Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Review Lengkap Asuransi Simas Travel yang Perlu Kamu Ketahui  

by Gesti Weningtyas on 9 Maret, 2020

Asuransi perjalanan menjadi salah satu hal yang cukup digemari karena memberikan proteksi saat perjalanan berlangsung. Kamu bisa membeli produk ini untuk segala jenis perjalanan baik perjalanan untuk wisata maupun bisnis. Manfaat yang akan kamu dapatkan tergantung dari jenis produk asuransi perjalanan yang kamu pilih.

Review Lengkap Asuransi Simas Travel yang Perlu Kamu Ketahui  

Tingginya angka kematian akibat kecelakaan bisa menjadi pertimbangan kamu dalam mengambil asuransi perjalanan ini. Apalagi, risiko kecelakaan adalah jenis risiko yang cukup sulit dihindari dan sifatnya sangat mendadak. akan lebih baik jika kamu terlindungi dari risiko kecelakaan saat melakukan perjalanan baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa asuransi perjalanan ini tidak hanya melindungi perjalananmu dari sisi risiko kecelakaan atau risiko kematian saja kamu juga mendapatkan perlindungan lainnya seperti Jika kamu mengalami penundaan penerbangan atau kehilangan bagasi dan dokumen penting saat melakukan perjalanan.

Simas Travel

Asuransi dari Sinarmas ini mungkin bisa menjadi salah satu opsi yang kamu pilih. Produk yang bernama Simas Travel ini memiliki tiga jenis asuransi perjalanan yaitu Simas Travel Overseas, Simas Travel Domestik dan Simas Mudik. Nah, sebelum kamu membaca lebih lengkap tentang review asuransi perjalanan Sinarmas akan lebih baik jika kamu mengenal terlebih dahulu produk asuransi yang dikeluarkan dari simas travel ini.

Dengan memilih sinarmas travel sebagai produk Asuransi perjalanan mu sama kamu menjadi bisa lebih tenang dalam melakukan wisata ke luar negeri atau melakukan perjalanan bisnis. sebab ada beberapa hal yang mendapatkan perlindungan tentunya sesuai dengan kebutuhan. agar produk Asuransi perjalanan yang kamu pilih tepat guna, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu Apa saja yang dilindungi selama perjalanan hingga pengecualiannya. mempelajari politik secara teliti dan detail adalah salah satu kunci agar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari asuransi perjalanan. setidaknya, kamu bisa mendapatkan ganti rugi atas kerugian finansial yang mungkin kamu derita saat melakukan perjalanan.

Simas Travel Overseas

Kamu mungkin akan lebih merasa nyaman jika melakukan perjalanan ke luar negeri dan membeli produk Asuransi Simas Travel Overseas. Sebab, kamu akan mendapatkan jaminan perlindungan secara penuh 24 jam saat membeli produk Asuransi ini. Perhatikan ada beberapa hal yang mendapatkan jaminan perlindungan dari Simas Travel Overseas ini. pertama kamu akan mendapatkan jaminan dari kecelakaan diri, kemudian jaminan perlindungan pengobatan dan perawatan apabila kamu mengalami sakit, kamu juga akan mendapatkan jaminan perlindungan atas ketidaknyamanan yang mungkin kamu rasakan saat perjalanan berlangsung, Selain itu kamu juga akan mendapatkan jaminan perluasan yang bisa kamu pilih untuk perlindungan yang lebih maksimal.

Jaminan kecelakaan diri meliputi meninggal dunia atau mengalami cacat tetap dalam 90 hari sejak Kecelakaan terjadi. Namun kamu juga bisa memilih limit maximum sesuai plan dari produk asuransi yang kamu beli terkait jumlah hari. Selain itu kamu juga akan mendapatkan perlindungan ganda yaitu apabila kamu mengalami kecelakaan saat berada di dalam pesawat terbang dan perjalanan berlangsung.

Adapun ketidaknyamanan yang mungkin akan menjadi resiko perjalanan juga mendapatkan jaminan perlindungan seperti beberapa kondisi berikut ini:

Keterlambatan perjalanan

Keterlambatan perjalanan tentunya  membuatmu rugi secara finansial dan secara waktu. sebab apa yang sudah tertera dalam jadwal menjadi lambat dan tidak berjalan sesuai dengan semestinya. Tertanggung akan mendapatkan ganti rugi apabila mengalami keterlambatan perjalanan 12 jam atau lebih karena cuaca yang tidak menentu atau kerusakan yang terjadi pada mesin pesawat. Nasabah bisa mendapatkan klaim Rp 500.000 setiap 12 jam keterlambatan.

