Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Corona Mewabah, Pentingkah Asuransi Properti Saat Ini?

by Maria Nofianti on 24 Maret, 2020

Memiliki rumah pribadi tentu sangat menyenangkan, dan rumah atau tempat tinggal ini menjadi satu kebutuhan pokok bagi semua orang. Jadi hampir semua orang berusaha memiliki rumah sendiri, terlebih untuk mereka yang sudah menikah dan berkeluarga. Dan untuk saat ini jika tidak diwarisi rumah oleh keluarga atau orang tua, maka ada  cara yang bisa ditempuh untuk mewujudkan impian memiliki rumah. Salah satunya adalah dengan KPR. Nah, di KPR ini biasanya rumah sudah dimasukan dalam asuransi. Hal ini penting, karena rumah sebagai salah satu properti sangat butuh asuransi.

pentingkah asuransi properti saat ini

Tujuan dasar di balik membeli dan memiliki asuransi adalah membuat Anda secara finansial aman setelah mengalami kerugian. Anda setuju untuk membayar sedikit biaya tertentu kepada perusahaan asuransi hari ini, dengan imbalan jaminan dari perusahaan bahwa mereka akan menanggung beban kerugian besar tetapi tidak pasti di masa depan.

Asuransi properti

Katakanlah Anda memiliki rumah yang Anda miliki tanpa asuransi. Selama Anda terus membayar pajak properti, Anda memiliki hak untuk menikmati penggunaan rumah itu selama yang Anda inginkan, sebagaimana dijamin oleh hukum. Anda dapat tinggal di sana, menyewakannya, membiarkannya kosong atau bahkan menjualnya jika Anda mau.

Namun, jika ada pohon raksasa di halaman belakang rumah dan jatuh di rumah Anda, tentu saja ini akan menyebabkan kerusakan parah. Namun terserah Anda, mau menutup seluruh biaya untuk memperbaiki rumah, atau membiarkannya. Ini adalah alasan dasar untuk memiliki asuransi properti, yang akan dibayar sebagian atau seluruhnya untuk properti Anda diperbaiki atau diganti. Jadi saat rumah anda rusak, otomatis perusahaan asuransi akan mengcover biaya perbaikan rumah anda.

Tapi, bagaimana jika diminta memilih antara asuransi rumah properti atau asuransi kesehatan? Tentu ini menjadi satu kebingungan, karena kesehatan juga sangat penting dan dibutuhkan, terlebih saat ini, saat biaya kesehatan semakin hari semakin meningkat tajam. Bahkan boleh dibilang mahal untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik dan layak.

Virus corona di Indonesia

Dunia saat ini sedang mengalami pandemi dari virus Corona. Virus yang menginfeksi ratusan ribu manusia di dunia dan membuat hampir 1 miliar orang dikarantina memang menjadi momok yang menakutkan bagi siapa saja. Selama ini sudah ada 342.407 kasus yang dikonfirmasi di 192 negara. Sedangkan yang sembuh sudah 99.041 orang. Untuk Indonesia sendiri sudah ada 579 kasus yang positif dan 49 orang meninggal dunia.

Wabah virus Corona berdampak besar pada semua sektor dalam kehidupan. Dari sektor ekonomi, sosial, pendidikan hingga pariwisata. Yang paling banyak terkena imbasnya adalah sektor ekonomi. Di saat virus Corona mewabah, sebagai manusia kita tentu memerlukan perlindungan. Dengan adanya perlindungan maka dalam menghadapi tantangan saat wabah virus Corona bisa lebih tenang. Ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis perlindungan di Indonesia. Salah satunya adalah asuransi properti. Tapi pentingkah asuransi properti saat ini?

Bagi masyarakat, asuransi properti masih banyak yang belum sadar manfaat dan keuntungannya. Bahkan mungkin saja ada yang belum mengerti apa itu asuransi properti. Berikut kita akan berikan informasi mengenai asuransi properti.

Kegunaan asuransi properti

Asuransi properti adalah perlindungan yang diberikan kepada aset berharga seperti rumah, perkantoran atau apartemen. Tentu saja asuransi ini memiliki tujuan untuk menghindari kerugian akibat hal yang tidak diinginkan terhadap aset kamu. Biasanya risikonya mengenai bencana alam seperti gempa bumi, banjir dan ledakan. Namun tidak dimungkinkan juga perlindungan karena kerusuhan, huru hara dan kebakaran.

