Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Ingin Asuransi Motor? Baca Dulu Review Asuransi Motor Sinar Mas Ini

by Maria Nofianti on 3 Mei, 2020

Perjalanan manusia ke tempat yang satu ke tempat yang lain pasti perlu yang namanya transportasi. Maka dari itu transportasi menjadi salah satu hal yang penting di masa sekarang. Masyarakat yang tingkat mobilitasnya tinggi akan sangat membutuhkan transportasi. Jenis transportasi itu ada 3 yaitu transportasi darat, laut dan udara.

review asuransi motor sinar mas

Jenis transportasi yang paling banyak digunakan adalah transportasi darat. Ada banyak kendaraan yang bisa digunakan untuk bertransportasi didarat. Baik itu bermesin maupun tidak. Mobil memang menjadi alat transportasi yang nyaman tapi tidak semua orang bisa membelinya.

Salah satu alat transportasi yang paling banyak dipakai adalah sepeda motor. Kendaraan beroda dua ini dinilai sangat efektif untuk membantu manusia berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Harganya yang lebih murah dari kendaraan lainnya tentu membuat banyak orang tertarik membelinya. Menggunakan sepeda motor juga lebih cepat dan lebih sigap pada jalanan dengan lalu lintas yang ramai. Jadi siapa yang tidak menginginkan sepeda motor ini?

Bagi sebagian orang, bersepeda motor mungkin merupakan satu-satunya bentuk transportasi bermotor individu yang terjangkau, dan sepeda motor kecil adalah kendaraan bermotor paling umum di negara-negara berpenduduk padat, termasuk India, Cina, dan juga Indonesia.

Di negara-negara berkembang, sepeda motor sangat bermanfaat karena harga yang lebih rendah dan ekonomi bahan bakar yang lebih besar. Dari semua sepeda motor, 58% berada di wilayah Asia Pasifik dan Asia Selatan dan Timur, tidak termasuk Jepang yang berpusat pada mobil.

(Baca Juga: Ciri-Ciri Asuransi Mobil yang Baik)

Sepeda motor terutama merupakan barang mewah di negara-negara maju, di mana mereka digunakan sebagian besar untuk rekreasi, sebagai aksesori gaya hidup atau simbol identitas pribadi. Selain menjadi moda transportasi motor atau olahraga, sepeda motor telah menjadi subkultur dan gaya hidup. Meskipun sebagian besar kegiatan solo, bersepeda motor bisa bersifat sosial dan pengendara sepeda motor cenderung memiliki rasa kebersamaan satu sama lain.

Bagi sebagian besar pengendara, sepeda motor adalah bentuk transportasi yang lebih murah dan lebih nyaman yang menyebabkan lebih sedikit kemacetan komuter di dalam kota dan memiliki dampak lingkungan yang lebih sedikit daripada kepemilikan mobil. Yang lain berkendara sebagai cara untuk menghilangkan stres dan “menjernihkan pikiran mereka” seperti yang dijelaskan dalam buku Robert M. Pirsig, Zen dan Seni Perawatan Sepeda Motor. Dalam bukunya itu, Prisig juga menjelaskan bahwa menaiki sepeda motor membuat seseorang lebih rileks dan menikmati perjalanan. Tentu saja manfaat positif ini memang banyak dirasakan orang, terlebih jika pengendara adalah jenis orang yang mudah merasakan mabuk kendaraan.

Sementara orang memilih untuk naik sepeda motor karena berbagai alasan, alasan itu semakin praktis, dengan pengendara memilih untuk roda dua bertenaga sebagai alternatif yang hemat biaya untuk sistem transportasi umum yang jarang dan mahal, atau sebagai cara menghindari atau mengurangi efek dari kemacetan kota.

Asuransi motor di Indonesia

Terlebih mengingat jalanan di Indonesia yang semakin padat maka risiko-risiko pasti juga akan semakin besar. sekarang ini ada banyak orang yang kehilangan motor mereka. Jika dilihat dari media massa atau media sosial pasti ada saja orang yang kehilangan motor. Risiko kehilangan motor ini tentu akan menimpa semua pemilik motor tak terkecuali kita yang memiliki sepeda motor. Demi meminimalisir kerugian dari kondisi risiko kehilangan motor maka motor juga bisa kita ajukan asuransi loh. Jika kita sangat bergantung pada motor kita untuk membantu pekerjaan sehari-hari maka memilih asuransi yang tepat bisa membantu kita menjadi sedikit lebih tenang saat menggunakannya.

