Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Pebisnis Mudah, Yuk Simak Kelebihan Memiliki Asuransi Bisnis

by Rini Agustina on 24 Maret, 2020

Asuransi bisnis masih jadi kata yang asing di telinga masyarakat Indonesia. Pelaku bisnis terutama yang bergerak di UMKM bahkan sedikit yang mengetahui adanya asuransi ini. Minimnya literasi mengenai asuransi membuat mereka kurang membuka mata terhadap produk perlindungan yang satu ini.

Pebisnis Mudah, Yuk Simak Kelebihan Memiliki Asuransi Bisnis

Padahal asuransi bisnis dapat memberikan jaminan pengendalian risiko secara finansial ketika bisnis merugi baik karena tindak kejahatan. Kondisi ekonomi yang tidak menentu maupun karena bencana alam. Sehingga pemilik bisnis dapat meminimalisir kerugian untuk menghindari kebangkrutan.

(Baca juga: Syarat Yang Harus Dipenuhi Untuk Klaim Asuransi Kaca Mobil Pecah)

Tanpa asuransi Anda harus menanggung sendiri setiap kerugian yang diderita. Ingat ya, setiap kali bisnis merugi bukan hanya finansial pribadi yang harus disokong, melainkan juga finansial para pegawai atau karyawan, sehingga pengeluaran Anda ketika bisnis merugi justru bisa dua sampai tiga kali lipat dari biasanya.

Apa itu Asuransi Bisnis?

Secara umum pengertian asuransi bisnis adalah produk perlindungan untuk bisnis yang memberikan manfaat pengendalian risiko secara finansial dengan cara mengalihkan resiko perusahaan ke pihak asuransi.

Biasanya ketika Anda mengajukan pembuatan premi asuransi, ada tiga perlindungan yang ditawarkan yakni asuransi, jiwa, kesehatan dan properti.

Asuransi jiwa dan kesehatan bukan hanya diperuntukkan bagi Anda namun juga untuk seluruh karyawan. Anda tak perlu lagi dipusingkan dengan perkara karyawan sakit, kecelakaan atau bahkan meninggal karena sudah ditanggung dengan asuransi.

Sedangkan, Asuransi properti untuk bisnis dapat menanggung kerugian pada bisnis seperti kebakaran, bencana, pencurian, huru hara, dan sebagainya.

Manfaat dan Kelebihan Memiliki Asuransi Bisnis

Saat Anda memutuskan untuk melindungi bisnis dengan asuransi. Maka ada premi yang cukup besar yang mesti Anda bayar kepada pihak asuransi. Mungkin jika dikalkulasikan cukup besar, namun sebenarnya cukup seimbang kelebihan yang diberikan. Berikut adalah kelebihan memiliki asuransi bisnis:

1. Melindungi Aset Perusahaan

Setiap perusahaan pastinya memiliki aset, baik berupa sumber daya manusia maupun sumber daya alam atau benda. Aset adalah roda yang menjalankan bisnis dan memberikan keuntungan. Namun baik sumber daya manusia maupun benda punya resiko yang tidak rendah.

Pegawai sebagai sumber daya manusia, punya resiko sakit, mengalami kecelakaan bahkan meninggal dunia ketika bekerja. Sementara sumber daya berupa benda bisa saja hilang dicuri, mengalami kebakaran dan hal lain yang menyebabkan kerusakan dan kerugian bagi perusahaan.

Nah kerugian inilah yang akan dialihkan atau ditanggung oleh asuransi ini. Sehingga Anda tak perlu khawatir dengan aset yang ada, cukup fokus saja membuat strategi untuk melebarkan bisnis. Sementara untuk urusan perlindungan aset .

2. Mengganti Kerugian Bisnis

Asuransi bisnis juga bersedia mengganti kerugian bisnis Anda namun hanya untuk hal-hal yang masuk dalam pertanggungan misalnya resiko kerugian akibat kebakaran, pencurian, kecelakaan, kerusakan karena bencana alam dan kehilangan aset.

Sementara untuk kerugian yang berhubungan dengan perdagangan biasanya tidak masuk dalam pertanggungan. Kerugian bisnis karena adanya pemogokan dan kerusuhan yang dilakukan karyawan juga masuk dalam pertanggungan asuransi

3. Jaminan Pengiriman Barang

Jika bisnis Anda melibatkan bidang ekspedisi atau pengiriman, maka asuransi bisnis wajib ada. Pasalnya asuransi ini dapat menjamin keamanan saat pengiriman barang. Biasanya bisnis berbasis online sangat membutuhkan pengiriman.

Jaminan pengiriman barang yang dimaksudkan adalah, resiko penggantian atas kerusakan dan kehilangan barang konsumen yang terjadi selama masa pengiriman.

Baik karena ketidaksengajaan maupun karena tindak kejahatan berupa pencurian. Jadi, ketika pesanan konsumen tidak sampai di tangan mereka, pihak asuransi yang akan mengganti kerugian tersebut kepada konsumen Anda.

