Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Jangan Bingung, Ini Perbedaan Bancassurance Dan Asuransi Biasa

by Maria Nofianti on 24 April, 2020

Produk asuransi di Indonesia memang diketahui sudah sangat banyak. Ini dikarenakan permintaan dari konsumen yang juga tinggi. Berarti juga masyarakat sudah tahu dan paham pentingnya memiliki asuransi. Perusahaan asuransi juga semakin tumbuh subur di Indonesia. Dengan banyaknya perusahaan asuransi maka persaingan mendapatkan nasabah juga semakin tinggi. Jika kamu pernah mendapatkan telepon tentang penawaran produk asuransi atas nama sebuah bank maka itu disebut dengan bancassurance. Wah apalagi itu ya?

perbedaan bancassurance dan asuransi biasa

Istilah bancassurance memang sedikit asing bagi masyarakat awam. Padahal prakteknya sudah banyak kita temukan loh. Jadi penawaran-penawaran produk asuransi melalui bank inilah yang disebut dengan bancassurance itu. Lalu apa bedanya dengan asuransi biasa? Kalau kamu masing bingung dengan definisi bancassurance dan manfaatnya serta perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa maka kamu harus tetap baca tulisan ini sampai habis. Disini kita akan sedikit memberikan info mengenai apa itu bancassurance dan perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa.

Bancassurance

Dengan pembukaan sektor asuransi dan dengan begitu banyak pemain memasuki dalam industri asuransi saat ini di seluruh dunia, perusahaan asuransi pun diharuskan untuk menghasilkan produk-produk yang inovatif, menciptakan lebih banyak kesadaran konsumen tentang produk mereka dan menawarkannya dengan harga yang kompetitif. Pendatang baru di sektor asuransi tidak mengalami kesulitan dalam mencocokkan produk mereka dengan kebutuhan pelanggan dan menawarkannya dengan harga yang dapat diterima oleh pelanggan.

Tetapi, asuransi yang bukan merupakan produk yang berwujud barang, namun asuransi merupakan produk yang membutuhkan konseling dan persuasi pribadi, dan distribusi merupakan tantangan besar bagi perusahaan asuransi. Populasi lebih lanjut yang diasuransikan lebih dari satu miliar yang tersebar di seluruh negeri telah membuat saluran tradisional perusahaan asuransi lebih mahal. Juga karena persaingan yang ketat, perusahaan asuransi tidak menikmati fleksibilitas mengeluarkan biaya distribusi yang berat dan menyerahkannya kepada pelanggan dalam bentuk harga tinggi.

Dengan perkembangan ini dan meningkatnya tekanan dalam memerangi persaingan, perusahaan dipaksa untuk menghasilkan teknik inovatif untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Pada titik ini, sektor perbankan dengan jangkauannya yang luas dan luas, dianggap sebagai saluran distribusi potensial, berguna bagi perusahaan asuransi. Persatuan dua sektor inilah yang dikenal sebagai Bancassurance.

Bancassurance adalah konsep baru di sektor jasa keuangan yang berarti menggunakan saluran distribusi bank untuk menjual produk asuransi. Filosofi di balik Bancassurance adalah untuk menggabungkan kemampuan manufaktur budaya penjualan produk perusahaan asuransi dengan jaringan distribusi dan basis klien bank yang reseptif. Ini adalah fenomena di mana produk asuransi ditawarkan melalui saluran distribusi layanan perbankan bersama dengan rangkaian lengkap produk dan layanan perbankan dan investasi.

(Baca Juga: Cara Mengurus Polis Asuransi Hilang)

Sederhananya, Bancassurance mencoba untuk mengeksploitasi sinergi antara perusahaan asuransi dan bank. Bancassurance jika diambil dengan semangat yang benar dan diterapkan dengan benar dapat menjadi win-win solution bagi semua nasabah, bank, perusahaan asuransi, dan pelanggan.

Lingkungan yang kondusif, karena banyak hal yang berkaitan dengan pelaksanaan bisnis asuransi oleh bank, meningkatnya penggunaan saluran elektronik dan otomatisasi, meningkatnya kebutuhan akan rencana pensiun swasta untuk melengkapi pensiun publik, kekhawatiran untuk menyediakan layanan keuangan total kepada pelanggan, dll.

