Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Sudah Tahu Manfaat Klik Mobile JKN dan Fitur-Fiturnya? Cek Disini Ya!

by Maria Nofianti on 21 April, 2020

manfaat klik mobile JKN dan fitur-fiturnya
Layanan Masyarakat Di Era Digital

Beberapa dekade terakhir kita telah menyaksikan pergeseran demografis yang signifikan di seluruh dunia, negara-negara berkembang telah melihat pertumbuhan substansial di kelas menengah mereka karena meningkatnya aktivitas ekonomi. Konektivitas internet berkecepatan tinggi dengan bandwidth yang melonjak telah memungkinkan aksesibilitas dan peningkatan konsumsi melalui smartphone.

Meningkatnya pendapatan dan konektivitas yang lebih besar juga telah mengubah harapan tentang bagaimana layanan publik dikonsumsi oleh masyarakat dengan penuh kemudahan. Dalam dunia pelayanan publik saat ini, masyarakat memiliki kemewahan mengkonsumsi layanan di mana saja, dan kapan saja.

Banyak hal kini bisa dilakukan secara online, misalnya saja untuk membuat SKCK, memperbarui SIM atau mendaftar untuk layanan sosial, meski tetap harus mendatangi instansi pemerintah, namun prosesnya menjadi lebih singkat. Menurut laporan data IDC, lebih dari 60% pemerintah di seluruh dunia telah menyebutkan peningkatan pengalaman pelanggan sebagai prioritas nomor satu mereka.

Termasuk juga pelayanan kesehatan seperti JKN, kini sudah ada aplikasi mobile nya dan tentu saja semakin memudahkan masyarakat. Namun, program transformasi publik dibatasi oleh masalah anggaran dan kurangnya digital enablement.

Pemerintah, terutama yang berada di negara berkembang, sedang melakukan program transformasi teknologi besar-besaran (dalam administrasi publik, mengenai identitas warga digital, perbankan, transportasi dan kesejahteraan sosial) untuk meningkatkan penetrasi inisiatif publik yang mencakup banyak badan. Interaksi antar lembaga pemerintah juga memerlukan pengembangan identitas digital yang unik dan kerangka kerja perlindungan data untuk memungkinkan akses lintas sistem untuk bisnis dan individu.

Tata kelola operasional juga diperlukan untuk memantau kemajuan, mengukur kualitas layanan, dan dampak solusi digital dalam keterlibatan warga negara. Sementara transformasi layanan dari yang konvensional ke digital yang modern juga akan menentukan pengalaman pelanggan, ini akan memungkinkan pemerintah untuk memahami kebutuhan dan preferensi warga negara dan membentuk kebijakan yang sesuai. Layanan digital untuk warga di masa depan akan sangat membantu dalam meningkatkan kredibilitas inisiatif pemerintah dan menanamkan kembali kepercayaan publik dengan memberikan transparansi melalui keterlibatan berkelanjutan.

Saat ini, tren teknologi memang mengarah ke penggunaan aplikasi mobile. Aplikasi seluler yang banyak digunakan warga sebagai media sosial mencapai 92 juta pengguna atau sekitar 32% dari pengguna. Jadi memang kini semakin banyak masyarakat yang menggunakan teknologi digital. Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), maka BPJS Kesehatan pun tak keliru jika meluncurkan aplikasi Mobile JKN. Dan saat ini masyarakat tidak perlu repot ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran JKN-KIS.

(Baca Juga: Asuransi Pensiun atau Asuransi Jiwa, Mana yang Terbaik untuk Hari Tua?)

Cukup dengan aplikasi Seluler JKN masyarakat dan peserta dapat memperoleh 5 (Lima) kemudahan. Kemudahan untuk mendaftar dan mengubah data kepesertaan, Kemudahan mencari informasi data peserta keluarga, Kemudahan untuk mencari informasi kiriman iuran peserta, Kemudahan mendapatkan informasi dan jawaban seputar JKN KIS.

