Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Hal yang Harus Dipahami saat Mengambil Asuransi Mobil  

by Gesti Weningtyas on 17 Maret, 2020

Mengambil produk asuransi mobil bisa dilakukan sewaktu-waktu baik online maupun offline. Bagi mayoritas masyarakat Indonesia asuransi mobil adalah hal yang kini sangat dipertimbangkan mengingat banyaknya resiko yang bisa menghampiri dan terjadi kapan saja. Pertumbuhan kendaraan roda empat alias mobil ini juga cukup tinggi setiap tahunnya sehingga banyak yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk asuransi mobil untuk memberikan perlindungan yang maksimal apabila terjadi resiko.

Hal yang Harus Dipahami saat Mengambil Asuransi Mobil

Sebelum mengambil asuransi mobil untuk memberikan perlindungan bagi kendaraan pribadi maupun kendaraan dinas maka akan lebih baik jika kamu mengetahui apa saja yang harus dipahami ketika membeli produk asuransi mobil.  Pasalnya, ada beberapa jenis asuransi mobil dan manfaat yang ditawarkan pun berbeda berikut juga harga premi yang dibayarkan.

Jika kamu sudah memutuskan untuk mengambil asuransi mobil maka perhatikan hal-hal berikut ini agar ke depan kamu tidak kecewa karena belum memahami apa saja manfaat yang diberikan oleh asuransi mobil. Selain itu kamu juga harus memperhatikan layanan apa saja yang ditawarkan oleh asuransi mobil apakah klaim yang berupa bengkel rekanan atau ada beberapa opsi lainnya.

Mobil menjadi salah satu kendaraan yang cukup digemari oleh masyarakat karena praktis dan bisa membawa lebih dari 1 orang. Tidak heran jika semakin banyak produk asuransi mobil yang menawarkan kemudahan dan tentunya bisa mengganti kerugian finansial yang terjadi apabila ada kerusakan ringan maupun kerusakan berat. Ganti rugi financial ini bisa dilakukan oleh perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi mobil. Namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli produk asuransi mobil, yaitu sebagai berikut:

1. Jenis Asuransi

Asuransi mobil memiliki dua jenis yaitu asuransi mobil all risk dan asuransi mobil total loss only keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan dan kamu bisa memilih mana asuransi yang akan mengcover dan memberikan perlindungan sesuai dengan kebutuhan. Asuransi mobil all risk atau comprehensive ini adalah jenis asuransi mobil secara menyeluruh artinya kamu akan mendapatkan klaim apabila mobil mengalami kerusakan ringan sedang maupun kerusakan yang berat.

Kamu bisa mendapatkan perawatan tambahan dan perluasan jaminan sesuai dengan pilihan dan tentunya rencana dari perlindungan yang akan kamu lakukan. Apabila mobilmu baru dan kamu membutuhkan perlindungan secara keseluruhan, baik kerusakan ringan maupun kerusakan berat, maka kamu bisa memilih asuransi all risk. Asuransi mobil all risk akan melindungi mobil dari kerusakan berat maupun kerusakan ringan dibawah 50%. Jadi segala macam kecelakaan ringan seperti terbentur terperosok maupun kebakaran dan kecelakaan lalu lintas lainnya akan mendapatkan klaim dari asuransi jenis ini. Meskipun demikian perlu kamu ketahui bahwa harga premi asuransi mobil allrisk mungkin akan lebih tinggi ketimbang jenis produk asuransi mobil total loss only karena cakupan perlindungannya yang luas.

Berbeda dengan Asuransi mobil all risk asuransi mobil total loss only atau TL adalah jenis asuransi yang memberikan ganti rugi apabila mobil mengalami kerusakan 75% atau di atas 75%. Sehingga apabila kamu kehilangan mobil atau mobil dicuri dan dirampok orang di tengah jalan kamu bisa mendapatkan klaim dan ganti rugi. Kerusakan total akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Namun perlu kamu ketahui bahwa asuransi total loss only ini diberikan batas maksimum hingga 15 tahun saja. Apabila kamu ingin mengambil asuransi jenis total loss only maka kamu juga perlu memperhatikan apa saja yang bisa di klaim dan perhatikan juga prosedur klaim yang harus dilakukan. Jika kamu ingin menggabungkan manfaat keduanya kamu bisa berkonsultasi dengan agen asuransi perusahaan terkait untuk mendapatkan manfaat perlindungan maksimal.