Secara singkatnya Bancassurance merupakan sebuah produk asuransi yang merupakan hasil kolaborasi antara pihak bank dengan suatu perusahaan asuransi. Kemitraan antara bank dan perusahaan asuransi ini diklaim memiliki banyak keuntungan. Baik dari pihak bank maupun pihak perusahaan asuransi itu sendiri. Dari pihak bank akan mendapatkan keuntungan dari penjualan produk asuransi ini sedangkan bagi pihak asuransi sendiri adalah penambahan pelanggan tanpa harus menambah agen lagi karena mendapatkan dari nasabah bank.

Lalu apa keuntungan bagi kita sebagai nasabah? Keuntungan yang akan kita dapatkan antara lain kita tidak perlu repot mencari dan memilah mana perusahaan asuransi yang cocok untuk kita, kita juga mendapatkan dua pelayanan di satu tempat, dan biasanya untuk nasabah yang ikut bancassurance akan mendapatkan kemudahan-kemudahan dalam kredit. Maka dari itu banyak nasabah yang tertarik untuk mengikuti bancassurance ini. Sekarang ini metode bancassurance sedang naik daun karena manfaatnya yang menjanjikan.

Pada bancassurance biasanya ada dua model bisnis yang diterapkan yaitu:

  • Model terintegrasi (integrated model)

Model terintegrasi dalam bancassurance berarti semua aktivitas asuransi  terintegrasi dengan kegiatan yang dilakukan oleh bank. Dalam hal ini bank akan memiliki pengaruh besar dalam asuransi ini.  Bentuknya bisa dengan premi yang harus dibayarkan akan dikumpulkan oleh bank, yang didebet langsung dari rekening tabungan nasabah tersebut. Bahkan manajemen aset juga diatur oleh bank.

  • Model tidak terintegrasi (non-integrated model)

Model selanjutnya adalah model yang tidak terintegrasi yang maksudnya ada peraturan-peraturan tertentu yang membatasi dalam penjualan produk asuransi tersebut. Ini disebabkan untuk model yang tidak terintegrasi produk asuransi ini ahnya bisa dijual oleh penasihat keuangan resmi dari bank yang sudah memenuhi kualifikasi tertentu. Para penasihat ini akan menjual produk asuransi secara eksklusif kepada nasabah bank.

Seperti halnya nasabah lain yang membeli asuransi, maka kita sebagai nasabah asuransi juga memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban sebagai peserta asuransi akan dijelaskan di bawah ini.

Hak nasabah

Bagi nasabah yang membeli asuransi dengan metode bancassurance ini akan mendapatkan hak sebagai berikut:

  • Bisa mendapatkan uang pertanggungan
  • Bisa mendapatkan perlindungan tambahan untuk produk bancassurance tertentu seperti perlindungan terhadap penyakit kritis, rawat inap dan meninggal yang disebabkan karena kecelakaan.
  • Bisa mendapat info terkini mengenai perubahan serta perkembangan bancassurance.
Kewajiban nasabah

Kewajiban nasabah ini hampir sama dengan kewajiban pada asuransi biasa seperti:

  • Membayar premi dengan jumlah yang telah disepakati secara berkala
  • Memberikan informasi terbaru jika ada perubahan data diri serta informasi penting lainnya.

Bancassurance di Indonesia sendiri sudah banyak dan pertama kali dikenalkan ke publik oleh Bank Lippo yang berkolaborasi dengan Lippo Life (sekarang menjadi AIG Life). Setelah itu banyak bermunculan bancassurance lain seperti :

  • BRI dengan BRIngin Life
  • BCA dengan AIA
  • Bank Danamon dengan Manulife
  • Bank Victoria dengan Jiwasraya
  • Bank Mandiri dengan AXA Mandiri Life
  • BNI dengan BNI Life

Lalu bagaimana dengan produk bancassurance ini ya? Produk bancassurance ini masing-masing memiliki fitur dan manfaat yang berbeda-beda. Yang pertama produk bancassurance ini bisa memberikan perlindungan untuk pelunasan kredit. Jadi jika kita sebagai tertanggung meninggal dunia atau cacat permanen karena sakit / kecelakaan maka hutang akan otomatis dilunasi. Tentunya ini sangat memberikan manfaat bagi kita dan keluarga karena tak ada tanggungan kewajiban melunasi sisa hutangnya. Yang kedua adalah produk berupa tabungan berjangka panjang yang juga memberikan perlindungan kepada nasabahnya.