Asuransi kesehatan di Indonesia banyak menjadi incaran. Itulah kenapa asuransi kesehatan populer. Masyarakat menginginkan jaminan pelayanan kesehatan bagi mereka. Selain asuransi kesehatan swasta yang banyak beredar di Indonesia, ada juga asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah. Itu adalah program JKN atau Jaminan Kesehatan Nasional. Program ini diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan. Inilah badan/asuransi yang dimiliki oleh pemerintah. Jaminan pelayanan kesehatan ini termasuk yang terjangkau bagi masyarakat luas. Premi yang harus dibayarkan tidak semahal premi asuransi kesehatan swasta. Tapi untuk pelayanan juga tidak kalah loh dengan yang lainnya.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, BPJS kesehatan juga berusaha untuk terus mengimbanginya. Maka dari itu diluncurkan sebuah aplikasi yang tujuannya untuk mempermudah masyarakat peserta BPJS kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Nah apakah kalian sudah tahu aplikasi klik mobile JKN itu? Lalu apa manfaat klik mobile JKN dan fitur-fiturnya yang bisa kita dapatkan? Yuk kenali semuanya disini.

Aplikasi klik mobile JKN

Banyak peserta JKN yang ternyata belum tahu kalau ada aplikasi klik mobile JKN yang bisa mempermudah proses pelayanan kesehatan. Aplikasi klik mobile JKN ini diluncurkan pada 15 November 2017. Aplikasi ini diluncurkan oleh BPJS kesehatan dan membuat peserta JKN ini bisa dengan mudah mendapatkan akses seperti mengecek tagihan, mengubah data kepesertaan atau pindah kelas. Aplikasi ini sudah sekitar 30% dipakai oleh peserta JKN dari BPJS kesehatan. Ini membuktikan masih belum ada separuh dari masyarakat kita yang mengetahui keberadaan aplikasi ini. Padahal aplikasi ini adalah aplikasi yang bisa berfungsi di smartphone android maupun iPhone.

(Baca Juga: Cara Mengurus Polis Asuransi Hilang)

Sebelum membahas fitur dari klik mobile JKN ini ada baiknya kita mengetahui apa manfaat yang bisa diperoleh dari aplikasi klik mobile JKN ini. Manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan aplikasi klik mobile JKN ini antara lain:

  • Memudahkan dalam mendaftar peserta lain untuk JKN.  Dengan menggunakan aplikasi klik mobile JKN ini untuk mendaftar maka kita tidak perlu pergi ke kantor BPJS kesehatan untuk antre saat mendaftar. Pendaftaran ini ditujukan bagi para calon Peserta Bukan Penerima Upah ataupun peserta mandiri yang sebelumnya belum terdaftar di BPJS kesehatan.
  • Memudahkan jika ada data kita yang berubah. Data-data kita yang berubah misal alamat email, alamat surat, nomor telepon bahkan jika kita ingin mengubah kelas pelayanan di fasilitas kesehatan. Dengan mengubah data melalui smartphone tentu akan lebih simpel dan menghemat waktu.
  • Mendapatkan antrian online di fasilitas kesehatan. Tentu ini menjadi manfaat yang sangat besar di jaman sekarang. Apalagi sekarang ramai dihimbau agar tidak berkerumun. Mendapatkan antrian online seperti ini akan memudahkan kita untuk menjaga jarak dengan orang lain saat berada di fasilitas kesehatan.
  • Memudahkan mengecek tagihan serta pembayarannya. Dengan memakai aplikasi ini kita bisa mengecek berapa jumlah tagihan untuk iuran program JKN kita. Tidak hanya itu, proses pembayarannya juga bisa diinfokan melalui transfer bank atau Tokopedia.
  • Memudahkan mengajukan keluhan saat ada hal yang mengecewakan. Terkadang kita bisa mengalami beberapa masalah mengenai program JKN ini. Untuk memudahkan dalam menyampaikan pengaduan atau keluhan kita bisa menggunakan fitur dari klik mobile JKN ini loh. Daripada kita repot-repot pergi ke kantor BPJS kesehatan lebih baik menggunakan klik mobile JKN ini untuk keluhan kita.
  • Memudahkan kita dalam mencari daftar dokter untuk berkonsultasi. Dalam aplikasi ini ada fitur mengenai jadwal dokter praktek dan ini tentu akan memudahkan kita untuk berkonsultasi dengan terlebih dahulu mengecek jadwal dokternya.

Jadi itu dia manfaat yang bisa kita peroleh dari klik mobile JKN yang diluncurkan oleh BPJS kesehatan. Manfaat ini bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta program JKN. 

Nah untuk bisa mendapatkan manfaat itu tentu kita harus lebih dulu download aplikasi klik mobile JKN ini di Playstore atau Google Store. Setelah itu kita juga harus tahu fitur apa saja yang tersedia yang bisa kita gunakan. Dari banyaknya tulisan mengenai manfaat klik mobile JKN dan fitur-fiturnya, kita akan mencoba merangkum dengan detail semuanya. Yuk terus simak tulisan ini ya.

