Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Asuransi Kesehatan Anak Terbaik dan Jenis Asuransi nya

by Gesti Weningtyas on 27 April, 2020

Memiliki asuransi kesehatan saat ini adalah pilihan yang paling tepat untuk memberikan perlindungan untuk keluarga. Sehingga, kita harus memutuskan produk asuransi kesehatan yang akan kita beli sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang kita ketahui, berbeda dengan orang dewasa, daya tahan tubuh anak-anak dalam masa perkembangan masih rentan terhadap penyakit. Dengan begitu, memiliki asuransi merupakan salah satu upaya orangtua untuk melindungi anak dari beberapa risiko yang bisa mengancam kesehatan anak.

Asuransi Kesehatan Anak Terbaik dan Jenis Asuransina

Asuransi kesehatan anak ini mungkin tidak akan menyembuhkan penyakit yang diderita anak kita. Namun minimal dengan memiliki asuransi kesehatan, orang tua pun jadi lebih tenang saat anak mengalami sakit atau membutuhkan vaksin yang biaya imunisasinya juga ditanggung oleh perusahaan asuransi. Dengan demikian, memiliki asuransi adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh para orangtua.

Selain merupakan produk yang penting, asuransi kesehatan bagi anak juga membuat finansial keluarga lebih terlindungi. Sebab, kita bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk membayar asuransi kesehatan anak, setelah semua kebutuhan pokok sudah terpenuhi. Sehingga, saat anggota keluarga jatuh sakit atau anak membutuhkan perawatan, biayanya akan langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kebutuhan pokok pun tetap berjalan seperti biasa dan tidak mengganggu arus keuangan keluarga.

Jika anak masih dalam usia balita, maka pertimbangkan untuk memiliki asuransi kesehatan sejak dini. Sebab, ada beberapa vaksin yang tidak ditanggung pemerintah dan ditanggung oleh pemerintah. Kamu bisa mendapatkan pilihan perlindungan dan manfaat imunisasi dengan memiliki asuransi kesehatan yang satu ini. Selain itu, harga premi untuk produk asuransi anak-anak akan lebih murah ketimbang asuransi untuk orang dewasa.

(Baca Juga: Ini Perbedaan Bancassurance Dan Asuransi Biasa)

Yuk jangan ragu memiliki asuransi dan meningkatkan asupan gizi dan juga imunisasi agar tubuh jadi makin kuat.  Sehingga, segera persiapkan keperluan yang terbaik untuk kesehatan anak.Sehingga  dengan begitu anak-anak sehat merupakan modal bagi dirinya sendiri, orang tua, maupun bangsa. Pasalnya, seperti yang dibahas sebelumnya, sesungguhnya dengan kesehatan prima dan sangat baik, anak dapat belajar dan menjadi generasi unggul. Jika asupan gizi dan imunisasi menjadi penjaga pertahanan tubuh, maka Asuransi Kesehatan anak ini merupakan benteng perlindungan jika hal-hal tak diinginkan terjadi pada anak.

Jadi, memiliki asuransi kesehatan anak adalah solusi buat para orangtua untuk memberikan perlindungan yang menyeluruh untuk keluarga. Pastikan kamu juga memilih asuransi terbaik agar bisa mendapatkan manfaat yang sesuai.

Memilih Asuransi Kesehatan Anak yang Baik

Jika kita ingin membeli produk asuransi yang baik, maka sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang terbaik untuk anak. Tak sedikit orang yang sudah memberikan asuransi kesehatan pada anak sejak masih ada dalam kandungan. Namun tiap asuransi kesehatan belum tentu memiliki fasilitas dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi, buat kamu yang ingin membeli produk asuransi kesehatan perhatikan beberapa ciri asuransi kesehatan anak yang baik, berikut ini:

1. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas

Pastikan produk asuransi kesehatan yang akan dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang sangat luas dan dokter spesialis anak terbaik. Dengan begitu, anak kita akan terjamin dan mendapatkan manfaat yang maksimal. Hal ini juga akan membuat kita lebih tenang saat berlibur bersama anak, namun anak kita sakit sehingga harus berobat ke rumah sakit. Jaringan rumah sakit yang luas membuat orangtua jadi lebih tenang saat bepergian dengan anak. Jika harus ke rumah sakit, biaya pun sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi. Kamu bisa cek apa saja daftar rumah sakit yang sudah bekerjasama dengan perusahaan asuransi.