Memiliki asuransi motor ini sangat bermanfaat loh. biasanya asuransi motor ini bisa menerima motor baru maupun motor bekas. Lama usia motor bisa berbeda-beda tergantung kebijakan dari pihak asuransinya. Untuk motor baru biasanya asuransi akan dimasukkan dalam proses pembelian apalagi jika dibeli secara kredit. Sebelum mempunyai asuransi, kamu juga harus mengetahui review dan ulasan asuransi motor yang ada. Contohnya review asuransi motor Sinar Mas.

Manfaat Asuransi Motor

Motor-motor dengan mesin besar pasti nilainya juga sangat mahal maka dari itu biasanya preminya juga akan semakin mahal. Nah apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita punya asuransi motor ya? Cek di bawah ini ya.

  • Meminimalkan risiko kerugian. Untuk asuransi motor ini juga berlaku perlindungan yang sama seperti asuransi untuk mobil. Asuransi motor akan memberikan penawaran ganti rugi akibat dari risiko-risiko seperti tabrakan, benturan sampai dengan tindak kejahatan/pencurian. Dengan mengalihkan risiko kepada pihak asuransi maka beban kita juga akan jauh lebih sedikit.
  • Memiliki manfaat tambahan. Biasanya asuransi motor ini juga dilengkapi dengan asuransi jiwa yang bisa melindungi pemilik motor dari kecelakaan. Bagi pemilik polis yang mengalami kerugian seperti menjadi cacat permanen sehingga tak bisa bekerja atau bahkan meninggal dunia biasanya bentuk klaimnya adalah berupa santunan.
  • Motor akan terlindungi dengan baik. Manfaat asuransi motor yang selanjutnya yaitu motor akan terlindungi dengan baik. Jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan motor rusak maka kita bisa mengajukan klaim untuk memperbaiki motor itu. Berbeda jika kita tak memiliki asuransi, maka untuk memperbaikinya kita harus mengeluarkan kocek lebih dulu.
Jenis jaminan asuransi motor

Lalu apa saja jenis jaminan yang biasanya ditawarkan oleh asuransi motor itu? pada dasarnya tidak jauh beda dengan asuransi mobil. Ada dua jaminan yang ditawarkan yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk.

Asuransi motor dengan jaminan Total Loss Only ini akan melindungi dari kerusakan parah dan pencurian dengan klaim hanya bisa diajukan jika motor kita sudah tidak bisa lagi dipakai atau rusak minimal 75%. Kerusakan-kerusakan kecil seperti kehilangan spion atau lecet maka tidak ditanggung pihak asuransi. Preminya juga lebih terjangkau dengan pembayaran premi per tahun dan jika dalam periode tertentu tidak ada klaim maka premi bisa hangus.

Jenis jaminan selanjutnya ada All Risk yang akan menanggung semua kerusakan karena tindak kejahatan maupun kecelakaan baik kerusakan minor maupun mayor. Karena ini merupakan perlindungan secara maksimal preminya menjadi lebih mahal dari TLO. 

(Baca Juga: Cara Memilih Asuransi Yang Tepat Untuk Kanker)

Risiko-risiko kehilangan motor bisa terjadi kapan saja. Bahkan disaat yang tidak terduga. Bisa saja kita hanya mampir sebentar di toko atau minimarket atau bahkan di rumah sendiri, motor bisa saja disambar penjahat. Maka dari itu asuransi motor menjadi hal yang bisa dipikirkan untuk melindungi motor kita. Jika risiko kehilangan motor itu terjadi pada kita, dengan memiliki asuransi kita bisa mendapatkan ganti rugi dari perusahaan asuransi. Memang kebanyakan asuransi untuk kendaraan bermotor itu didominasi oleh mobil. Tapi jangan khawatir karena sekarang sudah ada produk asuransi yang bisa melindungi motor atau kendaraan beroda dua. Salah satunya adalah asuransi motor Simas Motor dari Sinarmas.