Jenis asuransi properti

Asuransi properti dibedakan berdasarkan jumlah risiko yang ditanggung yaitu asuransi properti all risk dan asuransi properti standar. Biasanya untuk asuransi properti standar tidak memasukkan risiko karena bencana alam. Sedangkan asuransi properti all risk mencakup semua risiko dari asuransi properti standar dengan penambahan risiko karena bencana alam. Sedangkan pada umumnya asuransi dikategorikan menjadi 2 jenis yaitu asuransi rumah tinggal dan asuransi bisnis.

Bencana alam memang bisa terjadi tanpa memandang waktu. Ada bencana yang bahkan sudah menjadi langganan misalnya banjir dan asap. Tapi juga ada risiko lain seperti ledakan, kebakaran, kena petir yang bisa masuk dalam pertanggungan. Semua risiko di atas bisa dicover oleh asuransi. Selain itu asuransi properti juga memberikan perluasan jaminan. Perluasan jaminan ini membuat risiko yang tadinya tidak termasuk dalam pertanggungan bisa menjadi pertanggungan. Misalnya kerusuhan, huru-hara,  badai, angin ribut, tanah longsor, pencurian dan pembersihan bekas-bekas bangunan.

(Baca juga: Alat-Alat Deteksi Corona, Akankah Asuransi Menanggung?)

Untuk asuransi rumah tinggal (pribadi) biasanya hanya mencakup risiko kebakaran saja tapi dengan menambah perluasan jaminan maka kamu bisa menjamin lebih banyak risiko. Tentu preminya juga akan bertambah. Apartemen dan rumah susun juga bisa diasuransikan loh. Asuransi properti bisa dipakai tak hanya untuk rumah/apartemen/rumah susun yang dibeli dengan kontan saja, tapi juga secara kredit.

Sedangkan pada asuransi bisnis, perluasan jaminan bisa mencakup perlengkapan rumah, barang dagangan, mesin, stok barang jadi dan lainnya. Ada juga polis Gangguan Usaha yang ditawarkan oleh pihak asuransi yang akan memberikan jaminan perlindungan dengan hilangnya penghasilan atau keuntungan yang disebabkan gangguan usaha. Gangguan usaha yang dimaksud disebabkan karena kehancuran, kerusakan dan kerugian yang dilindungi oleh asuransi properti all risk.

Lalu apakah sebenarnya asuransi properti ini penting? Karena asuransi properti memang tak sepopuler asuransi lain seperti asuransi kesehatan atau asuransi jiwa maka banyak orang yang mengabaikannya. Padahal dengan kita tinggal di Indonesia saja bisa dikatakan kalau asuransi properti penting karena Indonesia termasuk dalam wilayah yang rawan bencana alam. Kalau begitu selanjutnya kita akan bahas pentingnya memiliki asuransi properti jika kamu tinggal di Indonesia.

Pentingnya asuransi properti

Memiliki asuransi properti memang hal yang sedikit sekali orang yang melakukannya. Sebagian besar tidak tahu apa pentingnya asuransi properti. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Akan mendapatkan ganti rugi secara materi. Karena bencana atau hal yang tidak diinginkan bisa terjadi kapan saja maka jika kamu memiliki asuransi properti, kerugian yang akan terjadi bila risiko terjadi akan ditanggung pihak asuransi. Terutama kerugian dari sisi finansial kamu. Apalagi jika risiko yang terjadi tercantum dalam perlindungan jaminan risiko polis asuransi.
  • Dengan memiliki asuransi properti maka bangunan, rumah, apartemen dan harta benda akan dijamin perlindungannya. Perlengkapan atau perabotan rumah juga bisa ditanggung dengan menambah perluasan jaminan untuk barang-barang kamu. Dengan begini manfaat perlindungan bagi rumah atau bangunan seisinya lebih terjamin.
  • Memiliki asuransi properti artinya menjaga bahwa nilai dari rumah, bangunan, apartemen tetap di kisaran yang stabil. Sudah banyak yang tahu kalau rumah sudah pernah terkena bencana alam misalnya pasti nilainya akan lebih rendah dari harga aslinya jika dijual. Berbeda ceritanya jika rumah kamu asuransikan. Meskipun pernah terkena bencana tapi itu akan ditanggung oleh asuransi. Bahkan jika perlindungannya all risk maka akan ada jaminan penghasilan.
  • Tahukah kamu kalau manfaat asuransi properti adalah bisa untuk menjaga dari risiko tuntutan hukum? Bayangkan saja jika bangunan kamu ternyata mencelakai orang lain yang berada di dalamnya saat bencana. Asuransi properti akan menjamin hal-hal seperti ini juga.
  • Saat memiliki asuransi properti hidup kamu akan menjadi lebih tenang. Risiko risiko yang mungkin akan terjadi sudah ada yang menanggungnya. Baik itu risiko karena bencana alam atau hal lain karena kelalaian yang disebabkan oleh manusia.