2. Tabungan

Kamu juga harus mempertimbangkan produk asuransi yang bisa menjadi tabungan di masa yang akan datang. Sebab asuransi dengan perlindungan kesehatan dan investasi ini membuat orangtua bisa memberikan manfaat ganda pada anak-anak. Selain itu, kamu juga bisa memberikan perlindungan sekaligus investasi. Kamu bisa melihat berbagai pilihan investasi yang dapat dilakukan di perusahan investasi tersebut.

Beberapa pilihan investasi diantaranya seperti perlindungan kesehatan pada anak, hingga asuransi dengan pilihan portofolio sesuai dengan range kita, mulai dari investasi ganda pada anak hingga asuransi dengan portofolio investasi seperti pasar uang, obligasi, saham, atau campuran. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kita.

3. Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya pilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan , bukan asuransi yang tidak sesuai hanya karena preminya murah. Sebab, premi yang murah belum tentu sesuai dengan perlindungan yang dibutuhkan oleh anak. Sehingga, kamu bisa membaca manfaat apa saja yang akan didapatkan dengan memiliki polis tersebut, berikut dengan biaya premi yang harus dibayarkan. Jangan lupa untuk memilih jenis klaim yang sesuai dengan kebutuhan, apakah cashless atau reimbursement. Ikuti saja apa yang menjadi syarat pengajuan asuransi kesehatan anak.

Kamu juga bisa mengajukan premi yang sesuai dengan kemampuan. Premi asuransi ada yang dibayarkan tahunan, ada pula yang dibayarkan setiap bulan atau setiap tahun. Kesimpulannya, baca polis asuransi dengan teliti dan pastikan apa yang tertera pada polis sudah kamu pahami dengan baik.

4. Manfaat Perlindungan Asuransi Anak

Perhatikan apa saja manfaat perlindungan pada anak yang akan didapatkan jika kita mengajukan produk asuransi kesehatan anak tersebut. Jika sesuai dengan kebutuhan, maka segera ambil produk asuransi kesehatan anak untuk melindungi keluarga dari kemungkinan yang tidak pernah kita tahu, di masa yang akan datang.

Selain itu, pastikan kamu juga memiliki kemampuan untuk membayar premi asuransi, apakah dibayarkan bulanan atau tahunan. Dengan begitu kamu bisa melakukan pembayaran secara lancar. Sebab pembayaran premi asuransi kesehatan yang menunggak akan membuat status polis jadi lapse. Hal ini akan sangat merugikan kamu, sebab jika kamu membutuhkan klaim, maka besar kemungkinan klaim kamu akan ditolak. Jadi, bayar premi dengan rutin, ya!

5. Perusahaan Asuransi Terpercaya

Kamu juga harus memilih produk asuransi kesehatan terpercaya. Jangan melihat nilai pertanggungan yang besar atau jumlah premi yang sangat murah. Pastikan dulu perusahaan asuransi tersebut punya rekam jejak yang baik. Hal inilah yang akan menentukan klaim yang bakal kamu lakukan di masa yang akan datang, lancar atau tersendat.

Perusahaan asuransi terpercaya pasti terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu, untuk mendapatkan pilihan produk asuransi terbaik dari perusahaan asuransi terpercaya, kamu bisa mengajukannya dengan sangat mudah di Cekaja.com.

Jenis Asuransi Kesehatan

Ada dua jenis asuransi kesehatan menurut sistem pembayaran klaim, pertama asuransi jenis cashless, yang kedua asuransi kesehatan dengan metode klaim reimbursement.

Asuransi kesehatan dengan sistem cashless

Sistem cashless ini memungkinkan setiap pemegang polis membayar rumah sakit dahulu. Kalau kamu tak punya uang maka, asuransi tipe cashless ini pun bakal membuat orangtua akan lebih tenang. Sederhanyanya, cashless ini adalah salah satu sistem asuransi kesehatan, yang menyediakan sebuah kartu. Kemudian, kartu ini dapat digunakan pemegang polis asuransi dan digunakan untuk membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu. Kamu pun tak harus mencari tambahan dana untuk membayar rumah sakit jika menggunakan asuransi kesehatan jenis ini.

