kita melakukan pembelian HP.

Bagi kamu yang ingin mendapatkan perlindungan pada HP atau smartphone maupun gadget, Allianz memberikan program yang cukup menarik. Allianz bekerjasama dengan PT Home Credit sebagai mitra penjualan memberikan perlindungan berupa asuransi.

Eazy Cover dan Max Cover

Allianz memberikan dua jenis asuransi elektronik yaitu Easy Cover dan Max Cover yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Pemilik handphone atau pemilik smartphone bisa mendapatkan perlindungan dari risiko kerusakan seperti kerusakan fisik yang diakibatkan kecelakaan, kerusakan akibat cairan, pencurian atau perampokan yang disertai dengan kekerasan.

Kamu bisa mendapatkan perlindungan selama 12 bulan dengan pilihan proses klaim datang langsung ke bengkel resmi rekanan Allianz atau dengan proses klaim antar jemput. Apabila smartphone mu mengalami kerusakan dan tidak dapat diperbaiki maka kamu akan mendapatkan penggantian unit total.

(Baca Juga:  Inilah Asuransi Untuk Barang Elektronik Dan Contohnya)

Selain itu saat ponselmu sedang diperbaiki kamu juga bisa mendapatkan penggantian ponsel untuk sementara yang bisa kamu gunakan selama ponselmu sedang berada di bengkel rekanan. Apabila ponselmu telah selesai diperbaiki dari bengkel rekanan Allianz kamu juga akan diberikan garansi selama 3 bulan setelah perbaikan selesai.

Product Purchase Secure Insurance

Selain Allianz, AXA Mandiri juga memiliki produk asuransi untuk proteksi smartphone yaitu Product Purchase Secure Insurance. Asuransi ini diharapkan bisa membuat masyarakat lebih tenang akan kehilangan atau resiko kerusakan yang dimiliki oleh sebuah smartphone. Dalam hal ini asuransi tersebut juga bisa menutup resiko kerusakan total akibat kecelakaan maupun risiko kehilangan karena ponselmu dicuri atau dirampok. Kamu juga mendapatkan perlindungan dari kerusakan fisik karena terjatuh dan terbentur layar ponselmu mengalami keretakan, maupun kerusakan akibat cairan atau tercebur dalam kecelakaan lainnya.

Adapun kerusakan yang bisa di klaim adalah kerusakan total 75% atau minimal 75% yang diakibatkan oleh kecelakaan dengan maksimal penggantian yang diberikan senilai harga pertanggungan. Nilai pertanggungan minimal Rp 3 juta dan maksimal Rp 10 juta. AXA Mandiri memberikan periode pertanggungan yang berdurasi 3 bulan sejak kamu melakukan pembelian smartphone.

Dengan memiliki asuransi elektronik jenis ini tentunya kamu akan dimudahkan karena tidak harus pergi ke service center resmi untuk mendapatkan layanan garansi. Karena belum tentu letak service center resmi ponselmu dekat dengan domisili mu saat ini. Namun perlu kamu ketahui tidak semua ponsel smartphone bisa mendapatkan asuransi ini sehingga kamu perlu memastikan jenis dan merk atau tipe smartphone apa yang bisa mendapatkan perlindungan dari asuransi ini.

Perlindungan Layar Smartphone

Perusahaan asuransi lainnya yang juga memberikan proteksi pada HP atau smartphone adalah Igloo. Asuransi digital condiment ini memberikan perlindungan layar smartphone terhadap keretakan layar secara fisik. Jadi, buat kamu yang punya aktivitas ekstrem atau mobilitas yang cukup tinggi mungkin kamu bisa mengajukan asuransi layar ponsel pada iglo karena perusahaan asuransi ini fokus pada sistem asuransi yang memberikan proteksi pada layar ponsel dengan jangka waktu satu tahun.

Namun, kamu bisa memperpanjang masa perlindungan dengan membayar premi pada tahun berikutnya. Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail kamu bisa mengunduh aplikasi asuransi digital Igloo melalui play store. Hanya dengan aplikasi kamu juga sudah bisa menyelesaikan pendataan hingga membayar premi. Kamu hanya cukup menunjukkan foto layar kamera dalam kaca nantinya aplikasi tersebut bisa mendeteksi apa jenis ponsel yang kamu miliki dan tentunya menyesuaikan nilai asuransi sesuai dengan harga. pembayaran pun dapat dilakukan secara digital baik melalui bank transfer maupun go-pay dan opsi lainnya yang sangat memudahkan.

Tecprotec proClassic dan Tecprotec premium

Perusahaan asuransi untuk proteksi HP lainnya adalah Tecprotec. Tecprotec memberikan dua jenis produk perlindungan HP yaitu tecprotec proClassic dan tecprotec premium. Tecprotec proClassic memberikan manfaat 12 dan 6 bulan periode pelayanan dan perbaikan akibat kerusakan yang tidak disengaja termasuk kerusakan akibat cairan. Batas perbaikan secara harga pembelian ritel yang direkomendasikan juga menjadi salah satu layanan Tecprotec proClassic ini. Selain itu kamu juga mendapatkan layanan gratis penjemputan dan pengantaran, waktu perbaikan yang cepat, 90 hari garansi perbaikan, dan layanan permintaan perbaikan online selama 24 jam. Adapun penggantian hanya akan berlaku apabila kerusakan pada perangkat tidak bisa diperbaiki lagi dan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Sedangkan untuk Tecprotec proPremium, kamu bisa mendapatkan penggantian unit karena perampokan atau pencurian yang disertai dengan kekerasan. Tidak hanya mencakup kerusakan yang tidak disengaja dan kena cairan saja. Kamu juga mendapatkan jaminan aksesoris dan tentunya layanan perbaikan online 24 jam.