(Baca juga: Asuransi Selebriti Paling Mahal di Dunia)

Jika kita meninggal dunia maka ahli waris kita akan menerima sejumlah santunan dari produk bancassurance ini. Jumlah nya adalah kelipatan dari setoran yang sudah kita lakukan semasa hidup. Jika kita terkena penyakit kritis kita juga bisa mendapatkan sejumlah uang. Tak hanya itu beberapa bank bahkan menawarkan untuk bisa mengambil uang tunai kapanpun dari tabungan kita. Tapi tetap jumlahnya terbatas ya.

Selain tabungan biasa, bancassurance juga ada yang memberikan perlindungan di masa pensiun. Untuk yang model dana pensiun ini kita akan menabung sampai masa pensiun tiba dan dananya bisa kita ambil. Begitu juga dengan tabungan pendidikan yang bisa memberikan perlindungan kepada nasabahnya. Jadi ciri khas dari produk bancassurance ini adalah produk yang menawarkan perlindungan serta memberikan keuntungan investasi.

Asuransi

Asuransi adalah sebuah produk yang memberikan perlindungan kepada seseorang atas resiko yang mungkin bisa terjadi. Asuransi di Indonesia ada banyak macamnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kendaraan bermotor hingga asuransi pendidikan. Asuransi ini biasanya ditawarkan oleh seorang agen dari pihak perusahaan asuransi. Agen-agen tersebut juga menjadi penghubung antara nasabah dengan pihak asuransi. Jadi semua aktivitas perjanjian hingga pembelian asuransi semuanya melalui seorang agen. Jika kita mengalami kejadian yang tidak terduga dan itu tercatat di polis asuransi maka kita bisa mengajukan klaim untuk mendapat uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian awal.

Perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa

Seperti yang sudah diketahui bahwa bancassurance ini bukan merupakan jenis asuransi tapi ini adalah metode penawaran. Maka perbedaan bancassurance dan asuransi biasa bisa disebutkan sebagai berikut:

  • Pada bancassurance untuk pembayaran preminya dimudahkan dengan cara melakukan autodebet dari rekening tabungan di bank. Jadi setiap bulannya kita tidak perlu khawatir terlambat atau bahkan lupa untuk membayar tagihan preminya. Dengan meminimalisir keterlambatan dalam pembayaran polis maka polis menjadi lapse atau non aktif juga bisa dihindari.
  • Pada proses penjualannya biasanya akan selalu didampingi oleh pihak bank. Pihak bank besar pasti selalu memiliki standar pelayanan yang tinggi maka dari itu biasanya penjual asuransi juga akan dipastikan untuk memberikan pelayanan dengan standar dari pihak bank agar nasabah merasa nyaman. Bila pendekatan yang dilakukan sudah nyaman dan baik maka kemungkinan besar nasabah akan membeli produk bancassurance.
  • Pada bancassurance nasabah akan mendapatkan manfaat lain dari pihak asuransi maupun dari pihak bank. Mulai dari dana pensiun, santunan kematian sampai dengan tabungan pendidikan yang bisa menjadi pegangan saat terjadi hal yang tidak di inginkan.
  • Untuk klaim di produk bancassurance proses pengajuannya sama dengan klaim asuransi biasa. Perbedaan kalau asuransi biasa kita langsung berurusan dengan pihak asuransinya sedangkan di produk bancassurance ini kita bisa dibantu oleh pihak bank dalam mengajukan klaimnya.

Nah itu dia informasi mengenai perbedaan bancassurance dan asuransi biasa yang bisa kita beritahukan. Untuk produknya, bancassurance memiliki produk yang sama dengan asuransi biasa seperti asuransi jiwa, asuransi unit link, asuransi properti dan asuransi pendidikan. Sedangkan untuk syarat serta ketentuan polisnya hampir sama dengan asuransi biasa. Begitu juga mengenai uang pertanggungan serta periode asuransinya. Dengan mengetahui perbedaan bancassurance dan asuransi biasa ini semoga bisa menjadi bahan pertimbangan mana yang akan kita pilih. Jadi pikirkan baik-baik ya begitu juga dengan kemampuan finansial kita ya. 

Tentang Penulis