4. Sebagai Fondasi Perusahaan

Adanya asuransi ini membuat para pemilik bisnis dapat lebih fokus untuk mengembangkan perusahaan. Tidak perlu lagi melakukan kelola keuangan untuk memastikan setiap aset perusahaan terlindungi.

Karena semua sudah menjadi tanggung jawab pihak asuransi. Asuransi bisnis adalah upaya pencegahan serta penanganan risiko ketika perusahaan berada di titik terendah. Sehingga Anda bisa lebih siap untuk bangkit ketika perusahaan goyang.

Hal-Hal yang Dijamin Oleh Asuransi Bisnis

Tidak semua yang berkaitan dengan bisnis Anda dapat masuk dalam pertanggungan asuransi. Setidaknya inilah beberapa hal yang dapat dijamin dan masuk dalam nilai pertanggungan asuransi bisnis:

  • Kerugian Karena Bencana Alam

Indonesia adalah salah satu negara dengan resiko bencana alam yang tinggi, sebab posisinya terletak di garis cincin api Pasifik yang menyebabkan Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang sangat aktif.

Selain itu Indonesia juga berada di atas tiga lempeng tektonik yakni Lempeng Indo-Australia, Lempeng Pasifik, dan juga Lempeng Eurasia yang menyebabkan kita rawan mengalami gempa bumi.

Nah asuransi ini memberikan jaminan resiko kerugian yang diakibatkan bencana alam salah satunya adalah gempa bumi. Memang bencana seperti gempa bumi atau gunung meletus ini tidak setiap tahun bisa terjadi. Namun setidaknya ketika tiba-tiba terjadi kita sudah memiliki perlindungan untuk menyelamatkan seluruh bisnis.

  • Kerugian Karena kecelakaan

Salah satu resiko lain yang bisa menjadi masalah tersendiri untuk perusahaan adalah kecelakaan yang menimpa karyawan ketika bekerja. Misalnya, ketika mengirimkan barang dari Bandung menuju Jakarta, ternyata karyawan mengalami kecelakaan di Tol Cipularang yang menyebabkan seluruh aset rusak, termasuk mobil dan barang yang diperdagangkan.

Maka asuransi akan menanggung segala kerusakan atas aset yang diasuransikan. Memang tidak 100% kerugian bakal diganti, namun setidaknya dapat mengurangi beban kerugian yang Anda alami. Bahkan biaya perawatan supir juga menjadi tanggungan pihak asuransi bukan perusahaan.

  • Kerugian Karena Kebakaran

Bencana kebakaran dapat menimpa siapa saja dengan bisnis apa saja. Bahkan resiko kerugian akibat kebakaran ini bisa lebih besar dari gempa bumi, khususnya jika bisnis Anda adalah pengadaan barang yang mudah terbakar.

Belum lagi korban jiwa yang bisa saja muncul karena insiden kebakaran. Maka kerugian yang akan dialami bukan saja kerusakan aset pada benda namun juga biaya perawatan karyawan yang menjadi korban atau bahkan santunan kematian.

  • Kerugian Karena Pencurian dan Perampasan

Setiap bisnis idealnya memiliki sistem keamanan yang baik yang dapat melindungi pemilik dari resiko kehilangan aset akibat pencurian. Namun seringkali pelaku kejahatan lebih lihai dibanding sistem keamanan yang ada.

Sehingga Anda tetap perlu melindungi bisnis dengan asuransi. Asuransi ini dapat meminimalisasi resiko bisnis karena kehilangan aset akibat pencurian atau percobaan pencurian. Anda Pun tak harus menggelontorkan budget berlebih untuk memperkuat sistem keamanan.

  • Kerugian Karena Bencana Alam

Kerugian bisnis karena bencana alam juga menjadi tanggungan asuransi. Bencana alam yang dimaksud diantaranya adalah tanah longsor, tanah amblas atau tanah turun.

Lalu ada pula perlindungan dari Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi, Kebakaran dan Ledakan yang mengikuti terjadinya Gempa Bumi dan atau Letusan Gunung Berapi dan Tsunami.

Nilai plus lain dari asuransi bisnis adalah perlindungan dari Banjir, Angin Topan dan/atau Badai, Kerusakan Akibat Air termasuk biaya-biaya yang diperlukan untuk pembersihan obyek pertanggungan atau pemindahan puing-puing dari dalam Bangunan sebagai akibat dari perluasan jaminan tersebut.

  • Kerugian Karena Pemogokan

Seringkali karyawan juga melakukan pemogokan misalnya dalam tuntutan kesejahteraan dalam kaitannya dengan kenaikan gaji atau tambahan fasilitas lain.

Aksi mogok ini memaksa perusahaan menghentikan produksi dan akhirnya kehilangan keuntungan.  Selain itu bukan tidak mungkin penjarahan bisa terjadi selama pemogokan yang mengakibatkan aset-aset hilang.