Di tengah kondisi yang terjadi seperti sekarang ini pentingkah asuransi properti saat ini? Pertanyaan ini mengacu dengan kondisi terjadinya wabah virus Corona. Jika merujuk kepada wabah ini tentu akan lebih penting jika kamu membeli asuransi kesehatan saja. Perlindungan dan jaminan kesehatan adalah hal yang utama di saat ini. Apalagi saat ini sudah banyak perusahaan asuransi yang memasukkan penyakit karena virus Corona ke dalam perlindungan tambahan mereka. Ini mengingat banyak kekhawatiran masyarakat akan pandemi Corona yang menjangkiti sangat cepat dan bisa menyerang siapa saja, selain itu pengobatan Corona juga cukup terbilang mahal.

Kondisi sekarang pada properti

Kondisi sekarang ini tentu yang sangat dan juga lebih mengkhawatirkan tentang kesehatan daripada tentang masalah properti. Perlindungan tambahan dari asuransi kesehatan karena virus Corona dimulai dari pengecekan atau tes sampai hasilnya apakah positif dan harus dirawat inap di rumah sakit untuk pengobatan sampai sembuh. Perlindungan juga diberikan untuk mereka yang positif terkena infeksi virus Corona dan meninggal dunia. Ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan sesuai dengan kebijakan asuransi itu sendiri.  

Pertanyaan pentingkah asuransi properti saat ini memang berlaku kondisional. Artinya disesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat ini. Kondisi saat ini lebih penting untuk membeli asuransi kesehatan daripada asuransi properti. Namun bukan berarti kamu mengabaikan untuk tidak membeli asuransi properti. Karena kita tetap tinggal di Indonesia untuk waktu yang lama dan kita benar-benar tahu bahwa Indonesia berada di daerah rawan bencana mulai dari banjir sampai gempa bumi.

Suatu saat  wabah virus Corona tentu akan berakhir. Pemerintah bersama petugas medis berupaya untuk menekan dan mengobati penyakit akibat virus Corona ini. Ketika saatnya wabah virus Corona ini berakhir nantinya kemungkinan sudah tidak ada kondisi mendesak dan darurat secara nasional atau global sekalipun. Namun kita akan tetap tinggal di tempat tinggal kita kan? Risiko risiko yang dulu juga tidak akan berubah atau hilang. Maka tetap memerlukan jaminan perlindungan dari risiko tersebut. Maka mulailah pikirkan untuk membeli asuransi properti. Memberikan perlindungan dengan asuransi adalah hal yang bijak apapun itu. Tapi perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Kondisi keuangan juga perlu diperhatikan. Prioritaskan apa yang menjadi kebutuhan utama dan mendesak. Karena tentu saja apa yang ada di dalam hidup ini bisa diurutkan prioritasnya, mana yang paling penting dan mana yang belum begitu mendesak.

Dengan menetapkan pilihan yang terbaik saat ini, diharapkan kita memiliki kondisi keuangan yang baik juga. Karena jika kondisi keuangan buruk, tentu ini akan membuat kondisi kesehatan buruk. Jadi apa pilihanmu, mendahulukan asuransi kesehatan atau properti?

Semoga tulisan ini membantu dalam menyikapi pertanyaan pentingkah asuransi properti saat ini bagi semua. Tetap sehat untuk keluarga ya!

Tentang Penulis