Asuransi kesehatan dengan sistem reimbursement

Kemudahan lainnya juga terdapat juga klaim asuransi reimbursement. Hal ini berbeda dengan beda dari sistem Cashless. Kamu perlu tahu,  sistem Reimbursement tidak menggunakan kartu sama sekali dan sistem ini mengharuskan pemegang polis untuk membayar biaya rumah sakit terlebih dahulu dengan uang mereka sendiri. Setelah itu, pemegang polis bisa mendapatkan klaim biaya rumah sakit dan berbagai manfaat-manfaat asuransi kesehatan lainnya setelah keluar dari rumah sakit.

Demikian adalah beberapa tips untuk memilih asuransi kesehatan anak terbaik. Buat kamu yang ingin mencari asuransi kesehatan anak, kamu bisa memilih jenis asuransi kesehatan keluarga. Sebab, produk asuransi jenis ini akan memberikan perlindungan secara menyeluruh untuk keluarga, hingga anak-anak. Tiap produk asuransi akan memiliki manfaat yang berbeda, tergantung dari premi yang dibayarkan.

Untuk kamu yang baru saja memiliki anak pertama dan keluarga muda, kamu mungkin bisa mempertimbangkan membeli produk asuransi dengan perlindungan secara menyeluruh seperti PRUMy Child  dari Prudential Indonesia. Asuransi Kesehatan Anak  yang satu ini menyediakan perlindungan jiwa dan memiliki investasi untuk anak Anda sejak sebelum dilahirkan.

Perlindungan dari  PRUMy Child dimulai ketika anak masih di dalam kandungan hingga anak lahir dan dewasa. Bahkan tidak hanya perlindungan kesehatan, asuransi ini juga akan memberikan perlindungan finansial dan pendidikan. Membeli produk asuransi ini juga memberikan manfaat apabila terjadi komplikasi pada ibu dari masa kehamilan atau sesudah melahirkan.

(Baca Juga: Tips Aman Berpuasa Untuk Ibu Hamil)

Selain Prudential, salah satu asuransi keluarga ini juga bisa kamu pilih dengan fasilitas cashless. Asuransi dari Cigna Family Care Optima ini punya solusi Hospital Income Plan (HIP) yang melindungi hingga 5 orang anggota keluarga dengan pembayaran hanya 1 premi saja. Sangat mudah dan simpel bukan? Perlindungan tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas pengembalian premi sebesar 30 persen setiap 5 tahunnya, baik ada klaim maupun tidak ada klaim.

Selain itu, ada juga empat pilihan uang pertanggungan buat kamu dengan total manfaat per tahun mulai dari Rp 100 juta hingga 400 juta. Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kepesertaan ini untuk mendapatkan potongan harga atau diskon di berbagai merchant yang telah tergabung sebagai rekanan Cigna. Dengan membeli produk asuransi ini, kamu akan mendapatkan banyak manfaat dari layanan rumah sakit, manfaat harian perawatan rumah sakit dengan jumlah manfaat per hari mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1,2 juta per Tertanggung, sesuai dengan nominal Uang Pertanggungan yang dipilih.

 Ada juga manfaat harian Perawatan ICU yang diberikan bila Tertanggung memerlukan perawatan di ICU Rumah Sakit, baik disebabkan oleh sakit atau kecelakaan. Jumlah manfaat per harinya mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 2,4 juta per Tertanggung, sesuai dengan nominal Uang Pertanggungan yang dipilih.

Melihat banyaknya manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memiliki asuransi kesehatan anak, kamu pun bisa mengajukan asuransi kesehatan dengan mudah hanya melalui online saja. Kini pengajuan asuransi tidak ribet dan pada beberapa perusahaan asuransi prosesnya juga lebih mudah. Kamu pun bisa membandingkan tiap asuransi kesehatan keluarga sesuai dengan kebutuhan. Asuransi kesehatan bisa kamu bandingkan dan ajukan segera di Cekaja.com.

Tentang Penulis