2. Prosedur Klaim Asuransi Mobil

Hal kedua yang perlu kamu pahami saat membeli produk asuransi mobil adalah memastikan prosedur klaim asuransi mobil. Sebaiknya klaim asuransi dilakukan dengan mudah dan tentunya ada beberapa fasilitas yang pastinya ditawarkan oleh perusahaan asuransi terkait seperti mobil pengganti. Misalnya jika kamu memilih asuransi all risk dan mobilmu mengalami kerusakan ringan sehingga Perlu diperbaiki di bengkel rekanan perusahaan asuransi. Biasanya akan ada mobil pengganti yang bisa digunakan untuk tetap beraktivitas selama mobilmu berada di bengkel. Namun untuk hal ini kamu perlu memastikan kepada perusahaan asuransi terkait supaya saat kamu membutuhkan mobil pengganti kamu bisa mendapatkannya sesuai seperti klaim di awal.

Apabila kamu ingin mendapatkan klep mobil pengganti dengan jenis kendaraan yang sama seperti mobilmu dan saat itu tidak ada mobil yang tersedia, mungkin kamu bisa menunggu dan antri atau menggunakan mobil yang ada jika kebutuhan cukup mendesak. Karena itu, hal ini bisa kamu antisipasi jauh-jauh hari. Ketika mobil mengalami kerusakan, Segera hubungi pihak asuransi terkait untuk mendapatkan tata cara dan prosedur pelaksanaan klaim yang benar sehingga kamu tidak akan merasa dipersulit karena dokumen yang kamu siapkan kurang lengkap atau beberapa aturan lainnya belum kamu pahami. Ada beberapa nasabah asuransi yang merasa dipersulit dan tidak bisa mendapatkan Clan karena belum memahami prosedur dan tidak membaca polis asuransi yang diberikan

3. Baca polis asuransi dengan Teliti

Sebelum kamu membayar produk asuransi yang telah dibeli maka akan lebih baik jika kamu mempelajari polis asuransi yang kamu beli. Semua keterangan terkait produk asuransi mobil hingga pengecualian perlu kamu baca dengan teliti sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Tidak semua perusahaan asuransi mobil memberikan mobil pengganti saat mobil mengalami kerusakan ringan. Ada pula beberapa kerusakan yang tidak bisa di cover oleh asuransi mobil dan hal itu harus kamu pelajari dengan sebaik mungkin.

(Baca Juga: Yuk, Cek Tips Mendapat Keuntungan Asuransi Mobil)

Pelajari apa saja yang bisa menjadi kemungkinan tentang resiko yang akan menimpa mobilmu. Jika resiko ini berada dalam pengecualian polis asuransi maka sebaiknya jangan ambil polis asuransi mobil tersebut seperti akan terjadi kerusakan yang sama mungkin bisa saja klaim kerusakan mobil yang akan kamu daftarkan tidak diterima.

4. Bengkel Rekanan Asuransi

Hal selanjutnya adalah memahami dimana bengkel rekanan perusahaan asuransi termasuk letaknya apakah jauh dari tempat domisili atau berada di lokasi yang kurang dekat dengan kantor. Setiap bengkel biasanya memiliki standar pengerjaan yang berbeda sehingga kamu perlu menentukan bengkel mana yang akan menjadi tempatmu untuk memperbaiki kendaraan. Sebab pada bengkel yang pekerjaannya tidak maksimal dan produk yang digunakan bukanlah produk berkualitas. Tentunya itu akan berpengaruh kepada kesehatan mobil mu.

