Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Yuk Kenali Manfaat Asuransi Handphone Dan Contoh Asuransinya

by Maria Nofianti on 22 April, 2020

Saat ini handphone sudah menjadi bagian dalam kehidupan kita. Hampir sebagian besar hidup kita selalu berhubungan dengan handphone. Akan sangat sulit membayangkan jika hidup tanpa gadget yang satu ini. Tidak masalah profesi apa yang kita miliki saat ini, di setiap saku pasti ada handphone, entah itu murah atau mahal. Karena handphone kini dinilai sebagai barang yang berharga maka selayaknya harus kita rawat.

manfaat asuransi handphone

Jika tiba-tiba handphone kita terjatuh atau hilang pasti kita akan merasa sangat kerepotan. Ada banyak file yang berharga di sana. Bahkan sekarang bukan hanya tentang foto-foto atau data kontak tetapi bisa juga data bisnis kita yang tersimpan di handphone kita. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi, handphone juga semakin cerdas dan bisa menyimpan segala file. Jadi apabila handphone kita rusak karena sebuah kejadian atau hilang apakah garansi mampu mengcovernya? Jawabannya adalah tidak. Garansi biasanya hanya akan mengganti rugi kepada kita jika terdapat cacat dari pabriknya. Nah untuk kejadian-kejadian lain yang bisa menyebabkan handphone kita rusak atau hilang tentu tidak bisa diganti rugi. Maka dari itu muncul asuransi handphone yang diyakini akan menjadi asuransi populer selanjutnya. Asuransi handphone sebenarnya masuk ke dalam asuransi elektronik.

Nah, apakah saat ini kamu sedang ingin segera mengganti dan membeli handphone atau tablet baru yang lebih canggih dan kekinian? Ada banyak pertanyaan yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu ketika mempertimbangkan pembelian perangkat baru ini. Dan saat ini kamu pasti akan menanyakan, “Apakah saya perlu perlindungan perangkat seluler nan canggih ini?” atau “Apakah asuransi ponsel benar-benar layak untuk saya sematkan pada handphone baru saya yang super canggih?”

Seperti halnya banyak jenis asuransi yang kini beredar, perlindungan terhadap perangkat seluler memiliki beberapa perdebatan, mereka yang percaya bahwa melindungi ponsel jika terjadi kehilangan, pencurian, atau kerusakan adalah pemborosan uang. Tetapi sebelum kamu memutuskan, pastikan kamu tahu fakta-faktanya dan manfaat apa yang bisa diambil dari asuransi handphone ini.

(Baca Juga: Apa Sih Asuransi Mikro Dan Manfaatnya?)

Asuransi handphone layak dilakukan. Karena biaya asuransinya sebenarnya lebih rendah daripada biaya telepon baru. Orang-orang dengan asuransi ponsel pintar kadang-kadang terkejut mendapati bahwa mereka harus membayar membayar biaya asuransi ketika mengajukan klaim. Namun, hanya karena kamu harus membayar asuransi ketika mengajukan klaim, bukan berarti asuransi tidak ada gunanya, karena dengan asuransi, kamu bisa menghemat biaya yang jauh di depan.

Selain itu, kita seringkali melindungi ponsel kita dengan casing yang kuat dan aman, namun sebagus bagusnya casing yang bagus tidak mencakup perlindungan semuanya. Misalnya saja kita membeli casing atau pelindung yang canggih untuk handphone kita. Mungkin handphone akan aman dari air dan benturan, tapi tetap tak aman dari pencurian. Ada sekitar 80 juta ponsel hilang, dicuri, atau rusak setiap tahun, dengan tingkat 2,5 ponsel setiap detik.