Hal ini juga berlaku apabila kamu mengalami keterlambatan bagasi, kamu akan mendapatkan ganti rugi apabila bagasi mu terlambat 12 jam atau lebih dan mendapatkan ganti rugi senilai Rp1.000.000 untuk mengganti biaya yang sudah kamu keluarkan untuk membeli keperluan darurat selama bagasimu terlambat.

Kehilangan Bagasi

Kamu juga akan mendapatkan ganti rugi apabila mengalami kehilangan bagasi atau harta bendamu setiap item akan dihargai Rp1.250.000 atau nominal yang sesuai dengan plan yang kamu pilih. Jumlah ini bisa mengganti kerusakan atau kehilangan yang di derita tertanggung apabila bagasinya hilang.

(Baca Juga: Beragam Keuntungan Asuransi Perjalanan Domestik)

Selain kehilangan bagasi rumah kamu juga akan mendapatkan perlindungan dan ganti rugi apabila mengalami kehilangan deposit perjalanan, pengurangan perjalanan, kehilangan dokumen, ketidaksinambungan perjalanan pesawat, hingga pembajakan pesawat udara. Untuk pembajakan pesawat udara, kamu akan mendapatkan ganti rugi Rp 500 ribu per orang per hari untuk gangguan perjalanan ini.

Selain beberapa hal di atas, kamu juga akan mendapatkan perlindungan apabila memerlukan perawatan dan pengobatan yang membutuhkan biaya medis. berikut merupakan kondisi yang akan dilindungi oleh Simas Travel Overseas:

Perawatan Medis akibat kecelakaan dan sakit

Kamu akan mendapatkan ganti rugi biaya perawatan inap di Rumah Sakit yang timbul ketika di luar negeri sebagai akibat dari kecelakaan atau sakit yang diderita selama di luar negeri, maksimal hingga 90 hari perawatan inap di Rumah Sakit setiap perjalanan.

Perawatan Lanjutan

Kamu juga bakal mendapatkan biaya perawatan lanjutan untuk kasus yang sama dalam waktu 1X24 jam setelah kembali ke Indonesia akibat penyakit/cedera yang diderita ketika di luar negeri dan maksimum perawatan 7 hari.

Selain itu, ada santunan tunai harian apabila anda mengalami perawatan inap di Rumah Sakit sebesar Rp. 500.000,- per hari sampai dengan limit maksimum plan yang dipilih.

Biaya Evakuasi Medis Darurat dan Pengembalian Jenazah (Repatriasi):

Transportasi darurat dan perawatan medis untuk memindahkan Tertanggung (dalam kondisi medis kritis) ke rumah sakit terdekat. Limit maksimum sampai dengan limit sesuai plan yang dipilih Tertanggung.

Selain itu, perusahaan juga membayar biaya pemakaman atau kremasi di tempat kejadian kematian atau biaya untuk mengembalikan jenazah kembali ke Indonesia/kota domisili. Nasabah juga bisa memilih jaminan perluasan terkait perlindungan isi rumah dan tanggung jawab hukum pribadi.

Simas Travel Domestik

Bagi kamu yang melakukan perjalanan domestik atau di dalam negeri juga bisa mendapatkan perlindungan asuransi perjalanan dari Sinar Mas yaitu Simas Travel Domestik. Ada berbagai perlindungan yang bisa kamu dapatkan dan jaminan yaitu sebagai berikut ini:

Jaminan Kecelakaan Diri

Perusahaan asuransi akan memberikan jaminan keuangan jika terjadi kematian ataupun cacat tetap akibat kecelakaan selama dalam perjalanan.

Biaya Perawatan Medis Akibat Kecelakaan

Simas travel juga menjamin biaya medis atas rawat inap di Rumah Sakit  akibat dari kecelakaan yang terjadi selama dalam perjalanan.

Biaya Repatriasi (Pengembalian Jenazah)

Tertanggung akan mendapatkan biaya pengembalian jenazah ke kota domisili Tertanggung apabila Tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan dalam perjalanan.

Keterlambatan Bagasi

Perusahaan juga akan mengganti biaya-biaya pembelian darurat untuk pakaian dan peralatan mandi atau kosmetik ketika berada di kota tujuan karena bagasi terlambat 6 jam akibat salah pengantaran.