Untuk itu, kamu perlu memastikan bengkel mana yang akan menjadi tempat untuk memperbaiki mobil. Kamu bisa memilih bengkel dengan reputasi yang baik dan tentunya track record bengkel rekanan dalam memberikan pelayanan. Garansi dari bengkel merupakan pertimbangan yang cukup buat kamu untuk memilih bengkel rekanan. Kamu juga bisa memilih bengkel mana saja kamu akan melakukan perawatan mobil secara berkala. Tidak hanya itu dengan memastikan bahwa bengkel rekanan adalah tempat yang baik untuk memperbaiki mobil tentu kamu bisa mendapatkan berbagai macam sparepart yang original dan cocok untuk mobil sehingga tidak gampang rusak.

5. Perluasan Jaminan

Perluasan jaminan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi terkait produk asuransi mobil mungkin perlu kamu pertimbangkan apabila kamu berada di lingkungan yang terdapat huru hara atau bencana alam atau lain sebagainya. Hal itu bisa menjadi untuk perlindungan di masa yang akan datang. Sebab, tidak ada yang tahu kapan bencana alam datang dan memporak-porandakan apa yang ada seperti yang sudah terjadi, yaitu bencana banjir dan tanah longsor. Tanpa asuransi mobil belum tentu kamu dapat melindungi kerugian finansial mu dari kemungkinan ini.

Oleh karena itu perluasan jaminan yang mungkin bisa kamu dapatkan perlu dipertimbangkan sesuai dengan demografi dan letak domisili mu saat ini. Apakah kamu akan membutuhkan atau tidak hanya kamu sendiri yang mengetahui sehingga tentukan produk asuransi yang kamu pilih tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, apabila daerah tempat tinggalmu sering terjadi banjir. Mungkin kamu bisa memilih asuransi all risk dengan manfaat perlindungan jaminan yang diperluas seperti perlindungan dari banjir. Selain banjir ada juga jaminan perluasan lainnya seperti huru-hara di dan kerusakan akibat huru-hara tidak misalnya jika mobil di parkir tepat berada di area demo dan ternyata demo berakhir ricuh dengan melakukan berbagai perusakan salah satunya adalah perusakan mobil dan pembakaran mobil.

6. Perusahaan Asuransi Terpercaya

Akan lebih baik jika kamu memilih perusahaan asuransi terpercaya dengan rekam jejak yang baik di masa lampau. Perusahaan asuransi yang memiliki track record baik tentunya akan menjaga pengelolaan uangmu dengan bertanggung jawab dan amanah. Oleh karena itu, cek terlebih dahulu perusahaan asuransi yang menawarkan produk Asuransi kepadamu kemudian pikirkan matang-matang apa saja jenis asuransi yang akan kamu beli sehingga saat kamu dan keluarga sudah memiliki  waktu, kamu tak lagi kaget.

Untuk melihat perusahaan asuransi mana saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan kamu bisa termasuk melihatnya di laman resmi Otoritas Jasa Keuangan atau melalui laman AAJI atau asosiasi asuransi jiwa Indonesia. Dalam laman tersebut disebutkan mana saja perusahaan asuransi yang telah terdaftar dan tentunya diawasi dan dilindungi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Agar kamu mendapatkan hak-hak sebagai nasabah asuransi sesuai dengan aturan, maka tentunya kamu juga harus mengerti kewajiban apa saja yang perlu dilakukan, membayarkan premi tepat waktu.

Mengajukan Asuransi Mobil

Mengajukan asuransi mobil bukanlah hal yang sulit, sebab asuransi mobil bisa dibeli dan memberikan perlindungan jarak jauh secara online namun real-time. Asuransi mobil ini memiliki berbagai perlindungan yang bisa memberikan keuntungan dan ganti rugi finansial. Keuntungannya kita tidak perlu menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Kita cukup menghubungi customer service dari kemudian menunggu kabar dan prosedur selanjutnya.

Buat kamu yang belum memiliki produk asuransi mobil, kamu bisa membeli asuransi mobil setelah mengetahui beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin membeli produk asuransi mobil. Kamu bisa mengajukan asuransi mobil sesuai kebutuhan maupun keinginan untuk melindungi mobil dan membandingkan harga premi dari masing-masing penyedia layanan. bandingkan harga premi asuransi mobil dan ajukan sekarang juga di cekaja.com.

Tentang Penulis