Asuransi Simas Motor dari Sinarmas ini adalah produk asuransi yang bisa melindungi kendaraan roda dua seperti motor kita dari risiko-risiko yang mungkin bisa terjadi. Nah kali ini kita akan memberikan review asuransi motor Sinar Mas untuk memberikan gambaran mengenai asuransi motor. Dari banyak review, memang asuransi motor Sinarmas ini banyak diminati masyarakat. seperti diketahui bahwa Sinarmas menjadi salah satu perusahaan asuransi yang mendapatkan kepercayaan tinggi di mata masyarakat. Maka tak heran banyak masyarakat yang tidak meragukan produk-produk dari asuransi Sinarmas termasuk asuransi motornya.

Asuransi Simas Motor

Asuransi motor Sinarmas bernama Simas Motor ini memberikan perlindungan jaminan dasar Total Loss Only yang artinya hanya akan menanggung kerusakan minimal 75% atau motor yang hilang. Meskipun begitu ada juga penawaran perlindungan All Risk yang bisa menanggung segala jenis kerusakan. Jika motor kita memiliki harga Rp30 juta ke bawah maka jenis jaminan yang cocok adalah Total Loss Only. Sedangkan motor yang harganya diatas Rp30 juta disarankan untuk memilih All Risk.

Dari beberapa review asuransi motor Sinar Mas, premi yang harus dibayarkan oleh pemilik polis adalah pembayaran per tahun dengan periode sesuai polisnya. Polis yang harus dibayarkan juga akan berbeda-beda tergantung dari beberapa hal seperti:

  • Type/varian model motor
  • Usia motor
  • Kode wilayah plat nomor
  • Perluasan jaminan (jika ada)
Contoh perhitungan premi

Contoh perhitungan premi misalnya untuk motor berusia 5 tahun dengan harga Rp27 juta adalah sebagai berikut:

2,5% x harga on the road motor + biaya admin=

2,5% x Rp27.000.000 = Rp675.000

Biaya admin = Rp30.000

Premi = Rp705.000

Ini premi untuk per tahunnya dan jika motor baru dibeli secara kredit maka penambahan premi ada pada cicilannya tiap bulan. Menurut review asuransi motor Sinar Mas, premi akan dikembalikan secara short periode jika periode pertanggungannya belum ada 8 bulan. Tapi jika periode sudah melebihi 8 bulan maka tidak ada pengembalian preminya.

Pada asuransi Simas Motor ini usia maksimum motor yang bisa diasuransikan adalah 10 tahun. semua motor yang akan kita asuransikan juga harus disurvei dulu oleh petugas asuransi kecuali untuk motor yang baru dibeli. Motor yang bisa kita asuransikan adalah motor yang hanya dipakai sehari-hari kita dan tidak dipakai untuk ojek. Asuransi motor ini mempunyai nilai Own Risk (risiko sendiri) 10% dari nilai pertanggungannya atau minimal Rp750.000,-. Untuk menentukan nilai pertanggungannya ini berdasarkan harga pasar saat penutupan.

Perhitungan klaim asuransi motor Sinarmas

Saat akan melakukan klaim tentu kita harus melengkapi semua syaratnya seperti data diri kita, surat kepolisian (jika itu karena kehilangan karena tindak kejahatan), bukti asli polis. Semua ini dipakai untuk mengklaim apa yang seharusnya kita terima. Contoh perhitungan klaim dalam asuransi motor Sinarmas ini seperti di bawah ini.

Harga OTR – (skor penyusutan per tahun x harga OTR motor)

Rp27.000.000 – (10% x Rp27.000.000)

Rp27.000.000 – Rp2.700.000

Rp24.300.000

Jadi klaim yang bisa diterima senilai Rp24.300.000.

Nah itu dia review asuransi motor Sinar Mas yang mungkin perlu kamu tahu. Review asuransi motor Sinar Mas ini semoga bisa menjadi gambaran perlindungan apa yang bisa kita dapatkan dari asuransi Sinarmas. Membeli asuransi untuk motor adalah langkah yang sigap demi menjaga kondisi finansial kita saat risiko kehilangan/kerusakan motor kita alami. Jadi sedia payung sebelum hujan yuk dengan beli asuransi motor.

Tentang Penulis