Nah, setelah membaca berbagai manfaat asuransi elektronik, dalam hal ini asuransi hp kita jadi mengetahui banyak keuntungan yang diperoleh dengan memiliki asuransi elektronik. Terutama jika hp dirampok atau rusak, kita pun jadi tak khawatir lagi karena sudah memiliki asuransi. Oleh karena itu, saat kamu membeli barang elektronik dan mendapatkan penawaran asuransi produk elektronik. Kamu mungkin bisa mempertimbangkannya untuk turut membeli asuransi elektronik tersebut. Sebagai pelindung atas segala resiko yang mungkin saja terjadi pada barang elektronik.

Electronic Equipment Insurance

Jenis asuransi elektronik ini juga termasuk diantaranya Electronic Equipment Insurance. Asuransi peralatan elektronik ini memberikan jaminan atas kerugian dari barang-barang elektronik sebagai akibat dari risiko yang telah dijamin pada polis asuransi. Peralatan elektronik yang dimaksud adalah berbagai barang elektronik berharga seperti mesin digital mesin berat dan mesin elektronik yang digunakan dalam kepentingan medis maupun industri skala besar.

Kerusakan atas peralatan elektronik ini bisa saja terjadi pada saat bekerja maupun istirahat. Atau, selama menjalani peralatan perawatan, peralatan elektronik mengalami perencanaan yang keliru atau adanya teknisi yang kurang ahli dalam merakit peralatan elektronik. Selain itu, bisa juga ada kesalahan dalam pelumasan hingga menimbulkan kerusakan pada peralatan elektronik.

Berbagai jenis objek yang dipertanggungkan merupakan jenis peralatan listrik yang menggunakan tenaga listrik dari arus rendah hingga menengah. Seperti peralatan elektronik untuk mengolah data atau komputer, peralatan elektronik untuk pengobatan atau kesehatan atau yang digunakan di laboratorium peralatan untuk komunikasi peralatan untuk film, kantor percetakan dan yang digunakan untuk riset serta lain-lain sebagainya.

Asuransi dunia Industri

Biasanya asuransi elektronik jenis ini memang lebih banyak ditawarkan kepada perusahaan asuransi untuk dunia industri. Beberapa resiko yang dijamin dalam asuransi ini adalah salah rakit, maupun salah rancangan atau desain kerusakan komponen. Risiko yang sifatnya tidak terduga seperti bencana alam maupun kebakaran dan ledakan atau pencurian dan perampokan. Akan tetapi ada pula risiko yang tidak dijamin oleh electronic equipment insurance yaitu perang atau pemberontakan reaksi nuklir , kelalaian yang disengaja.

Kamu juga bisa melakukan perluasan jaminan untuk melindungi resiko tambahan seperti kejadian kerusuhan dan huru-hara, gempa bumi, tsunami, angin ribut dan angin topan. Setelah memilih jenis atau produk Asuransi elektronik yang sesuai dengan kebutuhan kamu pastikan kamu mengerti dan memahami apa saja cakupan jaminan dan resiko termasuk prosedur untuk melakukan klaim. Rata-rata berbagai perusahaan asuransi memberikan apa saja risiko yang dijamin termasuk perluasan jaminan dan pengecualian.

Terkait harga pertanggungan atau premi asuransi elektronik biasanya berbeda tergantung dari jenis barang yang akan kamu asuransikan. Ada beberapa faktor yang memang mempengaruhi harga premi maupun harga pertanggungan, diantaranya selain jenis barang adalah kondisi barang, letak atau lokasi barang dan kondisi lingkungan sekitar.

Keuntungan Electronic Equipment Insurance

Memiliki asuransi elektronik ini akan memberikan keuntungan yaitu jaminan kerugian atas peralatan elektronik yang kamu miliki dari risiko kerusakan. Adapun resiko kerusakan yang dimaksud misalnya peralatan elektronik terganggu tegangan listrik atau kerusakan fisik yang diakibatkan karena bencana alam dan lain sebagainya, sesuai dalam polis asuransi. tentunya hal ini akan memberikan manfaat apalagi jika alat elektronik tersebut adalah peralatan yang sangat penting dan sering digunakan dalam berbagai aktivitas baik di rumah maupun di dalam pekerjaan.

Setidaknya dengan memiliki asuransi elektronik ini dalam tahun pertama pemakaian barang elektronik yang telah kamu beli kamu akan lebih nyaman dan tenang. Namun Ingat tidak semua hal resiko yang terjadi akan ditanggung terutama apabila kamu lalai dalam menggunakan peralatan elektronik. Sehingga, selain berhati-hati dalam menggunakan peralatan elektronik lebih baik juga jika kamu memberikan proteksi pada peralatan elektronik dengan asuransi.

Apabila kamu belum memiliki asuransi elektronik rumah kamu bisa mengajukannya secara online lewat Cekaja.com.

Tentang Penulis