Bertolak belakang dengan kepercayaan yang beredar di masyarakat, mengajukan klaim asuransi seluler tidak menyusahkan dan tidak membutuhkan waktu lama, dan handphone juga tidak akan ditahan selama berjam-jam. Meski begitu, masih saja ada beberapa orang percaya bahwa asuransi bukan nilai yang baik karena ‘Kamu mungkin tidak akan pernah membutuhkannya.’ Benar, kamu mungkin tidak akan pernah kehilangan ponsel. Kamu mungkin tidak akan pernah menjatuhkan telepon di toilet atau meluncurkannya di atap gedung tiga belas lantai. Demikian pula, kamu mungkin juga tidak pernah mengalami kecelakaan mobil, tetapi kamu masih membutuhkan asuransi mobil. Intinya adalah, kamu akan mengambil risiko tanpa asuransi telepon. Banyak asuransi menawarkan perlindungan yang di butuhkan, plus hadir dengan sejumlah fitur berharga seperti perlindungan virus, aplikasi lokasi telepon, cadangan data otomatis, dan dukungan teknis langsung.

Nah apa sih asuransi handphone itu dan bagaimana manfaat asuransi handphone untuk kita? Yuk kita kenali semuanya di tulisan ini.

Asuransi Handphone

Asuransi handphone adalah salah satu dari asuransi elektronik yang banyak beredar di Indonesia. Asuransi ini akan memberikan ganti rugi dan perlindungan pada produk elektronik yang dibeli. Jadi jika ada terjadi suatu kejadian yang membuat handphone kita rusak/hilang maka pihak asuransinya yang akan mengganti rugi.  Asuransi handphone ini adalah asuransi elektronik bergerak karena handphone gampang sekali dibawa kemana-mana. Biasanya kita akan ditawarkan untuk membeli asuransi ini pada saat kita membeli handphone baru.

Nah apa sih sebenarnya manfaat asuransi handphone ini? Ada banyak loh. Tentunya perlindungan atas risiko risiko yang mungkin bisa terjadi selain cacat dari pabrik. Karena cacat dari pabrik akan dicover oleh garansi. Yuk kita simak satu per satu manfaat asuransi handphone ini.

1. Untuk melindungi  layar dan motherboard handphone

Kedua hal ini dianggap sebagai bagian yang sangat penting dari sebuah handphone. Dan retak layar dan masuknya cairan sudah menjadi hal biasa. Dan asuransi handphone bisa membantu kita menyingkirkan ini. kadang kerusakan-kerusakan yang tidak disengaja dan tidak diinginkan ini jarang sekali dicover oleh garansi. Maka dari itu diperlukan asuransi untuk handphone kita.

2. Untuk memulihkan data berharga

Dalam hal ini, jika ponsel kita dicuri, kita tidak perlu merasakan bingung tentang data privasi berharga kita karena ternyata bisa dipulihkan. Baik itu log panggilan, foto atau video. Mereka dapat dipulihkan jika asuransi handphone telah dibeli. Memulihkan kembali data privasi kita adalah perlindungan yang sangat bermanfaat bagi kita. Apalagi jika kita menggunakan handphone untuk bisnis.

3. Penggantian handphone baru

Asuransi handphone akan memberikan ganti rugi jika handphone yang kita asuransikan rusak total. Kita bisa mendapatkan handphone baru jika handphone tidak bisa diperbaiki atau hilang. Tapi kita juga harus memastikan kalau tidak semua jenis handphone bisa diasuransikan ya. Tentu ada tipe dan jenis handphone tertentu saja yang bisa diasuransikan.

4. Menghemat uang kita

Adanya asuransi untuk handphone ini membuat kita jadi lebih hemat loh untuk biaya perbaikan saat handphone kita rusak. Ketika ada kejadian yang tidak diinginkan pada handphone kita dan ternyata handphone itu perlu diperbaiki maka asuransi bisa mengcovernya. Manfaat asuransi handphone seperti ini yang banyak dicari orang. Bahkan untuk sekedar layar handphone orang-orang akan rela membayar untuk asuransinya.