Simas Mudik

Simas Mudik juga merupakan salah satu produk asuransi yang akan memberikan kamu perlindungan apabila kamu melakukan perjalanan mudik. Jumlah premi yang harus dibayarkan cukup terjangkau. Jumlah premi per periode bisa menyesuaikan dari individu, keluarga, hingga grup. seperti yang kamu tahu aktivitas mudik setiap tahunnya sering dilakukan oleh masyarakat Indonesia dan tentunya banyak resiko yang bisa terjadi saat perjalanan ini berlangsung.

Apabila kamu membeli produk Simas Mudik ini, perlindungan akan diberikan kepada setiap nasabah yang melakukan perjalanan dengan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Meski kamu mendapatkan perlindungan, perlu kamu ketahui ada juga beberapa pengecualian dalam polis Simas Mudik ini di antara lain:

Kecelakaan yang terjadi karena mengendarai atau sebagai penumpang kendaraan bermotor roda dua (sepeda motor). Melukai diri dengan sengaja dan/atau bunuh diri atau tindakan-tindakan kearah itu, baik dengan maksud jahat atau tidak.

Dengan sengaja melakukan atau ikut serta mengambil bagian dalam suatu kejahatan, pelanggaran, perkelahian, huru hara yang sejenisnya.

Untuk Tertanggung wanita, yang disebabkan seluruhnya atau sebagian oleh kelahiran atau kehamilan. Klaim juga akan ditolak apabila Tertanggung mengalami risiko ketika berolah raga tinju, karate, judo, silat, kung fu, jiu jitsu, dan yang sejenis dengan itu : gulat, ski air, terjun payung, hockey, mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 2500 meter. Kecelakaan yang disebabkan atau mungkin terjadi karena sakit, cacat atau karena suatu keadaan tidak normal pada jasmani dan/atau rohani dari Tertanggung juga tidak akan mendapatkan klaim. Ingatlah untuk selalu membaca polis asuransi perjalanan dengan teliti, termasuk detail pengecualian.

Nilai pertanggungan
  • Resiko A: Meninggal dunia akibat kecelakaan
  • Memberikan jaminan keuangan jika terjadi kematian akibat kecelakaan selama dalam perjalanan.
  • Resiko B: Cacat Tetap Akibat Kecelakaan (sesuai continental scale)
  • Memberikan jaminan keuangan jika terjadi cacat tetap akibat kecelakaan selama dalam perjalanan. Penggantian dihitung dari persentase yang tercantum dan dihitung dari jumlah uang pertanggungan.
  • Resiko D: Biaya perawatan / pengobatan dokter akibat kecelakaan dengan maksimum pertanggungan Rp. 250.000,- per peserta.
Plan Individu
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko A&B Rp. 25.000.000,-
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko D Rp. 250.000,-
Plan Keluarga
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko A&B
  • Peserta Dewasa : Rp. 25.000.000,-
  • Peserta Anak : Rp. 10.000.000,-
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko D
  • Peserta Dewasa / Anak : Rp. 250.000,-
  • Akumulasi Resiko per polis keluarga Rp. 100.000.000,-
Plan Rombongan
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko A & B
  • Peserta Dewasa : Rp. 25.000.000,-
  • Peserta Anak : Rp. 10.000.000,-
  • Jumlah Uang Pertanggungan Resiko D
  • Peserta Dewasa / Anak : Rp. 250.000,-
  • Akumulasi Risiko per polis keluarga Rp. 500.000.000,-

Setiap perusahaan asuransi biasanya juga memberikan syarat dan ketentuan yang berbeda bagi kamu yang akan membeli produk Asuransi perjalanan. Misalnya, kamu harus dalam kondisi yang sehat dan melakukan perjalanan bukan dalam rangka untuk pengobatan atau perawatan. perhatikan juga terkait batasan usia yang dapat menjadi tertanggung polis asuransi.

Demikian merupakan review lengkap asuransi perjalanan Sinarmas yang bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. Apabila kamu sudah yakin untuk membeli produk Asuransi terkait, jangan ragu untuk membandingkannya dengan produk Asuransi lain agar mendapatkan harga premi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan. Jenis asuransi yang digunakan untuk perjalanan ke luar negeri dan asuransi ya akan melindungi perjalananmu di dalam negeri tentunya memiliki perlindungan yang berbeda dan premi yang dibayarkan juga berbeda.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis