Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Alasan Pentingnya Asuransi Pendidikan Anak

by Maria Nofianti on 16 Maret, 2020

Mewariskan ilmu itu jauh lebih berharga dibandingkan kita mewariskan harta pada anak-anak kita. Karena ilmu yang tertanam pada diri seseorang akan terus melekat, bahkan hingga ujung usia. Menyadari hal itu, maka tak heran jika memberikan pendidikan yang layak dan tinggi adalah satu keputusan penting dan wajib yang diambil orang tua untuk anak-anak mereka. Bagi orang tua, dapat memasukkan anak mereka ke sekolah berkualitas terbaik adalah hal yang sangat penting, dan menjadi keinginan setiap orang tua membiayai pendidikan anaknya sampai setinggi mungkin. Karena dengan pendidikan yang baik, akan menjadi satu hal yang membuat masa depan anak lebih baik.

pentingnya asuransi pendidikan anak

Tapi, ada banyak kekhawatiran yang muncul di hati orang tua saat ini. Mulai dari kemampuan mereka untuk selalu ada menjaga anak anak mereka hingga lulus kuliah, atau karena biaya sekolah yang tak bisa dibilang murah.

Ya, bukan rahasia lagi bahwa pendidikan tinggi itu mahal, terus meningkat dari tahun ke tahun, dan tentu saja tidak akan menjadi lebih murah karena inflasi dan kenaikan biaya lainnya. Jadi ada kekhawatiran, bagaimana orang membayar pendidikan anak-anak mereka dengan begitu mahal?  Ada banyak pilihan untuk dipastikan, tetapi setiap jalur pembiayaan dilengkapi dengan jumlah biaya sendiri. Misalnya, orang tua dapat memilih untuk membayar pendidikan anak-anak mereka dengan berhutang ke bank tetapi ini akan menyebabkan uang di masa pensiun nanti habis dan hilangnya pendapatan hanya untuk melunasi hutang. Yang lain mungkin mempertimbangkan untuk mengambil pinjaman pribadi atau menggadaikan harta mereka untuk mendanai pendidikan anak-anak mereka, tetapi ini juga akan menimbulkan biaya bunga yang jelas harus dibayarkan.  Selain itu, beberapa bahkan mungkin tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pembiayaan untuk jumlah banyak yang mereka butuhkan, terutama jika mereka harus membayar untuk pendidikan tinggi lebih dari satu anak.

(Baca Juga: Asuransi Jiwa Terbaik Premi 500 ribuan)

Banyak orang tua yang tidak menabung, mereka tidak sadar untuk segera bersiap menabung untuk membiayai pendidikan anak-anak di masa depan. Cara lain selain menabung adalah dengan asuransi pendidikan. Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan bermotor yang populer di masyarakat Indonesia ternyata produk asuransi pendidikan juga mulai meraih kepopuleran. Asuransi pendidikan adalah asuransi yang akan menjamin biaya untuk pendidikan anak sampai selesai. Tentunya orang tua harus membayar sejumlah premi sesuai dengan kesepakatan. Dengan memiliki asuransi pendidikan maka orang tua akan lebih tenang dalam merencanakan pendidikan anak di masa depan. Orang tua juga harus memahami pentingnya asuransi pendidikan anak. Karena ini adalah salah satu cara agar pendidikan anak tetap terjamin, bagaimana pun kondisi ekonomi dan keuangan orang tua di masa depan.

Ketika anak mulai bersekolah di tingkat SD ke SMP atau ke SMA atau mendaftar di perguruan tinggi pasti akan ada uang gedung yang harus dibayarkan. Mahalnya biaya untuk uang gedung ini kerap kali membuat orang tua kerepotan untuk mencari sumber dana. Ini karena jumlahnya juga tidak sedikit loh. Nah asuransi pendidikan akan sangat membantu kamu sebagai orang tua untuk menyelesaikan masalah tersebut. Ini adalah pilihan bijak bagi orang tua modern yang sangat mementingkan pendidikan terbaik untuk anak mereka.

Sebelum membahas tentang pentingnya asuransi pendidikan anak, ada baiknya kita harus tahu dulu bahwa ada dua jenis asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Dua jenis asuransi pendidikan itu adalah:

Asuransi pendidikan Endowment/ berjangka/ dwiguna

Ini adalah jenis asuransi yang murni yang nantinya akan memberikan uang pertanggungan pada akhir masa asuransi dan jumlahnya tetap yang sesuai dengan perjanjian awal. Asuransi ini tanpa embel-embel investasi. Pada masa awal maraknya asuransi maka asuransi jenis ini yang sangat populer. Asuransi pendidikan ini diberikan hanya jika orang tua meninggal sebesar target dana yang telah disetujui sebelumnya di dalam kontrak. Premi biasanya lebih mahal dan lebih lama pembayarannya. Manfaat dana yang diberikan iga tidak sebesar asuransi pendidikan jenis lainnya.

Asuransi pendidikan unit link

Asuransi pendidikan unit link adalah jenis asuransi pendidikan yang mempunyai fungsi investasi selain fungsi perlindungan untuk nasabah. Seperti asuransi unit link lainnya, asuransi pendidikan ini preminya ada yang dialokasikan untuk investasi. Harapannya investasi ini akan memberikan keuntungan bagi nasabah meskipun keuntungannya sifatnya tidak tetap. Saat kamu sebagai orang tua meninggal maka anak kamu akan tetap menerima uang pendidikan dan juga keuntungan investasinya loh.

Semakin mahalnya biaya pendidikan untuk anak adalah salah satu yang menjadi alasan kenapa harus mempunyai asuransi pendidikan bagi anak. Menurut Badan Pusat Statistik, biaya pendidikan anak naik setiap tahunnya sebesar 10% dan untuk perguruan tinggi saat masuk kita harus menyediakan paling tidak uang paling sedikit Rp 20 juta rupiah. Siapa yang tidak kelimpungan ketika toba-toba harus mencari dana sebesar itu? Maka dari itu asuransi pendidikan menjadi solusinya. Nah jadi apa sih pentingnya asuransi pendidikan anak? Ada banyak alasan mengapa asuransi pendidikan itu penting loh! Yuk simak di bawah ini.

1. Menjamin dana pendidikan untuk anak di masa depan

Perlindungan utama yang diberikan oleh asuransi pendidikan yaitu kepastian dan amannya biaya pendidikan anak di masa depan. Jadi saat ada hal yang tidak diinginkan menimpa orang tua maka biaya pendidikan menjadi hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Beberapa produk asuransi pendidikan bahkan memberikan jaminan atas biaya pendidikan sampai jenjang  yang lebih tinggi. Ini tentu akan membuat orang tua lebih tenang dan lebih fokus untuk bekerja dan menjalani kehidupan, tanpa memikirkan jika tahun tahun berikutnya biaya masuk sekolah akan lebih mahal.

Perlu diketahui juga bahwa dana pendidikan ini tidak akan diberikan ketika orang tua mengalami musibah saja. Meskipun orang tua sehat dan bisa mencari nafkah dana pendidikan ini masih bisa diambil dan dipakai untuk bayar biaya pendidikan loh. Jadi daripada menyimpan uang berupa tabungan di bank untuk 5 atau 10 tahun ke depan akan lebih baik memiliki asuransi pendidikan. Tabungan biasanya akan berkurang karena inflasi loh. Pilih asuransi pendidikan saja ya?

2. Merencanakan pendidikan anak lebih baik

Ketika kamu sebagai orang tua memiliki asuransi pendidikan anak maka berarti kamu paham pentingnya asuransi pendidikan anak di masa depan. Sebagai orang tua tentu kita menginginkan pendidikan anak yang terbaik. Jadi dengan merencanakan pendidikan anak sampai tingkat apa dengan asuransi pendidikan maka itu adalah perencanaan yang bagus. Dengan memilih sampai tingkatan apa pendidikan anak di masa depan akan menentukan besarnya premi yang harus di bayar. Tentunya pemilihan ini harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan ya.

3. Mengontrol keuangan keluarga menjadi lebih baik

Dengan memiliki asuransi pendidikan bagi anak maka kamu juga bisa mengontrol keuangan keluarga menjadi lebih baik. Yang pertama tentu kamu bisa menjadikan hidup hemat dan menabung menjadi sebuah kebiasaan. Selanjutnya kita bisa mempunyai dana darurat untuk biaya pendidikan dalam bentuk asuransi. Terakhir adalah kamu menjadi lebih bertanggung jawab untuk membayar premi asuransi dengan cara menyisihkan pendapatan kamu dulu. Ini sangat penting dan bermanfaat bagi kamu yang sulit untuk menabung.

4. Melindungi orang tua

Saat kamu sebagai orang tua memiliki asuransi pendidikan untuk anak maka artinya kamu juga melindungi diri sendiri juga. Jadi jika ada musibah terjadi dan orang tua meninggal maka perusahaan asuransi akan memberikan dana pendidikan kepada anak kamu sesuai dengan persetujuan di awal pembelian asuransi pendidikan ini.

5. Memberikan ketenangan di masa depan

Asuransi pendidikan bertujuan untuk memberikan perlindungan sehingga kamu sebagai orang tua merasa tenang apabila risiko terburuk menimpa kamu. Dengan ketenangan bahwa pendidikan anak akan terpenuhi di masa depan itu menjadi alasan pentingnya asuransi pendidikan anak.

Setelah memahami pentingnya asuransi pendidikan anak maka saat akan membeli asuransi pendidikan kamu mesti persiapkan dulu beberapa hal di bawah ini ya. Hal-hal itu antara lain:

Menghitung dana yang dibutuhkan anak

Menghitung dengan teliti berapa dana yang dibutuhkan saat akan masuk SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi. Dengan ini kamu sebagai orang tua bisa merencanakan sampai tingkatan mana pendidikan anak kamu. Cari info tentang dana masuk untuk masing-masing tingkatan.

Sesuaikan dengan keadaan finansial

Setelah kamu menganggarkan seberapa besar biaya pendidikan anak maka selanjutnya kamu bisa memilih premi yang sesuai dengan keadaan finansial kamu.

Ketika kamu akan memilih asuransi pendidikan yang terbaik untuk anak kamu juga harus pastikan beberapa hal di bawah ini seperti:

  • Kamu mesti tahu apakah skema pembayaran preminya dibayarkan setiap bulan atau metode lainnya. Begitu juga dengan denda keterlambatan. Pastikan kamu tahu dengan jelas semua hal ini.
  • Jangka waktu di asuransi pendidikan biasanya diperhitungkan sesuai dengan usia anak serta masa sekolahnya.
  • Pastikan bagaimana tata cara pencairan dana pendidikan. Waktu pencairan apakah saat anak masuk sekolah atau saat polis berakhir.
  • Cara klaim dan siapa yang paling memiliki hak untuk mengajukan klaim juga harus jelas.

Membeli asuransi pendidikan sebaiknya harus sejak dini. Karena saat usia anak semakin bertambah maka preminya juga akan menjadi lebih tinggi. Begitu juga dengan faktor usia orang tua. Jadi semakin muda anak didaftarkan untuk memiliki asuransi maka preminya bisa lebih murah dan waktu pembayarannya juga makin lama. Kamu juga harus tahu bahwa untuk asuransi pendidikan yang menjadi tertanggung asuransi ini adalah pencari nafkah bukan anak. Jadi jika tertanggung terkena musibah maka yang akan menerima uang pertanggungan adalah anak dan bisa dipakai untuk dana pendidikan. Tentu saja kamu harus memilih perusahaan asuransi yang terpercaya dan sudah terdaftar di OJK yah. Kamu juga harus paham akan risikonya.

Nah itu dia alasan pentingnya asuransi pendidikan anak yang harus kamu tahu serta hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membelinya. Dengan memiliki asuransi pendidikan maka orang tua akan lebih tenang berkaitan dengan pendidikan anak di masa depan. Terutama pada saat kondisi kamu menjadi sulit. Jadi sudah siapkah kamu melindungi anak dengan asuransi pendidikan?

Lindungi segera si buah hati dengan asuransi kesehatan ditengah banyaknya virus yang mengancam si buah hati dengan pilihan terlengkap hanya di Cekaja.com.

Tentang Penulis