Fitur klik mobile JKN

Seperti halnya sebuah aplikasi lainnya, aplikasi klik mobile JKN ini juga memiliki banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan peserta dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Setelah kita mendownload aplikasi ini kita akan melakukan registrasi. Pilih menu registrasi dan selanjutnya kita akan mengisi semua data diri kita. Pastikan juga kita memberikan alamat email yang aktif. Ini karena verifikasi akan dikirimkan melalui email itu. Setelah menerima nomor verifikasi kita harus segera memverifikasinya. Jika berhasil kita harus menggunakan nomor kepesertaan BPJS kesehatan dan kata sandi saat harus masuk ke aplikasi. Jangan lupa kalau ini hanya bisa dilakukan bagi kita yang sudah terdaftar di program JKN ya.

Ketika membuka menu, maka di aplikasi tersebut ada banyak sekali fitur-fiturnya. Fitur tersebut antara lain:

  • Fitur Peserta adalah fitur yang menginfokan data peserta dari nama, nomor kepesertaan, tanggal lahir, kelas perawatan, faskes tingkat pertama serta data tertanggung atau anak.
  • Fitur Kartu Peserta adalah yang menampilkan kartu peserta kita.
  • Fitur Ubah Data Peserta adalah fitur yang bisa digunakan saat kita akan mengubah kelas perawatan kita dengan melakukan pindah faskes tingkat pertama. Selain itu perubahan data diri seperti alamat email, nomor handphone, nomor kepesertaan dan alamat surat.
  • Fitur Pendaftaran Peserta adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mendaftarkan peserta baru.
  • Fitur Premi adalah fitur yang menjelaskan tentang berapa iuran yang harus dibayarkan oleh peserta. Fitur ini hanya bisa dipakai oleh peserta pekerja mandiri.
  • Fitur Catatan Pembayaran adalah fitur yang isinya tentang informasi berapa jumlah pembayaran premi dan dendanya.
  • Fitur Pembayaran adalah fitur yang bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana cara pembayaran iuran program JKN ini. Metode pembayarannya juga diberitahu dengan beberapa bank yang telah bekerja sama seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Tokopedia.
  • Fitur Cek VA adalah fitur untuk bisa mengetahui nomor VA (virtual account) peserta PBPU dan BP.
  • Fitur Riwayat Pelayanan adalah fitur yang bisa dipakai untuk mengetahui pelayanan kesehatan apa saja yang sudah diterima oleh peserta di FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) dan FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan).
  • Fitur Pendaftaran Pelayanan adalah fitur yang memungkinkan kita untuk mendaftar di fasilitas kesehatan dimana kita telah terdaftar untuk periksa misalnya. Dengan fitur ini kita bisa mendapatkan antrian online tanpa perlu repot saat datang ke fasilitas kesehatan itu. Tapi perlu diingat ya kalau sistem antrian online ini hanya jika fasilitas kesehatan tersebut terkoneksi dengan klik mobile JKN
  • Fitur Skrining adalah fitur yang memungkinkan kita mengetahui adakah potensi masalah kesehatan seperti penyakit kronis (diabetes melitus, jantung koroner, ginjal kronik dan hipertensi). Kita akan lebih dulu menjawab 47 pertanyaan di fitur ini untuk mendapatkan jawabannya.
  • Fitur Info JKN adalah fitur yang isinya mengenai penjelasan tentang cara pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, manfaat dan fasilitas yang didapatkan.
  • Fitur Lokasi adalah fitur yang dialami untuk memudahkan kita mencari fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan. Jangan lupa untuk mengaktifkan GPS pada smartphone kita ya.
  • Fitur Pengaduan Keluhan adalah fitur tempat mengajukan keluhan dan aduan dan ini bisa langsung tersambung ke BPJS Kesehatan Care Center.
  • Fitur Pengaturan adalah fitur yang memungkinkan kita untuk bisa menghapus notifikasi, keluar dari aplikasi atau mengganti kata sandi.

Nah itu dia penjelasan mengenai manfaat klik mobile JKN dan fitur-fiturnya yang bisa kita berikan. Memakai aplikasi klik mobile ini memang memudahkan berbagai aktivitas yang menyangkut pelayanan kesehatan bagi peserta. Semoga dengan tulisan ini ada lebih banyak peserta yang menggunakan klik mobile JKN. Jadi sudah instal klik mobile JKN belum nih?

Tentang Penulis