Nah asuransi ini akan mengganti kerugian karena kerusuhan, pemogokan, penghalangan kerja, perbuatan jahat, huru-hara, dan penjarahan yang terjadi selama Kerusuhan dan Huru-hara.

Jenis-Jenis Asuransi Bisnis

Karena tidak semua perusahaan asuransi memiliki produk asuransi bisnis, maka kita sebagai pengusaha kerap kali harus membeli premi yang berbeda-beda untuk setiap aset.

Misalnya premi perlindungan untuk gedung perusahaan, peralatan elektronik dan pastinya sumber daya manusia. Setidaknya ada 5 jenis asuransi bisnis yang ditawarkan industri asuransi di Indonesia, berikut pemaparannya:

1. Asuransi Properti

Setiap pengusaha biasanya memiliki properti yang dijadikan sebagai kantor, baik itu gedung maupun rumah baik menyewa maupun membeli. Nah asuransi properti ini mencakup perlindungan untuk peralatan, inventaris dan seluruh yang ada di dalam kantor. 

Namun asuransi properti untuk gedung ini tidak menerima klaim yang diakibatkan oleh banjir dan gempa bumi, Anda bisa mengajukan perluasan untuk mendapatkan perlindungan atas bencana alam.  

Namun umumnya jika Anda membeli satu paket asuransi bisnis maka ini sudah termasuk dengan perlindungan bencana alam, sehingga pembayaran premi bisa dilakukan dalam sekali transaksi saja.

2. Asuransi Tanggung Jawab Hukum

Asuransi tanggung jawab hukum ini intinya adalah penyediaan proteksi berupa biaya hukum ketika publik mengajukan tuntutan terhadap kerugian yang dialami pihak ketiga dalam hal ini adalah pelanggan.

Jadi, bila ada pelanggan yang mengajukan tuntutan ganti rugi karena merasa tertipu dengan produk yang Anda jual, maka pihak asuransi akan memberikan bantuan hukum untuk menyelesaikan kisruh tersebut.

3. Asuransi Kompensasi Pekerja

Asuransi ini maksudnya adalah asuransi jiwa dan kesehatan untuk seluruh karyawan, tidak terkecuali bagi pekerja dengan resiko pekerjaan yang rendah.

Ketika pertama kali mempekerjakan karyawan pengusaha wajib memproteksi ia dengan tunjangan perawatan medis, kecacatan, dan kematian jika karyawan terluka atau meninggal akibat pekerjaannya dengan bisnis itu.

4. Asuransi Kendaraan

Yang tak kalah penting adalah adanya asuransi kendaraan yang bisa melindungi mobilitas harian para pekerja yang sering menggunakan mobil untuk penyaluran barang.

Selain memberikan ganti rugi karena kerusakan tabrakan dan kehilangan, asuransi kendaraan juga dilengkapi dengan tanggung jawab pihak ketiga sehingga Anda tak perlu mengeluarkan budget ganti rugi jika karyawan menjadi pelaku tabrakan.

5. Asuransi Peralatan Elektronik

Pada zaman yang hampir seluruh lini kehidupan menggunakan teknologi, termasuk bisnis penting untuk pemilik usaha melindungi seluruh peralatan elektroniknya dengan asuransi.

Asuransi peralatan elektronik akan memberikan perlindungan untuk peralatan kantor seperti laptop, printer, komputer, dan dan bahkan smartphone yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Itulah 5 jenis asuransi bisnis yang wajib Anda miliki jika tak ingin kerugian perusahaan ditanggung sendiri. Di Indonesia ada banyak perusahaan asuransi yang menyediakan jenis proteksi ini Anda hanya perlu memilih mana yang paling cocok dengan jenis dan kondisi bisnis Anda saat ini.

Butuh dana darurat? Kredivo solusinya. Melalui platform ini, kamu bisa mendapatkan pinjaman tunai instan dengan limit besar, yakni Rp30 juta. Masa tenor yang diberikan juga beragam bahkan sampai 12 bulan.

Tertarik menggunakan jasa Kredivo? Penuhi dulu syarat dan dokumen yang diminta, antara lain seperti:

  • Berstatus WNI dengan menyertakan bukti KTP dan swafoto diri
  • Pengajuan kredit harus berusia minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Berdomisili Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Medan, Palembang, Sukabumi, Bali, Cirebon, Malang, dan Makassar
  • Menyertakan bukti tempat tinggal
  • Berpenghasilan minimum Rp3 juta
  • Menyertakan bukti penghasilan dengan hubungkan akun internet banking dari rekening gaji atau NPWP

Setelah memenuhi syarat dan dokumen yang diminta, selanjutnya kamu hanya perlu aktivasi akun melalui aplikasi atau tautan yang tertera pada email maupun SMS saat pengajuan akun. Sangat gampang bukan?

Tentang Penulis