Nah itu dia beberapa manfaat asuransi handphone yang bisa kita dapatkan. Nah sudahkah kalian tahu asuransi mana yang menawarkan perlindungan untuk handphone kita? Jika belum kali ini kita akan kasih informasinya. Cek beberapa contoh perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi untuk handphone di bawah ini.

1. E-Guard (AIG)

Produk asuransi yang menawarkan asuransi untuk handphone adalah E-Guard dari AIG yang berkolaborasi dengan Tecprotec yang disebut Ponsel Proteksi. Asuransi ini adalah full protection yang akan memberikan perlindungan dari aksi kejahatan seperti pencurian dan penodongan, kerusakan fisik dari handphone serta kerusakan karena kecerobohan pemakai. Manfaat asuransi handphone ini adalah kalau handphone hilang maka akan diberikan handphone yang baru. Sementara itu kalau rusak akan diperbaiki. Premi dari asuransi ini cukup terjangkau loh. hanya dengan Rp22.000 per bulannya atau Rp237.000 per tahunnya kita bisa menerima manfaat yang lumayan besar loh. Tapi besarnya premi ini tergantung dari jenis handphone ya. Kalau handphone mahal pasti preminya juga akan ikut mahal.

2. Global APlus (Adira Insurance)

Adira Insurance bekerja sama dengan PT Global Teleshop Tbk. menawarkan asuransi untuk handphone yang dijual melalui ritel Global Apple atas resiko-resiko kecelakaan yang tidak disengaja. Jenis-jenis insiden yang diberi perlindungan antara lain terjatuh dan terlindas, jatuh ke air, kemasukan cairan, kebakaran dan kerusakan, pencurian dengan kekerasan. Tidak hanya itu saja karena perlindungan ini juga mencakup ganti rugi karena gempa bumi, tsunami, banjir, letusan gunung berapi, topan dan badai. Yang paling menarik dari manfaat asuransi handphone Global APlus ini adalah perlindungan kepada pemilik handphone. Jika pemilik handphone mengalami musibah kecelakaan maka akan mendapat uang pertanggungan sebesar Rp20 juta.

3. Himax Protection

Asuransi untuk handphone selanjutnya adalah untuk handphone besutan dari Himax. Perlindungan yang diberikan juga hampir sama dengan asuransi untuk handphone lainnya. misalnya saja karena terjatuh, terendam air sampai bencana alam. Premi yang dikenakan sebesar Rp299.000 untuk satu tahun saja. Manfaat asuransi handphone Himax Protection ini akan mendapatkan ganti yang baru jika kerusakan tidak bisa diselesaikan.

4. iProtectZ dan iProtect for Mac (Zurich Insurance)

Asuransi ini hanya berlaku untuk produk-produk dari Apple. Jadi iProtectZ dipakai untuk iPhone dan iProtect for Mac untuk perlindungan Mac. Saat kita membeli produk ini kita biasanya akan ditawarkan untuk membeli asuransi ini dengan menambah biaya premi lagi. Perlindungan yang diberikan adalah satu tahun sejak tanggal pembeliannya. Resiko-resiko yang ditanggung antara lain seperti jatuh, terkena cairan dan bencana alam.

5. Product Purchase Secure Insurance AXA Mandiri

Asuransi handphone dari AXA Mandiri ini bisa memberikan perlindungan kepada handphone kita. Resiko yang bisa ditanggung antara lain kerusakan karena jatuh, terkena cairan, hilang karena pencurian dan lainnya. Asuransi ini hanya akan mengklaim jika kerusakan minimal 75% karena kecelakaan dengan memberikan penggantiannya senilai dengan harga pertanggungannya. Nilai pertanggungannya minimal senilai Rp 3 juta rupiah dan maksimal Rp10 juta. Asuransi ini memiliki periode hanya 3 bulan saja sejak kita membeli handphone tersebut. Jadi jika kerusakan sudah melewati 3 bulan maka itu tidak bisa diklaim.

Tentang Penulis